Sebagai salah satu marketplace terbaik di Indonesia, Tokopedia juga punya fitur iklan berbayar untuk seller yang ingin meningkatkan penjualan dan memperluas cakupan bisnis. Biaya iklan Tokopedia juga terbilang terjangkau dan bisa menyesuaikan budget yang seller siapkan.
Meskipun di tahun 2024 biaya iklan Tokopedia sempat naik, tapi kenaikan ini juga menawarkan efektivitas yang lebih baik dari sebelumnya.
Apakah kamu juga tertarik untuk pakai fitu iklan berbayar di Tokopedia? Kalau iya, yuk simak penjelasan lengkapnya termasuk menentukan biaya iklan Tokopedia di artikel ini!
Mengenal TopAds dan Keuntungannya Bagi Pebisnis
Bagi kamu yang belum tahu, iklan berbayar di Tokopedia disebut juga sebagai TopAds. TopAds adalah fitur promosi toko dan produk yang ditawarkan Tokopedia untuk membantu penjual meningkatkan tampilan produk dan jangkauan toko ke calon pembeli yang potensial.
Jadi, saat kamu pakai fitur TopAds ini, iklan kamu akan muncul di halaman rekomendasi dan halaman pencarian pengguna. Selain itu, ada tiga keuntungan utama yang ditawarkan Tokopedia, yaitu:
1. Bisa Menjangkau Lebih banyak Pembeli
Saat pasang iklan di TopAds, kamu bisa menargetkan iklan ke audiens spesifik yang punya ketertarikan dengan jenis produk yang kamu jual.
Jangkauan iklan juga luas banget. Menurut data Tokopedia, dengan TopAds, produk dan toko kamu punya potensi dilihat calon pembeli hingga +200,25%, lho!
2. Memaksimalkan Penjualan Online
TopAds juga bisa membantu seller meningkatkan penjualan toko hingga naik +15%. Sudah banyak pengiklan yang membuktikan efektivitas TopAds.
Karena kalau semakin banyak calon pembeli yang lihat iklan kamu, maka tentu makin besar juga peluang mereka membeli produk kamu.
3. Muncul di Tempat yang Strategi
Ketika beriklan, produk dan toko kamu akan tampil di bagian atas halaman strategis, seperti halaman pencarian ataupun halaman rekomendasi.
Dengan begitu, produk kamu akan mudah ditemukan pembeli. Apalagi kalau mereka memang mencari produk kamu karena butuh dan ingin segera membeli.
Analisis Biaya Iklan di Tokopedia
Sebelum menghitung budget untuk pasang iklan, kamu juga harus tahu dulu sebenarnya duit yang keluar itu buat apa aja sih?
Nah, ada beberapa analisis untuk biaya iklan di Tokopedia, yaitu dari jenis iklan yang tersedia struktur biayanya. Berikut penjelasan masing-masingnya:
1. Jenis Iklan yang Tersedia di TopAds
-
Iklan Produk Otomatis
Dengan satu kali klik, produk penjual akan muncul di halaman-halaman strategis di Tokopedia melalui pilihan iklan produk otomatis.
Sebagai pengiklan kamu hanya perlu atur anggaran harian. Nantinya, sistem pengiklan Tokopedia yang akan pilih produk dan biaya per klik yang tepat untuk mengoptimalkan iklan kamu.
-
Iklan Produk Manual
Iklan produk manual memungkinkan kamu untuk pilih sendiri produk yang mau diiklankan, atur biaya per klik, dan pasang kata kunci yang tepat untuk iklan produk.
Supaya bisa bersaing dengan toko lain, sebagai penjual kamu perlu menentukan biaya klik per iklan atau dikenal juga dengan istilah bidding.
-
Iklan Toko
Kalau kamu mau iklan muncul di bagian atas kolom pencarian pembeli, maka iklan toko jadi pilihan TopAds yang tepat.
Untuk menjalankan iklan toko, pengiklan perlu menentukan kalimat promosi supaya iklan bisa tampil lebih optimal dan menarik perhatian calon pembeli.
-
Iklan Tokopedia Display Network
TopAds juga mengeluarkan jenis iklan yang cuma bisa dipakai oleh Tokopedia Official Store dan Power Merchant PRO terpilih. Nantinya iklan akan muncul di halaman strategi Tokopedia dalam bentuk banner promosi.
2. Struktur Biaya TopAds
Struktur biaya TopAds didasarkan pada sistem Cost Per Click (CPC) ataupun Pay Per Click (PPC) yang punya arti serupa.
Dengan struktur biaya ini, sebagai penjual atau pengiklan, kamu hanya akan dikenakan biaya jika ada pengguna Tokopedia yang klik iklan kamu dan masuk ke halaman iklan.
Untuk biaya CPC TopAds juga bervariasi, tergantung beberapa faktor seperti persaingan kata kunci, kategori produk, dan lain-lain.
Jadi, kamu bisa atur budget harian sesuai kesanggupan dan perencanaan anggaran yang dibuat.
Makin tinggi budget harian yang kamu atur di TopAds, maka makin besar pula potensi produk muncul di halaman banyak pelanggan.
Faktor yang Mempengaruhi Biaya Iklan di TopAds
1. Tingkat Persaingan dengan Kompetitor
Karena bukan cuma kamu yang menjalankan iklan di TopAds, jadi kamu harus berlomba-lomba dengan kompetitor agar iklan yang dijalankan bisa optimal.
Karena itu juga biaya iklan TopAds salah satunya akan dipengaruhi oleh faktor biaya kompetitor, terutama biaya untuk produk serupa.
Apalagi kalau kompetitor menargetkan kata kunci yang sama, maka CPC jadi lebih tinggi lagi karena persaingan yang ketat. Biasanya makin populer kata kunci yang dipakai, maka makin mahal juga biayanya, begitu pula untuk kata kunci dengan pencarian terendah.
2. Jenis Iklan TopAds yang Dipilih
Biaya iklan Tokopedia Ads juga dipengaruhi oleh jenis iklan yang kamu pilih. Seperti penjelasan jenis-jenis iklan di atas, ada jenis iklan yang bisa kamu atur sendiri budgetnya, dan ada yang otomatis dari sistem pengiklan Tokopedia.
Selain itu, setiap jenis iklan biasanya punya budget minimal yang bisa di setting pengiklan. Misalnya, minimal Rp300 untuk satu kali klik iklan produk.
3. Kategori Produk yang Diiklankan
Karena tiap kategori punya tingkat persaingan dan permintaan yang berbeda, maka kategori produk juga memengaruhi biaya iklan TopAds di Tokopedia.
Untuk produk yang banyak dicari pengguna, seperti produk fashion dan aksesoris gadget, biasanya anggaran atau biaya per klik (CPC) nya lebih tinggi karena persaingan yang ketat antar penjual.
Sedangkan untuk kategori produk yang rendah, karena pengiklannya lebih sedikit dan persaingan tidak begitu ketat, biasanya biaya CPC TopAds cenderung lebih murah.
4. Budget Harian yang Ditentukan
Budget harian juga ngaruh banget ke biaya iklan di TopAds, lho. Makin tinggi budget harian yang kamu pasang, makin besar juga peluang iklan kamu di klik dan dibeli target pembeli.
Sebaliknya, kalau budget hariannya kecil, iklan malah muncul dengan jumlah terbatas. Bahkan, kalau budget hariannya habis, iklan bisa berhenti tayang sampai kamu top up kembali.
Dengan kata lain, anggaran harian yang lebih besar memungkinkan iklan bersaing lebih lama di sistem bidding Tokopedia, terutama dalam kategori produk dengan persaingan tinggi.
5. Biaya Admin Seller Tokopedia
Selain biaya iklan, seller juga akan dikenakan biaya admin Tokopedia yang nominalnya tergantung kategori produk yang kamu jual.
Perhitungan biaya ini berdasarkan harga per produk dikurangi dengan diskon penjual. Untuk tahu cara perhitungannya kamu bisa ikuti cara hitung biaya admin Tokopedia yang akurat.
Istilah Penting dalam Iklan Tokopedia
Berikut beberapa istilah penting yang ada dalam iklan Tokopedia yang harus kamu ketahui:
- Impression: frekuensi iklan kamu dilihat oleh pembeli
- Klik: jumlah iklan yang diklik oleh pengguna
- Presentase klik (Click Through-Rate): CTR adalah jumlah klik dibandingkan dengan jumlah impresi. Semakin tinggi angkanya maka semakin efektif iklan yang kamu buat.
- Pengeluaran: Total biaya yang dikeluarkan untuk membuat iklan.
- Penghasilan: Total pendapatan dari produk yang dijual melalui iklan.
- Cost per Click (CPC): Biaya untuk setiap satu klik pada iklan yang dibebankan kepada penjual berdasarkan biaya maksimum dari iklan yang ditawarkan.
- Biaya per 1000 tampilan: Biaya yang dikenakan kepada penjual untuk setiap 1000 tampilan iklan berdasarkan iklan yang ditawarkan.
- Actual Cost: jumlah sebenarnya dari kredit TopAds yang akan dibebankan kepada penjual untuk iklan tertentu.
- Kredit: Jumlah biaya yang disetorkan oleh penjual yang digunakan untuk membayar iklan TopAds.
- Anggaran harian: Jumlah uang yang bersedia kamu bayarkan untuk menayangkan iklan.
- Biaya yang direkomendasikan: Biaya per klik yang direkomendasikan oleh Tokopedia saat penjual menetapkan biaya iklan.
- Jadwal tampil: waktu atau periode saat iklan akan ditayangkan kepada pengguna atau calon pembeli. Ada dua pilihan jadwal tampil yang bisa kamu atur yaitu Always Show dan Set Schedule untuk mengatur waktu mulai dan berakhirnya iklan secara manual.
- Status iklan: ada tiga jenis status iklan di TopAds yaitu Status Tidak Aktif, Menampilkan Status Iklan, Status Iklan Tidak Tampil.
Cara Efektif Iklan di Tokopedia TopAds
Sembari mengikuti cara pasang iklan di Tokopedia, ada beberapa tips untuk kamu agar iklan di TopAds bisa lebih efektif dan meningkatkan penjualan, yaitu:
1. Tingkatkan Kualitas Halaman Produk
Dekorasi toko dan halaman produk jadi titik penentu apakah audiens akan klik iklan kamu dan memutuskan untuk check out produk kamu.
Karena itu, pastikan halaman produk sudah optimal sebelum iklan dijalankan. Berikut beberapa tipsnya:
- Atur nama produk sesuai rumus Tokopedia yaitu (Nama/Jenis Produk + Merek + Keterangan).
- Pakai foto produk yang jenis, detail, dan dengan latar belakang yang polos.
- Buat deskripsi produk yang singkat, jelas, informatif, dan disertai kata kunci.
2. Pasang Harga Produk yang Bersaing
Supaya iklan kamu dilirik audiens, gunakanlah harga produk yang bersaing dengan kompetitor.
Kamu bisa pakai menu Rekomendasi Harga Produk di halaman Daftar Produk untuk menentukan harga yang tepat. Selain itu, cek juga harga yang kompetitor pasang di halaman Wawasan Pasar.
Supaya lebih gacor, kamu bisa kasih diskon toko agar pembeli semakin tertarik untuk beli produk kamu.
3. Pilih Jenis Iklan Sesuai Tujuan
Supaya iklan kamu maksimal, jangan asal pilih jenis iklan TopAds. Karena setiap iklan punya objektif dan keunggulannya masing-masing. Pertimbangkan dengan objektif berikut:
- Iklan Produk Otomatis: Meningkatkan jumlah pengunjung dan penjualan dengan mengandalkan sistem periklanan Tokopedia.
- Iklan Produk Manual: Meningkatkan jumlah pengunjung dan penjualan untuk setiap produk dengan atur produk, keyword, dan biaya sendiri.
- Iklan Toko: Meningkatkan kesadaran merek/brand awareness.
- Iklan Tokopedia Display Network: Meningkatkan kunjungan melalui promo besar di toko kamu yang dibuat dalam bentuk banner menarik.
4. Ikuti Rekomendasi dari Tokopedia
Bagi pengiklan pemula yang masih ragu dengan strategi beriklan, kamu juga nggak perlu khawatir, karena Tokopedia juga bakal kasih rekomendasi strategi iklan ke kamu.
Mulai dari rekomendasi untuk pasang biaya per klik, rekomendasi kata kunci, hingga rekomendasi produk yang harus dipilih untuk ditampilkan ke calon pembeli.
5. Pakai Jasa Optimasi Tokopedia di Everpro
Tips terakhir ini untuk kamu yang mau segala proses beriklan dan aktivitas jualan di Tokopedia jadi lebih praktis, yaitu dengan pakai layanan Marketplace Enabler Everpro.
FAQ Biaya Iklan Tokopedia
Berikut beberapa FAQ tentang biaya iklan Tokopedia yang perlu kamu ketahui:
1. Berapa minimum sisa kredit TopAds untuk mengaktifkan iklan?
Minimum sisa kredit untuk mengaktifkan iklan adalah Rp500. Namun agar iklan berjalan optimal, kamu disarankan memiliki saldo yang lebih besar hal ini karena saldo akan terpotong sesuai biaya klik (CPC) yang kamu tetapkan.
2. Kenapa saldo TopAds saya cepat habis?
ada beberapa penyebab kenapa saldo TopAds cepat habis:
- Bidding (CPC) terlalu tinggi – semakin tinggi biaya per klik semakin cepat saldo terpakai
- Iklan mendapatkan banyak klik – iklan yang menarik akan lebih sering diklik, sehingga biaya bertambah
- Jangkauan terlalu luas – target audiens terlalu luas bisa meningkatkan impresi dan klik
- Tidak ada pengaturan batas harian – tanpa batas, saldo bisa cepat habis dalam sehari
Tipsnya agak saldo tidak cepat habis adalah dengan mengaktifkan batas harian dan evaluasi performa iklan secara berkala.
3. Berapa biaya untuk bidding iklan TopAds?
Biaya bidding (CPC) dimulai dari harga Rp250 per klik, tergantung pada kategori produk dan persaingan keyword. Tokopedia akan memberikan rekomendasi biaya bidding yang ideal agar iklan lebih kompetitif dan muncul di hasil pencarian.
4. Apa yang dimaksud dengan rekomendasi biaya?
Rekomendasi biaya dari Tokopedia merupakan nilai CPC (biaya per klik) yang disarankan oleh sistem Tokpedia berdasarkan: tingkat persaingan keyword dan performa iklan serupa. Mengikuti rekomendasi ini meningkatkan kemungkinan iklan tampil di posisi atas.
5. Apa yang dimaksud dengan biaya maksimal?
Biaya maksimal (max CPC) adalah batas tertinggi yang bersedia kamu bayar untuk satu klik. Sistem akan mengoptimalkan biaya aktual di bawah batas ini, tapi tidak melebihi angka maksimal yang kamu tetapkan.
Kesimpulan
Mengelola Tokopedia memang bisa dibilang sangat menantang, oleh sebab itu kamu harus terus mengikuti perkembangan pasar mulai dari tren, produk yang disukai hingga algoritma Tokopedia yang terus berubah.
Mengelola toko di Tokopedia memang kadang bikin repot dan pusing, tapi kini ada layanan Marketplace Enabler yang bisa bantuin kamu mengelola tokomu di Tokopedia.
Marketplace Enabler punya banyak keunggulan dan fitur yang membuatnya dipercaya oleh banyak brand di Indonesia. Berikut beberapa keunggulan dan fitur yang ditawarkan:
- Optimasi tampilan Toko
- Jasa CS yang Gercep & Tuntas
- Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
- Performa Iklan Terbaik
- Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
- Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat
- Bikin campaign jadi gacor
- Ngobrol dan konsultasi bareng ahlinya
- Strategi iklan yang hasilin cuan
- Bebas pilih paket apa aja sesuai kebutuhan
Yuk, segera daftar Everpro Marketplace Enabler dan rasakan manfaatnya pada bisnis kamu sekarang juga untuk raih cuan maksimal!