everpro

6+ Cara Riset Kata Kunci Tokopedia, Rahasia Seller Sukses!

Ingin tahu rahasia di balik kesuksesan seller Tokopedia yang selalu banjir orderan? Yuk, simak artikel cara riset kata kunci Tokopedia sampai habis!

Mayoritas pengguna aktif Tokopedia secara otomatis akan pergi langsung ke kolom pencarian untuk mengetik kata kunci dari produk yang sedang ia butuhkan.

Terkadang persepsi barang dengan kualitas bagus pasti laku, itu memang benar namun di era digital persepsi tersebut bisa kalah hanya karena dengan riset kata kunci yang tidak tepat.

Dikarenakan kebiasaan perilaku konsumen di era modern ini yang terbiasa dengan mencari produk melalui pencarian online

Maka dari itu, kunci utama dalam meraih pencapaian di dunia e-commerce yakni salah satunya adalah riset kata kunci yang tepat di platform Tokopedia khususnya.

Pengertian Riset Kata Kunci Tokopedia

cara riset kata kunci tokopedia
Sumber: google.com

Riset kata kunci Tokopedia adalah proses menganalisa yang dilakukan untuk menentukan kata kunci paling relevan dan memiliki potensi untuk meningkatkan visibilitas dalam meningkatkan penjualan produk di Tokopedia.

Penjual atau pemilik bisnis perlu menganalisa tren pasar yang ada, sebab dengan analisa tersebut dapat mengoptimalkan judul, deskripsi, dan lain-lain yang memudahkan calon pembeli dengan mudahnya menemukan kamu di Tokopedia.

Cara ini dapat menarik lebih banyak traffic dan peluang dalam meningkatkan penjualan. Dengan begitu kamu bisa mendominasi pasar dari kompetitor kamu.

Manfaat dari Riset Kata Kunci Tokopedia

cara riset kata kunci tokopedia
Sumber: google.com

Tentunya kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat dari hasil analisa riset. Maka dari itu, berikut adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan.

  • Meningkatkan Eksposur Produk

Eksposur produk dapat kamu tingkatkan dengan adanya riset keyword yang tepat di Tokopedia. Jika eksposurnya meningkat, maka akan meningkat juga kunjungan para calon pembeli ke halaman produk toko onlinemu.

  • Meningkatkan Penjualan

Setelah kamu sudah melakukan riset keyword secara tidak langsung kamu sudah mengoptimalkan strategi dari bisnis online tersebut.

Dimana produk tersebut akan berpotensi sering muncul di halaman pencarian dan peluang penjualan juga meningkat.

  • Meningkatkan Performa Toko

Keyword yang tepat akan memudahkan calon pembeli bertemu denganmu.

Dampaknya adalah ketika produk kamu memiliki kualitas yang baik mereka akan menulis review atas kepuasannya, sehingga bisa meningkatkan performa dari toko kamu.

  • Meningkatkan Peringkat Pencarian 

SEO Tokopedia memiliki ranking di pencariannya yang sama halnya dengan SEO di Google.

Apabila sistem pengurutan dari produk baik disertai dengan keyword yang tepat bisa menjadikan produk tersebut akan ditampilkan di halaman teratas sesuai dengan keyword yang digunakan.

Cara Riset Kata Kunci Tokopedia

cara riset kata kunci tokopedia
Sumber: google.com

Dalam melakukan riset kata kunci Tokopedia terdapat beberapa metode untuk memudahkanmu. 

Oleh sebab itu, berikut penjelasan mengenai cara riset keyword Tokopedia yang bisa kamu pelajari sekaligus dipraktikan.

  • Cara Riset Kata Kunci Tokopedia dengan Wawasan Pasar

Kamu dapat menggunakan fitur wawasan pasar untuk membantumu dalam meriset keyword di Tokopedia.

Untuk bisa melihat kompetitor dan juga dapat menggunakan fitur wawasan pasar, maka kamu harus memiliki toko yang sudah Power Merchant supaya dapat diakses melalui aplikasi Tokopedia Seller maupun desktop.

Menggunakan fitur halaman statistik wawasan pasar mempunyai beberapa langkah, yaitu:

  1. Pertama-tama, kamu login terlebih dahulu ke akun Tokopedia
  2. Selanjutnya, kamu masuk ke halaman Tokopedia Seller 
  3. Kemudian klik Statistik yang berada di kolom sebelah kiri
  4. Lalu kamu klik Wawasan Pasar
  5. Setelah itu, kamu sebagai seller bisa memilih kategori produk yang akan dipantau
  6. Nantinya akan muncul halaman yang berisi peringkat toko, produk terlaris, inspirasi tren produk, kata kunci populer, rekomendasi kategori.
  • Cara Riset Kata Kunci Tokopedia dengan Fitur Rekomendasi Kata Kunci Iklan

Kamu bisa menggunakan ini ketika membuat ingin membuat akun di Tokopedia. 

Fitur tersebut memberikan kamu kemudahan dalam menemukan keyword yang paling relevan dengan yang dicari oleh pembeli. 

Cara menggunakannya adalah kamu akses terlebih dahulu ke TopAds Dashboard dan klik Tambah Iklan

Lalu kamu bisa pilih Produk dan pilih produk yang ingin kamu jadikan contoh iklan Tokopedia dan dibuatkan grup. 

Setelah itu kamu bisa pilih Kata Kunci yang diinginkan serta tentukan Anggaran HarianNantikan akan muncul beberapa keyword yang bisa kamu catat untuk sebagai data analisis.

Kamu juga bisa menggunakan alat bantu riset keyword seperti Ahrefs, Ubersuggest, Semrush, dan lain-lain.

Sayangnya alat bantu ini berbayar, namun terdapat free trial dalam jangka waktu yang disediakan dan memiliki keterbatasan informasi di dalamnya sehingga tidak akan muncul seluruhnya.

Tips Melakukan Riset Kata Kunci Tokopedia

Proses riset kata kunci tentunya tidaklah mudah, namun kamu bisa meminimalisir kendala yang ada sebelum kamu memulai dengan menyimak tips melakukan riset keyword.

Oleh karena itu, inilah beberapa tips melakukan riset kata kunci Tokopedia yang bisa kamu pelajari.

  • Menentukan Tujuan

Sebelum memulainya, kamu harus tahu terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai. Misal kamu ingin meningkatkan penjualan, mendapatkan jangkauan pasar yang luas, dan lain-lain.

Dengan kamu mengetahui apa tujuanmu, maka memudahkan kamu dalam melakukan riset kata kunci.

  • Gunakan Alat Riset Kata Kunci

Kamu bisa menggunakan alat bantu untuk riset keyword mulai dari yang gratis maupun berbayar untuk menemukan kata kunci relevan dan sedang tren di Tokopedia.

Dengan menggunakannya, kamu bisa tahu volume pencarian, ide kata kunci, sampai tingkat persaingan, sehingga kamu memilih keyword yang tepat.

  • Analisis Kompetitor 

Kamu akan mendapatkan wawasan dengan menganalisa keyword yang berhasil digunakan oleh kompetitor. Sebab, kamu dapat mengoptimalkan dengan cara mengembangkan strategi dari keyword yang sudah kamu riset.

  • Pilih Kata Kunci yang Relevan

Akan lebih bagus ketika kamu memilih keyword yang relevan dengan produk tersebut. Tentunya tidak dengan menggunakan keyword yang terlalu spesifik dan umum karena akan susah dalam menjangkau pasar.

  • Lakukan Uji Coba

Kamu sudah menentukan keyword yang kamu pilih, namun untuk mengetahui apakah keyword tersebut tepat atau tidak bisa dilakukan uji coba. 

Gunakan keyword tersebut di deskripsi, tag, dan judul produk di Tokopedia kemudian kamu lihat apakah mengalami peningkatan dalam segi penjualan dan eksposur.

  • Pantau dan Perbaiki

Secara konsisten kamu perlu untuk memantau keyword yang sudah dipilih agar dilakukan perbaikan secepat mungkin jika tidak berhasil.

Itu dia pembahasan mengenai cara riset kata kunci Tokopedia. Semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari cara dalam menganalisa keyword yang tepat di Tokopedia.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang informatif dan menarik hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Sedang mencari solusi meningkatkan penjualan toko online kamu di marketplace? Yuk, mulai gunakan Everpro Marketplace Enabler sekarang juga!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Yuk, daftar sekarang dan tingkatkan penjualan toko onlinemu dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya