Everpro

10 Cara Optimasi Iklan Shopee Biar Nggak Boncos

Daftar Isi:

Pasang ads jadi strategi yang ampuh untuk ningkatin penjualan di Shopee. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap cara optimasi iklan di Shopee untuk para seller. 

Pasang iklan di Shopee itu penting banget mengingat makin ketatnya persaingan di e-commerce. Ini bisa buka peluang produk kamu muncul di halaman utama hasil pencarian di Shopee. 

Kalau muncul di halaman utama, gede kemungkinan target pasar bakal lihat dan beli produk kamu. Tapi masalahnya nggak semua iklan berbayar itu kasih keuntungan buat seller

Kalau iklan nggak di optimasi dengan benar, seller bisa boncos dengan kondisi angka penjualan yang nggak naik-naik. Karena itu, penting banget buat tahu cara optimasi iklan di Shopee. 

Optimasi iklan Shopee bisa bikin iklan lebih tepat sasaran dan ningkatin konversi dengan anggaran yang lebih efisien. Jadi, seller nggak bakal rugi, malahan profit jadi ikut naik. 

Baca Juga: Jangan Asal Boost! Kenali Shopee Ads yang Bikin Penjualan Meroket 

Cara Optimasi Iklan Shopee Biar Nggak Boncos

cara optimasi iklan shopee
Sumber: google.com

Pahami Cara Beriklan di Shopee 

Sebelum mulai optimasi iklan di Shopee, kamu harus paham dulu sama cara beriklan di Shopee Ads. Soalnya ada banyak jenis iklan yang tersedia di fitur iklan Shopee, diantaranya: 

1. Iklan Pencarian Produk 

Jenis iklan ini cocok untuk seller yang mau produknya terpajang di posisi teratas pada halaman hasil pencarian Shopee. 

Jadi, kalau pengguna buka aplikasi Shopee dan cari sesuatu dengan kata kunci yang relate sama produk kamu, mereka bakal ketemu sama iklan kamu sejauh apapun mereka scroll layarnya. 

Keuntungan jenis iklan ini yaitu tinggal CTR yang tinggi, exposure nya telabih tertarget, dan cocok untuk toko yang sulit dapetin perangkita teratas secara organik. 

2. Iklan Produk Serupa

Jenis iklan produk serupa ini memanfaatkan buying dan searching history dari pengguna. 

Jadi, nggak heran kalau iklan ini bakal ada di bagian “Kamu Mungkin Juga Suka” dan “Rekomendasi” berupa produk yang pernah dibeli. 

Keuntungan jenis iklan produk serupa yaitu hemat budget, lokasi iklan lebih dinamis, dan relevan sama preferensi calon pembeli. 

3. Iklan Pencarian Toko

Kalau jenis iklan pencarian toko ini akan menampilkan nama toko, voucher, dan produk yang berkaitan sama kata kunci tertentu. 

Keuntungan jika kamu pakai jenis iklan ini yaitu, traffic nya bakal langsung ke toko kamu dengan promosi yang menyeluruh. Selain itu, opsi customization nya juga lebih bervariasi. 

4. Iklan Halaman Strategis

Iklan halaman strategi dipakai untuk nunjukkin toko dan produk kamu dengan visual yang menarik di halaman utama Shopee. Biasanya, tampilan jenis iklan ini yaitu dalam bentuk banner. 

Keuntungan yang kamu dapetin dari jenis iklan halaman strategi yaitu exposure yang besar dengan traffic tinggi dan penempatan banner yang strategis dengan tampilan menarik.

5. Iklan Produk Otomatis

Selain keempat jenis iklan di atas, kalau kamu mau iklan yang lebih praktis maka iklan produk otomatis bisa jadi pilihan yang tepat. 

Sesuai namanya, iklan ini bakal otomatis promosikan produk kamu tanpa harus repot setting ini itu. Nantinya, iklan kamu bakal muncul di beranda, hasil pencarian, dan halaman detail produk.

Keuntungan pakai jenis iklan ini yaitu, waktu yang lebih efisien, nggak perlu tenaga kerja yang banyak, penempatan iklan yang lebih tersebar, dan berpeluang meraih daya beli yang besar. 

Tentukan Tujuan Beriklan di Shopee

Kalau udah paham sama jenis-jenis Shopee, sekarang kamu harus nentuin apa sih tujuan kamu pasang iklan? Mau ningkatin brand awareness, penjualan, atau traffic?

Tentuin tujuan iklan ini penting banget sebelum mulai kampanye, terlebih untuk iklan berbayar.

Kalau udah tahu tujuannya, kamu bisa lebih fokus dan strategi dalam ngejalanin iklan. Jadi, hasilnya bakal lebih maksimal dan kamu nggak harus buang-buang duit anggaran. 

Pilih Produk yang Tepat untuk Diiklankan

Selanjutnya, kamu bisa pilih satu atau lebih profuk yang punya potensi tinggi buat diiklankan. Apalagi, kalau toko online kamu menawarkan berbagai produk yang berbeda-beda. 

Kamu bisa lihat produk apa yang lagi tren, punya review paling bagus dari pembeli, atau produk yang sering dicari dan diincar konsumen. 

Dengan begitu, iklan kamu bakal lebih efektif tanpa buang-buang duit. Soalnya, produk yang kurang laku biasanya bakal lebih susah dijual karena kurang menarik konsumen. 

Riset dan Pilih Kata Kunci 

Misalnya, kamu jual baju bayi di Shopee. Kamu pasti pengen ketika pengguna ketik “baju bayi” di pencarian Shopee, toko kamu muncul di bagian atas halaman hasil pencarian, bukan? 

Nah untuk mewujudkannya, ketika kamu optimasi iklan di Shopee, tentukan kata kunci yang relevan dan sering dicari konsumen.

Cari tahu nya bisa lewat alat riset kata kunci seperti Shopee Ads dan Google Keyword Planner. Pilih kata kunci yang punya volume pencarian tinggi tapi persaingannya nggak terlalu ketat. 

Baca Juga: 5 Cara Riset Kata Kunci Shopee, Ampuh Meningkatkan Penjualan

Mengatur Anggaran Iklan

Cara optimasi iklan Shopee yang paling penting biar nggak boncos pastinya adalah ngatur anggaran iklan seefektif mungkin. Caranya gimana sih?

Kamu perlu nentuin budget harian dan total yang mau kamu habiskan buat ngiklan di Shopee. Biaya iklan Shopee nggak harus gede kok. Sesuaikan dengan kemampuan dan tujuan iklan kamu. 

Penting juga buat tahu strategi pembagian anggaran. Kalau kamu mau pakai semua jenis iklan, berarti kamu harus bagi anggaran untuk masing-masing jenis iklan. 

Jangan lupa juga pantau pengeluaran dan hasil iklannya. Kalau ada iklan yang performanya kurang bagus, langsung optimalkan atau alihkan budgetnya ke jenis iklan yang lebih efektif. 

Tentukan Target Pasar yang Tepat

Keuntungan ngiklan di Shopee Ads adalah kamu bisa targetin iklan kamu ke audiens yang spesifik. Karena itu, penting banget buat lakukan riset pemasaran buat tahu target pasar kamu.

Kalau tahu siapa target pasarnya, mulai dari jenis kelamin, demografi, usia, sampai minat dan kebiasaan, kamu bakal lebih gampang bikin konten yang menarik. 

Nah saat optimasi iklan Shopee, kamu tinggal cantumkan target audiens yang spesifik. Nantinya kemungkinan besar iklan kamu bakal muncul di layar target pasar kamu itu. 

Buatlah Konten Iklan yang Menarik

Iklan yang menarik bakal buka peluang yang besar untuk dilirik target pembeli. Konten terbaik untuk iklan Shopee bisa di cek dari kualitas gambar atau foto produknya. 

Jadi, pastikan gambar produk jelas, menarik, dan deskripsinya lengkap. Biar makin totalitas, kamu bisa pakai foto produk dari berbagai sudut.

Jangan lupa juga sertakan kata kunci utama yang relevan di judul atau nama produknya. Tujuannya supaya produk atau toko kamu jadi lebih mudah ditemukan. 

Biar lebih menarik calon pembeli lagi, kasih penawaran seperti promo, diskon, atau cashback. Kamu bisa manfaatin fitur diskon yang tersedia di Shopee, ya!

Baca Juga: Contoh Iklan Shopee yang Bikin Banjir Klik dan Penjualan!

Pantau dan Analisis Kinerja Iklan

Kalau iklan Shopee Ads kamu udah di optimasi lewat cara-cara di atas, selanjutnya kamu harus pantau dan analisis kinerja iklannya secara berkala. 

Kamu bisa manfaatin Shopee Analytics, Google Analytics, atau tools lainnya. Cek data penjualan, klik, hingga konversi dari iklan yang kamu jalankan. 

Selain itu, buat tahu seberapa efektif iklan kamu, perhatikan juga KPI seperti CTR (Click-Through Rate), ROI (Return on Investment), dan Conversion Rate

Evaluasi dan Optimalkan Kinerja Iklan

Ketika kamu pantau dan analisis kinerja iklan, kamu bisa lihat iklan yang performanya kurang bagus. Misalnya, kalau CTR rendah atau ROI minus, berarti iklan itu kurang efektif.

Berarti rencana kedepannya adalah optimalkan lagi iklan Shopee kamu. Dari hasil analisis kamu, sesuaikan lagi kata kunci, anggaran, dan konten iklan lewat beberapa strategi. 

Nah biar nggak ngeluarin dana yang banyak buat nyoba strategi iklan yang efektif, kamu bisa lakukan A/B testing baik itu dari kata kunci ataupun konten iklannya. 

Baca Juga: 10 Strategi Efektif Agar Jualan Shopee Laris 

Pakai Jasa Optimasi Iklan Terpercaya

Cara optimasi iklan Shopee yang paling praktis buat kamu coba adalah pakai jasa optimasi iklan. 

Di zaman yang makin canggih dan praktis ini, sebagai pebisnis yang jualan online di Shopee nggak semua hal harus kamu kerjakan seorang diri. 

Kamu bisa prioritasin diri ke strategi lain sembari percayakan optimasi iklan kamu ke jasa optimasi. Nah layanan Marketplace Enabler (MPE) di Everpro bisa jadi solusi dan pilihanmu!

Bayangin hanya dengan satu layanan, kamu udah bisa optimasi iklan di Marketplace dengan bantuan dari expertise yang udah punya pengalaman sukses kelola iklan di Shopee Ads. 

Ini Benefits Pakai Layanan MPEnabler Everpro

  • Toko kamu bakal di optimasi 
  • Toko gampang ditemukan pembeli 
  • Dapetin performa iklan terbaik
  • Ningkatin penjualan lewat campaign terbaru
  • Bimbing kamu pilih strategi bisnis yang tepat
  • Ada jasa CS yang cepat dan tuntas

Untuk dapetin hasil penjualan yang tinggi, emang harus dimulai dari usaha optimasi yang maksimal. Mulai dari optimasi iklan sampai optimasi toko online biar makin kece. 

Karena itu, yuk ikuti cara-cara di atas dan percayakan optimasi toko Shopee kamu bersama Everpro. Udah 200+ brand yang kelola tokonya bareng Everpro, sekarang saatnya toko kamu!

Klik tombol di bawah ini buat daftar di Everpro sekarang juga! Yakin deh #PakaiEverproPastiCuan!

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

Daftar GRATIS sekarang atau cari tahu paket berlangganan Everpro