Sudah siap bersaing dengan toko-toko online di marketplace? Simak artikel ini, supaya Anda tahu strategi sukses cara jualan di marketplace. Serta membuat produk Anda semakin banyak peminatnya.
Bagi Anda yang masih bingung menentukan marketplace terbaik. Berikut ini, Everpro beri rekomendasi 3 marketplace terbaik dengan jumlah pengunjung terbanyak berdasarkan penelitian.
Daftar Isi:
Toggle3 Marketplace Paling Banyak Pengunjungnya
Tahun 2022, aktivitas belanja online di Indonesia mencapai 158,6 juta atau meningkat dari tahun sebelumnya menjadi 14,9%.
Pada kuartal I-IV di tahun 2021, data penelitian mengungkapkan urutan marketplace di Indonesia yang paling banyak pengunjungnya yaitu:
1. Tokopedia
Tokopedia menjadi salah satu rekomendasi pertama bagi Anda yang ingin mulai berjualan online di marketplace. Karena pada dasarnya Tokopedia memiliki tampilan menarik dan beragam program yang menguntungkan kedua belah pihak, penjual dan pembeli.
Terlebih saat ini, strategi marketing nya membawa Idol K-pop BTS dan Blackpink yang tentu saja mempengaruhi jumlah peningkatan pengunjung.
2. Shopee
Shopee menempati urutan kedua dengan rata-rata jumlah pengunjung 131,89 juta per bulan atau selisih kisaran 18 juta dari Tokopedia.
Sebenarnya kedua marketplace tersebut memiliki kemudahan dalam persyaratan membuka toko online, akan tetapi mereka memiliki masing-masing kelebihannya.
Kelebihan Shopee yaitu menyediakan berbagai penawaran bagi para pelaku UMKM seperti program gratis ongkos kirim yang menjadi primadonanya.
3. Lazada
Posisi selanjutnya yaitu Lazada yang memiliki jumlah pengunjung 28,58 juta per bulan. Anda tidak perlu khawatir melakukan cara jualan di marketplace di sini, karena Laza memiliki program seller rewards. Program ini memberikan jangkauan luas bagi produk Anda dilihat oleh banyak konsumen, hingga keuntungan dari segi layanan pengiriman.
Baca Juga: Marketplace Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya
10 Strategi Sukses Cara Jualan di Marketplace
Meskipun marketplace di atas memiliki banyak pengunjung, akan tetapi Anda perlu mempersiapkan diri untuk strategi sukses cara jualan di marketplace.
Selain itu, tingginya jumlah viewers di marketplace berpotensi pada peningkatan penjualan. Yuk, langsung ikuti 10 strategi ini, untuk meningkatkan omset penjualan.
-
Mempelajari Fitur-Fitur Marketplace
Setiap marketplace memiliki keunggulan fitur masing-masing, manfaatkan fitur-fitur tersebut untuk meningkat penjualan Anda.
Sebagai contoh ada yang namanya fitur premium seller, di Tokopedia menyebutnya Power Merchant dan di Shopee sebutannya Star Seller.
Biasanya toko yang sudah upgrade menjadi premium seller akan mendapat keuntungan. Seperti muncul di halaman khusus, meningkatkan jumlah viewers, dan mendapat kepercayaan tinggi dari pelanggan.
-
Mencari Tahu Kebutuhan Konsumen
Mengenali kebutuhan konsumen akan memudahkan Anda untuk menentukan spesifikasi produk penjualan, apabila tepat sasaran pasti cepat laris manis.
Contohnya, Anda harus tahu cara jualan di marketplace untuk kebutuhan produk HP bagi anak muda dan orang tua pasti berbeda. Bagi anak muda mencari hp yang banyak fitur sedangkan orang tua yang lebih sederhana dalam komunikasi.
-
Melengkapi Semua Profil Toko
Lengkapi hal-hal dasar toko online Anda seperti nama toko, foto profil, deskripsi toko, link website atau social media, jadwal jam operasional, dan lain-lainnya.
Profil toko mempengaruhi daya tarik brand Anda di mata konsumen, jadi buatlah sebaik mungkin agar konsumen tidak ragu untuk melakukan transaksi.
-
Membuat Deskripsi dan Foto Produk Menarik
Informasi produk yang lengkap membuat konsumen senang, karena tidak perlu membuang waktu hanya untuk bertanya informasi produk yang lebih jelas.
Cantumkan deskripsi produk secara spesifik mulai dari ukuran, warna, stock, pilihan, dan sebagainya. Gunakan foto produk menarik yang jelas serta berkualitas untuk menarik perhatian konsumen, tetapi foto produk harus tetap real ya.
-
Menyediakan Beragam Jasa Pengiriman
Toko online yang menyediakan beragam jasa pengiriman, membuat pelanggan bebas menentukan pilihan ekspedisi sesuai kebutuhan barangnya.
Selain itu, biaya ongkos kirim juga bisa berbeda-beda di setiap wilayahnya. Alhasil, dengan menyediakan berbagai ekspedisi membuat pelanggan lebih fleksibel ketika berbelanja.
-
Menawarkan Harga Produk Terjangkau
Sebelum menetapkan harga, terlebih dahulu lakukan riset harga di pasaran dan kompetitor bisnis Anda. Pebisnis harus tahu kalau di marketplace, konsumen bisa dengan mudah membandingkan harga toko Anda dengan kompetitor.
Hasil riset membantu Anda menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal atau murah, serta dapat bersaing dengan toko-toko lainnya.
-
Mengiklankan Promosi Secara Rutin
Buatlah promosi rutin yang berbeda seperti gratis ongkir, potongan harga, cashback, harga special, dan sebagainya untuk menarik perhatian calon konsumen.
Contohnya Anda bisa membuat potongan harga pada transaksi pertama atau untuk pembelian produk selanjutnya. Bisa juga berpartisipasi di festival marketplace seperti promosi tanggal kembar di 12.12 saat harbolnas atau tanggal 7.7.
-
Memberikan Pelayanan Terbaik
Memberikan layanan yang baik, tentu dapat mempengaruhi review dan rating toko online dari para pelanggan. Nah, rating toko yang tinggi bisa bikin calon konsumen lain melirik toko Anda.
Usahakan balas pertanyaan pelanggan dengan cepat, ramah, dan sopan. Sehingga mereka tidak akan kecewa menunggu lama.
Selain itu, bantu kendala lainnya ketika pelanggan sedang berbelanja. Pasti pelanggan yang merasa terbantu bakal jadi setia sama toko online Anda.
-
Mempromosikan Toko Online Anda
Promosikan toko online Anda dengan cara menghubungkan halaman toko ke akun social media atau website bisnis Anda.
Dengan begitu, semakin banyak orang yang tahu dan bisa menjangkau target audiens dengan lebih luas lagi. Ataupun Anda bisa mempromosikan produk secara gratis melalui feed di marketplace.
-
Membuat Toko Online di Beberapa Marketplace
Poin ini bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan dalam mengelola toko online. Jangan sampai membuat toko di beberapa marketplace malah mengganggu kegiatan produksi Anda.
Memiliki toko di marketplace lain memang membantu Anda untuk mendapatkan pelanggan baru, namun perhatikan juga hal-hal lainnya ya.
Demikian penjelasan mengenai cara jualan di marketplace yang bisa membantu perkembangan bisnis Anda. Nantikan artikel berkualitas lainnya dari Everpro ya! Pastinya selalu memberikan manfaat bagi perkembangan bisnis Anda.
Selain itu, nikmati kemudahan dengan pengiriman paket melalui aplikasi Everpro yang menyediakan 15+ ekspedisi, pick up paket, bonus Cashback 30%, GRATIS biaya return, pencairan dana COD 1 hari, akses laporan aktivitas penjualan, sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi.
Yuk, Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga