everpro

Arti Loading Adalah? Penjelasan Dalam Konteks Pengiriman

Sering mendengar istilah loading? Kata ini memang terdapat dalam berbagai konteks. Yuk, simak arti Loading berikut ini. 

Dalam pengiriman barang, terdapat berbagai macam istilah. Istilah tersebut dapat menggambarkan suatu proses, tempat, barang, dan lainnya.

Seringkali istilah tersebut menggunakan kata dari bahasa asing. Salah satunya adalah loading, yang sering kita jumpai di berbagai situasi termasuk pengiriman barang.

Kata ini memiliki arti yang sama untuk berbagai konteks, namun objek penggunaannya berbeda-beda. Lalu apa arti loading dalam berbagai konteks tersebut, khususnya pengiriman barang?

Baca ulasan artikel ini sampai tuntas, untuk mendapatkan pemahaman tentang istilah ini.

Pengertian Loading Adalah

loading
Sumber: pexels.com

Menurut definisi dari Oxford Languages, Loading artinya:

  1. The application of a mechanical load or force to something: penerapan beban mekanis atau kekuatan untuk sesuatu.
  2. The application of an extra amount of something to  balance some other factor: Penerapan jumlah ekstra sesuatu untuk menyeimbangkan beberapa faktor lainnya.

Adapun jika menerjemahkan kata ini dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, loading artinya memuat. Menurut KBBI, memuat artinya berisi; mengandung. Sedangkan muatan artinya adalah barang yang diangkut dengan kendaraan.

Penggunaan kata memuat sering terdapat dalam berbagai konteks, seperti geologi, pertambangan, komputer dan teknologi, serta pengiriman barang.

Melansir glosarium.org, arti loading dalam beberapa konteks tersebut adalah:

  1. Geologi: proses penutupan bahan sedimen atau bahan lain yang menyebabkan terjadinya pemadatan serta penekanan yang dapat menimbulkan panas jika terjadi penimbunan lapisan penutup yang sangat tebal pada kedalaman besar.
  2. Pertambangan: pemuatan, biasanya yang dimuat adalah OB atau Coal.
  3. Pelabuhan: proses pemuatan barang ekspor ke dalam kontainer atau truk angkutan (untuk kegiatan ekspor).
  4. Nuklir: pemuatan, yaitu penempatan bahan bakar ke area dalam teras reaktor.
  5. Komputer, Perangkat, dan Teknologi: proses memuat data.

Jadi pada intinya, arti loading adalah memuat. Kata ini menggambarkan proses untuk memuat sesuatu baik itu barang, data, dan lainnya.

Kata ini juga sering terjadi dalam percakapan untuk memberitahu informasi, misalnya saat ada yang menanyakan “sudah sampai mana?” dan dijawab “masih loading”.

Masih loading artinya memberikan informasi bahwa masih dalam proses memuat sesuai konteks yang dibicarakan.

Baca juga: Penjelasan Istilah Door to Door dalam Pengiriman Barang

Arti Loading Dalam Pengiriman Barang

arti loading
Sumber: pexels.com

Dengan memahami pengertian memuat baik itu secara harfiah maupun dalam berbagai konteks, maka akan lebih terbayang apa itu artinya dalam konteks pengiriman barang.

Dalam pengiriman barang, loading adalah proses memuat barang yang merujuk pada aktivitas pengoperasian gudang.

Tentu memerlukan proses memuat ketika hendak mengirimkan barang. Biasanya, istilah ini muncul ketika proses pemuatan barang dalam jumlah sangat besar atau banyak. 

Selain proses memuat, ada juga istilah unloading yang merupakan kebalikan dari kata memuat. Karena unloading merupakan kebalikan dari kata memuat, maka arti istilah ini adalah pembongkaran.

Loading Dock Artinya?

memuat
Sumber: pexels.com

Kata muat atau muatan ini juga merujuk pada suatu tempat, seperti istilah loading dock yang artinya dermaga muat.

Dermaga muat adalah area atau tempat pada sebuah gudang atau DC yang berfungsi sebagai area bongkar muat dari/atau ke truk pengangkut barang.

Umumnya, area ini memiliki pintu berukuran besar, sebesar area penyimpanan truk.

Pengertian Port of Loading Adalah

port of loading
Sumber: pexels.com

Kata memuat barang juga terdapat dalam konteks pelabuhan baik itu proses maupun tempat. Istilah tempat untuk memuat di pelabuhan yaitu port of loading.

Jadi, arti istilah ini adalah pelabuhan muat tempat barang naik ke sarana pengangkut, baik itu kapal laut, kapal udara, atau pelabuhan pemuatan lainnya.

Baca juga: Pengiriman Kargo: Pengertian, Jenis, Serta Tips Menggunakannya

Perbedaan Packing dan Memuat Barang

memuat
Sumber: pexels.com

Memuat memang menunjukkan suatu proses kegiatan, sama halnya dengan proses packing. Namun tentu terdapat perbedaan antara kedua istilah ini. Adapun perbedaan tersebut adalah dari pengertiannya sebagai berikut:

  1. Proses Packing: merujuk pada kegiatan mengemas atau membungkus setiap barang untuk meminimalisir risiko kerusakan serta pemberian kelengkapan produk lainnya sebelum melakukan pengiriman.
  2. Proses Memuat: merujuk pada kegiatan menempatkan serta menata barang ke dalam kontainer dan mengatur juga posisi penataan untuk menghindari risiko terjadinya kerusakan barang.

Demikian penjelasan istilah loading dalam berbagai konteks, khususnya pada pengiriman barang.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga artikel informatif lainnya hanya dari Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya