Sales admin adalah kunci sukses tim penjualan online: mengapa Anda tidak boleh mengabaikan peran mereka?. Simak penjelasan lebih lanjut.
Performa bisnis online saat ini sedang berkembang pesat, namun masih ada tantangan yang harus dihadapi khususnya pelaku bisnis online menengah.
Komunikasi yang masih terbatas, persaingan ketat, pengelolaan data pelanggan yang kompleks, dan pola customer terhadap pengabaian keranjang belanja tinggi sering dihadapi karena itulah peran sales admin penting penting.
Mereka membantu mengatasi tantangan ini dan menjadi kunci sukses dalam tim penjualan bisnis online. Artikel ini akan membahas mengapa bisnis online membutuhkan sales admin dan bagaimana mereka membantu mengatasi masalah tersebut.
Baca Juga : Sales Engineer Adalah? Pengertian, Peran, Tantangan, Kesempatan dan Peluang Karir
Daftar Isi:
TogglePeran Sales Admin di Tim Penjualan
Peran Sales admin adalah mereka bertanggung jawab untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan, mengelola data pelanggan, menganalisis pasar dan pesaing, serta membantu mengurangi tingkat pengabaian keranjang belanja.
Mereka fokus pada kebutuhan pelanggan, menjelaskan manfaat produk atau layanan, dan berusaha mempengaruhi pelanggan untuk membeli.
Selain itu, Mereka juga menyampaikan nilai unik bisnis Anda, menekankan keunggulan yang membedakan dari pesaing, dan menyelesaikan masalah pelanggan dengan baik.
Dengan adanya peran mereka di tim penjualan atau marketing, Mereka membantu meningkatkan penjualan, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan menjaga keunggulan kompetitif bisnis online.
Perbedaan Sales Admin dan Sales Biasa
Berikut ini adalah perbedaan antara Sales Admin dan Sales Biasa di Tim Penjualan berdasarkan peran, tugas serta tanggung jawabnya:
Fungsi | Sales Admin | Sales Biasa |
Lokasi kerja | Kantor | Lapangan / Kantor |
Kontak dengan pelanggan | Tidak langsung | Langsung |
Tugas dan tanggung jawab | Menerima telepon dari pelanggan | Menelepon calon pelanggan untuk menawarkan produk |
Menjawab email dari pelanggan | Mengunjungi calon pelanggan untuk presentasi produk | |
Mengolah data pelanggan untuk promosi dan retargeting | Mengumpulkan data calon pelanggan | |
Menangani komplain pelanggan | Menindaklanjuti calon pelanggan yang sudah menunjukkan minat | |
Membuat laporan penjualan | Membuat laporan penjualan |
Peluang Karir dan Gaji Sales Admin
Peluang karir sales admin di tahun 2024 diperkirakan masih cukup cerah. Hal ini karena semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya peran mereka dalam mendukung keberhasilan penjualan seperti penjelasan diatas.
Selain bekerja di perusahan jika Anda memiliki pengalaman dan keterampilan yang memadai dapat berwirausaha di bidang penjualan, seperti membuka toko online sendiri atau menjadi konsultan penjualan.
Gaji untuk profesi ini di Indonesia bervariasi, tergantung pada pengalaman, keterampilan, dan perusahaan tempat bekerja. Mengutip data dari Jobstreet, gaji sales admin rata-rata di Indonesia adalah Rp5.000.000 per bulan.
Penentuan gaji ini tergantung dari pengalaman apakah entry level hingga manager , keterampilan, dan juga ukuran perusahan.
Baca Juga : Sales Advisor Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir
Manfaat Pekerjan Sales Admin
Manfaat adanya Sales Admin di Tim Penjualan adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan Efektivitas Penjualan
Sales admin membantu meningkatkan efektivitas penjualan dengan melakukan analisis pasar dan pesaing, mengidentifikasi peluang penjualan, dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Dengan ini, mereka membantu tim penjualan mencapai target penjualan dan meningkatkan pendapatan dengan promosi memakai template pesan whatsapp bisnis.
2. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan
Mereka berperan penting dalam menjaga komunikasi mulai dari memberikan informasi produk atau layanan, dan membantu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan salah satunya dengan menggunakan whatsapp blast dan email-marketing.
Dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan akan membuat mereka loyal terhadapa bisnis Anda.
3. Mengelola Data Pelanggan
Mereka juga bertanggung jawab dalam mengelola data pelanggan, termasuk informasi kontak, preferensi, dan riwayat pembelian.
Dengan data ini, mereka dapat membuat strategi pemasaran omnichannel yang lebih terarah, menyesuaikan penawaran dengan kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan pengalaman belanja.
4. Mengotimakan Retargeting
Retartegting adalah salah satu cara untuk mengatasi tantangan dalam bisnis online terhadap pengabaian keranjang belanja.
membantu mengurangi tingkat ini dengan mengirimkan pengingat kepada pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja dengan melakukan follow up customer.
Ini membantu meningkatkan konversi penjualan dan mengoptimalkan potensi pendapatan.
5. Meningkatkan Koordinasi Tim
Mereka juga berperan dalam meningkatkan koordinasi dalam tim penjualan. Mereka memastikan informasi yang relevan tersampaikan dengan baik bisa antar tim produk dan lainnya serta membantu memecahkan masalah atau hambatan yang muncul dalam proses penjualan.
Itu penjelasan lengkap tentang alasan sale admin adalah kunci sukses di Tim penjualan bisnis online. Secara keseluruhan, peran mereka dalam tim penjualan online adalah tentang kerjasama, kejelasan, nilai unik, dan penyelesaian masalah.
Selain peran Sales Admin untuk membantu menunjang tugas dan tanggung jawabnya bisa dengan menggunakan layanan Everpro CRM untuk menunjang bisnis atau usaha Anda agar lebih efektif.
Baca Juga : Sales Officer Adalah: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Peluang Karir
Benefit Everpro CRM
Dapatkan manfaat optimal dengan menggunakan Everpro CRM dan memanfaatkan peran Sales Admin dalam mendukung kesuksesan tim Penjualan dengan benefit berikut:
- 4 Fitur Lengkap ( Data Pelanggan, Tagging dan Segmentation, Broadcast Pesan & Automasi Alur Kerja, dan Update Status Paket)
- Fitur UI/UX mudah digunakan untuk pemula
- Memberi kemudahan untuk tim Admin dalam memonitor order pengiriman dan memberi rasa aman ke pelanggan
- Workflow template yang sudah di-provide sesuai dengan use-case sehingga user tidak perlu buat sendiri logic dan workflownya
- Data customer insights (e-commerce, shipping platform, manual via excel).
- Memastikan tiap paket sukses sampai di alamat, tanpa retur.