7+ Rahasia SEO Marketplace 2024 untuk Meningkatkan Penjualan

Bosan produk kamu tenggelam di lautan produk pesaing? Simak artikel SEO Marketplace sampai habis dan temukan rahasia yang bisa mengubah peruntungan bisnismu!

Keberadaan marketplace selain untuk berjualan juga untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Akan tetapi, dengan kemudahan tersebut bisa meningkatkan tingkat persaingan di dalamnya.

SEO Marketplace diyakini dapat meningkatkan visibilitas dan ranking website toko kamu di hasil pencarian. Selain itu, membantu juga dalam mengoptimalkan website toko kamu.

Dengan menggunakan strategi SEO Marketplace yang tepat produk kamu bisa kemungkinan muncul dihalaman hasil pencarian marketplace yang memudahkan calon pelanggan dengan mudah menemukanmu.

Baca Juga: Terbukti! 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace yang Ampuh

Apa itu SEO di Marketplace?

seo marketplace
Sumber: Pexels

SEO marketplace adalah upaya untuk mengoptimasi toko dengan tujuan agar toko online kamu mendapatkan ranking lebih tinggi di halaman pencarian Google maupun di marketplace tersebut.

Dengan adanya SEO marketplace, kamu bisa mendapatkan meningkatkan visibilitas produk maupun toko kamu, meningkatkan penjualan, dan juga memperluas jangkauan calon pembeli.

Tentunya, strategi ini sangat ampuh untuk toko onlinemu berada di posisi teratas pada pencarian Google yang bisa membuat bisnismu dikenal oleh banyak orang dan menghasilkan income.

Secara psikologis pun orang akan lebih memilih website yang berada di halaman awal ketimbang harus scroll terus ke bawah untuk menemukan jawaban dari kebutuhannya.

Manfaat Menggunakan SEO Marketplace

seo marketplace
Sumber: Pexels

Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari SEO marketplace, maka dari itu berikut adalah beberapa manfaat menggunakan SEO marketplace.

1. Meningkatkan Visibilitas Produk

Menggunakan SEO marketplace bisa memudahkan calon pembeli dengan mudah menemukanmu baik itu di halaman pencarian Google maupun di marketplace

Dengan navigasi yang mudah tersebut membantu meningkatkan visibilitas dalam produk tokomu tentunya.

2. Meningkatkan Kepercayaan

Pastinya jika kamu menjadi pembeli pun kamu akan lebih percaya dengan toko ataupun produk yang muncul di halaman teratas atau awal.

Nah, kalau kamu menggunakan SEO marketplace bisa membuat website ataupun marketplace kamu muncul di halaman teratas.

3. Meningkatkan Penjualan

Selain bisa meningkatkan visibilitas, kepercayaan, SEO marketplace juga bisa meningkatkan penjual. Tentunya akan dengan cepat menemukan calon pembeli yang berpotensi untuk melakukan percobaan

4. Memperluas Jangkauan

Kalau kamu menggunakan SEO marketplace bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan juga meningkatkan exposure di toko kamu. 

Dengan banyaknya orang yang sudah mengenal dengan toko onlinemu, maka toko kamu sudah membangun brand awareness.

5. Memudahkan Pembeli

Kebanyakan orang akan melakukan pencarian terlebih dahulu mau itu lewat Google maupun marketplace

Keberadaan SEO marketplace bisa membantu kamu untuk memudahkan pembeli dalam menemukan produk maupun tokomu.

Baca Juga: 10 Strategi Sukses Cara Jualan di Marketplace Terbaik

Cara Menerapkan SEO Marketplace untuk Memaksimalkan Traffic

seo marketplace
Sumber: Pexels

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan traffic marketplacemu. Oleh karena itu, berikut adalah cara yang bisa kamu gunakan.

  • Riset Keyword

Keyword sangat berpengaruh dalam dunia SEO maupun di marketplace. Dengan adanya strategi yang tidak tepat sasaran ini membuat calon pembeli semakin sulit dalam menemukanmu. Namun, ada tiga indikator untuk 

1. Volume Pencarian

Tentunya kamu bisa melihat seberapa besar volume yang akan berpotensi untuk menaikkan traffic dari keyword yang ada atau telah diubah.

2. Kompetisi

Kamu juga bisa mengetahui seberapa sulit dari keyword yang digunakan untuk mendapatkan ranking di Google. 

3. Intensi Kata Kunci

Search intent bisa mempertemukan antara audiens atau audiens sesuai dengan pemilik toko yaitu kamu.

  • Sebar Keyword (On-Page SEO)

Google akan dengan mudah untuk memasukkan itu semua ke halaman website yang terdapat di toko onlinemu apabila kamu sudah memiliki kata kunci.

Ada 6 hal yang harus kamu perhatikan sebelum masuk keyword pada website toko online seperti deskripsi produk, title tags, title, nama dokumen, URL, alt text, dan meta description.

  • Optimasi Halaman Kategori

Tempat utama toko online kamu terletak pada halaman kategori dan baiknya harus dioptimasi dengan desain yang menarik.

Keseluruhan strategi SEO marketplace sebaiknya harus ada di dalam halaman kategori dan yang paling utama adalah keyword utama, deskripsi pada halaman, dan LSI (Latent Semantic Indexing). 

  • Masukkan Deskripsi Produk

Deskripsi produk harus disisipkan dengan keyword dan itu tidak boleh terlewatkan. Dengan memasukkan keyword ke dalam deskripsi produk, maka Google akan lebih cepat dalam melakukan proses crawling.

Baca Juga: Cara Menulis Deskripsi Toko Online Menjual Beserta Contohnya

  • Tambah Schema Markup

Tampilan halaman website yang sering kamu lihat adalah pengaruh dari menambahkan schema. Cara ini mampu untuk mempengaruhi minat untuk mengunjungi website toko online kamu.

Jika kamu masuk ke dalam snippet, akan ada kenaikan CTR atau click through rate sampai berkali lipat. Snippet juga bisa membantu meningkatkan transaksi dari kunjungan secara organik.

  • Atur URL

URL adalah seperti alamat yang nantinya akan mengarah ke suatu website. Agar Google dengan mudah memahami konten dan lain lain, maka diperlukan URL yang SEO friendly.

Namun, ada hal yang kamu perlu perhatikan sebelum membuat URL tersebut yaitu menyamakannya dengan judul halaman, menghilangkan beberapa kata yang tidak perlu, URL memiliki jumlah karakter yang pendek yaitu 50 sampai 60 karakter, dan menghindari dalam memasukkan kategori dan sub kategori.

  • Sambungkan Website ke Sosial Media

Untuk meningkatkan user experience dalam mesin pencari adalah kamu bisa menggunakannya dengan media sosial.

Dengan menggunakan fitur login melalui media sosial, kamu akan mendapatkan informasi serta data yang akurat mengenai pelanggan kamu.

Nah, itu dia pembahasan mengenai SEO marketplace yang bisa kamu pahami dan nantinya bisa meningkatkan penjualan toko onlinemu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang tidak mengalami kenaikan penjualan toko online di marketplace dan kamu bisa menggunakan SEO setelah membaca artikel ini.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya menarik dan informatif hanya di Everpro!

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya