Untuk membantu pebisnis kelola stok barang jualan, artikel ini akan memberikan tips dan cara mengelola stok barang di toko online dan offline dengan efektif.
Sama seperti toko offline, mengelola stok barang emang sering jadi tantangan pebisnis online. Masalahnya, kadang jumlah barang di gudang suka beda dengan yang tercantum di marketplace.
Alhasil, ketika kamu mau packing produk yang di checkout pembeli di marketplace, ternyata produk tersebut malah out of stock alias udah nggak ada lagi di gudang atau toko offline.
Situasi kayak gini pasti bikin panik dan pusing tujuh keliling. Pikiran kamu jadi kemana-mana, mulai dari kehilangan pelanggan sampai terancam dapet ulasan buruk dari pelanggan.
Nah daripada kamu menghadapi situasi ini terus menerus, sekarang saatnya kamu tahu cara mudah mengelola stok barang atau stock opname di toko online dan offline.
Pentingnya Manajemen Stok untuk Bisnis Online
Dalam bisnis, cara mengelola stok barang ini masuk ke strategi manajemen stok atau juga sering disebut inventory control. Apa itu manajemen stok dan kenapa penting?
Manajemen stok adalah praktek mengelola persediaan atau stok barang dalam suatu bisnis atau organisasi. Ketika pebisnis nggak ngerasa manajemen stok penting, maka ini yang akan terjadi:
- Data stok barang antara marketplace dan toko offline atau gudang jadi berbeda.
- Risiko kehabisan stok atau kelebihan stok yang nggak terkontrol.
- Terjadi kesalahan fatal saat update stok manual.
Nah ketika hal di atas terjadi, pastinya juga bakal berdampak buruk ke bisnis secara keseluruhan.
Mulai dari kehilangan pelanggan karena stok barangnya nggak akurat, sampai kerugian finansial akibat overstocking atau stockout.
Fungsi Manajemen Stok Barang Pada Bisnis
Karena itulah manajemen stok menjadi penting banget untuk mengatasi tantangan di atas. Berikut ini keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika menjalankan strategi ini dengan baik:
- Stok barang jadi lebih jelas, nggak kurang ataupun lebih dan sesuai sama kebutuhan bisnis.
- Proses produksi, packing, dan pengiriman jadi lancar karena barangnya tersedia.
- Menjaga bisnis dari kekurangan stok barang dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Cara Mengelola Stok Barang di Toko Online dan Offline
Punya Gudang atau Toko Offline yang Memadai
Sebagai pebisnis online, pasti kamu paham kenapa gudang atau toko offline itu penting banget untuk nyimpan barang yang dijual sekalipun bisnis kamu masih terbilang kecil.
Karena itu, untuk kelola stok barang yang efektif, pertama-tama pastikan barang-barang jualanmu disimpan di tempat yang memadai dan tersusun dengan rapi.
Menyimpan Barang dengan Cara yang Tepat
Nggak sampai punya gudang atau toko offline untuk simpan barang aja, tapi penting banget untuk perhatikan cara menyimpan barang-barang jualan yang tepat. Begini tipsnya:
- Pakai etalase, rak gudang, atau penyimpanan lainnya agar barang jualan jadi lebih rapi.
- Atur penataan barangnya dengan rapi biar gampang dicari dan diambil kapan aja.
- Simpan barang dengan kondisi dan kebutuhannya, seperti suhu dan kelembapan.
- Buat label dan penandaan yang jelas di supaya lebih tertata dan tahu kategorinya.
Pakai Analisis ABC
Nah untuk membuat label stok barang, analisis ABC bisa memudahkan kerjaan kamu. Analisis ABC adalah salah satu metode yang biasanya dipakai untuk mengklasifikasi persediaan barang.
Cara menerapkan analisis ABC yaitu, dengan membagi klasifikasi produk jadi 3 kategori, yaitu:
- Kategori A: Barang yang nilai jualnya tinggi tapi stoknya sedikit.
- Kategori B: Barang yang nilai jualnya menengah dan stoknya cukup.
- Kategori C: Barang yang nilai jualnya rendah tapi stoknya banyak.
Untuk membuat klasifikasinya, kamu bisa mulai dengan kategori yang jadi prioritas pada manajemen stok. Misalnya, dari stok barang yang paling banyak permintaannya di pasaran.
Tahu Kapan Harus Stok Barang
Selanjutnya, kalau udah tahu cara menyusun dan menata stok barang yang efektif, saatnya terapkan cara mengelola stok barang yang masuk dan keluar.
Pastinya kamu harus tahu dulu kapan harus stok barang. Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan supaya tahu kapan harus stok barang-barang tertentu, yaitu:
- Cek data historis penjualan dan prediksi tren yang akan datang, lalu lakukan analisis.
- Perhatiin waktu atau hari spesial untuk tahu kapan permintaan barang jadi naik.
- Pakai alat pemantau stok real-time yang bisa identifikasi saat kamu kekurangan produk.
Baca Juga: Tips Cara Mengetahui Jualan Online Paling Laris
Tentukan Jumlah Minimal Stok Barang
Kalau kamu udah tahu kapan harus stok barang dari cara-cara di atas, kamu juga jadi tahu minimal barang yang perlu di stok ulang saat jumlah barangnya menipis di gudang atau toko offline.
Misalnya, dari identifikasi produk-produk yang paling laris, baik itu saat tren atau lagi di musim dan waktu khusus. Selanjutnya, tentukan kapan kamu harus pesan ulang barangnya dari supplier.
Buat Catatan Inventaris di Gudang
Selanjutnya, buatlah catatan inventaris di gudang atau toko offline kamu. Tujuannya, supaya kamu tahu apa saja barang yang kamu jual, jumlah stok nya, dan jadwal kapan kamu harus stok kembali.
Kegiatan ini juga disebut sebagai stock opname, yaitu proses menghitung fisik barang yang kamu punya baik itu di gudang ataupun di toko offline sebelum memasarkannya di marketplace.
Untuk membuat catatan inventaris yang rapi, pakailah format yang konsisten misalnya dengan metode ABC tadi. Selain itu, manfaatkan teknologi untuk mencatat dan melacak stok barang.
Baca Juga: 3 Rumus Persediaan Akhir & Cara Menghitungnya
Terapkan Manajemen Supply Chain (Rantai Pasok)
Cara mengelola stok barang yang tak kalah penting adalah menerapkan supply chain. Supply chain (SC) adalah jaringan antara pebisnis dan supplier untuk memproduksi dan mendistribusikan barang yang akan dijual kepada pelanggan.
Dari data inventaris dan proses audit stok, kamu bisa memberitahukan secara real-time daftar barang yang perlu di stok beserta jadwalnya ke seluruh pihak yang terlibat dalam supply chain ini.
Sehingga, kamu bisa lebih efisien mengelola operasional toko online dan offline serta memastikan tidak ada produk yang kurang saat dibutuhkan.
Prioritaskan Pengeluaran Barang yang Lebih Lama
Selanjutnya, mari kenalan dengan teknik First In, First Out (FIFO). Teknik ini penting banget untuk mengelola stok barang. Intinya, barang yang pertama masuk harus pertama keluar.
Jadi, stok yang lama nggak akan basi atau usang. Selain itu, kalau barang yang kamu jual punya masa pakai, cek selalu tanggal kadaluarsanya biar barang yang hampir habis masa pakainya bisa diutamakan untuk dijual duluan.
Biar mudah, kasih juga label kapan barang tersebut masuk ke toko offline atau gudang dan kelompokkan tanggal kadaluarsanya biar lebih efektif.
Sediakan Stok Barang Cadangan
Cara mengelola stok barang nggak cuma soal data-data aja, tapi juga dengan stok barang cadangan. Ini penting banget buat jaga-jaga kalau ada lonjakan permintaan.
Biar selalu ada stok cadangan, pertama kamu tentukan dulu barang yang kritis dan harus selalu ada. Terus, hitung jumlah cadangannya berdasarkan lead time dan tingkat permintaan.
Jangan lupa juga atur perputaran stok cadangan supaya barang nggak ada yang kadaluarsa, basi, rusak, ataupun usang.
Pakai Aplikasi Kelola Stok Barang
Setelah ngebahas berbagai cara mengelola stok barang, menggunakan aplikasi manajemen stok barang jadi langkah penting yang bikin semuanya jadi lebih praktis.
Dengan aplikasi ini, kamu bakal terbantu untuk menyinkronkan stok di berbagai platform, baik itu toko online di marketplace maupun di offline. Jadi, kamu nggak bakal kewalahan lagi deh!
Fungsi utama aplikasi ini yaitu, mulai dari tracking barang masuk dan keluar, kasih notifikasi kalau stok udah mulai menipis, dan memperbarui data secara real-time.
Nah salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Jubelio, yaitu platform omnichannel di Indonesia yang bisa mengintegrasikan seluruh operasional bisnis baik itu offline dan online.
Mau dapetin aplikasi Jubelio secara gratis? Layanan Marketplace Enabler di Everpro solusinya!
Layanan MPEnabler di Everpro Bantu Pebisnis Kelola Stok Barang
Sebagai solusi untuk semua urusan bisnis online kamu, Everpro punya layanan Marketplace Enabler untuk bantu kelola toko online kamu biar bisa cuan maksimal.
Cuma dengan langganan layanan MPEnabler di Everpro, kamu bakal dibantu atur tampilan toko, atur strategi marketing, bikin promo, optimasi iklan, layanan customer service, dan banyak lagi.
Kamu juga langsung dapetin akses gratis ke aplikasi Jubelio untuk kelola stok barang jadi lebih efektif dan efisien. Menarik bukan?
Ini Benefits Pakai Layanan MPEnabler Everpro
- Toko kamu bakal di optimasi
- Toko gampang ditemukan pembeli
- Dapetin performa iklan terbaik
- Ningkatin penjualan lewat campaign terbaru
- Bimbing kamu pilih strategi bisnis yang tepat
- Ada jasa CS yang cepat dan tuntas
Yuk saatnya atasi dan antisipasi berbagai permasalahan stok barang bisnis kamu bareng Everpro. Udah 200+ brand yang kelola tokonya bareng Everpro, sekarang saatnya toko kamu!
Klik tombol di bawah ini buat daftar di Everpro sekarang juga! Yakin deh #PakaiEverproPastiCuan!