everpro

Terbukti! 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace yang Ampuh

Punya jualan di marketplace tapi belum ada peningkatan? Tenang, Everpro punya nih artikel cara meningkatkan penjualan di marketplace untukmu, simak sampai habis, ya!

Bagi seorang pebisnis, berjualan di berbagai marketplace bisa menjadi opsi yang menarik untuk memperluas jangkauan produk dan menjangkau lebih banyak pembeli.

Dengan banyaknya marketplace yang populer saat ini, langkah ini dapat menjadi strategi yang cerdas untuk meningkatkan penjualan.

Namun, perlu diingat bahwa keberadaan di marketplace tidak otomatis menghasilkan peningkatan penjualan tanpa menerapkan strategi yang efektif.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana meningkatkan penjualan di marketplace. Ikuti cara di artikel ini agar penjualan di marketplace terus meningkat.

5 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

1. Pahami Pembeli

cara meningkatkan penjualan di marketplace
Sumber: Freepik

Mengapa memahami konsumen menjadi prioritas utama?

Karena tujuan berjualan adalah menarik minat pembeli. Bisnis di marketplace, meskipun dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan, memerlukan dedikasi dan ketekunan.

Terdapat dua tipe pembeli utama di dunia marketplace, yaitu pembeli yang peduli harga dan yang tidak peduli harga.

Pembeli yang peduli harga mayoritas di marketplace, cenderung mencari produk langsung di platform untuk harga termurah. Ini menyebabkan persaingan sengit dengan penurunan harga.

Sementara pembeli yang tidak peduli harga lebih memprioritaskan kualitas cenderung dan memeriksa rating dan ulasan sebelum membeli, mempertimbangkan berbagai faktor sebelum keputusan akhir.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee, Dijamin Ampuh!

2. Tingkatkan Performa Toko

cara meningkatkan penjualan di marketplace
Sumber: Freepik

Dalam meningkatkan performa toko, ada beberapa tindakan yang bisa kamu ambil. Pertama, tingkatkan respon terhadap chat pembeli dengan lebih cepat, mencerminkan keseriusan kamu dalam menjual produk.

Tingkatkan waktu respon pada pembeli untuk menghindari asumsi buruk terkait kualitas produk. Jawab pertanyaan pembeli dengan lengkap dan jelas untuk memastikan kepuasan dan mengurangi pertanyaan berulang.

Kedua, proses pesanan dengan cepat, karena kecepatan ini mempengaruhi rating dan performa toko. 

Ketiga, pertimbangkan meningkatkan ke akun premium untuk memberikan kesan kepercayaan kepada pembeli, meningkatkan kepercayaan mereka untuk berbelanja di toko kamu.

Jangan lupa mencari tahu cara menjadi star seller untuk meningkatkan penjualan di marketplace kamu.

Baca Juga: Ini Cara Meningkatkan Omset Penjualan di Instagram, Mudah!

3. Promosi

cara meningkatkan penjualan di marketplace
Sumber: Freepik

Memanfaatkan keberadaan media sosial sebagai strategi cara meningkatkan omset penjualan kamu. Unggah produk dan sampaikan informasi terperinci tentang barang yang kamu jual.

Selain itu, berikan edukasi kepada pengguna media sosial mengenai produk kamu, baik cara penggunaan maupun keunggulan produk. Jenis konten yang diunggah tak hanya harus berupa foto, namun juga bisa berupa video.

Menggunakan hastag bertujuan untuk mempermudah calon pembeli menemukan produk kamu. Selain itu, buatlah website yang berisi konten tentang produk yang dijual, termasuk kelebihan dan cara penggunaannya.

Optimalkan penggunaan kata kunci yang menjadi target kamu untuk pencarian toko onlinemu di Google

4. Cara Upload Produk

cara meningkatkan penjualan di marketplace
Sumber: Freepik

Cara seller meng-upload produk berpengaruh pada ketertarikan pembeli. Hindari menyalin deskripsi produk dari orang lain untuk menjaga keunikannya.

87% responden dalam riset mengungkapkan bahwa informasi produk yang rinci dan mendalam sangat penting, karena mempengaruhi keputusan pembelian.

Manfaatkan kebebasan untuk mendeskripsikan produk di platform seperti Tokopedia dan Bukalapak untuk mengurangi pertanyaan dari calon pembeli. Penggunaan foto sendiri akan memberikan kesan unik pada produk.

Namun, jika tidak ada foto sendiri, kamu dapat mengedit gambar yang sudah ada. Disarankan untuk menggunakan foto dari produsen daripada supplier.

Memanfaatkan beberapa foto dengan kualitas baik juga dapat meningkatkan ketertarikan pembeli. Pastikan gambar tetap tajam setelah di edit dan tambahkan penggunaan watermark dari toko kamu.

5. Tingkatkan Cara Komunikasi

cara meningkatkan penjualan di marketplace
Sumber: Freepik

Kamu bisa meningkatkan cara komunikasi dengan calon pembeli melalui beberapa cara. Pertama, siapkan template chat untuk efisiensi dalam menanggapi pertanyaan yang sering diajukan.

Kedua, lakukan follow-up secara rutin terhadap calon pembeli yang menunjukkan minat pada produk kamu. Ketiga, tanggap dan responsif terhadap pertanyaan atau keluhan calon pembeli dengan cepat.

Dengan melakukan hal ini, kamu akan terlihat peduli dan dapat membangun kepercayaan pembeli terhadap toko kamu.

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Penjualan di Lazada yang Mudah dan Efektif!

Itu dia cara meningkatkan penjualan di marketplace yang bisa kamu pelajari dan ikuti. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu ingin menerapkan cara tersebut untuk toko onlinemu?

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin mempelajari cara meningkatkan penjualan di marketplace.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan artikel menarik lainnya hanya di Everpro!

Kamu ingin meningkatkan penjualan toko onlinemu dengan cepat? Solusinya sudah pasti Everpro Marketplace Enabler!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Daftarkan sekarang dan penjualan toko onlinemu akan meningkat dengan cepat!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya