Everpro

Manual Task yang Bisa di Automasi dengan CRM, Begini Langkah Praktisnya!

Daftar Isi:

Agar pengelolaan bisnis dan hubungan dengan pelanggan makin efektif, artikel ini bakal bahas beberapa manual task yang bisa di automasi dengan CRM.

Sebagai pebisnis online, pernah nggak sih kamu ngalamin kesulitan buat kelola data pelanggan secara manual, mulai dari input data, sampai atur jadwal follow up. Makan waktu banget kan? 

Nah sebenarnya, kalau kamu kenal Customer Relationship Management (CRM) secara mendalam, kamu nggak harus ngelakuin tugas tersebut secara manual loh.

Mari berkenalan dengan CRM Automation, bikin tugas-tugas manual bisa di automasi dengan mudah dan cepat yang bakal dibahas secara lengkap di artikel ini. 

Kenalan dengan CRM Automation 

manual task yang bisa di automasi
Sumber: freepik.com

CRM Automation adalah proses memanfaatkan teknologi digital serta software untuk mengotomatiskan berbagai tugas dan kegiatan dalam Customer Relationship Management (CRM). 

CRM sendiri adalah strategi pemasaran yang berkaitan dengan pengelolaan hubungan bersama pelanggan untuk meningkatkan kepuasan customer dan mencapai keuntungan perusahaan. 

Karena CRM nggak cuma berkaitan dengan data aja, oleh sebab itu CRM Automation punya peran yang penting banget biar tugas-tugas lainnya yang diluar data bisa dilakukan lebih maksimal. 

Baca Juga: 5 Manfaat WhatsApp CRM Marketing dan Strategi yang Wajib Diketahui Pebisnis!

Pentingnya Peran CRM Automation dalam Bisnis

Emang penting dalam bisnis pakai CRM automation? Ya, penting banget! Dengan proses automasi ini, ada banyak tugas-tugas rutin yang jadi lebih praktis kamu kerjakan. 

Berikut ini beberapa keuntungan yang bakal bisnis kamu dapetin dari CRM automation: 

Hemat Waktu dan Tenaga Kerja 

Automasi dalam CRM pastinya bisa bantu kamu ngirit waktu dan tenaga dari tugas-tugas rutin seperti kirim email hingga ngatur jadwal yang harusnya bisa dilakukan secara otomatis. 

Apalagi kalau kamu punya concern tersendiri untuk nggak nambah Sumber Daya Manusia (SDM) di bisnis kamu, kamu bakal terbantu banget sama automasi di CRM ini. 

Layanan Pelanggan Lebih Cepat dan Personal 

CRM automation bisa kirim pesan balasan otomatis ke pelanggan. Nah lewat data yang ada, sistem ini bakal langsung nanggepin pelanggan dan kasih rekomendasi produk yang relevan. 

Karena interaksinya jadi lebih lancar dan efektif, pelanggan juga lebih puas sama bisnis kamu. 

Meningkatkan Produktivitas 

Karena udah terbantu dengan software dan teknologi digital lainnya, berarti kamu nggak perlu terlalu fokus lagi untuk prioritaskan kerjaan ke pengolahan data, follow up, dan lainnya. 

Kamu bisa lebih produktif dan fokus untuk mengembangkan bisnis dan merancang strategi lainnya untuk meningkatkan penjualan. 

Memaksimalkan Akurasi Data 

Karena pengolahan data yang otomatis, kesalahan manusia bisa lebih diminimalisir. Jadi, informasi yang kamu dapatkan tentang pelanggan atau performa bisnis lebih akurat dan dapat diandalkan.

Meningkatkan Penjualan Bisnis 

Nggak cuma hemat waktu aja, automasi juga punya kontribusi besar buat ningkatin penjualan loh. Karena kamu bisa lebih efektif untuk kelola prospek dan mengarahkan penjualan yang lebih baik.

