everpro

Temukan Disini! 15+ Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan dan Tepat

Apakah kamu membayangkan mempunyai bisnis yang bisa dijalankan di sela-sela kesibukan mengurus keluarga? Jika iya, simak artikel bisnis online untuk ibu rumah tangga yang bisa menjadi jawabannya!

Siapapun bisa meraih kesuksesan yang terbuka lebar hanya dirumah saja, termasuk ibu rumah tangga sekali pun.

Menjadi ibu rumah tangga memiliki kesibukan dalam mengurus keluarga, namun tidak menjadi halangan untuk tetap menjalankan bisnis yang bisa menghasilkan uang tambahan.

Sehingga, memanfaatkan teknologi internet sangat dibutuhkan untuk menjalankan hal tersebut agar bisa dilakukan dirumah tanpa meninggalkan anak-anak.

Maka dari itu, simak sampai habis artikel ini yang akan membahas bisnis online untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu coba!

Apa yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga untuk Menghasilkan Uang?

Setiap orang pasti memiliki banyak potensi atau keahlian yang bisa dikembangkan untuk menghasilkan uang tambahan hanya dirumah saja.

Berikut adalah beberapa ide bisnis online untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dirumah dan membutuhkan modal yang minim, seperti:

  • Bergabung Menjadi Dropshipper
  • Bisnis Catering Rumahan
  • Bisnis Kue Kekinian
  • Menjadi Freelance
  • Membuka Jasa Kursus Menjahit
  • Beralih Menjadi Content Creator
  • Reseller Frozen Food
  • Menjadi Virtual Assistant
  • Membuka Online Shop
  • Membuat Kerajinan Tangan

Untuk penjelasan mengenai rekomendasi diatas atau lainnya, maka simak lebih lanjut artikel ini selengkapnya!

Bisnis Online Tanpa Modal untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis online untuk ibu rumah tangga
Sumber: Freepik
  • Bergabung Menjadi Dropshipper

Rekomendasi yang pertama adalah bergabung menjadi dropshipper yang mana tentunya menjadi bisnis online tanpa modal lewat HP saja, lho!

Jenis usaha yang dilakukan dengan cara menyalurkan barang melalui distributor untuk nantinya sampai ke tangan konsumen.

Melihat perilaku orang di zaman sekarang yang membeli barang secara online sangat banyak digemari, sehingga peluang akan dropshipper sangat terbuka lebar.

Sebenarnya sangatlah simple dijalankan yaitu kamu perlu mencari barang yang dibutuhkan oleh banyak orang disekitarmu tanpa perlu menyimpan stok dan melakukan pengiriman barang karena akan dilakukan oleh supplier yang sudah kamu pilih.

  • Menjadi Freelancer

Salah satu cara bisnis online tanpa modal yang bisa dilakukan, yakni menjadi freelancer.

Kamu bisa melakukan freelance apa saja sesuai dengan keahlian dan minat yang kamu sukai misalnya seperti desain grafis, editor naskah, dan lain-lain.

Menjadi freelancer selalu dibutuhkan dalam jangka waktu yang panjang karena perkembangan teknologi yang semakin meningkat.

  • Beralih Menjadi Content Creator

Selanjutnya, bisnis online untuk ibu rumah tangga salah satunya adalah beralih untuk menjadi content creator. Banyak sekali platform online yang bisa kamu manfaatkan untuk menaruh video atau foto sebagai content creator.

Penghasilan yang dihasilkan cukup fantastis bergantung pada followers yang dimiliki. Semakin banyak kamu memiliki followers, maka semakin besar juga penghasilan yang akan didapat.

Jadi, siapkah kamu menjadi content creator dari sekarang?

  • Menjadi Virtual Assistant

Profesi berikut ini banyak sekali diincar oleh banyak kalangan khususnya yang pernah memiliki pengalaman di bidang administrasi kantor.

Untuk mengisi waktu luang kamu dirumah saja, maka kamu bisa menjadikan virtual assistant sebagai ide bisnis online untuk ibu rumah tangga.

Kamu bisa mencari di platform online penyedia lowongan kerja, seperti Upwork, Fiverr, Indeed, LinkedIn, dan masih banyak lagi.

Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis online untuk ibu rumah tangga
Sumber: Freepik
  • Membuka Jasa Kursus Menjahit

Jika kamu memiliki keahlian di bidang menjahit, maka tidak ada salahnya untuk mencoba atau memanfaatkan yaitu dengan membuka jasa kursus menjahit.

Pastinya banyak sekali orang yang memiliki banyak waktu luang dan ingin mengembangkan diri dengan cara mengikuti kursus.

Untuk memulai membuka jasa kursus menjahit ini bisa diawali melalui virtual secara online, sehingga tidak mengharuskan kamu untuk menyewa atau menyediakan tempat secara offline.

  • Membuka Online Shop

Jika kamu memiliki modal lebih untuk menjalankan usaha, maka pilihan membuka online shop sangatlah tepat bagi kamu.

Produk yang akan dijual bisa saja yang sedang viral atau populer di Internet, sehingga akan menarik perhatian calon pelanggan untuk membelinya.

Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, maka kamu bisa mencari produk yang ingin kamu jual ke distributor atau reseller.

  • Membuka Warung Sembako

Kebutuhan harian rumah tangga selalu dibutuhkan. Melihat hal tersebut menjadi peluang untuk kamu membuka warung sembako dirumah.

Modal usaha sembako dapat kamu sesuaikan dengan tabungan yang dimiliki, sehingga kamu tidak perlu khawatir atau memaksa keadaan.

Sembako yang bisa kamu jual misalnya seperti beras, minyak goreng, mie instan, berbagai macam sabun, telur, gula, dan kebutuhan pokok lainnya.

Promosikan warung sembako kamu di media sosial agar dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, tidak terbatas pada lingkungan sekitar rumah saja.

  • Penerjemah Bahasa Asing

Perusahaan multinasional akan membutuhkan keahlian seseorang sebagai penerjemah bahasa asing untuk membantu menjalankan kegiatan bersama para investor asing.

Peluang bisnis ini bisa kamu manfaatkan apabila memiliki kemampuan dalam berbahasa asing baik itu tulisan maupun berbicara.

Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah secara online saja dan kamu bisa dengan fleksibel sambil mengurus kebutuhan rumah.

Bisnis Online yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis online untuk ibu rumah tangga
Sumber: Freepik
  • Bisnis Catering Rumahan

Kamu senang memasak? Nah, ide bisnis online yang lagi viral untuk ibu rumah tangga ini mungkin cocok dengan kamu!

Pasalnya, bisnis ini sedang marak diperbincangkan karena banyak sekali permintaan mulai dari catering diet hingga catering untuk acara tertentu.

Tawarkan terlebih dahulu ke orang disekitarmu sembari mempromosikannya di media sosial dan percayalah bisnis kamu akan melebar.

  • Bisnis Kue Kekinian

Selain memiliki bakat masak, mungkin kamu memiliki bakat di bidang baking. Jika iya, bisnis kue kekinian bisa kamu terapkan untuk menghasilkan uang.

Di media sosial banyak sekali bertebaran kue kekinian seperti korean cake, bento cake, dan lain-lain yang membuat orang penasaran untuk mencobanya.

Tidak ada salahnya kamu menjual kue kekinian yang bisa menarik banyak orang untuk mengundang mereka membeli dan mencicipinya.

  • Bisnis Jasa Titip

Jasa titip atau yang dikenal dengan jastip tidak selalu untuk barang luar negeri bahkan barang dalam negeri pun juga bisa.

Kalau kamu tinggal di daerah perkotaan, maka kamu bisa membuka bisnis online untuk ibu rumah tangga yaitu membuka jastip.

Sangat dicari oleh orang yang tinggal di pedesaan yang menginginkan barang namun tidak ada di tempat mereka.

  • Bisnis Tanaman Hias

Kehadiran pandemi Covid-19 menghadirkan banyak hobi banyak orang salah satunya adalah ketertarikan terhadap tanaman hias.

Bisnis online rumahan ini memiliki modal kecil yang bisa menghasilkan keuntungan hingga berkali lipat karena memiliki harga yang fantastis.

Kamu bisa memulainya dengan membeli pohon dan merawatnya dari ukuran kecil untuk mendapatkan harga yang terjangkau dan nantinya bisa kamu jual anakannya.

Ide Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

  • Reseller Frozen Food

Di zaman sekarang siapa yang tidak mengenali frozen food. Makanan cepat saji yang tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga bisa kamu coba mulai menjadi reseller frozen food terlebih dahulu.

Tentunya bisnis reseller frozen food perlu memperhatikan dari segi pemilihan supplier yang tepat dan terpercaya.

Terlebih lagi apabila kamu menjualnya secara online, maka kamu perlu mempelajari bagaimana cara packing frozen food supaya sampai ke pelanggan dengan aman.

  • Membuat Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan juga bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga karena permintaannya cukup tinggi.

Memiliki fleksibilitas waktu yang tinggi karena kamu bisa melakukannya di rumah dan secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan berpikir kreatifmu juga terhadap barang disekitar yang sudah tidak terpakai.

  • Guru Les Privat

Rekomendasi bisnis online yang terakhir adalah menjadi guru les privat dirumah.

Kamu bisa memberikan materi akademik maupun non akademik yang kamu miliki seperti matematika, bahasa, bahkan bisa juga musik.

Untuk mendapatkan murid, maka kamu perlu mempromosikannya melalui WhatsApp atau media sosial yang kamu miliki 

Nah, itu dia nih beberapa rekomendasi bisnis online untuk ibu rumah tangga yang pastinya bisa kamu coba. Kuncinya adalah percaya diri dan terus berusaha dan belajar, sehingga dapat membuahkan hasil yang diinginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu ibu rumah tangga yang kehabisan ide untuk melakukan bisnis online dan semoga kamu sudah mendapatkan titik cerah setelah membaca artikel ini, ya!

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis yang menarik dan informatif hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya