everpro

Cuan dari HP! 10+ Langkah Cara Jualan Online di Shopee Bagi Pemula

Siap meraup cuan dari HP? Yuk, simak artikel cara jualan online di Shopee bagi pemula sampai habis untuk bisa memulai bisnis online dengan mudah dan murah!

Siapa pun sekarang ini bisa memulai bisnis online dengan mudah dan cepat hanya dengan bermodalkan lewat handphone. Shopee menjadi marketplace yang populer untuk bisnis online.

Peluang ini sangat besar dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan efisien, sehingga peminatnya pun banyak sekali.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, sebagai pemula kamu bisa mendapatkannya dengan strategi yang tepat untuk sukses dalam berjualan online di Shopee.

Maka dari itu, Everpro akan membahas mengenai cara jualan online di Shopee bagi kamu para pemula. Jadi, jangan ragu untuk memulai perjalanan bisnis kamu, ya!

Alasan Mengapa Harus Jualan di Shopee

cara jualan online di shopee bagi pemula
Sumber: google.com

Menggunakan Shopee tidak hanya mudah dan cepat, kamu juga akan mendapatkan beberapa keuntungan dari menggunakan marketplace satu ini. Oleh karena itu, berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan.

1. Meningkatkan Penjualan

Maraknya pengguna Shopee di Indonesia yang tiap tahun semakin meningkat menciptakan peluang besar untuk kamu meningkatkan penjualan.

Dengan begitu, penjualan tokomu akan meningkat apabila kamu menggunakan strategi yang tepat.

2. Biaya Operasional yang Rendah

Sebagai penjual dengan menggunakan Shopee dapat mengurangi biaya karena biaya operasional yang rendah. Penjual hanya membayar komisi ketika kamu sudah berhasil menjual produk tersebut.

3. Kemudahan Pengiriman Barang

Cara berjualan jaman dulu dengan jaman sekarang sangatlah berbeda. Menulis pengiriman paket secara manual yang digunakan sebelum maraknya era digital berbeda dengan sekarang di era digital.

Kamu tidak perlu lagi menulis secara manual karena sekarang semua sudah melalui sistem. Kode pengiriman dan resi barang akan kamu dapatkan ketika pesanan masuk.

4. Fitur Promosi yang Beragam

Banyak sekali promosi yang bisa kamu temui di Shopee untuk meningkatkan penjualanmu seperti voucher, cashback, flash sale, iklan, gratis ongkir, dan lain-lain.

5. Mendapat Pelanggan Baru

Susahnya mendapatkan pelanggan baru tentunya dirasakan oleh semua penjual dan memerlukan biaya modal yang cukup besar.

Namun, keadaannya sekarang sudah berbeda kalau kamu menggunakan Shopee justru pelanggan yang akan mencari toko atau produkmu.

Karena dengan kamu menggunakan Shopee, maka kamu bisa memperluas jangkauan pasar.

Cara Jualan Online di Shopee Bagi Pemula

cara jualan online di shopee bagi pemula
Sumber: google.com

Dilansir dari halaman Pusat Edukasi Penjual Shopee, maka berikut ini adalah langkah-langkah jualan online di Shopee bagi pemula.

  • Pertama, kamu tentunya buat akun Shopee terlebih dahulu bisa melalui aplikasi Shopee atau website
  • Pilih Mulai Berjualan jika kamu daftar di aplikasi dan pilih Seller Center jika di website
  • Lalu kamu klik Daftar dan bisa menggunakan nomor ponsel, Google, Apple, atau Facebook
  • Kalau kamu daftar dengan menggunakan nomor ponsel, maka kamu masukkan nomor ponsel tersebut dan lanjut ke proses verifikasi
  • Setelah itu kamu buat password untuk akun tersebut
  • Selanjutnya kamu pilih menu Setting atau Pengaturan Akun dan kamu bisa ubah username dari akun tersebut
  • Kemudian kamu lengkapi informasi profil dari tokomu di Seller Center maupun aplikasi Shopee
  • Lalu kamu atur alamat toko di Shopee Seller Center maupun aplikasi Shopee
  • Kamu atur opsi pengiriman 
  • Tentunya kamu tidak menjual produk atau barang yang dilarang sesuai dengan ketentuan Shopee
  • Lalu kamu upload produk, mengisi deskripsi produk, memilih jasa pengiriman, mengisi atribut produk, dan menambahkan foto produk.
  • Kamu bisa mengikuti program di Shopee untuk mendapatkan pembeli
  • Kamu bisa melakukan packing dan mengirimkan produk ke pembeli ketika mendapatkan pesanan

Strategi Jualan Online di Shopee Bagi Pemula

cara jualan online di shopee bagi pemula
Sumber: google.com

Tentunya jualan online harus didampingi dengan strategi juga agar kamu sukses dalam meningkatkan penjualan. Maka dari itu, berikut adalah strategi jualan online di Shopee bagi pemula.

1. Cara Jualan Online di Shopee Bagi Pemula – Perbanyak Variasi Produk

Terkadang, pembeli memiliki minat bermacam-macam bisa dari warna, ukuran, motif, harga, dan lain-lain. Dengan kamu mempunyai banyak variasi produk, akan menarik sekaligus meningkatkan penjualan.

Akan tetapi jangan khawatir, dengan banyaknya varian kamu tidak perlu repot untuk meng-uploadnya karena sekarang Shopee sudah ada fitur upload produk di Shopee secara massal dimana kamu bisa upload produk sekaligus banyak.

2. Cara Jualan Online di Shopee Bagi Pemula – Ikuti Program Khusus dari Shopee

Pastinya kamu pernah melihat atau bahkan ikut memantau berburu flash sale di Shopee. Flash Sale adalah program dimana diskon dalam waktu yang singkat.

Dengan adanya program ini, otomatis pelanggan akan mengikuti tokomu dan belanja disana.

3. Cara Jualan Online di Shopee Bagi Pemula – Gunakan Fitur Gratis Ongkir

Pembeli akan tidak mikir dua kali apabila toko tersebut menyediakan gratis ongkir dalam pembeliannya. Gratis ongkir bisa berbagai macam minimal pembelanjaan mulai dari Rp 200.000, Rp 90.000, Rp 30.000, bahkan Rp 0.

4. Memperbanyak Jumlah Pengikut di Toko

Seperti halnya dengan sosial media, Shopee juga memiliki jumlah pengikut atau followers di toko. Jumlah pengikut menjadi indikator performa dalam penjualan tokomu.

Jadi, fokuslah untuk meningkatkan jumlah pengikut dengan mempromosikan toko di sosial media pribadi atau toko dan juga memakai Shopee Ads.

5. Riset Produk yang Banyak Peminat

Kamu tentunya perlu cara riset produk terlaris di Shopee dan berpotensi banyak dicari oleh pembeli.

Tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan, apabila penjual lain juga menjual kamu bisa menawarkan harga yang lebih rendah. Akan tetapi perlu diingat, semua sudah kamu hitung sehingga kamu tidak akan rugi nantinya.

6. Cara Jualan Online di Shopee Bagi Pemula – Rekap Penjualan

Data juga penting untuk kamu melakukan optimasi toko di Shopee. Ini berfungsi untuk kamu bisa menganalisa yang mana yang harus diperbaiki atau dioptimalkan dan yang harus ditingkatkan lagi.

Tips Jualan Online di Shopee Bagi Pemula

Sebelum kamu berjualan online hendaknya kamu mempelajari beberapa hal agar kendala yang dihadapi nantinya dapat kamu atasi. Maka dari itu, berikut adalah beberapa tips jualan online di Shopee bagi pemula.

1. Riset Pasar dan Produk

Sebelum memulai, penting untuk kamu ketahui produk apa yang sedang tren di masa sekarang dan tentunya mempelajari target pasar kamu apa yang sedang mereka butuhkan.

2. Buat Toko yang Menarik

Dengan tampilan yang menarik, akan membuat orang tertarik dengan dekorasi toko Shopee kamu.

Toko yang mudah ditemukan dengan informasi yang lengkap dan kualitas gambar yang bagus akan meningkatkan penjualan dan juga kepercayaan pelanggan terhadap jualan online kamu.

3. Gunakan Foto Produk yang Menarik

Cara meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan bisa dengan foto produk yang kamu upload.

Dengan kamu menggunakan foto produk yang jelas, berkualitas tinggi, dan dari berbagai sudut akan membuat pelanggan tertarik dengan produk tersebut.

4. Berikan Layanan Pelanggan yang Baik

Merespon pertanyaan serta keluhan dari pelanggan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan kamu. Mereka akan cenderung berpotensi untuk datang kembali ke tokomu karena sudah nyaman dengan pelayanan yang diberikan.

5. Manfaatkan Promosi dan Diskon

Kamu bisa menggunakan promosi maupun diskon di Shopee. Khususnya untuk hari-hari tertentu seperti hari kemerdekaan, lebaran, tahun baru, dan lain-lain yang akan meningkatkan penjualan. 

6. Gunakan Iklan Shopee

Iklan dapat membuat visibilitas toko dan menjangkau lebih banyak pembeli.

Iklan Shopee mempunyai jenis yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing tujuan bisnis, sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kamu dan biaya iklan Shopee.

7. Terus Belajar dan Berkembang

Apalah arti strategi kalau tidak diimbangi dengan update ilmu. Ilmu digital sangat cepat berkembang dan terus up to date, sehingga kamu harus tetap terus belajar.

Itu dia pembahasan menarik mengenai cara jualan online di Shopee bagi pemula. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menjalankannya dan semoga berjalan dengan lancar.

Semoga informasi artikel kali ini bermanfaat untuk kamu yang mencari informasi untuk memulai jualan online di marketplace Shopee.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis lainnya yang menarik dan informatif hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Kamu pemula atau pebisnis yang ingin meningkatkan penjualan toko online di marketplace? Yuk, mulai gunakan layanan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Yuk, daftar sekarang dan tingkatkan penjualan toko onlinemu dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya