Untuk meningkatkan visibiltas dan penjualan toko online diperlukan strategi pasang iklan di marketplace yang terukur dan tararah.
Tanpa strategi ini, nggak heran kalau banyak penjual yang pasang promo tapi hasilnya nggak maskimal dan menguntungkan. Apalagi, jika belum punya tim khusus untuk marketing bisnis.
Bukannya menguntungkan, iklan atau promo yang dijalankan tanpa hasil yang diharapkan malah menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya operasional.
Kalau kamu juga mengalami kendala ini, yuk simak beberapa strategi pasang iklan di marketplace yang ampuh untuk penjualan, berikut ini!
Strategi Pasang Iklan di Marketplace yang Tingkatkan Visibilitas dan Penjualan
Pasang iklan di marketplace bisa dibilang salah satu hal yang wajib dilakukan oleh penjual. Namun, sebelum iklan dijalankan, berikut beberapa strategi yang harus kamu perhatikan:
1. Pilih Produk Terlaris atau Paling Banyak Dicari
Produk best seller atau produk terlaris biasanya lebih mudah menarik perhatian target audiens. Karena itu sebelum pasang iklan, riset produk terlaris dan paling banyak dicari oleh target pelanggan.
Kamu bisa fokuskan iklan pada produk dengan margin dan deman yang tinggi, namun pastikan juga stok produk cukup, bukan cuma di etalase toko namun juga di gudang.
2. Optimalkan Judul dan Deskripsi Produk
Berikutnya lakukan optimalisasi judul dan deskripsi produk kamu di marketplace. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik produkmu.
Judul dan deskripsi nggak boleh dibuat asal-asalan. Gunakan kata kunci yang relevan, deskripsi yang jelas dan menarik, fokuskan pada manfaat dan keunggulan, serta tulisan tidak terlalu panjang.
3. Maksimalkan Foto Produk
Bukan cuma judul dan deskripsi, foto-foto produk juga harus berkualitas. Hindari foto produk yang blur, tidak original, kurang detail, dan yang beresolusi rendah.
Kamu bisa ikuti panduan format foto produk di setiap marketplace, mulai dari foto produk Tokopedia, Shopee, TikTok Shop, dan lain-lain supaya iklan yang dipasang bisa bekerja lebih maksimal.
4. Pastikan Target Audiens Sudah Tepat
Iklan marketplace yang efektif mengharuskan kamu untuk paham siapa target audiens iklanmu, mulai dari demografis, psikografis, perilaku, hingga minat calon pembeli.
Kalau kamu pernah menjalankan iklan di marketplace ini sebelumnya, kamu bisa manfaatkan fitur targeting. Dengan fitur ini, kamu bisa targetkan audiens yang lebih spesifik.
5. Manfaatkan Fitur Promo Tambahan
Ada banyak ide promo yang menarik di marketplace yang bisa kamu manfaatkan supaya iklan lebih efektif menarik perhatian calon pelanggan.
Mulai dari voucher toko, diskon gratis ongkir, flash sale, promo bundling, dan lain-lain. Dengan promo tambahan ini, iklan yang kamu buat punya peluang untung yang lebih besar.
6. Promosi di Platform Penjualan Lainnya
Jangan cuma ngandelin satu marketplace aja, kamu juga perlu manfaatkan marketplace lainnya, termasuk media sosial untuk promosi iklan yang lagi berjalan.
Bisa promosi di Instagram, Facebook, TikTok, dan akun bisnis kamu lainnya. Tujuannya jelas, supaya iklan kamu bisa menjangkau target audiens yang lebih luas.
7. Manfaatkan Iklan Berbayar
Supaya iklan yang kamu buat di marketplace bisa lebih mudah muncul di halaman pencarian, halaman rekomendasi, dan tempat-tempat lainnya, maka manfaatkan juga iklan berbayar.
Setiap marketplace punya fitur iklan berbayar yang mudah digunakan dan tidaklah mahal. Biasanya, biaya iklan akan menyesuaikan berapa banyak audiens yang klik iklan kamu.
8. Berikan Harga Jual yang Kompetitif
Saat pasang iklan di marketplace, pastikan juga kamu memberikan harga produk yang bersaing. Untuk menentukan harga jual, kamu bisa lakukan riset harga kompetitor.
Strategi ini bisa meningkatkan kemungkinan produk kamu muncul di hasil pencarian, direkomendasikan algoritma marketplace, dan dipilih konsumen dibanding produk dari toko lain.
9. Pastikan Layanan Pelanggan Selalu Baik
Bagi calon pelanggan yang klik iklan kamu dan tertarik tapi masih punya keraguan atau pertanyaan tentang produk kamu, maka biasanya mereka akan chat toko kamu terlebih dahulu.
Nah, di situasi ini kamu tetap harus siaga dan memastikan layanan pelanggan selalu baik, cepat tanggap, informatif, dan memberikan solusi terbaik sampai calon pelanggan yakin untuk membeli.
10. Gunakan Jasa Optimasi Marketplace Terpercaya
Strategi terakhir yaitu dengan memanfaatkan jasa optimasi marketplace. Langkah ini cocok untuk penjual yang ingin fokus untuk produksi dan kelola stok, tapi tetap ingin iklannya berjalan optimal.
Apalagi, untuk kamu yang merasa berbagai strategi di atas akan memakan waktu dan tenaga, serta kekhawatiran iklan yang dipasang tidak berjalan maksimal.
Dengan jasa optimasi marketplace, kamu tinggal percayakan iklan ke ahli yang profesional dan berpengalaman mengelola berbagai marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, dan lain-lain.
Sehingga iklan lebih tepat sasaran, hemat waktu dan biaya untuk uji coba, terbantu dalam menganalisis performa, hingga hasil yang diharapkan terutama dari traffic toko dan penjualan.
Everpro MPE Solusi Tepat untuk Kelola Kelola Marketplace
Kalau kamu lagi cari jasa kelola iklan dan optimasi marketplace keseluruhan, yuk kenalan dengan layanan Marketplace Enabler dari Everpro!
Marketplace Enabler punya beragam manfaat untuk bisnis, bukan cuman optimasi iklan, tapi juga optimasi tampilan toko dan memaksimalkan layanan pelanggan.
Tim Everpro bakal bantu kamu optimasi iklan di ecommerce secara end-to-end lewat manajemen iklan satu bulan penuh, optimasi kata kunci dan bidding, menyajikan produk unggulan, dan menyusun laporan bulanan.
Kamu juga nggak perlu khawatir dengan tampilan toko, deskripsi dan judul produk, manajemen stok produk, sampai desain kreatifnya, karena semua udah all-in-one di satu layanan!
Yuk, saatnya memaksimalkan iklan marketplace kamu bersama Everpro sekarang juga!