Bagi pebisnis online, review atau testimoni dari pembeli menjadi hal yang tidak dapat diabaikan. Namun, beberapa pebisnis masih belum tahu cara meminta ulasan kepada pembeli.
Kesulitan yang kerap dihadapi seperti pembeli yang enggan memberi ulasan, proses yang dianggap rumit, tidak menemukan waktu yang tepat, hingga rasa takut mendapat ulasan negatif.
Ulasan yang dimaksud yaitu pernyataan pelanggan mengenai hasil dari pengalaman mereka membeli produk atau layanan dari suatu bisnis.
Karena itu, jika saat ini kamu juga sedang mencari cara mudah mendapatkan ulasan pembeli, mari simak cara hingga tipsnya di artikel ini.
Daftar Isi:
TogglePentingnya Ulasan Pembeli Bagi Bisnis
Ulasan atau testimoni memainkan peran krusial terhadap keputusan pembelian konsumen.
Menurut riset dari Invsep, 90% pembeli akan membaca ulasan di internet sebelum mereka memutuskan untuk mengunjungi situs bisnis. Adapun 88% diantara mereka juga percaya bahwa ulasan daring sama dengan rekomendasi pribadi.
Bagi calon pembeli, ulasan memiliki fungsi, diantaranya:
- Membantu calon pembeli membuat keputusan pembelian.
- Mencari informasi mengenai keselarasan deskripsi produk/jasa dengan yang aslinya.
- Mengidentifikasi produk dan brand yang asli untuk menghindari penipuan.
- Membangun kepercayaan terhadap toko dan seller.
Bagi penjual, ulasan ini akan membantu meningkatkan penjualan, memperkuat kredibilitas, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta membangun konsistensi merek.
Cara Meminta Ulasan Kepada Pembeli
Ulasan pembeli bisa ditampilkan di banyak platform, mulai dari situs web bisnis, akun media sosial bisnis, WhatsApp Business, hingga di marketplace.
Untuk mendapatkan ulasan yang jujur dari pembeli, kamu bisa menggunakan beberapa cara ini:
1. Meminta Ulasan Melalui Percakapan Langsung
Meminta ulasan pembeli secara langsung mungkin dianggap hal yang menakutkan, tetap pendekatan satu ini bisa dibilang yang paling efektif.
Cara ini bisa dilakukan bagi kamu yang juga menjalankan bisnis offline. Ketika ada pembeli yang mengunjungi toko kamu, hampirilah mereka dan bangun percakapan dengan baik.
Berikut ini beberapa contoh pertanyaan ketika meminta ulasan secara langsung:
- Apakah kamu menemukan apa yang kamu cari disini?
- Apakah ini pengalaman pertama kamu menggunakan produk/jasa ini?
- Bagaimana pendapatmu dengan produk/jasa yang kamu beli?
- Kami berharap kamu mendapatkan pengalaman yang baik bersama kami. Apakah ada saran atau masukan yang ingin kamu sampaikan mengenai produk/jasa ataupun pelayanan kami?
- Terima kasih sudah datang kesini dan memilih produk/jasa kami. Bagaimana pengalamanmu sejauh ini? Jika berkenan, kamu bisa berbagi pendapat dalam bentuk ulasan? Kami akan sangat menghargainya.
2. Meminta Ulasan Melalui Email
Bagi pebisnis online, meminta ulasan melalui email termasuk pendekatan yang tepat.
Email kerap dimanfaatkan untuk strategi Customer Relationship Management (CRM), sehingga biasanya bisnis atau perusahaan memiliki data alamat email dari pelanggan mereka.
Untuk meminta ulasan lewat Email, kamu bisa membuat pesan email massal dengan sistem blast. Selain itu, email pribadi juga efektif dan biasanya akan lebih personal.
Berikut ini contoh pesan email yang bisa kamu jadikan referensi:
Halo Pelanggan Everpro!
Pertama-tama, Everpro ingin mengucapkan terima kasih kepada kamu karena telah mempercayai platform ini untuk mengelola kebutuhan bisnis online kamu.
Everpro selalu berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik yang menjawab segala kebutuhan bisnismu.
Karena itu, jika berkenan meluangkan sedikit waktu, Everpro ingin meminta ulasan mengenai pengalaman layanan yang telah kamu nikmati di Everpro, termasuk hal-hal positif maupun negatif.
Ulasan ini tentu sangat berharga dan menjadi masukan untuk Everpro meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.
Terima kasih telah meluangkan waktu kamu!
3. Meminta Ulasan Melalui Situs Website
Apabila kamu memiliki situs website atau landing page bisnis, platform ini juga bisa dimanfaatkan untuk meminta ulasan pelanggan.
Caranya yaitu dengan menyertakan call to action (CTA) yang menginformasikan kepada pelanggan untuk meninggalkan ulasan mereka di kolom review khusus.
Alternatif lainnya yaitu dengan membuat halaman khusus untuk ulasan atau testimoni.
Selain menyediakan kolom yang bisa diisi pelanggan, halaman ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menampilkan ulasan-ulasan yang pernah diberikan pelanggan.
Sehingga, calon pembeli bisa membuka halaman tersebut dan mempertimbangkan dengan matang melalui ulasan yang ada sebelum melakukan pembelian.
Halaman khusus ini juga akan sangat membantu kamu dalam meningkatkan SEO website.
4. Meminta Ulasan di Aplikasi Belanja Online
Jika kamu menjalankan bisnis online di marketplace, kamu bisa dapatkan ulasan beserta rating produk di fitur penilaian produk.
Biasanya, pembeli secara sukarela memberikan ulasan setelah menerima produk yang dibeli, tetapi sebagai penjual kamu juga bisa melakukan follow up ke pembeli melalui ruang obrolan.
Caranya ketika status pesanan telah diterima pembeli, kirim pesan kepada akun pembeli dengan berterima kasih dan meminta ulasan. Begini contohnya:
Halo kak, terima kasih telah berbelanja di toko ABC Fashion.
Kami lihat kakak telah konfirmasi pesanan dan pesanan telah selesai, jika puas dengan produk yang diterima, mohon bantuan untuk memberikan rating 5 ya kak.
Kami juga sangat senang jika kakak bisa menyisihkan waktu untuk memberikan ulasan mengenai produk terkait. Segala masukan dan saran yang diberikan akan kami terima sebagai evaluasi bisnis.
Silakan hubungi kami jika ada kendala ya kak. Have a great day!
5. Meminta Ulasan di Media Sosial
Media sosial sangatlah penting bagi reputasi bisnis. Biasanya, selain melihat situs website bisnis, calon pembeli akan mencari tahu media sosial dari bisnis tersebut.
Kamu dapat meminta ulasan di platform media sosial apapun yang bisnismu gunakan. Ada dua cara yang bisa dilakukan, diantaranya:
- Mengunggah konten dengan pesan meminta pelanggan untuk memberi ulasan terhadap produk terkait melalui kolom komentar.
- Membuat unggahan dari ulasan yang ada. Kamu bisa mendapatkan ulasannya melalui platform manapun. Lalu, sertakan informasi ajakan kepada pelanggan untuk turut memberikan ulasan.
6. Meminta Ulasan Melalui Telepon
Apabila bisnis yang kamu kelola sangat mengedepankan layanan pelanggan penawaaran jasa, kamu bisa lebih mudah meminta ulasan pelanggan melalui telepon.
Pertama-tama, pilihlah dengan bijak siapa yang akan kamu mintai ulasan. Misalnya, kepada pelanggan yang baru saja mengalami kendala dan dibantu dengan lancar oleh kamu dan tim.
Kemudian, sampaikan kepada pelanggan kata-kata seperti contoh berikut ini:
“Kami sangat senang bisa membantu kendala yang kamu hadapi. Ini sekaligus menjadi masukan bagi kami agar pelanggan tidak mengalami kendala serupa secara berulang. Jika berkenan, kami ingin meminta ulasan kamu terkait bisnis kami.”
7. Meminta Ulasan Melalui Kartu Ucapan
Manfaatkan aplikasi desain gratis seperti Canva dan buatlah kartu ucapan terima kasih.
Kemudian, cetak kartu-kartu ucapan tersebut dan masukkan ke dalam kemasan produk yang akan dikirim kepada pembeli.
Berikut ini contoh pesan yang bisa kamu berikan di kartu ucapan:
- Terima kasih atas pembelian kamu! Apakah kamu puas dengan produk kami? Tinggalkan ulasan di media sosial kami, ya!
- Akhirnya produk ini sampai ke tanganmu. Terima kasih telah berbelanja disini! Kami senang jika kamu meninggalkan ulasan di tautan berikut ini.
Tips Meminta Ulasan Kepada Pembeli
Itulah beberapa cara meminta ulasan pembeli. Terlepas dari cara apapun yang kamu gunakan, komunikasi adalah hal yang sangat penting dan harus diperhatikan.
Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar pelanggan nyaman dengan permintaanmu:
1. Berikan Tanda Terima Kasih
Pertama-tama, pastikan kamu mengucapkan terima kasih atau kata apresiasi lainnya kepada pelanggan sebelum meminta ulasan. Dengan ini, pelanggan akan merasa lebih dihargai.
2. Jelaskan Pentingnya Ulasan Pembeli
Selanjutnya, jelaskan mengapa kamu memerlukan ulasan pembeli. Sampaikan bahwa ulasan tersebut sangat berati sebagai bahan evaluasi bisnis.
3. Personalisasi Pesan
Melakukan personalisasi pesan bisa membuat kamu terlihat lebih akrab dengan pembeli. Contohnya, dengan menyebutkan nama pembeli ketika mengirim pesan permintaan ulasan.
4. Berikan Insentif
Memberikan insentif adalah pilihan alternatif yang dapat kamu lakukan. Insentif ini merupakan bentuk apresiasi kepada pembeli karena telah meluangkan waktu memberikan ulasan.
Biasanya, pembeli akan memberikan ulasan yang lebih lengkap dan jujur ketika memperoleh insentif sebagai bentuk penghargaan terhadap bisnismu.
Sobat Everpro, itulah penjelasan lengkap mengenai cara dan tips meminta ulasan kepada pembeli. Selain ulasan, banyak aspek lainnya yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan.
Mulai dari pengaturan pesan kepada pelanggan di WhatsApp Business, etalase toko marketplace yang bagus, website bisnis yang informatif, hingga konten kampanye iklan yang kreatif.
Memikirkan strategi untuk seluruh aspek tersebut mungkin bikin kamu kewalahan. Tapi, tidak perlu khawatir lagi karena kamu bisa mengandalkan Everpro untuk urusan bisnismu.
Hanya melalui satu dashboard Everpro, kendalikan bisnis online dengan beragam layanan yang tersedia, mulai dari Everpro Funnel, Everpro Ads, Everpro Chat, dan lain sebagainya.
Layanan dari Everpro ini akan memudahkan kamu membuat perencanaan, pengelolaan, mengatur penjualan, hingga pelayanan kepada pelanggan.
Tunggu apa lagi, nikmati kemudahannya dan segera daftar gratis di Everpro sekarang juga!