8 Trik SEO Shopee Naikan Visibilitas dan Penjualan Toko

Tingkatkan peluang produk Kamu ditemukan dan dibeli dengan strategi SEO Shopee yang efektif!

Bagi para penjual online di Indonesia, memilih Shopee sebagai marketplace merupakan keputusan yang tepat.

Shopee adalah marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah pengguna terbanyak, sehingga menawarkan peluang besar untuk meningkatkan penjualan.

Namun, persaingan di Shopee juga cukup kompetitif, maka untuk mencapai kesuksesan, maka Kamu perlu menggunakan strategi yang efektif.

Salah satu strategi yang terbukti efektif adalah SEO Shopee.

Artikel ini akan memandu Kamu dalam memahami cara kerja algoritma Shopee dan strategi SEO Shopee yang efektif untuk meningkatkan penjualan toko dan produk Kamu.

Baca Juga : Jangan Asal Boost! Kenali Shopee Ads yang Bikin Penjualan Meroket

Apa itu SEO Shopee?

seo shopee
Sumber. Canva.com

SEO (Search Engine Optimization) bukan hanya untuk website. Saat ini, SEO juga bisa digunakan di berbagai platform online, termasuk Shopee.

Pada dasarnya, SEO berfokus pada optimasi kata kunci. Ketika pengguna mencari produk di aplikasi Shopee atau melalui Google dengan kata kunci yang relevan, SEO dapat membantu meningkatkan peluang produk Kamu muncul di hasil pencarian teratas.

Cara Kerja Sistem Pencarian Shopee

seo shopee
Sumber. Google.com/bersosial

Sistem pencarian Shopee menggunakan algoritma yang kompleks untuk mencocokkan kata kunci yang diketikkan pengguna dengan produk yang relevan.

Terdapat beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh algoritma Shopee diantaranya berikut ini :

1. Relevansi Kata Kunci

Algoritma Shopee akan mencocokkan kata kunci yang diketikkan pengguna dengan judul, deskripsi, dan tag produk.

Jadi produk yang memiliki judul, deskripsi, dan tag yang lebih relevan dengan kata kunci pengguna akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian ataupun hasil iklan shopee.

2. Popularitas Toko

Selain itu algoritma shopee juga bisa berdasarkan toko atau produk yang memiliki lebih banyak penjualan, ulasan, dan rating yang tinggi akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Karena ini dapat menunjukkan bahwa produk tersebut populer dan disukai oleh banyak pengguna.

3. Harga Kompetitif

Harga produk juga menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh algoritma Shopee.

Produk yang memiliki harga yang kompetitif akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

4. Program Promo

Produk yang sedang dalam masa program promo atau diskon akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Karena ini  bisa menjadi daya tarik untuk menarik perhatian pengguna dan meningkatkan penjualan.

5. Faktor Lainnya

Sebetulnya selain faktor diatas algoritma Shopee juga mempertimbangkan faktor lain seperti lokasi pengguna, riwayat pencarian, dan interaksi pengguna dengan produk.

Karena setiap pengguna punya karakteristik tertentu dan berbeda-beda namun tetap jika hasil dari behavior bisa relevan lewat kata kunci maka sangat mungkin untuk bisa menjangkau pembeli tersebut.

Baca Juga : Cuan dari HP! 10+ Langkah Cara Jualan Online di Shopee Bagi Pemula

8 Trik Optimalkan SEO Shopee 

seo shopee
SUmber. Google.com/bersosial

Tingkatkan visibilitas produk Anda di Shopee dan raih lebih banyak pembeli dengan 8 trik SEO Shopee berikut:

1. Riset Kata Kunci yang Tepat untuk Produk dan Toko

Lakukan riset kata kunci yang relevan dengan produk dan toko. Kamu bisa gunakan alat riset kata kunci seperti Google Keyword Planner, Shopee Keyword Research Tool, dan Ahrefs yang free akses namun keyword yang ditampilkan terbatas.

Kamu bisa menargetkan kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan tingkat persaingan rendah.

