Everpro

6 Cara Memasarkan Produk Skincare, Strategi Menarik Perhatian Calon Pembeli!

Bingung cara apa lagi yang harus dilakukan supaya produk skincare kamu laris terjual? Artikel ini akan mengulas cara memasarkan produk skincare yang patut kamu terapkan!

Meskipun skincare adalah salah satu produk dengan permintaan terbanyak di pasaran, namun justru banyaknya kompetitor memberikan tantangan tersendiri bagi pebisnis skincare.

Pasalnya, meyakinkan calon pembeli bahwa produk skincare kita yang terbaik itu memang susah-susah gampang. Kamu harus jalankan strategi pemasaran yang efektif.

Mari simak strategi pemasaran apa saja yang bisa kamu lakukan agar produk skincare kamu menarik perhatian target pasar.

Cara Memasarkan Produk Skincare yang Menarik

cara memasarkan produk skincare
Sumber: freepik.com

Pahami Kebutuhan Target Pasar 

Sebelum memasarkan produk skincare kamu ke pasaran, kamu harus tahu dulu untuk siapa produk tersebut kamu jual dan apa saja kebutuhan mereka.

Berikut ini beberapa tahapan yang perlu kamu lakukan untuk cara ini:

  • Lakukan Riset Pasar 

Pelajari siapa yang menjadi target pasar produk skincare kamu. Apakah itu kelompok remaja, wanita dewasa, pria, atau kelompok usia lainnya?

Selain itu, lewat riset pasar ini kamu juga bisa tahu rentang usia, demografi, hingga minat dan ketertarikan target pasar kamu.

  • Kenali Masalah Kulit Target Pasar 

Kamu pasti ingin produk skincare kamu menjawab kebutuhan target pasar. Karena itu, kenali masalah kulit yang biasa dialami target pasar kamu.

Mulai dari kulit berjerawat, ingin mengatasi penuaan, kulit kering, kulit berminyak, dan lain-lain.

  • Ketahui Preferensi Produk 

Kemudian, ketahui juga preferensi produk yang disukai target pasar kamu. Misalnya, produk berbasis alami, bebas paraben, non alkohol, atau produk dengan bahan aktif.

  • Jual dengan Harga yang Sesuai 

Jika kamu sudah mengetahui jawaban dari poin-poin di atas, maka saatnya tentukan harga jual yang sesuai dengan daya beli target pasar kamu.

Baca Juga: 8 Tahapan Memulai Bisnis Skincare Online

Promosi di Media Sosial 

Sekarang saatnya memasarkan produk skincare kamu. Pertama-tama, buatlah akun media sosial untuk brand skincare kamu dengan strategi content marketing yang menarik.

Kamu bisa manfaatkan media sosial apapun, mulai dari Instagram, Facebook, TikTok, dan lainnya.

Berikut ini beberapa cara memasarkan produk skincare di media sosial yang perlu kamu lakukan:

  • Posting Konten Menarik

Media sosial nggak pernah lepas dari perkontenan. Karena itu, buatlah konten yang menarik dan menyesuaikan dengan platform yang kamu pakai.

Konten tersebut harus relevan sama produk skincare yang kamu jual. Kemaslah konten dalam format yang sesuai dengan kesukaannya audiens, bisa dalam bentuk video, gambar, dan lainnya.

  • Posting Testimoni

Di media sosial bisnis ini, kamu juga bisa mencantumkan testimoni atau ulasan dari pelanggan yang udah coba produk skincare kamu.

Dengan begitu, calon pembeli bisa lebih yakin untuk membeli dan mencoba produk skincare tersebut. Kamu bisa cek contoh kata-kata untuk minta testimoni disini.

  • Buat Copywriting Persuasif dan Hashtag

Pada konten-konten pemasaran kamu, jangan lupa buat juga copywriting yang menarik dan pastinya persuasif. Kamu bisa cantumkan di konten maupun di caption.

Selain itu, kasih hashtag yang relevan agar semakin banyak target pembeli yang menemukan brandmu.

  • Mengadakan Giveaway dan Diskon Spesial

Biar media sosial brand skincare kamu makin rame, sesekali kamu bisa adakan giveaway, cashback atau diskon spesial untuk pengikutmu.

Ini termasuk cara memasarkan produk skincare yang ampuh loh. 

Baca Juga: Contoh Content Marketing Menarik Untuk Strategi Bisnis Anda!

Endorse Skincare Influencer

Berkolaborasi dengan pihak ketiga seperti skincare influencer emang terbilang ampuh untuk ningkatin brand awareness dan penjualan kamu.

Kamu bisa pilih skincare influencer yang menurutmu bisa mencapai tujuan pemasaran kamu, mulai dari jumlah followers, budget endorse, hingga preferensi followersnya.

Selain itu, kamu juga bisa request konten kolaborasi apa yang akan dibuat oleh influencer tersebut, apakah dalam bentuk video review, promosi hardselling, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Memilih Influencer Marketing yang Tepat 

Buat Konten Promosi Informatif di YouTube

Selanjutnya kamu juga bisa membuat akun YouTube untuk brand skincare kamu dan promosikan produk kamu lewat video informatif.

Bisa dalam bentuk video review produk-produk yang kamu jual, tips dan trik skincare, pembahasan bahan-bahan skincare, dan konten-konten lainnya.

Cara memasarkan produk skincare yang satu ini bisa ampuh untuk kamu ningkatin brand awareness dan membangun kepercayaan kepada target pasar.

Memasarkan Produk Skincare di Marketplace

Nggak lengkap rasanya kalau kamu belum memasarkan produk skincare di marketplace. Karena marketplace adalah platform yang saat ini paling dituju pembeli kalau mau belanja online.

Kamu bisa pilih platform marketplace manapun, bisa di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya. Tinggal sesuaikan aja dengan plaform apa yang biasanya dipakai sama target pasar.

Lakukan optimasi toko di marketplace kamu semaksimal mungkin, mulai dari membuat deskripsi toko yang menarik, foto hingga deskripsi produk yang lengkap, dan manfaatkan fitur penjualan lainnya.

Baca Juga: Jasa Optimasi Marketplace: Inilah Cara agar Toko Online Laris

Buat Landing Page untuk Bisnis 

Kalau kamu mau cara memasarkan produk skincare di Google, maka buatlah landing page atau website untuk brand skincare kamu.

Landing page adalah halaman website yang dibuat untuk pemasaran produk atau jasa. Lebih tepatnya, landing page dirancang untuk menarik audiens melakukan tindakan tertentu.

Kalau kamu jualan skincare, berarti tujuan landing page nantinya adalah agar pengunjung membeli produk skincare kamu. Bisa melalui tombol Call to Action yang tersedia di landing page. 

Bikin landing page ini bisa berbayar ataupun gratis. Kalau kamu mau bikin landing page gratis, kamu bisa ikuti panduan lengkapnya disini: Cara Membuat Landing Page Tanpa Ribet di Everpro.

Nah itulah beberapa cara memasarkan produk skincare agar menarik konsumen untuk membeli.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kesukesan bisnis online kamu ya!

Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya