everpro

Temukan Inspirasi dari 10+ Contoh Affiliate Marketing di Berbagai Platform, Awal Menuju Kesuksesan!

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan Affiliate Marketing, namun apakah kamu sedang mencari contoh Affiliate Marketing? Simak artikel ini selengkapnya!

Affiliate marketing dikenal sebagai strategi marketing yang membuka peluang untuk menghasilkan uang bagi banyak orang.

Caranya cukup sederhana dengan mempromosikan suatu produk atau layanan berupa link yang nantinya kamu akan mendapatkan komisi sebagai keuntungan yang didapat.

Namun, kamu sudah familiar dengan contohnya seperti pengertian dan cara kerja affiliate marketing? Jika belum, artikel ini sangat tepat untuk kamu pelajari lebih lanjut!

Contoh Affiliate Marketing di Berbagai Platform

contoh affiliate marketing
Sumber: Freepik

Cara menjadi affiliate marketing yang sukses adalah memahami dan mempelajari contoh di berbagai platform, maka dari itu berikut adalah inspirasi yang bisa kamu jadikan ide.

Affiliate Marketing di Instagram

Produk affiliate paling laris biasanya diakibatkan karena visual yang menarik dari platform media sosial yaitu Instagram. Maka dari itu, ada beberapa contoh yang bisa kamu ikuti.

  • Bio Profile

Menempatkan link yang tepat dan langsung terlihat adalah di bio profile Instagram dan kamu bisa mencobanya dengan menggunakan kata-kata yang menarik perhatian followersmu.

  • Kolaborasi Sesama Influencer atau Content Creator

Ketika kamu berfokus untuk meningkatkan atau menghasilkan conversion dan engagement, maka lakukan kolaborasi dengan sesama content creator atau influencer.

Dengan begitu, followers kamu atau mereka memiliki hubungan yang terasa dekat yang bisa membuatnya melakukan pembelian dari link yang tertera.

  • Instagram Stories

Contoh affiliate marketing yang terlihat mudah dan bisa menarik perhatian audiens dengan visual menarik serta link didalamnya yaitu Instagram Stories.

Kamu bisa menyertakan Sticker Insert Link yang langsung terhubung ke halaman produk afiliasi tersebut.

  • Shoppable Posts

Dengan contoh affiliate marketing yaitu Shoppable Posts berpotensi untuk meningkatkan daya beli user terhadap produk yang dilihat langsung dari postingan.

Tag produk dalam gambar inilah bisa kamu gunakan ketika ingin mencoba contoh Shoppable Posts tersebut.

Affiliate Marketing di Artikel pada Blog

Contoh affiliate yang paling menguntungkan salah satunya adalah dengan menulis di artikel pada blog dan berikut ini penjelasannya.

  • How To atau Tutorial

Kebanyakan masyarakat Indonesia membutuhkan panduan atau langkah-langkah dalam penggunaan suatu produk dengan mencari tutorial di Google.

Contoh affiliate marketingnya adalah dengan menaruh link afiliasi didalam artikel tersebut yang bertujuan untuk mengajak para pembaca untuk membeli produk dengan link yang sudah dibagikan.

  • Membandingkan Produk

Pada tahapan konversi, calon pembeli selalu merasakan kebingungan dalam memilih suatu produk. Oleh karena itu, membutuhkan artikel perbandingan suatu produk agar tidak salah dalam membelinya.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan menyertakan link afiliasi pada artikel.

  • Review Produk

Contoh affiliate marketing Indonesia adalah dengan cara mereview suatu produk secara lengkap yang berasal dari pengalaman pribadi maupun sumber informasi yang akurat.

Dalam review tersebut tentunya kamu bisa menyertakan link afiliasimu supaya pembaca dapat melakukan pembelian produk dengan mudah.

Affiliate Marketing di TikTok

Sebagai media sosial yang menghasilkan video viral, TikTok bisa dibilang sebagai platform affiliate terbaik di Indonesia. Simak contoh affiliate marketing berikut ini.

  • Challenge dengan Hastag

Dengan mengadakan tantangan atau challenge merupakan contoh affiliate marketing yang terhubung langsung dengan audiens dan luas cakupannya.

Buat hastag semenarik mungkin supaya menarik perhatian audiens dan sukses dalam mempromosikan produknya.

  • Konten Edukatif

Seperti yang kita ketahui bahwa konten edukasi bisa menjadi wadah affiliate produk digital dalam mempromosikan suatu produk.

Konten seperti ini bisa membangun minat seseorang terlebih juga dapat membangun kepercayaan yang bisa mengarah ke conversion.

  • Demo Produk

Masyarakat senang sekali dengan TikTok karena menyediakan informasi, sehingga kamu perlu mencari cara bagaimana konten tersebut FYP.

Ketika demo produk tersebut viral, maka yang melihat konten akan banyak dan memiliki potensi untuk membeli jika kontennya menarik.

Demikian beberapa contoh affiliate marketing yang bisa kamu pahami dan pelajari. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untuk kamu yang mencari sumber inspirasi.

Jangan lupa share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis menarik dan informatif lainnya hanya di Everpro, ya!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya