Beranda » Tips & Trick » 10 Cara Mengatasi Produk yang Tidak Laku di Pasaran yang Efektif

10 Cara Mengatasi Produk yang Tidak Laku di Pasaran yang Efektif

Produk yang kamu jual tidak laku di pasaran? Jangan khawatir, simak cara mengatasi produk yang tidak laku di pasaran selengkapnya hanya di bawah ini!

Pernahkah Anda merasa frustasi karena produk yang kamu jual sulit untuk laku di pasaran? Tenang kamu tidak sendirian! Banyak pengusaha yang menghadapi tantangan serupa. 

Namun, jangan putus asa! Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi produk yang tidak laku di pasaran.

Apa saja itu? Artikel ini akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan penjualan produk kamu.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini sampai habis ya!

Alasan Mengapa Produk Tidak Laku di Pasaran

10 Cara Mengatasi Produk yang Tidak Laku di Pasaran yang Efektif
Sumber: unsplash.com

Sebelum jauh kita membahas cara untuk mengatasi produk yang tidak laku, mari kita mengetahui terlebih dahulu mengapa produk bisa tidak laku di pasaran. 

Berikut beberapa alasan di balik produk tidak laku di pasaran:

Faktor Internal

Salah satu alasan mengapa produk tidak laku di pasaran mungkin karena terdapat kesalahan pada faktor internal.

Ada banyak unsur dalam faktor internal yang bisa mempengaruhi mengapa suatu produk tidak laku di pasaran.

Berikut beberapa unsur dalam faktor internal yang mungkin menjadi penyebab produk tidak laku:

1.Produk

  • Produk: Kurang berkualitas, tidak tahan lama, atau tidak memenuhi ekspektasi konsumen.
  • Fitur: Dari produk fitur di dalamnya mungkin tidak menarik atau kurang relevan dengan kebutuhan pasar. Sehingga tidak bisa menjadi solusi dari masalah yang dirasakan pasar.
  • Desain: Desain mungkin kurang menarik, tidak sesuai dengan tren, atau sulit digunakan
  • Harga: Harga jual yang dipasarkan untuk produk mungkin terlalu tinggi dibandingkan produk sejenis atau tidak sesuai dengan penilaian konsumen.

2. Pemasaran

  • Strategi: Strategi pemasaran tidak tepat sasaran, kurang efektif atau tidak konsisten
  • Promosi: Promosi yang dilakukan kurang menarik dan tidak sampai ke target audiens
  • Branding: Branding lemah atau tidak jelas membuat produk sulit diingat oleh konsumen

3. Distribusi

  • Saluran: Saluran distribusi yang tidak memadai, sulit dijangkau konsumen, atau tidak efisien
  • Stok: Stok produk yang tidak terkelola dengan baik,, terlalu banyak atau terlalu sedikit

Faktor Eksternal

  • Persaingan: Terdapat banyak pesaing dengan produk yang mungkin lebih baik atau harga yang lebih kompetitif
  • Kondisi Ekonomi: Kondisi ekonomi yang tidak stabil, daya beli masyarakat menurun, atau adanya produk substitusi yang lebih murah
  • Perubahan Tren: Perubahan tren konsumen yang cepat membuat produk tidak lagi relevan
  • Regulasi Pemerintah: Perubahan regulasi pemerintah yang menghambat penjualan produk

Cara Mengatasi Produk yang Tidak Laku di Pasaran

10 Cara Mengatasi Produk yang Tidak Laku di Pasaran yang Efektif
Sumber: unsplash.com

Kalau kamu mengalami produk usaha kamu tidak laku di pasaran, tidak perlu khawatir!

Karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Evaluasi Produk

Cara mengatasi produk yang tidak laku di pasaran yang pertama adalah dengan melakukan evaluasi pada produk tersebut.

Kamu harus melakukannya dengan menyeluruh mulai dari segi kualitas, fitur, desain hingga harga.

Cari tahu kekurangan dari produk kamu yang mungkin menjadi salah satu alasan besar mengapa produk tersebut tidak laku.

2. Riset Pasar

Selanjutnya cara mengatasi produk yang tidak laku di pasaran adalah dengan melakukan riset pasar. Ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi konsumen.

Bisa jadi produk yang kamu pasarkan tersebut tidak bisa menjadi jawaban dari kebutuhan dan preferensi konsumen.

Kamu juga bisa mengetahui target audiens yang seperti apa yang cocok untuk produk tersebut melalui proses riset pasar.

3. Revisi Strategi Pemasaran

Cara mengatasi produk yang tidak laku di pasaran yang berikutnya kamu juga bisa melakukan revisi pada strategi pemasaran yang telah kamu lakukan.

Sesuaikan lagi dengan hasil riset pasar yang sebelumnya telah kamu lakukan agar produk bisa lebih tepat sasaran.

4. Perkuat Branding

Kamu harus membangun branding pada produk agar memiliki branding yang kuat dan mudah diingat. Ini sangat penting dalam sebuah bisnis agar produk yang kamu hasilkan merupakan top of mind dari pelanggan.

5. Meningkatkan Kualitas Distribusi

Distribusi merupakan faktor yang tidak kalah penting. Pastikan kamu meningkatkan kualitas distribusi agar lebih baik. Ini dapat mempengaruhi kepuasan dari pelanggan.

6. Adaptasi dengan Perubahan

Berbisnis pasti ada kalanya produk yang kamu jual itu tidak begitu laku dan ada kalanya produk kamu sangat laku.

Satu yang penting adalah untuk beradaptasi dari segala bentuk perubahan yang terjadi entah itu perubahan tren atau kondisi pasar.

7. Berikan Penawaran atau Diskon

Untuk menarik kembali minat beli pelanggan, kamu bisa menawarkan trik yang sangat efektif yaitu memberikan penawaran atau diskon. Dengan begitu produk yang kamu jual bisa berpotensi laku.

8. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial saat ini memiliki pengaruh yang besar dalam semua sektor kehidupan manusia.

Memanfaatkan media sosial bisa sangat berpengaruh pada bisnis kamu. Gunakan strategi sosial media marketing untuk menggaet banyak pelanggan.

9. Menggunakan Platform E-commerce

Di dunia yang serba digital dan budaya belanja yang sudah mulai bergeser ke arah belanja online. Tidak ada salahnya untuk menggunakan platform e-commerce yang ada untuk berjualan produk kamu.

10. Menggunakan Layanan Optimasi Bisnis

Cara mengatasi produk yang tidak laku di pasaran yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan untuk menggunakan layanan optimasi bisnis.

Pada saat kompetisi bisnis yang semakin ketat, kamu tidak hanya membutuhkan strategi pemasaran yang baik, produk yang bagus tapi juga perlu bantuan dari layanan optimasi bisnis.

Nah, layanan optimasi bisnis terbaik yang bisa kamu gunakan saat ini adalah Everpro. Tersedia banyak layanan optimasi sesuai kebutuhan bisnis kamu di Everpro mulai dari Shipping, Ads, Marketplace Enabler, Chat dan lain sebagainya.

Everpro sudah banyak digunakan oleh pengusaha yang sukses meningkatkan omset mereka berkali kali lipat. Ini karena Everpro punya banyak keunggulan yang bisa mengoptimasi bisnis kamu sehingga keuntungan bisa naik signifikan.

Pelajari lebih lanjut Everpro sekarang untuk mengetahui layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya