6 Cara Menentukan Harga Jual dengan Ongkir Termudah!

Cara menentukan harga jual dengan ongkir – Menentukan harga jual yang tepat adalah langkah penting dalam menjalankan bisnis online. Salah satu faktor yang harus diperhitungkan adalah biaya pengiriman atau ongkos kirim (ongkir). 

Ongkir yang ditanggung oleh pelanggan bisa mempengaruhi harga jual produk Anda, karena biaya pengiriman yang tinggi bisa membuat harga produk Anda menjadi lebih mahal, sementara ongkir yang rendah bisa menarik minat pembeli. 

Oleh karena itu, penting untuk memperhitungkan ongkir secara bijaksana agar tetap dapat meraih keuntungan yang baik dalam bisnis online Anda. 

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menentukan harga jual dengan ongkir untuk bisnis online yang Anda miliki.

Cara Menentukan Harga Jual dengan Ongkir untuk Online Shop

Cara Menentukan Harga Jual dengan Ongkir
Sumber: google.com/bersosial

Berikut adalah langkah-langkah cara menentukan harga jual dengan ongkir yang dapat Anda ikuti:

1. Identifikasi Ongkir yang Berlaku

Langkah pertama adalah mengidentifikasi ongkir yang berlaku. Setiap layanan pengiriman memiliki tarif yang berbeda, tergantung pada berat, dimensi, dan lokasi pengiriman. 

Oleh karena itu, Anda perlu meneliti dan memahami tarif pengiriman yang berlaku dari jasa pengiriman yang Anda pilih, seperti JNE, TIKI, POS Indonesia, atau jasa pengiriman lainnya yang umum digunakan di wilayah Anda.

2. Tentukan Metode Pengiriman

Setelah mengetahui tarif pengiriman, Anda perlu menentukan metode pengiriman yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. 

Misalnya, Anda dapat menawarkan beberapa opsi pengiriman, seperti pengiriman reguler, kilat, atau ekspres, yang mungkin memiliki tarif yang berbeda. 

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan apakah Anda akan menawarkan pengiriman gratis atau membebankan ongkir kepada pelanggan. 

Menyediakan opsi pengiriman yang beragam dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka.

3. Hitung Ongkir Berdasarkan Berat dan Lokasi Pengiriman

Kemudian setelah menentukan metode pengiriman yang akan ditawarkan, Anda perlu menghitung ongkir berdasarkan berat dan lokasi pengiriman. 

Setiap jasa pengiriman memiliki peraturan tentang berapa biaya pengiriman yang dikenakan berdasarkan berat dan lokasi pengiriman. 

Misalnya, pengiriman ke wilayah yang lebih jauh atau wilayah yang sulit dijangkau mungkin memerlukan biaya pengiriman yang lebih tinggi. 

“Gamau berat di ongkos saat melakukan pengiriman? Tenang, pakai Everpro Shipping aja! Manfaatkan cashback terbaik dan COD FEE termurah tanpa minimal order, lho!”

Dapatkan promonya sekarang juga, dengan klik banner di bawah ini ya!


Oleh karena itu, pastikan Anda menghitung ongkir secara akurat berdasarkan berat dan lokasi pengiriman untuk setiap produk yang akan dijual.

4. Perhitungan Margin Keuntungan

Terakhir adalah dengan menghitung ongkir, Anda perlu memperhitungkan margin keuntungan Anda dalam menentukan harga jual. 

Margin keuntungan adalah selisih antara harga jual dan harga pokok produk, termasuk ongkir. Anda perlu memastikan bahwa margin keuntungan Anda cukup untuk menutupi biaya produksi, ongkir, dan memberikan keuntungan yang memadai. 

Biasanya, margin keuntungan yang umum digunakan dalam bisnis online adalah antara 30-50% dari harga pokok produk, namun hal ini dapat berbeda tergantung pada jenis produk yang dijual.

Cara Menentukan Ongkir dan Total Harga dengan Mudah

Cara Menentukan Harga Jual dengan Ongkir
Sumber: google.com/bersosial

Selain dengan menggunakan cara di atas, ada juga cara yang mudah untuk dilakukan dalam mengecek harga ongkos kirim dan total biaya yang harus bayar oleh customer.

1. Menggunakan Mark Up Pricing

Salah satu caranya adalah dengan cara menggunakan teknik mark up pricing, seperti yang dilansir dari bhinneka.com.

Misalnya harga awal adalah Rp 100.000, jika menggunakan teknik mark up pricing maka ada penambahan harga sebesar Rp 20.000.

Jadi harga yang harus dibayar oleh pembeli adalah Rp 120.000.

2. Ongkir dah Harga Terpisah

Kemudian jika ingin lebih mudah tentunya harus menggunakan cara berikut ini. Cara ini adalah cara yang sangat populer alias manual.

Contohnya adalah seperti ini: barang yang akan Anda jual adalah Rp 100.000, lalu ada pembeli yang berasal dari kota lain dan ingin barang tersebut dikirim ke alamatnya.

Maka yang harus Anda lakukan adalah langsung mengecek ongkos kirim ke alamat tersebut, katakanlah dengan menggunakan expedisi A dan menggunakan service satu hari sampai ongkirnya Rp 32.000.

Maka pembeli tersebut harus membayarkan harga dan ongkirnya, yakni Rp 132.000.

Dengan menggunakan cara tersebut maka Anda tidak akan mengurangi harga jual atau tidak terpotong biaya ongkos kirim.

Nah, itulah tadi beberapa cara menentukan harga jual dengan ongkir yang mudah dan tetap untung besar. Semoga bermanfaat!

Anda juga bisa nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja 
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan 
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Shipping Everpro sekarang juga!

Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy

Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya