Cara pasang konversi di Google Ads sebenarnya tidak terlalu sulit, lho. Kamu dapat beriklan di Google dengan tujuan meningkatkan konversi dan juga penjualan.
Konversi sendiri merupakan tindakan yang pebisnis inginkan dari pengunjung, seperti contoh pembelian produk, daftar akun, berlanggan newsletter dan lain-lain.
Nah, jika kamu beriklan di Google Ads kamu perlu memasang konversi di akun Google Ads kamu. Penasaran bagaimana caranya? Simak terus informasi di bawah ini.
Baca juga: Ini Cara Daftar Google Ads Untuk Iklan Online, Mudah!
Daftar Isi:
TogglePengertian Konversi di Google Ads
Sebelum membahas bagaimana cara memasang konversi di Google Ads, mari kita mengetahui pengertian dari konversi di Google Ads terlebih dahulu.
Seperti telah dijelaskan secara singkat di atas, konversi merupakan tindakan yang pengunjung lakukan pada website kamu. Contohnya seperti mendaftar, membeli produk, mengisi formulir dan lain-lain.
Konversi ini nantinya dapat kamu gunakan sebagai alat ukur atau alat analisis dari iklan yang telah kamu lakukan. Oleh sebab itu konversi memiliki peran yang penting dalam beriklan di Google Ads.
Dengan data dan laporan terhadap konversi pada iklan, kamu dapat mengetahui berapa biaya yang kamu keluarkan setiap kali ada tindakan konversi. Serta kamu juga dapat mengetahui pendapatan yang kamu dapatkan disetiap konversi.
Dengan begitu, kamu dapat melakukan evaluasi dan mengoptimasi kembali kampanye iklan kamu agar lebih efektif dan meningkatkan ROI.
Kenapa Pasang Konversi Penting?
Alasan kenapa memasang konversi penting untuk kampanye kamu karena dengan ini memungkinkan kamu sebagai pengiklan untuk melacak kefektifan kampanye.
Kemudian kamu juga dapat mengetahui data dan laporan jumlah konversi yang kamu hasilkan dari iklan tersebut. Lalu tindakan apa yang pengunjung lakukan pada website kamu setelah mengklik iklan kamu.
Apabila kamu tidak memasang konversi, kamu tidak dapat melacak sejauh aja keefektifan iklan yang telah kamu tampilkan. Kamu juga tidak memiliki laporan untuk dapat mengoptimalkan kampanye iklan kamu. Karena kamu tidak memasang konversi.
Oleh sebab itu memasang konversi pada Google Ads sangat penting sehingga kamu dapat mengetahui keuntungan dan perilaku pengunjung terhadap iklan yang kamu tampilkan.
Dengan begitu kamu dapat memfokuskan sumber daya yang kamu punya untuk kampanye yang paling efektif berdasarkan metrik konversi.
Baca juga: 12 Cara Meningkatkan CTR Google Ads, Dijamin Jitu!
Jenis Konversi Pada Google Ads
Ada beberapa jenis konversi yang ada pada Google Ads. Kamu harus mengetahui beberapa jenis konversi berikut ini sebelum kita membahas cara pasang konversi di Google Ads.
Berikut beberapa jenis konversi pada Google Ads:
-
Konversi Berdasarkan Penjualan
Metrik untuk mengukur jumlah produk yang telah terjual melalui iklan kamu. Untuk mengukur konversi penjualan kamu dapat memasang kode konversi di halaman konfirmasi pembayaran.
-
Konversi Berdasarkan Lead
Selanjutnya, metrik lead untuk mengukur jumlah pengunjung website yang kemudian melakukan tindakan mendaftar newsletter atau membership. Untuk mengukurnya kamu dapat memasang kode konversi pada halaman terakhir setelah seseorang mengisi formulir kontak atau mendaftar newsletter.
-
Konversi Berdasarkan Panggilan
Metrik panggilan digunakan untuk mengukur jumlah panggilan telepon yang kamu terima melalui kampanye iklan kamu. Jika kamu ingin mengukur jumlah panggilan kamu dapat memantau panggilan yang dilakukan memalui klik pada nomor telepon dengan memasang kode konversi.
-
Konversi Berdasarkan Aplikasi
Berikutnya ada konversi berdasarkan aplikasi. Metrik konversi ini dapat mengukur pengunjung yang melakukan tindakan mendownload aplikasi atau menggunakan aplikasi kamu setelah mengklik iklan kamu.
-
Konversi Menonton Video
Jenis konversi yang terakhir yakni konversi menonton video setelah mengklik iklan kamu.
Itulah beberapa jenis-jenis konversi pada Google Ads. Nah, setelah kamu mengetahuinya mari kita masuk ke pembahasan inti dari artikel ini.
Baca juga: Kenali Yuk! Jenis-Jenis Google Ads: Meningkatkan Keberhasilan Kampanye Pemasaran Online
Cara Pasang Konversi di Google Ads
Berikut ini adalah langkah-langkah cara pasang konversi di Google Ads kamu:
1. Tentukan Tujuan Konversi
Sebelum kamu memasang konversi pada iklanmu di Google Ads, kamu harus menentukan tujuan dari konversi pada iklanmu terlebih dahulu.
Apa tujuan kampanye iklan kamu? Apa yang ingin kamu raih? dan lain sebagainya. Setelah itu baru kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu membuat jenis konversi yang sesuai dengan tujuan tersebut.
2. Buatlah Jenis konversi Sesuai Kebutuhan
Jika kamu membuat iklan pada Google Ads kamu dapat memilih beberapa pilihan jenis konversi yang ditawarkan. Jenis konversi tersebut harus kamu pelajari dengan teliti sebelum kamu memilih jenis konversi sesuai kebutuhan kamu.
Selain itu kamu juga bisa membuat kustomisasi konversi sesuai kebutuhan pada Google Ads.
3. Buat Kode Konversi
Setelah memilih jenis konversi yang sesuai dengan kebutuhan kamu, selanjutnya kamu dapat membuat konde konversi. Kode konversi ini berguna untuk mengukur konversi yang pengunjung lakukan melalui iklan.
Untuk membuatnya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Login ke akun Google Ads kamu kemudian klik “Tools & Settings” yang berada di atas halaman.
- Klik “Conversions” yang terletak di bawah menu “Measurement”.
- Klik tombol “+” di sudut kanan atas layar untuk membuat tag konversi baru.
- Pilih jenis konversi yang ingin kamu lacak, seperti contoh penjualan atau leads.
- Pilih metode pelacakan yang sesuai. Kamu dapat memilih tag konversi dari beberapa pilihan seperti tag konversi global, tag konversi. berdasarkan URL, atau tag konversi berdasarkan event.
- Tulislah deskripsi yang jelas dan ringkas tentang terkait konversi kamu agar mudah dikenali akun Google Ads kamu.
- Pilih pengaturan konversi tambahan, seperti pelaporan nilai transaksi atau pelaporan multiple conversion.
- Reset cookie konversi jika diperlukan.
- Klik “Create and Continue” untuk membuat tag konversi baru kamu.
Setelah kamu selesai membuatnya, kamu harus menambahkan kode pelacakan konversi ke halaman konfirmasi. Kode ini berguna untuk memberikan informasi terkait tindakan konversi ke akun Google Ads kamu.
4. Tambahkan Kode Konversi
Selanjutnya kamu harus menambahkan kode pelacakan tersebut ke halaman konfirmasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan konversi diukur dengan benar.
Kode pelacakan ini berguna untuk memberikan informasi terkait tindakan konversi ke akun Google Ads kamu.
Berikut adalah cara menambahkannya:
- Pilih tindakan konversi yang ini kamu tambahkan kode pelacakan
- Klik tombol “Install Kode” yang berada di sebelah kanan tindakan konversi yang dipilih.
- Kemudian salin kode pelacakan tersebut.
- Tempel kode konversi di antara tag <head> dan </head> pada halaman web.
- Simpan perubahan yang telah kamu buat dan pastikan kode konversi berfungsi dengan cara memverifikasi konversi pada Google Ads.
5. Konfigurasi Pelacakan Konversi
Hal yang kamu lakukan terakhir setelah menambahkan kode konversi pada situs website kamu yaitu mengkonfigurasi pelacakan konversi di Google Ads.
Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk mengkonfigurasi:
- Pilih menu “Tools & Settings” dan Klik “Conversions” di bawah “Measurement”.
- Pilih konversi yang ingin kamu konfigurasi pelacakannya.
- Klik tombol ” Edit Settings” di bawah nama konversi.
- Atur opsi pelacakan konversi, seperti kategori konversi, metode atribut, dan nilai konversi.
- Klik “Save” jika telah selesai untuk menyimpan konfigurasi.
Nah, itulah tadi cara pasang konversi di Google Ads yang dapat kamu ikuti untuk melacak konversi pada iklan kamu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.
Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro. id!
Gimana cukup mudah kan? Nah, kamu dapat menggunakan jasa Google Ads dari Everpro untuk bantuin kamu mendapatkan konversi yang lebih banyak.
Emang Everpro Google Ads Whitelisted bisa kasih apa aja buat kamu?
Benefit Everpro Google Ads Whitelisted
- Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
- Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
- Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
- Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu
Selain lengkap dan aman, layanan Google Ads Whitelisted Account Everpro juga terjangkau!
Dengan top-up saldo minimal Rp5.000.000 kamu bisa mulai beriklan dan dapat GRATIS SEMUA BIAYA selama 2 bulan pertama!
Ayo segera daftar Everpro Google Ads Whitelisted biar iklan kamu makin mantap!