Kamu seorang pebisnis online yang lagi kesulitan kelola data dan interaksi pelanggan dengan optimal? Mungkin kamu masih belum begitu paham apa itu CRM untuk bisnis.
CRM termasuk salah satu strategi penting di dunia bisnis. Tanpa fungsi CRM, bisnis bakal kesulitan untuk menjaga dan mempertahankan pelanggan supaya tidak beralih ke pesaing.
Ini karena pebisnis kerap menghadapi berbagai kesulitan kecil namun sangatlah penting.
Seperti susah menyimpan dan melacak riwayat pelanggan, susah follow up ke pelanggan, hingga kesulitan memonitoring tim customer service satu per satu.
Alhasil, bukan cuma berdampak ke internal, ini juga membuat komunikasi dengan pelanggan jadi tidak konsisten. Belum lagi, karena tidak pakai sistem terintegrasi, chat pelanggan jadi sering terabaikan atau lupa dibalas.
Untuk mengatasinya, yuk pahami apa itu CRM dan terapkan untuk kesuksesan bisnismu!
Apa itu CRM untuk Bisnis?
CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis untuk membangun, merawat, dan mengelola hubungan pelanggan supaya lebih efektif.
Strategi menjalin hubungan mitra yang lebih dalam ini bertujuan agar pelanggan tidak beralih ke pesaing atau kompetitor.
Karena dari banyaknya bisnis yang menawarkan produk atau layanan serupa, pelanggan tentu makin selektif dengan berbagai aspek pertimbangan, mulai dari harga, pelayanan, penawaran spesial, kualitas, dan lain sebagainya.
Nah, itulah arti CRM bagi bisnis, yaitu supaya pelanggan yang tadinya sudah pernah membeli bisa kembali lagi dan lagi untuk repurchase.
Strategi CRM ini kebanyakan diimpelentasikan dalam bentuk software, bisa aplikasi ataupun website. Dibanding metode manual yang masih mengandalkan catatan ataupun buku, CRM dirancang dengan fitur yang lebih lengkap dan praktis.
Cara Kerja CRM dan Peran Pentingnya untuk Bisnis
Seperti penjelasan di atas, CRM berperan untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, serta memanfaatkan data pelanggan dengan cara kerja berikut ini:
1. Mengumpulkan Data Pelanggan
Lewat berbagai sumber seperti website, email, chat WhatsApp, media sosial, dan media lainnya, CRM akan mengumpulkan data pelanggan seperti informasi pribadi, riwayat belanja, perilaku konsumen, dan testimoni.
2. Menyimpan Data Pelanggan
Data yang berhasil dikumpulkan akan disimpan ke dalam satu database terpusat di sebuah software yang bisa diakses oleh pelaku bisnis dan timnya.
3. Menganalisis Data Pelanggan
Sistem dari software CRM akan menganalisis data pelanggan untuk memahami preferensi, kebutuhan, serta perilaku belanja pelanggan.
4. Memanfaatkan Data Pelanggan untuk Membuat Keputusan
Insight dari analisis tersebut akan dipakai pebisnis untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik, khususnya yang berkaitan dengan startegi pemasaran.
Dari cara kerja CRM ini, maka tujuan akhirnya yaitu yaitu kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, hingga angka penjualan yang meningkat.
Nah, kalau kamu mau pakai CRM untuk bisnis, opsi paling mudah yaitu dengan mendapatkan aplikasi CRM terintegrasi yang siap pakai dari pihak ketiga, seperti Everpro CRM.
Mengenal Everpro CRM dan Cara Kerjanya
Everpro CRM adalah platform yang diracang untuk bisnis yang ingin kelola hubungan baik dengan pelanggan lewat fitur-fitur CRM yang praktis dan efisien.
Berikut ini cara kerja Everpro CRM untuk berbagai jenis bisnis:
1. Mengelola Database Pelanggan
Lewat satu aplikasi atau website yang terintegrasi, Everpro CRM bantu bisnis untuk menyimpan data pelanggan dari berbagai sumber di satu dashboard terpusat.
Data ini bisa kamu masukkan sendiri ke dashboard Everpro CRM atau didapat dari media sosial, formulir, website, landing page, WhatsApp Business, dan lainnya.
Bukan cuma data seperti nama, jenis kelamin, atau alamat pelanggan aja, Everpro CRM juga akan menyimpan riwayat chat dan riwayat belanja pelanggan. Bahkan kamu juga bisa kasih label khusus untu tiap segmentasi pelanggan, lho.
Jadi kamu bisa lacak produk yang pernah dibeli, produk yang dimasukkan ke keranjang, produk yang pernah ditanyakan lewat chat, dan lainnya.
Keunggulan di Everpro CRM, data pelanggan tidak perlu dimasukkan pakai cara manual. Cukup klik sinkronisasi kontak WhatsApp untuk jadi data pelanggan.
2. Melakukan Follow Up Otomatis
Everpro CRM juga akan bantu bisnis untuk follow up pelanggan pakai cara yang praktis. Mulai dari kelola informasi pelanggan hingga bikin jadwal untuk follow up otomatis.
Selain itu, Everpro CRM juga terintegrasi layanan Everpro Chat yang mengandalkan WhatsApp Business dengan sistem otomatisasi untuk kirim pesan dengan pelanggan.
Nah, kamu bisa manfaatkan layanan ini untuk follow up otomatis. Dengan database yang ada, kamu bisa buat pesan personalisasi agar lebih akrab dan bikin pelanggan nyaman.
Saat pelanggan puas dengan pelayanan kamu, mereka tak berpikir panjang untuk membeli setelah kamu kirim pesan follow up.
3. Monitoring Tim Customer Service
Kalau kesulitan monitoring tim CS, Everpro CRM juga akan bantu kamu pantau tim CS dengan fitur tambah anggota tim di satu dashboard yang sama.
Jadi seluruh aktivitas tim CS, mulai dari kirim broadcast pesan, follow up ke pelanggan, hingga menerima dan meproses pesanan pelanggan akan terlihat di Everpro CRM.
Tapi kalau kamu kelola bisnis sendiri atau tim yang terbatas, nggak perlu khawatir. Karena Everpro CRM juga dirancang supaya mudah digunakan siapa saja, bahkan tanpa tim khusus.
4. Broadcast dan Kirim Pesan Berjadwal
Saat kesulitan untuk kirim pesan secara konsisten atau balas chat pelanggan yang sering terlambat, kamu juga bisa manfaatkan Everpro CRM lewat fitur broadcast.
Cara kerjanya yaitu dengan kirim blast WhatsApp ke pelanggan secara otomatis dalam satu kali klik. Bahkan juga bisa tanpa harus simpan nomor pelanggan, lho.
Isi pesan broadcast dan balasannya bisa kamu simpan untuk dikirim berkali-kali. Jadi kamu tidak lelah dan kehabisan waktu lagi untuk ketik pesan yang sama.
Supaya kirim pesan tidak terlambat, kamu bsia tentukan jam pengiriman sesuai kebutuhan. Agar lebih menarik, Everpro CRM juga memungkinkan kamu sisipkan gambar untuk pesannya.
Everpro CRM Solusi untuk Bisnis Kelola Data dan Interaksi Pelanggan
Everpro CRM adalah sistem manajemen pelanggan yang bantu pelaku bisnis online kelola database pelanggan dan melakukan follow-up otomatis melalui satu platform terintegrasi.
Dengan fitur yang mantap seperti broadcast, labelling, hingga otomasi pesan, kamu bisa meningkatkan retensi pembeli tanpa harus pakai cara manual yang menyita waktu.
Sudah terbukti berhasil bantu pebisnis online, dengan pakai Everpro CRM kamu bisa turunkan risiko RTS hingga 50% dan meningkatkan potensi repeat order hingga 30%, lho!
Mau kelola bisnis seorang diri ataupun punya tim CS, urusan kelola data dan interaksi pelanggan tetap akan optimal saat kamu mengandalkan Everpro CRM.
Yuk, nikmati keunggulannya dengan daftar Everpro sekarang juga!