everpro

On Transit Artinya pada Jasa Pengiriman, Cek Disini!

On Transitkali ini yang di bahas adalah salah satu kata dari berbagai istilah pada jasa pengiriman. Topik ini sangat penting dalam dunia pengiriman barang karena memungkinkan barang dapat sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan efisien.

Dalam pengiriman barang internasional, On Transit biasanya melibatkan pengiriman barang dari negara asal ke negara tujuan melalui pelabuhan atau bandara tertentu, dan kemudian diangkut ke pelabuhan atau bandara lain sebelum akhirnya sampai di tujuan akhir. Oleh karena itu yuk simak info selengkapnya disini.

Baca juga: Segera Ketahui! Stripping Adalah: Definisi, Karakteristik dan Tipsnya

Apa itu On Transit?

on transit
Sumber: Pexels.com

On Transit pada Jasa Pengiriman adalah salah satu penggunaan fasilitas atau layanan transit dalam proses pengiriman barang dari awal hingga sampai di tujuan. Dalam konteks ini, transit merujuk pada proses sementara dimana barang yang akan dikirim dihentikan atau dijadwalkan untuk melalui tahapan pengiriman berikutnya di tempat tertentu sebelum akhirnya sampai di tujuan akhir.

Penggunaan On Transit pada jasa pengiriman memungkinkan pelanggan untuk memilih opsi pengiriman yang lebih cepat dan lebih efisien, terutama untuk pengiriman barang dengan jarak yang jauh.

Dengan menggunakan On Transit, jasa pengiriman dapat mengoptimalkan rute pengiriman sehingga meminimalkan biaya pengiriman dan mempercepat waktu pengiriman barang. Selain itu, On Transit juga memungkinkan pengiriman barang dalam jumlah besar untuk dilakukan dengan lebih efisien dan lebih aman, sehingga memperkecil risiko kerusakan

Jasa Pengiriman

Sedangkan jasa pengiriman adalah layanan yang menyediakan pengiriman barang atau paket dari satu tempat ke tempat lainnya melalui jasa transportasi. Jasa pengiriman ini biasanya dilakukan oleh perusahaan atau agen pengiriman yang telah memiliki infrastruktur dan jaringan pengiriman yang luas.

Beberapa jenis-jenis jasa pengiriman antara lain:

  1. Pengiriman melalui udara (air freight)
  2. Pengiriman melalui laut (sea freight)
  3. Pengiriman melalui darat (land freight)
  4. Pengiriman melalui kereta api (railway freight)
  5. Pengiriman paket dan dokumen melalui kurir (courier service)

Peran jasa pengiriman dalam ekonomi sangat penting. Jasa pengiriman memungkinkan bisnis untuk mengirim produk mereka ke konsumen di lokasi yang jauh dengan efisien dan efektif. Ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Selain itu, jasa pengiriman juga membantu dalam perdagangan internasional dan menghubungkan pasar global. Hal ini sangat penting dalam perekonomian modern yang semakin terhubung dan global.

Tahapan Pengiriman Barang

Berikut tahapan-tahapan pengiriman barang:

  1. Pengumpulan barang: tahap ini meliputi proses pengambilan barang dari sumbernya, seperti pabrik atau gudang pengirim.
  2. Pengemasan: tahap ini meliputi proses pengemasan barang dengan material yang tepat untuk melindungi barang selama pengiriman.
  3. Penandaan dan labeling: tahap ini meliputi proses penandaan dan labeling untuk mengidentifikasi dan membedakan barang dari yang lain.
  4. Pengambilan dan pengangkutan: tahap ini meliputi proses pengangkutan barang dari pengirim ke pusat distribusi atau ke bandara atau pelabuhan.
  5. Penerimaan dan sortir: tahap ini meliputi proses penerimaan dan sortir barang di pusat distribusi.
  6. Pengiriman ke tujuan: tahap ini meliputi proses pengiriman barang dari pusat distribusi ke alamat tujuan.
  7. Pengiriman dan penerimaan: tahap ini meliputi proses pengiriman barang ke penerima dan penerimaan barang oleh penerima.

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengiriman barang 

Berikut Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengiriman barang antara lain:

  1. Jarak: semakin jauh jarak pengiriman, semakin kompleks dan mahal proses pengiriman.
  2. Jenis barang: jenis barang yang dikirim akan mempengaruhi jenis transportasi dan pengemasan yang dibutuhkan.
  3. Waktu: waktu pengiriman yang diharapkan akan mempengaruhi pilihan jenis transportasi dan rute yang diambil.
  4. Ukuran dan berat barang: ukuran dan berat barang akan mempengaruhi jenis transportasi dan biaya pengiriman.
  5. Keamanan: beberapa jenis barang membutuhkan keamanan khusus dan pengawasan selama pengiriman.

Peran dan Fungsi On Transit 

Peran 

Ada beberapa peran teknologi terhadap On Transit  dalam meningkatkan efisiensi proses pengiriman barang antara lain:

  1. Pemantauan dan pelacakan: teknologi seperti GPS dan sistem pelacakan dapat membantu memantau dan melacak posisi barang selama pengiriman.
  2. Otomatisasi: teknologi otomatisasi seperti robot dan conveyor dapat membantu mempercepat proses pengemasan dan sortir barang.
  3. Optimisasi rute: teknologi komputer dapat membantu mengoptimalkan rute pengiriman untuk menghemat waktu dan biaya.
  4. Pengolahan data: teknologi pengolahan data dapat membantu mengoptimalkan pengelolaan inventaris dan pengiriman

Fungsi

Namun, di ketahui fungsi On Transit dalam Jasa Pengiriman adalah memastikan bahwa barang tetap aman, terlindungi dan terawat selama dalam perjalanan. Hal ini meliputi pengawasan, pengamanan, dan pemeliharaan barang selama transit. Jasa pengiriman yang memiliki layanan On Transit yang baik akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan pengiriman.

Baca juga: Reefer Container Adalah: Fungsi, Manfaat dan Keuntungannya

Keuntungan dan Kerugian Gunakan On Transit

on transit
Sumber: Pexels.com

Keuntungan

Berikut keuntungan menggunakan On Transit dalam jasa pengiriman:

  1. Keamanan barang: layanan ini memastikan barang tetap aman selama dalam perjalanan dan mengurangi risiko kerusakan atau kehilangan barang.
  2. Pemeliharaan barang: On Transit memastikan barang terlindungi dari cuaca ekstrem atau kondisi lingkungan yang merusak.
  3. Pemantauan barang: layanan ini memungkinkan pelanggan untuk memantau status pengiriman barang secara real-time dan memberikan transparansi pada proses pengiriman.
  4. Penanganan barang yang tepat: layanan ini memastikan barang ditangani dengan benar dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Kerugian

Berikut kerugian menggunakan On Transit dalam jasa pengiriman:

  1. Biaya tambahan: On Transit dapat menambah biaya pengiriman yang dikenakan pada pelanggan.
  2. Waktu pengiriman yang lebih lama: On Transit membutuhkan waktu tambahan untuk pengiriman yang dapat memperpanjang waktu pengiriman.

Tips Cara Meningkatkan Kualitas On Transit pada Jasa Pengiriman

Berikut cara-cara untuk bisa meningkatkan kualitas On Transit:

Peningkatan Pengawasan

Jasa pengiriman dapat meningkatkan pengawasan barang selama On Transit dengan menggunakan teknologi seperti kamera CCTV atau pengawasan langsung oleh petugas.

Pelatihan Petugas

Dengan memberikan pelatihan yang memadai kepada petugas pengiriman sehingga dapat menangani barang dengan benar dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Pemilihan Transportasi yang Tepat

Jika memilih jenis transportasi yang sesuai dengan jenis barang dan jarak pengiriman maka bisa meminimalkan risiko kerusakan atau kehilangan barang.

Penggunaan Teknologi

Dengan menggunakan teknologi seperti RFID atau sensor suhu untuk memantau dan melacak posisi barang serta memastikan kondisi barang tetap terjaga selama On Transit.

Penyediaan Layanan Asuransi

Selain itu, jasa pengiriman dapat menyediakan layanan asuransi pada barang yang dikirim selama On Transit untuk memberikan perlindungan tambahan pada pelanggan.

Maka dari itu, penting bagi jasa pengiriman untuk menjaga kualitas layanan dan memastikan bahwa proses ini berjalan lancar dan aman, seperti yang di lakukan oleh Shipping Everpro.

Dengan layanan ini, teman-teman bisa mengatur orderan dengan mudah dan cepat dalam sistem yang terintegrasi langsung ke pengiriman dengan fitur pengiriman di Everpro. Mari gunakan layanan Shipping Everpro dengan benefit:

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Gratis biaya retur pake
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1 hari (kerja).
  • Jemput paket di mana saja dan bebas tentukan jadwalnya kapan saja.
  • Butuh data aktivitas penjualan? Tenang, semua orderan bisa di unduh dalam bentuk laporan.

Tunggu apalagi? Segera beralih ke layanan Shipping Everpro sekarang juga dengan klik Daftar di bawah ini!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman