Yuk, mengenal macam-macam TikTok Ads Metrics yang berguna untuk mengukur performa iklan di TikTok Ads beserta penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Salah satu platform beriklan yang sedang naik daun dan sangat populer saat ini adalah TikTok Ads. Platform ini bisa dipertimbangkan sebagai media pemasaran yang cukup efektif bagi bisnis. Jadi, jika kamu memiliki bisnis dan ingin mendapatkan keuntungan yang semakin besar, TikTok Ads dapat menjadi jawabannya.
Tapi sebagai platform beriklan, TikTok Ads pastinya memiliki metrics atau simbol untuk mengukur keberhasilan dari iklan yang ditayangkan di TikTok Ads. Nah, jika kamu memutuskan untuk menggunakan TikTok Ads, kamu harus mengetahui metrics yang ada pada platform TikTok Ads.
Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa metrics yang digunakan pada TikTok Ads yang harus kamu ketahui jika menggunakan TikTok Ads. Penasaran apa saja metrics-metrics nya? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!
Baca juga: Pelajari Cara TikTok Ads Manager Membuat & Mengelola Iklan
Apa itu TikTok Ads
Sebenarnya apa sih TikTok Ads itu? buat kamu yang belum familiar dengan platform periklanan digital, mungkin kamu tidak terlalu memahami apa itu TikTok Ads. Platform TikTok Ads adalah platform periklanan digital yang diluncurkan oleh TikTok.
Iklan yang ditayangkan menggunakan TikTok Ads biasanya akan ditampilkan di platform berbagi video vertikal TikTok. Beriklan di TikTok bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dari produk atau brand yang beriklan.
Keuntungan Platform Iklan TikTok Ads
Beriklan di TikTok Ads juga memiliki kelebihan dan keuntungan yang bisa pengiklan rasakan. Berikut beberapa kelebihan dan keuntungan beriklan di TikTok Ads:
- Menjangkau Audiens yang lebih Mudah
- Kreativitas dalam Bentuk Video
- Platform Targeting yang Kuat
- Alat Analitik yang Terukur dan Tajam
TikTok Ads bahkan memiliki kelebihan lainnya jika dibandingkan dengan platform beriklan lain. Kelebihan ini terletak pada berkaitan langsung dengan TikTok Shop yang sangat masif sedangkan platform iklan lain belum dapat terhubung dengan e-commercenya, seperti contoh Facebook.
Selain itu, TikTok Ads cenderung lebih new user friendly jika dibandingkan dengan platform iklan lainnya. Ini menjadi nilai yang sangat penting bagi pengguna baru yang ingin beriklan di platform ini.
Jenis Iklan TikTok
Terdapat beberapa jenis iklan yang ada di TikTok Ads yang bisa kamu pilih. Berikut adalah jenis iklan yang ada di Tiktok:
- Branded Hashtag Challenges: Beriklan dengan membuat tantangan khusus untuk mengajak para user TikTok untuk berpartisipasi dalam tantangan tersebut secara kreatif.
- In-Feed Ads: Iklan berbentuk video yang muncul dalam feeds pengguna dengan durasi 9-15 detik.
- Top View: Iklan yang muncul saat pengguna pertama kali membuat aplikasi TikTok.
- Branded Effects: Jenis iklan yang menawarkan filter dan efek khusus sehingga lebih menarik bagi pengguna.
Opsi Penargetan di TikTok Ads
Terdapat beberapa opsi penargetan di TikTok Ads yang membuat platform beriklan yang satu ini lebih terukur dan tepat sasaran. Berikut beberapa opsi penargetan yang ada di TikTok Ads:
- Audiens: Sertakan atau Kecualikan Audiens Serupa atau Khusus
- Demografis: Gender, Usia, Lokasi, Bahasa, Daya Beli
- Minat dan Perilaku: Minat, Intensi Pembelian, Perilaku, Hashtag
- Perangkat: Tipe Koneksi, Sistem Operasi, Versi Sistem Operasi, Model Perangkat, Harga Perangkat, Operator, Penyedia Layanan Internet (ISP)
- Penargetan Cerdas: Minat & Perilaku Cerdas dan Audiens Cerdas, Rekomendasi Penargetan
Baca juga: 14 Cara Beriklan di TikTok Shop dengan Mudah & Cocok untuk Pemula
Metrics yang ada di TikTok Ads
Berikut metrics-metrics yang ada di TikTok Ads melansir dari Informasi Bantuan Bisnis TikTok:
Klik (Destinasi) | Jumlah klik pada iklan yang mengarahkan pengguna ke situs web, aplikasi atau App Store pilihan pengiklan |
Konversi | Frekuensi iklan kamu mencapai hasil tertentu berdasarkan tujuan dan pengaturan kamu |
Biaya per 1.000 Akun Pengguna Unik yang Dicapai | Biaya rata-rata untuk menjangkau 1.000 akun pengguna unik. Metrik ini merupakan estimasi. |
CPA | Jumlah rata-rata uang yang kamu keluarkan untuk sebuah konversi. Dihitung sebagai: Biaya/Konversi atau Penginstalan |
CPC (Destinasi) | Jumlah rata-rata yang yang kamu keluarkan untuk satu klik (destinasi) |
CPM | Jumlah rata-rata uang yang kamu keluarkan untuk satu klik (destinasi) |
CTR (Destinasi) | Persentase frekuensi iklan kamu dilihat dan di klik oleh pengguna. Mereka kemudian akan diarahkan ke destinasi pilihan pengiklan |
CVR (Impresi) | Persentase hasil yang kamu dapatkan dari semua impresi pada iklan kamu. Dihitung sebagai konversi/impresi |
CVR (Klik) | Persentase hasil yang kamu dapatkan dari semua klik pada iklan kamu. Dihitung sebagai konversi/klik |
Frekuensi | Jumlah rata-rata setiap akun pengguna unik melihat iklan kamu |
Impresi | Jumlah berapa kali iklan kamu ditampilkan |
Like Berbayar | Jumlah like pada materi iklan dalam waktu 1 hari sejak pengguna melihat iklan berbayar |
Jangkauan | Jumlah akun pengguna unik yang telah melihat iklan kamu setidaknya satu kali. Metrik ini merupakan estimasi |
Konversi real-time | Frekuensi iklan kamu mencapai hasil tertentu berdasarkan tujuan dan pengaturan kamu. Total hitungannya ditentukan berdasarkan waktu aktual terjadinya konversi |
CPA real-time | Jumlah rata-rata uang yang kamu keluarkan untuk sebuah konversi. Total hitungannya ditentukan berdasarkan waktu aktual terjadinya konversi |
CVR real-time (imperesi) | Persentase hasil yang kamu dapatkan dari semua impresi pada iklan kamu. Total hitungannya ditentukan berdasarkan waktu aktual terjadinya konversi |
CVR real-time (klik) | Persentase hasil yang kamu dapatkan dari semua klik pada iklan kamu. Total hitungannya ditentukan berdasarkan waktu aktual terjadinya konversi |
Total Biaya | Perkiraan total uang yang kamu keluarkan untuk biaya kampanye, grup iklan, atau iklan kamu sesuai jadwalnya |
Klik (Semua) | Jumlah seluruh engagement pada iklan kamu yang mencakup like berbayar, komentar, share, follow dan klik. Jumlah klik dalam metrik “Total Engagement” juga mencakup jumlah klik musik, hashtag, anchor, dan add on interaktif lainnya |
Parameter Iklan di TikTok Ads Sukses atau Tidak
Untuk mengetahui sebuah iklan yang tayang sukses atau tidak, kamu bisa menghitungnya menggunakan metrics Return on Ad Spend (ROAS). Cara menghitungnya adalah targetnya 10x dari ROAS dari iklan yang tayang tersebut.
Menghitungnya menggunakan rumus:
Pendapatan periode tertentu / pengeluaran periode tertentu
Tips Sukses Beriklan di TikTok Ads
Berikut beberapa tips sukses beriklan di platform TikTok Ads:
1. Ikuti Tren yang Sedang Viral
- Buat konten ads yang mengikuti tren yang sedang viral di TikTok.
- Gunakan sound yang populer untuk menarik perhatian pengguna.
2. Gunakan Hook yang Menarik
- Awali konten dengan hook yang membuat pengguna penasaran.
- Pastikan konten kamu langsung menarik perhatian.
3. Beri Call-to-Action (CTA):
- Sisipkan CTA pada konten.
- Ajak pengguna untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi situs web atau membeli produk.
- Buat Caption yang Menarik:
- Caption adalah bagian penting dari konten TikTok.
- Buat caption yang singkat, kreatif, dan mengundang interaksi.
- Kolaborasi dengan Content Creator:
- Kerja sama dengan content creator yang memiliki audiens besar di TikTok.
- Kolaborasi dapat membantu memperluas jangkauan iklan kamu.
6. Mengeksplor dan Memperdalam TikTok Ads
- Bisa melalui komunitas, bootcamp atau Everpro Academy
TikTok Ads merupakan platform beriklan yang sangat penting untuk kamu manfaatkan jika kamu memiliki bisnis. Platform ini juga memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan jika dibandingkan dengan platform iklan lainnya.
Pastikan untuk mengikuti beberapa tips diatas untuk dapat memaksimalkan performa dari iklan yang kamu tayangkan di TikTok Ads. Dan yang terpenting adalah untuk terus belajar dan eksplore agar mendapatkan iklan dengan performa yang baik dan juga menjadi lebih handal dalam beriklan.
Mengenali metrics TikTok Ads sangatlah penting untuk seorang oleh sebab itu, kamu harus mengenal semua metrics yang ada di TikTok Ads tersebut. Nah, jika kamu ingin lebih paham dengan metrics yang ada di TikTok dan ilmu daging seputar TikTok Ads kamu bisa mengikuti Everpro Academy.
Dengan Everpro Academy kamu bisa mendapatkan ilmu seputar TikTok Ads dan digital marketing dari para expert. Kamu bisa mengakses 50+ materi pembelajaran, gabung komunitas belajarnya sampai mendapatkan akses ekslusif produk terkurasi.
Yuk, segera bergabung dengan ribuan orang yang sudah membuktikan sukses dengan Everpro Academy hanya dengan harga mulai dari Rp. 650.ooo dan kamu juga bisa dapetin Everpro Funnel dan