Hal ini tentu dapat meningkatkan konversi dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Manual Task yang Bisa di Automasi dengan CRM 

manual task yang bisa di automasi
Sumber: freepik.com

Berikut ini adalah beberapa manual task yang bisa di automasi dengan bantuan CRM:

Manajemen Kontak dan Lead

Mengelola kontak termasuk task yang bisa di automasi dengan CRM. Tugas utamanya yaitu untuk mengelola dan menyimpan data pelanggan, seperti nama, alamat, nomor telepon, hingga email. 

Dengan sistem ini, kamu juga bisa punya label data pelanggan berdasarkan kriteria tertentu, misalnya berdasarkan usia, lokasi geografis, jenis kelamin, hingga ketertarikan tertentu. 

Follow-up Otomatis ke Pelanggan

Jika biasanya kamu kirim pesan follow up manual ke satu persatu pelanggan, sekarang kamu nggak perlu ribet lagi. Karena tugas tersebut bisa lakukan otomatis dengan CRM. 

CRM bisa atur follow-up otomatis setelah pelanggan membeli atau mengajukan pertanyaan. Jadi, nggak ada pelanggan yang terlewat untuk di follow. 

Kamu juga bakal punya hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan karena kepuasan mereka dengan pelayanan kamu. 

Baca Juga: 9 Cara Follow Up Customer Agar Cepat Closing, Dijamin Ampuh! 

Kirim Email dan Kampanye Pemasaran 

Ketika menjalankan kampanye pemasaran, CRM juga membantu kamu untuk mengirim pesan promosi produk baru, newsletter, hingga pengingat event dan penawaran khusus secara otomatis. 

Manual task yang bisa di automasi ini bisa bantu kamu untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan engagement dengan pelanggan.

Buat Jadwal dan Pengingat 

Mengelola jadwal atau panggilan untuk follow up customer juga lebih mudah dengan CRM Automation. Kamu bisa kirim pesan otomatis sesuai jadwal yang sudah di setting. 

Buat Laporan dan Analisis Data 

CRM automation juga bisa dipakai untuk tugas membuat laporan dan analisis data pelanggan, mulai dari perilaku belanja, memahami tren, hingga preferensi produk. 

Kalau kamu bisa tahu lebih banyak tentang pelanggan, kamu lebih gampang menyesuaikan produk atau layanan dan ningkatin pengalaman pelanggan. 

Langkah Praktis Memulai Automasi Task dengan CRM

manual task yang bisa di automasi
Sumber: freepik.com

Evaluasi Kebutuhan Bisnis

Pertama-tama, kamu bisa identifikasi apa aja tugas dalam bisnismu yang butuh automasi. Biar mudah, kamu perlu prioritaskan tugas-tugas yang kasih dampak besar saat di automasi. 

Integrasikan CRM dengan Sistem Lain

Agar automasi tugas-tugas CRM jadi lebih efektif, kamu perlu pastikan CRM bisa terintegrasi dengan sistem bisnis yang lain, seperti email marketing dan media sosial bisnis. 

Kamu juga bisa manfaatkan API dan alat integrasi lainnya untuk menyinkronkan data. 

Latih Tim untuk Menggunakan CRM Automation

Kalau kamu punya tim khusus untuk menjalankan strategi CRM, maka kamu bisa tingkatkan kualitas tim dengan memberikan pelatihan CRM beserta fitur-fiturnya. 

Selain itu, libatkan tim ke proses implementasi agar paham penggunaan CRM dengan benar. 

Monitor dan Evaluasi Kinerja Automasi

Supaya task yang kamu automasi tidak sia-sia, gunakanlah laporan dan analisis data untuk memantau kinerja automasinya. 

Kemudian, lakukan evaluasi secara berkala supaya kalau ada hal yang bisa diubah kamu bisa menyesuaikan supaya efektivitas terus meningkat.

Optimalkan Penggunaan Data

Kamu bisa manfaatkan data dari CRM untuk dapetin wawasan yang lebih dalam tentang pelanggan. Kalau bisa, pakailah analitik untuk cari tahu tren dan peluang bisnis lainnya. 

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Database Pelanggan dalam Bisnis, Lebih Optimal!

Otomatisasi Tugas-Tugas Rutin

Fokuslah mengotomatisasi tugas-tugas rutinan yang biasanya kamu lakukan, seperti mengirim email hingga membuat jadwal untuk follow up ke customer. 

Tapi pastikan juga automasi ini nggak mengurangi sentuhan personal dalam berinteraksi dengan pelanggan. Biasanya pelanggan nggak terlalu tertarik sama pesan yang formal banget atau baku. 

Selalu Update dan Adaptasi

Nggak kalah penting, tetaplah up to date sama perkembangan teknologi CRM dan tren bisnis. Karena kamu bisa aja nemuin automasi yang lebih praktis dibanding yang dipraktekin sekarang. 

Nah biasanya adaptasi strategi automasi ini bakal menyesuaikan sama perubahan kebutuhan bisnis dan pasar. Jadi, ini juga bakal bikin bisnis kamu terus berkembang deh!

Jaga Keamanan Data

Keamanan data bisnis itu penting dan krusial banget guys! Pastikan sistem CRM kamu punya fitur keamanan yang kuat buat melindungi data-data pelanggan kamu. 

Kamu bisa terapkan keamanan  data dan lakukan audit secara berkala.

Pilih Alat CRM yang Tepat

Last but not least, pilihlah alat CRM yang tepat dan berkualitas. Kamu perlu pertimbangkan dari fitur dan kemampuan alat CRM yang sesuai sama kebutuhan bisnismu. 

Biar ketemu sama alat CRM yang paling pas buat kamu, lakukanlah riset dan uji coba sebelum benar-benar memutuskan untuk pilih yang mana. 

Tapi, kalau kamu nggak mau ribet dan pengen langsung pakai satu alat CRM aja, kamu bisa percayakan di Everpro!

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Balas Pesan Otomatis WhatsApp, Efektif!

Percayakan Automasi CRM Kamu di Everpro

manual task yang bisa di automasi
Sumber: google.com

Everpro kasih kamu solusi dari berbagai persoalan automasi CRM. Lewat layanan CRM di Everpo, kamu bisa kelola hubungan baik dengan pelanggan lewat fitur automasi yang mantap. 

Tugas yang biasanya kamu kerjakan manual, seperti kirim pesan satu-satu ke customer, labelling data pelanggan, sampai bikin jadwal follow up customer, sekarang bisa dikerjakan secara otomatis. 

Bayangin, cuma dengan satu fitur aja, kamu udah bisa beresin banyak tugas secara otomatis. Jadi kamu bisa lebih produktif dan tinggal prioritasin ke strategi bisnis lainnya. 

Cerita Sukses Pebisnis Online Pakai Fitur CRM Everpro

Udah banyak pebisnis online yang berhasil menjalankan strategi CRM dengan baik bareng Everpro. Salah satu imers di Everpro juga membagikan pengalamannya pakai fitur ini loh. 

Dengan menggunakan fitur CRM, beban kerja Customer Service dalam memantau tracking paket jadi berkurang karena terbantu dengan pengelolaan data yang otomatis di Everpro. 

Selain itu, customer juga jadi lebih komunikatif dan responsif ketika ada kendala pengiriman. Nah, pastinya karena hubungan dengan customer lebih baik, ini juga jadi mengurangi RTS dari pembeli.  

Udah banyak pebisnis online yang terbantu dengan layanan CRM di Everpro. Sekarang, giliran kamu yang maksimalkan bisnis dengan minimalisir tugas manual yang harusnya bisa di automasi!

Yuk langganan fitur CRM Everpro dan dapetin uji coba gratis dengan klik tombol di bawah ini sekarang juga! #PakaiEverproPastiCuan!

Daftar Sekarang

Artikel Terkait

Daftar GRATIS sekarang atau cari tahu paket berlangganan Everpro