Contohnya Kamu berjualan produk Sepatu untuk wanita, makaKamu bisa menggunakan kata kunci utama seperti, “sepatu wanita”, “sepatu hak tinggi”, “sepatu olahraga”, dan  “sepatu sneakers”.

Sedangkan untuk kata kunci sekunder bisa menggunakan “sepatu wanita terbaru”, “sepatu wanita murah”, “sepatu wanita warna putih”.

2. Tambahkan Kata Kunci Pada Deskripsi dan Judul Produk

Masukkan kata kunci utama dan sekunder di judul dan deskripsi produk. Buat judul yang menarik dan informatif.

Tulis deskripsi produk yang lengkap dan jelas, serta menyertakan manfaat produk.

Contoh Judul Produk : Sepatu Wanita Terbaru | Sepatu Hak Tinggi Murah 

Deskripsi Produk : Sepatu wanita terbaru dengan berbagai model dan desain yang menarik.

Tersedia sepatu hak tinggi, sepatu flat, dan sepatu sneakers. Dapatkan harga terbaik dan kualitas terbaik di toko kami.

3. Promosikan Produk dan Toko dengan Iklanku Shopee

Untuk meningkatkan penjualan dengan hasil yang cepat yaitu dengan menggunakan iklan.

Kamu bisa menggunakan fitur Iklan Shopee Iklanku untuk meningkatkan visibilitas produk dan toko.

Susunlah strategi iklan yang benar, gunakan hasil riset kata kunci yang bisa menargetkan iklan Kamu kepada audiens yang tepat.

Atur anggaran iklan Kamu juga dengan cermat agar tidak rugi.

4. Optimalkan Halaman Toko

Gunakan kata kunci utama di nama toko, deskripsi toko, dan banner toko. Pastikan informasi toko Kamu lengkap dan akurat.

5. Gunakan Long-tail Keyword

Gunakan kata kunci long-tail keyword yang lebih spesifik untuk meningkatkan peluang produk Kamu ditemukan di hasil pencarian.

Contohnya jika kamu menjual produk sepatu hak, bisa gunakan kata kunci long-tail seperti “sepatu wanita hak tinggi merah size 39” berarti masukan deskripsi terkait jenis sepatu, warna dan ukuran agar relevan dengan kata kunci tersebut.

6. Manfaatkan Hasil Related Keyword di Google

Kamu juga bisa menggunakan hasil related keyword di Google untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan produk Kamu. Dimana orang yang mencari lewat kata kunci tertentu juga biasanya mencari hal lain yang masih berkaitan.

7. Gunakan Hasil PAA di Google

Ketika melakukan riset kata kunci lewat pencarian Google Kamu juga bisa menggunakan hasil PAA (People Also Ask) di Google untuk menemukan pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna tentang produk Kamu.

8. Promosikan Produk di Sosial Media

Promosikan produk dan toko di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan.

Sertakan juga link produk agar mempermudah calon customer untuk mengunjungi toko mu dan bisa meningkatkan potensi pembelian.

Baca Juga : Dekorasi Toko Shopee, Ampuh Tingkatkan Penjualan!

Dengan menerapkan 8 trik SEO Shopee di atas, Kamu dapat meningkatkan visibilitas produk di Shopee maupun lewat pencarian google dan meraih lebih banyak potensial customer.

Agar strategi tersebut dapat bekerja secara efektif jangan ragu untuk mencoba layanan Everpro MP Enabler untuk menentukan strategi penjualan yang untung agar tidak kalah dari Shopee Mall dengan benefit berikut.

Benefit Everpro MP Enabler

Dengan harga yang terjangkau Kamu bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mengoptimalkan strategi pemasaran online, termasuk:

  • Sesi Konsultasi dengan Tim Profesional
  • Performa iklan terbaik yang akan meningkatkan visibilitas produk dan toko
  • Memaksimalkan penjualan dengan jenis campaign yang efektif 
  • Optimasi desain dekorasi toko agar lebih menarik dan profesional
  • Bisa pilih Paket Satuan atau Lengkap

Yuk, buktikan sendiri manfaat Everpro MP Enabler dengan Daftar Sekarang Juga!

DAFTAR SEKARANG

Picture of Fenti Perniawati
Fenti Perniawati
Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya