everpro

3 Cara Kirim Paket ke Singapore, Gampang Banget!

Apakah Anda ingin kirim paket ke Singapore? Mungkin Anda memiliki kerabat, teman, atau kolega yang tinggal di negara tetangga tersebut.

Atau mungkin Anda memiliki bisnis online yang menjual produk ke Singapore. Apapun alasan Anda, kirim paket ke Singapore tidaklah sulit asalkan Anda tahu caranya.

Singapore adalah salah satu negara tujuan utama pengiriman paket dari Indonesia. Hal ini karena jarak yang dekat, hubungan yang baik, dan permintaan yang tinggi.

Namun, kirim paket ke Singapore juga memiliki syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi agar paket Anda sampai dengan selamat dan tepat waktu.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara kirim paket ke Singapore dengan mudah, cepat, dan murah. Kami juga akan memberikan informasi tentang syarat dan ketentuan kirim paket ke Singapore, serta tips dan trik untuk menghemat biaya pengiriman.

Simak terus artikel ini sampai habis agar Anda tidak ketinggalan informasi penting yang kami sajikan.

Cara Kirim Paket ke Singapore

kirim paket ke singapore
Sumber: pexels.com

Kirim paket ke Singapura ada tata caranya, lho. Caranya cukup mudah kok untuk mengirim paket ke Singapura. Berikut adalah contoh cara kirim paket ke Singapore:

  • Menggunakan Jasa Kurir

Anda bisa menggunakan jasa kurir seperti DHL, JNE, atau ATHA Express untuk kirim paket ke Singapore. Jasa kurir biasanya menawarkan layanan door to door service, yaitu paket diambil dari alamat pengirim dan diantar langsung ke alamat penerima. 

Jasa kurir juga memiliki fitur pelacakan paket yang bisa Anda akses melalui website atau aplikasi mereka. Namun, jasa kurir biasanya memiliki tarif yang cukup mahal dan tergantung pada berat dan ukuran paket.

Apabila Anda ingin mengetahui biaya paket keluar negeri bisa baca artikel ini Update! Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri 2023

  • Menggunakan Jasa Pos

 Anda bisa menggunakan jasa pos seperti Pos Indonesia atau SingPost untuk kirim paket ke Singapore. 

Jasa pos biasanya menawarkan layanan counter to counter service, yaitu jasa akan mengirim paket dari kantor pos pengirim dan akan bisa penerima ambil di kantor pos tujuan. 

Jasa pos juga memiliki fitur pelacakan paket yang bisa Anda akses melalui website atau aplikasi mereka. Namun, jasa pos biasanya memiliki waktu pengiriman yang lebih lama dan tergantung pada jadwal penerbangan.

  • Menggunakan Jasa Ekspedisi

Anda bisa menggunakan jasa ekspedisi seperti KirimExport atau IndoCargo untuk kirim paket ke Singapore. Jasa ekspedisi biasanya menawarkan layanan door to port service, yaitu paket mereka ambil dari alamat pengirim dan kemudian mengirimnya ke bandara tujuan.

Jasa ekspedisi juga memiliki fitur pelacakan paket yang bisa Anda akses melalui website atau aplikasi mereka . Namun, jasa ekspedisi biasanya memerlukan dokumen tambahan seperti invoice, packing list, dan air waybill.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Lewat JNE

Syarat dan Ketentuan Kirim Paket ke Singapore

kirim paket ke singapore
Sumber: pexels.com

Untuk mengirim paket ke Singapura kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan berikut agar paket kamu bisa sampai ke alamat tujuan. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratannya ya!

Berikut adalah syarat dan ketentuan kirim paket ke Singapore:

  • Mengisi Formulir Pengiriman 

Formulir pengiriman harus diisi menggunakan bahasa Inggris dan mencantumkan nama dan alamat lengkap pengirim dan penerima, nomor telepon yang dapat dihubungi, jenis dan jumlah barang, harga barang, serta tanda tangan pengirim.

  • Menyertakan Dokumen Penting Untuk Pengiriman Paket

Dokumen yang diperlukan antara lain adalah commercial invoice, packing list, dan air waybill. Dokumen ini harus kamu tulis dengan bahasa Inggris dan tidak boleh menggunakan tulisan tangan. 

Untuk paket yang berisi makanan, minuman, atau obat-obatan, diperlukan izin dari BPOM. Untuk paket yang berisi tumbuhan atau hewan, perlu melampirkan izin dari Badan Karantina.

  • Memenuhi Ketentuan Berat dan Ukuran Paket

Paket yang dikirim ke Singapore harus memiliki berat kurang dari 100 kg netto dalam satu kali proses pengiriman. Apabila melebihi berat tersebut, akan dikenakan ketentuan umum pada bidang impor.

Selain itu, paket juga harus memenuhi ketentuan ukuran paket yang  penyedia jasa pengiriman tentukan.

  • Mematuhi Ketentuan Bea Cukai dan Pajak

Paket yang dikirim ke Singapore akan dikenakan bea cukai dan pajak di negara tujuan yang dibebankan kepada pihak penerima.

Apabila pihak penerima menolak untuk membayar bea cukai dan pajak tersebut, maka biaya tersebut akan dibebankan kepada pihak pengirim dengan diinformasikan sebelumnya oleh penyedia jasa pengiriman.

Selain itu, paket juga harus mematuhi ketentuan larangan barang yang tidak boleh dikirim ke Singapore.

Baca Juga: Inilah 10+ Alasan Importir Membeli Barang dari Luar Negeri Adalah, Cari Tahu Disini!

Tips dan Trik Kirim Paket Ke Singapore

kirim paket ke singapore
Sumber: pexels.com

Perhatikan tips dan trik ini agar kamu mengirim paket ke Singapura dengan aman. Berikut adalah beberapa tips dan trik kirim paket ke Singapura:

  • Kemas barang dengan baik dan rapi, serta tulis informasi pengirim dan penerima secara jelas dan lengkap.
  • Pilih jasa ekspedisi yang profesional dan berpengalaman dalam melakukan pengiriman ke luar negeri, seperti Kilo.id atau SAI Trans. Pastikan Anda mengetahui biaya kirim dan estimasi waktu pengiriman yang mereka tawarkan.
  • Manfaatkan layanan penjemputan barang dari jasa ekspedisi jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengantarkan paket ke kantor ekspedisi. Pastikan Anda melacak paket secara real time melalui website atau chat dengan layanan pelanggan.
  • Isi dokumen perihal pengiriman dengan lengkap dan benar, serta siapkan dokumen-dokumen lain yang diperlukan seperti izin dari BPOM atau Badan Karantina jika paket berisi makanan, minuman, obat-obatan, tumbuhan, atau hewan.
  • Bayar biaya kirim sesuai dengan metode pembayaran yang jasa ekspedisi tentukan. Pastikan Anda mendapatkan bukti pembayaran dan resi pengiriman.

Demikianlah beberapa tips dan trik kirim paket ke Singapura yang bisa Anda terapkan. Dengan memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, Anda bisa mengirim barang dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa memilih jasa ekspedisi yang terpercaya dan profesional seperti Kilo.id atau SAI Trans. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Kamu pengin ekspedisi yang banyak ngasih keuntungan buat bisnis online kamu? Ekspedisi yang punya COD dan proses pengiriman yang cepat? Beralih ke Everpro Shipping aja!

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler. (Ref: Promo Page)
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi 
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa kamu unduh dalam bentuk laporan.

Ayo daftar Everpro Shipping sekarang untuk dapetin semua keuntungannya!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman