everpro

Rincian Modal Usaha Angkringan untuk Pemula dengan Modal Kecil dan Untung Besar!

Ingin memulai bisnis angkringan? Simak artikel modal usaha angkringan dan temukan informasi lengkap selengkapnya di sini!

Tidak semua bisnis bisa dilakukan oleh pemula, namun bisnis angkringan ini bisa kamu lakukan dengan mudah, modal kecil, dan berpotensi memiliki untung besar.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan awal bisnis angkringan adalah modal usaha yang tepat yang bisa memastikan operasional sehari-hari bisnis tersebut.

Bisnis ini selalu ramai apalagi untuk anak muda karena memiliki daya tarik sendiri yaitu harga terjangkau dengan cita rasa yang sangat enak.

Kamu tertarik dengan bisnis angkringan ini? Jika iya, simak sampai habis artikel ini untuk kamu tahu lebih dalam mengenai bisnis yang menguntungkan ini!

Baca Juga: Ini Dia Rincian Modal Usaha Laundry untuk Memulai Bisnis yang Menguntungkan

Mengenal Usaha Angkringan

modal usaha angkringan
Sumber: google.com

Tahukah kamu darimana asal kata “angkringan” dan apa artinya? Kata angkringan berasal dari Bahasa Jawa yang memiliki arti yaitu duduk santai di kursi dengan melipat satu kaki.

Angkringan memiliki ciri khas yang sangat identik yaitu warung gerobakan dengan tenda sederhana dan tempat duduk lesehan di pinggir jalan yang biasanya buka di malam hari.

Hampir di daerah Jawa Tengah kamu dengan mudah dapat menemukan angkringan. Namun, di kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, dan lain-lain bisnis angkringan sudah merambah.

Menu yang Ada di Angkringan

modal usaha angkringan
Sumber: google.com

Usaha angkringan identik dengan makanan yang murah dan menu yang merakyat atau sederhana. Walaupun harganya terjangkau tapi rasa yang ada di menu angkringan sangatlah menggugah selera.

Terdapat beberapa menu yang menarik dan lezat tentunya untuk kamu yang ingin memulai bisnis angkringan sebagai berikut.

1. Nasi Kucing

Biasanya di angkringan terdapat nasi kucing dimana nasi tersebut diberi nama kucing karena porsinya yang kecil dan dibungkus dengan daun pisang.

Terdapat lauk sebagai pelengkap di dalam nasi kucing misalnya seperti ikan teri, tempe orek, sambal goreng ati, ikan tongkol, dan lain-lain bisa kamu variasikan sendiri.

2. Gorengan

Cocok sekali dinikmati bersamaan dengan nasi kucing yaitu gorengan. Cita rasa yang gurih serta renyah membuat nafsu makan semakin meningkat.

Jenis gorengan yang dijual di angkringan seperti bakwan, tahu isi, pisang goreng, tempe goreng, dan lain-lain.

3. Sate-Satean

Angkringan tidak akan lepas dengan menu satu ini yaitu sate-satean yang menjadi ciri khasnya seperti sate ati ampela, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, sate jamur, sate ceker, dan lain-lain menggunakan bumbu ciri khas dari angkringan tersebut.

4. Jajanan Tradisional

Ternyata, angkringan juga memiliki menu untuk pencuci mulut berupa jajanan tradisional seperti klepon, kue lupis, cenil, dan sebagainya.

5. Minuman Dingin

Ada juga pilihan untuk minuman dingin sebagai menu di dalam usaha angkringan misalnya Nutrisari, es teh, es jeruk, dan minuman es lainnya.

Baca Juga: 13 Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil, Untung Banyak!

6. Minuman Hangat

Cocok untuk menghangatkan badan di malam hari ketika sedang nongkrong di angkringan yaitu susu jahe, kopi hitam, dan lain-lain.

7. Mie

Menu mie menjadi andalan di angkringan dan banyak disukai oleh semua kalangan baik anak muda maupun orang tua. Biasanya ada mie kuah dan mie rebus dengan berbagai pilihan rasa dan bisa kamu tambahkan topping.

Perlengkapan Angkringan

Sebelum usaha bisnis angkringan kamu mulai berjalan ada baiknya kamu memerlukan perlengkapan yang memadai agar berjalan dengan lancar.

Berikut adalah beberapa perlengkapan angkringan yang kamu butuhkan untuk melengkapi usaha angkringanmu.

1. Gerobak

Ciri khas angkringan adalah gerobak untuk menaruh menu makanan dan perlengkapan lainnya, sehingga memilih gerobak yang juga menjadi hal yang penting.

Kamu juga perlu memiliki gerobak dengan tempat penyimpanan yang cukup, mudah dipindahkan, dan kuat. Tak lupa di hiasi dengan lampu penerangan agar menarik perhatian calon pembeli.

2. Peralatan Masak

Tentunya kamu menyajikan masakan membutuhkan peralatan masak yang memadai seperti wajan, panci, kompor gas, alat bakar, dan lain-lain.

Kondisi peralatan masak yang bersih dan baik untuk menjaga kualitas dari makanan yang kamu berikan ke pembeli.

3. Perlengkapan Makanan dan Minuman

Makanan yang disajikan harus membutuhkan perlengkapan seperti sendok, garpu, piring, gelas, sedotan, tisu yang bersih dan higienis.

Pembeli menilai hal kecil seperti perlengkapan makanan dan minuman yang bersih untuk mereka yakin membeli dan menjadi pembeli tetap.

4. Meja dan Kursi

Usaha angkringan membutuhkan kursi dan meja karena tidak semua pembeli mungkin tidak menyukai duduk di lesehan, sehingga kamu bisa menyediakan beberapa untuk persedian kamu di angkringan.

5. Terpal

Angkringan identik dengan terpal, maka kamu tidak mungkin untuk tidak menyediakan terpal sebagai alas untuk duduk orang-orang untuk menikmati angkringanmu.

6. Perlengkapan Lainnya

Untuk menjaga kebersihan kamu bisa menyiapkan tempat sampah yang menjaga kebersihan area sekitar. Media untuk promosi angkringan selain media sosial adalah menggunakan spanduk dan banner.

Baca Juga: 27 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing di Tahun 2024

Modal Usaha Angkringan

modal usaha angkringan
Sumber: google.com

Setelah kamu mengetahui beberapa rincian dari menu dan perlengkapan angkringan kamu bisa membuat rincian untuk modal yang digunakan.

Modal usaha angkringan biasanya membutuhkan biaya sekitar kisaran usaha modal 5 juta hingga 10 juta yang perlu kamu persiapkan.

Berikut adalah rincian modal usaha angkringan yang bisa kamu perhatikan dan bisa dipelajari.

Kebutuhan

Harga

Gerobak

Rp 4.000.000

Peralatan Masak

Rp 600.000

Perlengkapan Makan dan Minum

Rp 600.000

Meja dan Kursi

Rp 1.000.000

Terpal

Rp 300.000

Perlengkapan Lainnya

Rp 500.000

Bahan Makanan

Rp 2.000.000

TOTAL

Rp 9.000.000

Tips Memulai Usaha Angkringan

Memulai usaha angkringan memang mudah, namun kamu juga perlu strategi untuk menjadikan usaha tersebut menjadi laris manis dalam jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa tips memulai usaha angkringan yang bisa kamu pahami.

1. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis dan memiliki parkiran yang luas akan disukai dan berpotensi pembeli atau pelanggan untuk balik lagi ke angkringan kamu.

Kamu bisa mencari lokasi yang strategis seperti dekat kampus, perkantoran, atau tempat wisata yang dimana tempat-tempat tersebut memiliki banyak sekali orang yang lalu lalang.

2. Buat Menu yang Variatif dan Enak

Menu angkringan untuk membuat menarik pembeli adalah dengan variasi yang beragam dan juga memiliki ciri khas dari bumbu rahasia angkringanmu.

Kamu juga perlu memperhatikan kualitas dari bahan baku makanan agar tetap menjaga kualitasnya dan kebersihan makanan.

3. Memberikan Pelayanan yang Ramah atau Bersahabat

Pembeli akan berpotensi untuk kembali ke angkringan selain karena makanan dan minuman yang enak, namun juga karena pelayanan yang kamu berikan.

Dengan kamu memberikan pendekatan seperti layaknya sahabat atau teman dekat, maka pembeli akan merasa nyaman dan senang jika kembali untuk ke tempatmu.

4. Promosi yang Efektif

Kamu bisa melakukan promosi baik itu online maupun offline. Dengan kamu memanfaatkan media sosial atau menggunakan banner dan spanduk dapat menarik pembeli baru.

5. Kelola Keuangan dengan Baik

Rekap keuangan dengan baik dan benar dalam mencatat pemasukan dan juga pengeluaran bisa memajukan usaha kamu.

Evaluasi secara konsisten dan rutin dapat membuatmu melihat profit yang didapat atau kesalahan yang perlu diperbaiki.

Itu dia pembahasan mengenai modal usaha angkringan yang bisa kamu pelajari dan semoga informasi di dalam artikel ini dapat membantumu dalam menjalankan usaha.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya