everpro

Sales Force Adalah: Pengertian, Tugas, Tanggung Jawab, Kemampuan, dan Gaji

Sales Force adalah? Mari kita simak artikel berikut ini sampai habis untuk menemukan penjelasan lengkapnya seputar sales force disini!

Tim sales force memiliki peran penting dalam dunia bisnis karena mereka aktif dalam menjual produk dan layanan perusahaan kepada pelanggan potensial. 

Selain itu, mereka juga berperan krusial dalam mempromosikan dan memasarkan produk serta layanan perusahaan kepada calon pelanggan. 

Dalam artikel ini, Everpro akan mengulas mengenai pengertian, tugas, kemampuan yang dibutuhkan, lulusan yang cocok, dan perkiraan gaji yang bisa diharapkan dalam profesi sales force

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai topik menarik ini.

Baca Juga: Sales Admin adalah Alasan Kunci Sukses Tim Penjualan Online

Pengertian Sales Force

sales force adalah
Sumber: Freepik

Sales force adalah tim atau kelompok orang yang memiliki tanggung jawab untuk menjual produk atau layanan suatu perusahaan. 

Departemen penjualan atau sales force memiliki peran vital dalam suatu perusahaan. 

Mereka bertugas menjual produk dan layanan kepada pelanggan, tanpa mereka, perusahaan tidak dapat mencapai penjualan yang menguntungkan. 

Sales force bertanggung jawab dalam memasarkan produk dan layanan kepada pelanggan, dengan tujuan mencapai target penjualan, membangun hubungan baik dengan pelanggan, dan memastikan kepuasan mereka. 

Dalam upaya ini, sales force melakukan prospek dan mencari peluang bisnis baru, melakukan presentasi dan demonstrasi produk, serta menjaga hubungan dengan pelanggan. 

Pengetahuan yang baik tentang produk dan layanan perusahaan, pemahaman tentang kebutuhan pelanggan, kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik, serta pemahaman pasar dan industri yang ditargetkan adalah kualifikasi penting yang dimiliki oleh sales force

Dengan demikian, peran sales force sangat menentukan keberhasilan penjualan suatu perusahaan.

Baca Juga: Terbukti Efektif! 7 Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Mudah dan Cepat

Tugas dan Tanggung Jawab dari Sales Force

sales force adalah
Sumber: Freepik

Sales force memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan bisnis perusahaan. 

1. Menjual Produk atau Jasa Kepada Pelanggan

Sales force dapat mencapai hal ini dengan mengidentifikasi peluang penjualan, mengajukan tawaran produk kepada calon pelanggan, menjawab pertanyaan pelanggan, serta memastikan kepuasan pelanggan terhadap bisnis.

Baca Juga: Inilah Cara Menawarkan Produk ke Konsumen dengan Efektif!

2. Melakukan Riset

Anggota sales force perlu melakukan riset, baik saat mencari prospek maupun setelah mendapatkan prospek.

Untuk mengubah prospek menjadi potensial, sales force harus melakukan riset yang komprehensif, mulai dari memahami profil prospek, mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh prospek, mengetahui solusi yang ditawarkan oleh perusahaan, hingga merancang strategi persuasif untuk mengkonversi prospek tersebut.

3. Mencapai Target KPI

Sebagian besar perusahaan akan mengukur pencapaian melalui KPI penjualan. 

Pengukuran ini tidak hanya menargetkan area pendapatan saja, tetapi juga kinerja tim penjualan yang terkait dengan insentif sesuai hasil evaluasi.

Baca Juga: Kunci Peluang Usaha Sebenarnya Terletak Pada? Simak!

4. Menyiapkan Presentasi

Anggota sales force harus mampu meyakinkan prospek potensial untuk melakukan konversi, karena memiliki prospek potensial saja tidak cukup. 

Oleh karena itu, sales force perlu menyusun presentasi yang menarik dan persuasif untuk meyakinkan prospek potensial bahwa produk atau layanan perusahaan dapat menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. 

Selain itu, sales force harus memastikan bahwa presentasi yang disampaikan dapat mempengaruhi prospek potensial untuk melakukan konversi.

5. Membangun Komunikasi yang Efektif dengan Para Pelanggan

Sales force perlu menjalin hubungan antara perusahaan dan pelanggan. 

Selain itu, sales force juga harus bekerja sama dengan departemen lain untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman yang memuaskan.

Baca Juga: Ini Contoh Perilaku Konsumen & Faktor yang Mempengaruhinya, Catat!

6. Mencapai Standar dan Kuota Penjualan

Menjalankan tugas yang sangat penting, bertanggung jawab aktif memenuhi target dan kuota tersebut, serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keuntungan perusahaan. 

Dengan demikian, peran mereka menjadi krusial dalam menjaga performa bisnis agar tetap berkelanjutan.

7 Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Sales Force

kemampuan yang harus dimiliki sales
Sumber: Freepik

1. Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik merupakan skill sales yang pertama. Dalam hal ini, sales harus mampu menjelaskan produk atau jasa kepada pelanggan dengan jelas dan efektif. 

Selain itu, mereka juga harus memiliki kemampuan mendengarkan kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang sesuai. 

Dengan demikian, dapat terjalin hubungan yang lebih akrab dan berkelanjutan dengan pelanggan. 

Hal ini bertujuan untuk menciptakan pelanggan potensial. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu sales dalam menyampaikan informasi yang tepat dan menarik kepada calon pelanggan. 

Baca Juga: Loyalitas Pelanggan Adalah: Pengertian, Manfaat & Cara Meningkatkannya

2. Persuasi yang Efektif

Kemampuan persuasi adalah skill sales berikutnya. Dalam hal ini, sales memiliki kemampuan untuk meyakinkan calon pelanggan agar membeli produk atau layanan yang ditawarkan. 

Dengan kemampuan persuasi yang baik, sales dapat menjual produk atau layanan dengan efektif dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dengan calon pelanggan.

Baca Juga: 15+ Strategi Promosi Paling Efektif yang Dapat Membantu Bisnis Mencapai Tujuan

3. Bekerjasama dalam Tim

Dalam hal ini, sales harus mampu bekerjasama dengan rekan kerja lainnya dan saling membantu untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Dengan adanya kemampuan bekerja dalam tim yang baik, sales dapat meningkatkan efektivitas kerja dan menciptakan sinergi antara anggota tim.

4. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Sales harus mendengarkan kebutuhan pelanggan dengan seksama dan memberikan solusi yang sesuai. 

Dengan demikian, mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggan secara tepat dan membuat pelanggan merasa puas. 

Selain itu, sales juga perlu memahami pasar dengan baik. 

Pemahaman pasar adalah kemampuan untuk memahami kebutuhan dan tren pasar serta bagaimana produk atau layanan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

Kemampuan ini sangat penting bagi sales karena mereka harus mampu menyesuaikan penjualan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pasar.

5. Memiliki Pengetahuan Detail Tentang Produk atau Jasa

Pengetahuan produk menjadi kemampuan penting bagi seorang sales untuk memahami fitur dan manfaat produk atau layanan yang dijual secara mendalam. 

Kemampuan ini memungkinkan sales untuk menjelaskan produk atau layanan tersebut dengan jelas dan tepat kepada calon pelanggan, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan oleh mereka. 

Dengan memahami produk dengan baik, sales dapat memberikan informasi yang relevan dan membangun kepercayaan dengan calon pelanggan.

6. Mahir Bernegosiasi

Dengan kemampuan bernegosiasi ini, sales dapat mencapai hasil penawaran yang menguntungkan bagi bisnis. 

Kemampuan bernegosiasi adalah kemampuan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dengan calon pelanggan. 

Dalam hal ini, sales dapat menjual produk atau layanan dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan, serta memperoleh margin yang memadai bagi perusahaan. 

Dengan demikian, kemampuan bernegosiasi yang baik sangat membantu sales dalam mencapai tujuan penjualan.

7. Memiliki Keterampilan Presentasi

Memiliki keterampilan presentasi adalah salah satu skill sales yang penting. Seorang sales harus mampu memaparkan produknya dengan baik dari sudut pandang calon pembeli. 

Dengan kemampuan ini, sales dapat menyampaikan informasi tentang produk atau layanan yang dijual dengan jelas dan tepat, serta mampu meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk tersebut.

Gaji Sales Force

gaji sales force
Sumber: Freepik

Gaji sales force di Indonesia bervariasi, tergantung pada tingkat pengalaman dan perusahaan tempat mereka bekerja. 

Rata-rata gaji seorang sales force di Indonesia mencapai sekitar Rp 1,8 juta per bulan atau setara dengan Rp 21,6 juta per tahun. 

Selain gaji pokok, terdapat pula insentif berbasis pencapaian penjualan melebihi target yang dapat meningkatkan pendapatan

Demikian informasi mengenai Sales Force pada artikel ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tahu informasi seputar posisi Sales Force.

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosialmu dan jangan lupa nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro, ya!

Benefit Everpro CRM

Kamu ingin mengelola hubungan pelanggan dengan baik agar dapat meningkatkan penjualan produk atau layananmu? Gunakan Everpro CRM!

  • Kumpulan fitur dalam satu platform yang mempermudah keseluruhan proses bisnis onlinemu.
  • Promo: Buy 1 Month (179ribu) Get 3 Months
  • Fitur ini mudah digunakan oleh pemula
  • Memberi kemudahan untuk tim CS dalam memonitor order pengiriman dan memberi rasa aman ke pelanggan
  • Memastikan tiap paket sukses sampai di alamat, tanpa retur
  • Workflow template yang sudah disediakan sesuai dengan use-case, sehingga user tidak perlu membuat sendiri logika dan workflow-nya.
  • Customer insights berdasar data order dari multiple platforms (e-commerce, shipping platform, manual via excel).

Daftar sekarang juga dan tingkatkan hubungan pelanggan dengan baik bersama Everpro CRM!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya