everpro

Cara Daftar Shopee Seller Center 2024, Mudah Kelola Toko Online!

Apakah Anda ingin membuka toko Shopee? Anda berada di artikel yang tepat karena Everpro akan membahas shopee seller center, maka dari itu simak artikel berikut ini!

Kehadiran marketplace telah banyak memudahkan aktivitas ekonomi, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Bagi penjual, dapat menjangkau konsumen secara luas dan tak perlu memiliki toko fisik.

Sedangkan bagi pembeli, hadirnya marketplace memberi kemudahan dalam berbelanja, sehingga tidak perlu pergi keluar rumah. Selain efisiensi waktu, harga produk di platform ini juga biasanya lebih murah dari toko offline.

Saat ini Shopee meraih posisi kedua marketplace yang memiliki pengguna paling banyak di Indonesia. Dengan menjual produk anda melalui platform ini, tentu anda dapat memiliki peluang penjualan yang lebih besar juga.

Tertarik menjadi seller Shopee? Simak sampai tuntas artikel yang akan membahas tentang seller shopee center secara lengkap.

Apa itu Shopee Seller Center?

shopee seller center
Sumber: Shopee

Marketplace yang identik dengan warna oranye ini menjadi salah satu yang paling banyak penggunanya. Untuk mendapatkan potensi penjualan yang tinggi, banyak penjual yang sudah memanfaatkan platform ini.

Seller Centre Shopee adalah fitur terpisah dari platform penjualan yang khusus dirancang untuk penjual mengelola toko dengan lebih mudah.

Fitur ini dapat Anda gunakan melalui komputer dan sangat membantu Anda ketika memiliki pesanan dalam jumlah banyak. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan operasi bisnis dengan lebih efisien.

Baca juga: Jualan di Shopee: Cara Bikin Toko, Keuntungan, dan Tips Jualan

Keuntungan Menjadi Seller Centre Shopee

shopee seller center
Sumber: google.com

Dalam memilih platform untuk menjual produk Anda tentu perlu melihat keuntungan apa yang akan Anda dapatkan.

Selain banyaknya pengguna yang bisa menjadi peluang tingginya calon konsumen, terdapat keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan cara buka toko di shopee.

Melansir dari laman resmi Seller Centre Shopee, berikut adalah beberapa keuntungan mendaftar Seller Centre Shopee:

1. Menjangkau Target Konsumen Secara Luas

Seperti yang telah disebutkan, banyak masyarakat yang menggunakan marketplace ini sebagai tempat berbelanja online. Karena itu produk yang Anda pasarkan, dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Karena pembeli tidak terbatas oleh faktor usia, gender, maupun geografis. Dengan begitu Anda akan memiliki potensi penjualan yang meningkat juga.

2. Memiliki Program Menarik untuk Seller

Dengan menjadi bagian dari Seller Centre Shopee Indonesia, Anda bisa memanfaatkan fitur dan program menarik untuk meningkatkan penjualan Anda. 

Anda dapat meningkatkan daya tarik produk dengan menggunakan fitur promo toko, paket diskon, dan lainnya. Sehingga lebih banyak calon konsumen yang tertarik dan membeli produk di toko Anda.

3. Transaksi yang Efisien dan Praktis

Berbagai transaksi tersedia dalam platform ini. Dengan semakin mudahnya transaksi, pembeli juga akan lebih senang membeli ulang produk dari toko Anda.

Seperti misalnya beberapa pilihan metode pembayaran. Dari mulai transfer via bank, minimarket, bahkan COD menjadi ragam pilihan yang memudahkan baik konsumen maupun penjual.

4. Sistem yang Mendukung Proses Penjualan

Hadirnya Seller Centre Shopee id, dapat membantu para penjual untuk meningkatkan bisnisnya. Tentu Shopee telah memberikan sistem yang dapat membantu proses penjualan Anda. 

Terdapat panduan dan tips yang bisa Anda baca dari situs resmi seller centre shopee. Selain itu fasilitasnya juga membantu Anda mengoptimalkan strategi bisnis. 

5. Tidak Perlu Modal Besar

Karena penjualan dapat Anda lakukan secara online melalui marketplace ini, jadi Anda tidak memerlukan modal lebih untuk membuka toko offline. Anda dapat memproduksi dan menjual produk dari rumah.

Hal ini menjadi keuntungan untuk seller Shopee karena tidak perlu memiliki modal besar untuk mulai berjualan dan meraih keuntungan.

Baca juga: Dijamin Laris Manis! 10 Cara Jualan Online dan Ide Jualan untuk Pemula

Fitur Seller Center Shopee

shopee seller center
Sumber: google.com

Hadirnya Shopee center memberikan banyak kemudahan dan keuntungan melalui fitur-fitur untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan fitur ini Anda dapat mengoptimalkan strategi dan meningkatkan potensi penjualan produk. Mengutip dari Pusat Edukasi Penjual Shopee, berikut beberapa fitur utama yang tersedia di Shopee Seller Centre:

1. Fitur Produk

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat mengelola produk dengan mudah. Yaitu Anda bisa menambahkan atau menghapus produk yang Anda jual. Untuk melihat produk secara keseluruhan Anda cukup klik menu ‘Produk Saya’.

2. Fitur Promosi Saya

Promosi menjadi salah satu cara untuk menarik minat calon pembeli. Dalam fitur ini, Anda dapat membuat promosi toko dan setiap produk, seperti promo gratis ongkir dan cashback.

Manfaat dari Promosi Saya adalah produk yang Anda jual akan menjadi prioritas pada menu pencarian.

3. Fitur Pesanan

Anda dapat mengatur pesanan secara efektif dengan menggunakan fitur ini. Pada menu pesanan, Anda dapat mengetahui semua produk pesanan yang sudah masuk dan harus segera diproses. 

Selain itu, Anda juga dapat melakukan pembatalan atau pengembalian atas barang yang telah terkonfirmasi dengan alasan yang jelas. 

4. Fitur Pengiriman

Proses pengiriman menjadi hal yang penting dalam berjualan online, fitur ini dapat memudahkan Anda dalam mengirim pesanan dengan lebih sistematis. Anda bisa melakukan pengecekan pesanan mana yang harus diproses pada hari itu.

Selain itu, Anda dapat memilih menu ‘Pengiriman massal’ dan filter pesanan berdasarkan jasa pengirimannya. Dengan begitu, anda dapat pengiriman menjadi lebih efisien.

5. Fitur Analisis Data

Anda juga dapat melakukan analisis atas perkembangan bisnis. Yaitu dengan melihat statistik penjualan harian di toko Shopee Anda. 

Informasi data yang update mengenai kinerja tersebut akan menjadi dasar mengambil keputusan dalam membuat strategi kedepannya. Sehingga Anda juga bisa lebih optimal menjalankan bisnis Anda.

6. Fitur Keuangan

Faktor penting dalam menjalankan usaha adalah keuangan, dengan memanfaatkan fitur ini anda dapat mengontrol keuangan dengan mudah.

Anda bisa memantau pendapatan toko dengan rentang waktu tertentu seperti per hari, minggu, atau bulan. Caranya Anda hanya perlu memilih menu ‘Penghasilan Saya’, dan untuk melihat saldo klik ‘Saldo Saya’.

Sebagai penjual Anda dapat melakukan penarikan saldo secara mudah dengan mendaftarkan rekening bank  yang anda gunakan di menu ‘Rekening Saya’.

5. Layanan Pembeli

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada pembeli. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, karena pelayanan yang baik tentu menjadi prioritas.

Anda dapat mengatur chat dengan Auto reply, Asisten FAQ, hingga Template Pesan sehingga tidak perlu terjaga 24 jam untuk membalas pesan pembeli.

6. Perkembangan Penjual

Fitur lainnya yang terdapat dari Shopee Seller Center adalah perkembangan penjual untuk mengawasi bisnis Anda. Anda dapat memonitor performa produk secara langsung dan data 5 produk terlaris.

Jadi Anda bisa mengoptimalkan promosi yang sedang berjalan dan memantau penjualan toko.

7. Fitur Optimasi Toko

Pada fitur ini Anda dapat mengoptimalkan branding toko. Yaitu dengan melakukan perubahan dasar seperti nama toko, deskripsi, toko, dan lain sebagainya.

Anda juga dapat meningkatkan performa toko dengan menu penilaian toko, dekorasi toko, kategori toko, dan sebagainya.

Cara Daftar Shopee Seller Center Indonesia

shopee seller center
Sumber: Shopee

Sederet keuntungan dan fitur-fitur menarik dari Shopee seller centre menjadi peluang yang harus anda manfaatkan. Untuk menjadi bagiannya daftar Shopee Seller Center segera dengan langkah berikut ini:

1. Mendaftar Akun Shopee

Cara daftar Shopee Seller Center yang pertama, yaitu Anda harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu dengan langkah berikut:

  • Buka aplikasi atau laman resmi Shopee.
  • Klik Daftar.
  • Masukkan nomor telepon aktif, lebih baik menggunakan yang terdaftar di Whatsapp Anda.
  • Klik Lanjut, dan Anda akan mendapatkan SMS berupa kode OTP.
  • Masukkan kode OTP tersebut, dan klik Verifikasi.
  • Buatlah username dan password untuk akun Anda. Tambahkan juga foto profil untuk toko Anda agar mudah dikenali. Proses pembuatan akun pun selesai

2. Mendaftar Akun Shopee Seller Center

Setelah memiliki akun Shopee, cara daftar shopee Seller Center selanjutnya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Kunjungi website seller shopee co id.
  • Login menggunakan akun yang Anda daftarkan sebelumnya.
  • Masukkan username dan password, lalu klik Login.
  • Layar akan menampilkan data terkait toko dan lengkapi informasi toko dan produk yang akan Anda jual.

Shopee Seller Center Login

shopee seller center
Sumber: Shopee

Apabila Anda sudah menjadi bagian dari penjual dan ingin melakukan login shopee seller langkahnya pun sangat mudah.

Ikuti cara Shopee Seller login berikut ini:

  1. Masuk ke website atau aplikasi Shopee.
  2. Masukkan username dan password Anda. Jika Anda lupa, klik ‘Lupa Password’ dan urus terlebih dahulu password yang baru.
  3. Setelah itu klik Login.
  4. Maka Shopee akan langsung mengarahkan Anda ke akun seller, dan data terkait toko dan produk sudah tersedia disana.

Cara Melengkapi Profil Toko di Shopee Seller Center

seller centre shopee
Sumber: google.com

Setelah berhasil daftar Shopee Seller Center, lengkapi profil toko agar bisa mulai berjualan dan lebih menarik perhatian calon pembeli. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke situs https://seller.shopee.co.id
  2. Kemudian Login ke akun seller Anda
  3. Lalu Pilih menu Profil Toko dan lengkapi profil toko Anda
  4. Cantumkan nama toko, usahakan membuat nama yang mudah diingat dan unik
  5. Selanjutnya tambahkan maksimum 5 foto dan/atau video tentang toko
  6. Tulis deskripsi toko. Isi dengan keunggulan atau keunikan toko daripada toko lainnya, serta cantumkan juga alamat toko
  7. Kemudian klik Simpan

Cara Atur Alamat di Seller Center Shopee Indonesia

seller centre shopee
Sumber: google.com

Mengatur alamat dengan menentukan titik koordinat yang pas akan memudahkan kurir untuk mengambil barang dari toko Anda. Berikut langkah-langkah mengatur alamat setelah Shopee Seller Center Login berhasil:

  1. Pastikan Anda berhasil masuk dan Shopee Center login melalui link https://seller.shopee.co.id
  2. Kemudian pilih Alamat Saya
  3. Pilih alamat yang ingin Anda tentukan koordinatnya, lalu klik Ubah
  4. Kemudian pilih lokasi dan tentukan koordinat yang sesuai
  5. Setelah sesuai, klik Konfirmasi dan klik Simpan

Cara Unggah Produk di Shopee Seller Center

seller centre shopee
Sumber: google.com

Untuk mulai berjualan, tentu perlu upload foto produk terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah mengunggah foto produk sebagai Shoope Seller:

  1. Pada dashboard Shopee Seller pilih menu Tambah Produk Baru
  2. Kemudian masukkan nama produk dan klik Lanjut
  3. Setelah itu, isi informasi terkait produk secara detail meliputi nama produk, deskripsi, kategori, atribut, dan ongkos kirim
  4. Lalu klik Simpan dan Tampilkan

Cara Atur Pengiriman di Shopee Seller Center

shopee seller center
Sumber: google.com

Sebagai Shoope Seller, Anda bisa mengatur jasa ekspedisi apa saja yang digunakan untuk mengirim pesanan ke pelanggan.

Melansir dari Pusat Edukasi Penjual Shopee, berikut cara mengatur pengiriman di fitur Seller Center Shopee:

  1. Di beranda Shopee Seller, pilih menu Jasa Kirim Saya
  2. Setelah itu, pilih jasa pengiriman yang toko Anda gunakan
  3. Selesai

Tips Berjualan di Shopee Agar Cepat Ramai Pembeli

Untuk berjualan di Shopee dengan cepat, Anda perlu mengikuti beberapa tips dan strategi berikut ini:

1. Berikan Harga yang Kompetitif 

Harga yang kompetitif akan menarik lebih banyak pelanggan dan mempercingkatkan penjualan produk Anda

2. Perbanyak Variasi Produk

Menawarkan berbagai variasi produk akan memberikan pilihan yang lebih besar bagi pelanggan, sehingga mereka lebih tertarik untuk beli di toko Anda. 

3. Naikkan Produk

Sesuaikan harga produk Anda dengan harga pasar dan menawarkan diskon atau promosi untuk menarik pelanggan

4. Menggunakan Fitur Bebas Ongkir

Shopee menawarkan fasilitas bebas ongkir untuk mengurangi biaya ongkir dan menarik lebih banyak pelanggan

5. Mengikuti Promosi Shopee 

Shopee sering mengelola promosi, seperti Flash Sale, yang menawarkan diskon besar-besaran selama waktu terbatas.

6. Menggunakan Media Sosial 

Promosikan produk Anda melalui media sosial untuk meningkatkan keterlibatan dan mencapai lebih banyak pelanggan.

7. Mengoptimalkan SEO

Menerapkan SEO marketplace dengan menggunakan kata kunci yang populer di Shopee untuk meningkatkan posisikan produk Anda dalam hasil pencarian.

8. Mengelola Persediaan Stok Barang

Pastikan Anda memiliki stok barang cukup dan dapat memproses pesanan dengan cepat agar pelanggan tidak perlu menunggu lama.

Dengan menerapkan tips ini, Anda akan dapat meningkatkan penjualan produk Anda di Shopee dan mencapai keberhasilan dalam bisnis Anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi mengenai shopee seller center. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial Anda dan nantikan artikel informatif lainnya hanya di Everpro, ya!

Ingin toko online Anda makin laris manis dan mendapatkan keuntungan yang melimpah? Gunakan layanan Everpro Marketplace Enabler, yuk!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Tunggu apalagi, daftar sekarang juga agar omzet penjualan Anda naik dengan lebih cepat!

Daftar Sekarang

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman