Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia: Syarat, Cara Evaluasi, dan Tipsnya

Sebagai penjual, salah satu strategi ningkatin penjualan Tokopedia bisa banget dengan cara membuat harga coret di Tokopedia menggunakan fitur Diskon Toko.

Kenapa sih perlu pakai cara ini biar lebih untung? Coba deh kamu posisikan diri sebagai pembeli yang sedang cari suatu produk di Tokopedia.

Saat masukin kata kunci dan muncul beberapa produk yang sama dari toko yang berbeda, ada salah satu produk harga lamanya dicoret dan diganti dengan harga baru yang lebih rendah.

Produk diskon ini tentu bikin kamu tertarik untuk klik dan beli, bukan? Dari jenis produk hingga fungsi yang sama, kamu bisa dapetin dengan harga yang jauh lebih murah dibanding toko lain.

Nah, itulah salah satu alasan kenapa sebagai penjual kamu juga perlu menerapkan harga coret ini sebagai salah satu strategi jualan di Tokopedia.

Apa itu Harga Coret di Tokopedia?

cara membuat harga coret tokopedia
Sumber: Dokumentasi Everpro

Sebagai salah satu aplikasi marketplace terbaik di Indonesia, Tokopedia punya fitur Diskon Toko yang memudahkan penjual untuk bikin diskon yang praktis agar produk kian laris manis.

Dengan fitur Diskon Toko ini, penjual yang ingin meningkatkan performa penjualan toko, bisa atur strategi potongan harga sesuai kebutuhan dan anggaran hingga produk tampil dengan harga coret di halaman calon pembeli.

Kalau sudah mengaktifkan fitur Diskon Toko ini, nanti pembeli bisa lihat diskon produk di halaman pencarian, halaman toko, etalase khusus diskon, dan halaman produk.

Namun fitur ini hanya bisa dipakai oleh Power Merchant PRO Expert/Ultimate dan Official Store.

Kemudahan Fitur Diskon Toko untuk Penjual

Tokopedia menawarkan kemudahan kepada penjual yang mau pakai fitur harga coret ini, diantaranya:

  • Bebas Pilih Produk Diskon

Nggak ada ketentuan produk khusus yang bisa kamu kasih harga coret, jadi kamu bebas pilih produk dan varian apapun selagi stoknya masih ada di toko kamu.

  • Bebas Tentukan Periode Diskon

Kamu bisa perpanjang atau perpendek periode diskon dengan gampang, bahkan saat harga coret masih berjalan. Jadi, nggak perlu khawatir dengan batasan waktunya!

  • Bebas Ubah Informasi Diskon

Saat periode diskon berlangsung, kamu bisa ubah harga atau persentase diskon, jumlah maksimum order per invoice, dan lokasi gudang tanpa perlu menonaktifkan fitur Diskon Toko terlebih dahulu.

  • Manajemen Stok Produk yang Praktis

Atur stok produknya juga gampang banget. Kalau mau menambah atau mengurangi stok, kamu nggak perlu menonaktifkan fitur Diskon Produk.

Selain itu, saat stok produknya habis, kamu juga nggak perlu pasang ulang Diskon Toko. Cukup dengan update stok selama periode masih berjalan.

Syarat dan Ketentuan Fitur Harga Coret Tokopedia

Untuk mengaktifkan fitur harga coret di Tokopedia, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Ini mencakup langkah-langkah berikut:

1. Syarat Penjual yang Bisa Pakai Fitur Diskon Toko

Harga coret hanya bisa diterapkan oleh penjual yang terdaftar sebagai Power Merchant Expert/Ultimate dan Official Store.

  • Power Merchant PRO Expert: Power Merchant PRO level 3 yaitu toko dengan Pendapatan mulai dari Rp10 juta dan 50 produk terjual.
  • Power Merchant PRO Ultimate: Power Merchant PRO level 4 yaitu toko dengan pendapatan mulai dari Rp300 juta dan 1.500 produk terjual.
  • Official Store: Toko resmi yang menjual merek asli dan terverifikasi di Tokopedia

Jadi, sebelum memutuskan untuk pasang harga coret, pastikan toko kamu sudah memenuhi syarat di atas, ya. Kamu bisa ikuti panduan cara menjadi Power Merchant di Tokopedia dengan mudah, atau mengaktifkan Official Store Tokopedia.

2. Ketentuan Atur Harga Produk Diskon Toko

Penjual tidak boleh menaikkan harga asli produk 14 hari sebelum memasang harga coret.

Selain itu, harga produk setelah diskon atau yang dicantumkan di harga coret tidak boleh lebih besar dari harga jual rata-rata produk dalam satu tahun terakhir.

Alih-alih menarik perhatian pembeli, justru langkah ini bisa menghilangkan kepercayaan pembeli karena penjual terlalu menaikkan eskpetasi calon pembeli.

Sistem Tokopedia juga bakal mendeteksi adanya pelanggaran terhadap aturan fitur Diskon Toko.

3. Perangkat untuk Mengatur Diskon Toko

Tidak ada cara buat harga coret di Tokopedia lewat HP. Untuk mengaktifkan harga coret di Tokopedia, seller harus punya perangkat desktop yang memadai.

Penjual juga tidak bisa mengaktifkan harga coret di aplikasi Tokopedia, melainkan dengan masuk ke akun Tokopedia Seller yang terhubung ke produk-produk yang mau diberi harga coret.

Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

cara membuat harga coret tokopedia
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini cara buat harga coret di Tokopedia yang mudah dan praktis:

1. Masuk ke Fitur Diskon Toko

Untuk masuk ke fitur diskon toko, kamu perlu log in terlebih dahulu ke Tokopedia Seller di desktop. Kemudian, di menu sebelah kiri layar, klik “Iklan dan Promosi”, lalu masuk ke pilihan “Diskon Toko”.

2. Pilih Produk yang Akan Dipasang Harga Coret

Berikutnya, klik button “+Tambah Produk” warna hijau yang ada di sisi kanan layar.

Akan muncul halaman pop up yang menampilkan seluruh produk yang ada di toko kamu. Pilihlah maksimal 50 SKU (termasuk varian) untuk dibuatkan harga coret.

Kalau sudah selesai pilih produknya, klik “Tambah Produk” yang ada di bagian bawah.

Jika berhasil menambahkan produk, maka muncul notifikasi “Produk Berhasil Ditambahkan”.

Tapi kalau produk yang kamu pilih lebih dari 50 SKU, kamu perlu klik “Tambah Produk” kembali dan pilih maksimal 50 saja.

3. Buat Harga Coret untuk Setiap Produk

Kalau produk kamu sudah berhasil ditambahkan, kamu akan masuk ke halaman pengaturan diskon untuk mengisi beberapa hal berikut:

  • Harga Diskon untuk setiap produk yang diberi harga coret.
  • Persentase Diskon untuk setiap produk.
  • Periode Diskon dari tanggal dimulai sampai tanggal berakhir.
  • Maksimal Order per Invoice untuk membatasi produk yang bisa dibelanjakan pembeli dengan harga coret.

Selain itu, untuk akftifkan harga coretnya, ikuti ketentuan berikut ini:

  • Untuk Seller non-TokoCabang, klik “Ubah info Produk Sekaligus”.
  • Untuk Seller TokoCabang, pilih minimal 1 warehouse yang akan dijadikan sumber stok utama, lalu klik “Ubah info produk sekaligus”.

4. Simpan Seluruh Data Produk yang Dipasang Harga Coret

Jika seluruh data sudah diisi, klik “Simpan” di sebelah kiri paling bawah layar. Lalu, akan muncul dua kemungkinan notifikasi:

  • “Diskon produk berhasil disimpan”: produk kamu berhasil disimpan dan akan dialihkan ke tab “Akan Datang” di halaman Diskon Toko.
  • “Lengkapi produk terlebih dahulu, ya”: kamu perlu merevisi kolom yang gagal dilengkapi terlebih dahulu. Jika sudah, klik “Simpan”.

Cara Mengevaluasi Hasil Kerja Harga Coret Tokopedia

Saat pasang harga coret di Tokopedia, kamu pasti berharap bisa berdampak ke penjualan. Nah, untuk tahu apakah harga coret ini works atau tidak, ini beberapa cara untuk evaluasi hasilnya:

1. Periksa Perfoma Harga Coret di Halaman Wawasan Toko

Tokopedia menyediakan fitur Wawasan Toko yang menampilkan seluruh performa promosi yang dijalankan, mulai dari Flash Sale, Kupon Toko, Paket Diskon, hingga Diskon Toko.

Nah di halaman ini, kamu bisa lihat total penjualan dan performa iklan lewat fitur ringkasan statistik, fitur live statistik, dan fitur perbandingan data antara pemasukan dan pengeluaran toko.

2. Analisis Perubahan Konversi Penjualan

Dari data yang akurat di Wawasan Toko ini, download laporannya dan lakukan analisis menyeluruh.

Periksa apakah ada peningkatan konversi penjualan di toko kamu saat sebelum dan sesudah memasang harga coret.

Jika konversi penjualan meningkat dibanding sebelumnya, periksa juga produk apa yang paling banyak dibeli. Nah, kamu bisa pasang strategi lanjutan dari keberhasilan ini.

Tapi jika sebaliknya, performa dan penjualan belum kunjung meningkat, mungkin kamu perlu optimasi iklan Tokopedia dengan lebih maksimal lagi, mulai dari dekorasi toko hingga banner.

Kamu bisa dapetin layanan tersebut dalam satu platform Everpro, daftar dan konsultasikan dengan klik tombol di bawah ini!

3. Evaluasi Ulasan Pembeli Selama Periode Diskon

Selain lewat data, kamu juga bisa lihat keberhasilan harga coret lewat ulasan dan review pembeli.

Apakah pembeli puas dengan harga diskon yang mereka dapatkan? Apakah harga diskon ini sepadan dengan kualitas produk?

Melihat ulasan dan review pembeli ini penting agar kamu bisa selalu memaksimalkan kualitas produk dan pelayanan, disamping memberikan diskon yang menggiurkan kepada pembeli.

Tips Mengoptimalkan Harga Coret Tokopedia untuk Penjualan

Harga coret di Tokopedia itu bukan sekadar promo biasa, tapi termasuk strategi pemasaran yang bisa kasih dampak besar ke daya tarik hingga keinginan pembeli untuk check out lebih cepat.

Karena itu, selama strategi ini berjalan kamu perlu terus mengoptimalkannya lewat tips berikut ini:

1. Hitungan Potensi Keuntungan dengan Cermat

Kesalahan yang kadang tidak disadari seller saat pasang harga coret yaitu peluang keuntungan yang didapatkan. Karena ingin meningkatkan penjualan, seller akhirnya mengadakan potongan harga besar-besar yang tanpa disadari tidak memberikan keuntungan besar dalam hal nominal.

Sebab itu, sebelum kamu mau pasang harga coret, buatlah kalkulasi perhitungan potensi keuntungan dengan cermat agar kamu bisa untung berlipat-lipat setelah pakai fitur Diskon Produk ini.

2. Pilih Produk Diskon yang Paling Laris

Saat pilih produk-produk yang mau dipasang harga coret, pilihlah produk sebelumnya paling paling dibeli atau best seller dan produk yang paling banyak dimasukkan ke keranjang calon pembeli.

Dengan begitu, peluang calon pembeli untuk segera beli produk tersebut saat lihat harga coret jadi lebih besar. Karena mereka udah mengincar produk tersebut dari lama, namun masih mempertimbangkan harganya.

3. Manfaatkan Momen Belanja Tertentu

Pasang harga coret Tokopedia di momen-momen tertentu dijamin bikin peluang keberhasilan strategi ini meningkat dua kali lipat atau bahkan lebih.

Kamu bisa pasang periode harga coret di momen spesial seperti Ramadan, Harbolnas 12.12, PayDay Sale, Natal, Akhir Tahun, dan momen lainnya dengan aktivitas pembeli yang cenderung lebih aktif.

4. Berikan Penawaran Tambahan yang Menarik

Siapa yang nggak tertarik untuk segera beli produk ketika dapat beberapa diskon dan potongan harga? Nah, selain harga coret kamu bisa pasang promo lainnya agar makin banyak pembeli.

Misalnya, memberikan voucher gratis ongkir, voucher toko, flash sale, dan promo menarik lainnya.

5. Optimasi Tokopedia dengan Layanan Everpro

Tips terakhir yang nggak kalah penting adalah memastikan seluruh aspek di toko kamu sudah optimal. Bukan hanya strategi pasang harga saja, namun juga dari tampilan dan dekorasi toko.

Memang kalau dibayangkan, kelola toko Tokopedia seorang diri tentu bikin pusing tujuh keliling.

Tapi, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi karena ada layanan Marketplace Enabler Everpro yang  bantu kamu kelola toko Tokopedia termasuk urusan optimasi.

Masih bingung tentang cara ningkatin penjualan di Tokopedia? Tenang, MPEnabler Evepro juga bakal mempertemukan kamu dengan mentor yang udah berpengalaman jualan di Tokopedia.

Kalau ada masalah teknis, juga ada customer service yang siap bantu tuntaskan segala kendala.

Udah ada 150+ brand yang percaya untuk kelola tokonya bareng Everpro. Sekarang, giliran toko kamu yang dibikin makin menarik dan dilirik banyak pelanggan.

Lagi ada banyak promo di MPEnabler, ada harga spesial 2,5 juta untuk berlangganan dan juga diskon 30% khusus Ramadan. Batasnya cuma sampai 31 Maret, lho!

Tunggu apa lagi yuk daftar sekarang di layanan Marketplace Enabler Evepro! Dijamin deh #PakaiEverproPastiCuan!

Picture of Sania Majida
Sania Majida
Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya