12 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan, Penjualan Naik Drastis!

Dalam dunia e-commerce yang semakin kompetitif, punya produk atau layanan yang bagus saja nggak cukup. Kunci untuk membangun loyalitas dan mendorong repeat order yaitu melalui ketepatan menentukan cara meningkatkan layanan pelanggan saat berbelanja online.

Kendala reseller, dropshipper, dan pebisnis online mengalami kendala yang sama seperti: susah dapat pelanggan baru, jarang ada yang repeat order, dan makin sulit mempertahankan pelanggan lama. Bukan karena produknya jelek, tapi layanan pelanggan kurang maksimal.

Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Baru

Produk bagus memang penting, tapi layanan pelanggan yang baik adalah game changer. Bayangin kalau pelanggan kamu nggak cuma beli sekali, tapi beli lagi dan lagi. Itu bukan mimpi, melainkan hasil dari cara meningkatkan layanan pelanggan yang luar biasa.

1. Wajib Fast Response

Calon pembeli sering kabur karena respon seller lama terutama di jam ramai seperti pagi dan malam. Gunakan template chat otomatis di WhatsApp Business, Shopee Auto Reply, Instagram Quick Reply, dan pastikan ada yang standby untuk menjawab.

2. Tunjukkan Empati dan Ramah

Pelanggan bukan robot ya! Kalau mereka complaint, jangan langsung defensi. Tunjukkan empati sebagai cara meningkatkan layanan pelanggan yang bikin mereka merasa dihargai, seperti:”Maaf ya Kak, pasti kecewa banget. Kami bantu cek dulu ya.”

3. Berikan Panduan Lengkap

Deskripsi produk dan FAQ yang jelas mengurangi komplain dan meningkatkan kepercayaan customer. Tips cara meningkatkan layanan pelanggan: buat highlight khusus info penting, tulis deskripsi di katalog, dan gunakan video unboxing produk.

4. Follow Up Setelah Pembelian

Follow up saat penjualan pertama adalah cara meningkatkan layanan pelanggan berupa perhatian. Contohnya seperti ini: “Halo Kak, paketnya sudah sampai belum? Semoga suka ya. Kalau ada pertanyaan lain boleh chat kapan aja.

5. Tanggapi Komplain dengan Solusi

Layanan pelanggan bisa jadi pembeda paling kuat di antara ribuan toko online lainnya. Cara meningkatkan layanan pelanggan dengan menanggapi komplain dengan solusi, misalnya: produk rusak ditawarkan tukar baru, telat kirim dikasih bonus kecil.

Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Secara Maksimal

Maksimalkan cara meningkatkan layanan pelanggan dengan Everpro Shipping dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, melalui fitur-fitur seperti kecepatan pengiriman, kemudahan tracking paket, dan akurasi pemrosesan order secara maksimal.

1. Kecepatan Pengiriman yang Konsisten

Everpro Shipping menyediakan 12+ pilihan ekspedisi yang siap bantu kirim barang tanpa marketplace, bisa kirim instant, same day, express, regular, sampai kargo, dan pick up paket tanpa minimum jumlah dan berat, beneran hemat waktu dan tenaga.

2. Fitur Cek Ongkir Otomatis

Pelanggan bisa langsung lihat estimasi ongkos kirim di awal transaksi yang bikin mereka lebih nyaman dan yakin untuk lanjut checkout. Pilih ekspedisi sesuai kebutuhan dengan berbagai promo terbaik bisa langsung kamu cek di sini, kirim paket bikin dompet aman.

3. Spesial Diskon, Promo, Cashback

Tertarik jadi pengguna baru di aplikasi pengiriman paket anti ribet ini? Siap-siap nikmati extra cashback +5% dengan minimal transaksi 1x saja. Selain itu, kirim banyak paket semakin puas dengan flat ongkir JNE se-pulau Jawa mulai dari Rp6.000.

4. Manajemen Tiket dan Klaim yang Efisien

Kalau ada kendala pengiriman, kamu bisa kelola komplain dan klaim lewat sistem yang rapi. Sehingga pelanggan baru atau lama akan merasa dihargai karena masalah yang mereka alami ditangani cepat dan transparan oleh tim Everpro dan Ekspedisi.

5. Akurasi Pemrosesan Order Massal

Kirim dan kelola hingga ratusan paket sekaligus dengan integrasi sistem Everpro Shipping membantu kamu proses orderan dengan lebih presisi, dari input alamat sampai pilihan ekspedisi. Tentunya minim kesalahan kirim, buat pelanggan makin percaya.

6. Kemudahan Tracking Paket Real-Time

Kamu bisa lebih fokus kelola pesanan dalam jumlah banyak dengan mudah, karena pelanggan akan dapat notifikasi otomatis tentang status pengiriman secara akurat, pelanggan jadi lebih tenang karena bisa pantau posisi paket real-time.

7. Dashboard yang User-Friendly

Semua aktivitas pengiriman bisa kamu pantau hanya dari satu dashboard saja yang lebih efisiensi dan responsif buat cara meningkatkan layanan pelanggan. Pastikan pengalaman customer dari pembelian sampai menerima barang berjalan lancar.

Kalau kamu serius ingin membangun bisnis jangka panjang, maka cara meningkatkan layanan pelanggan bukan lagi pilihan tapi keharusan. Dengan berbagai fitur lengkap Everpro Shipping, kamu bisa kasih pengalaman terbaik buat semua pelanggan.

Yuk, upgrade cara meningkatkan layanan pelanggan bersama Everpro Shipping. Biar mereka bukan cuma beli sekali, tapi terus kembali bawa teman-temannya tanpa kamu perlu repot ngurusin logistiknya. Daftar sekarang, dan rasakan bedanya!

Picture of Nazma Fitria
Nazma Fitria
Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya