Pengertian Copywriting, Jenis, dan Caranya

Copywriting – Peluang pekerjaan yang di butuhkan banyak perusahaan. 

Anda tertarik memulai karir di bidang menulis? Jika dilihat dari peluang yang ada pekerjaan menulis semakin di gemari dan punya peluang besar dalam karir. 

Mengapa bisa begitu? Karena ini sudah banyak perusahaan yang memulai langkahnya di bidang digital. Disinilah para penulis berperan. Mereka membuat konten-konten penulisan yang di harap bisa memancing para calon konsumen. 

Oleh sebab itu, penulis punya peranan yang cukup krusial dalam perusahaan. Ada banyak jenis pekerjaan menulis. Salah satunya adalah copywriting. 

Tidakah anda perhatikan tulisan-tulisan iklan? Itu semua adalah pekerjaan copywriting. Walau terkesan hanya mengajak, nyatanya pekerjaan ini bukan sembarang pekerjaan dan butuh kreatifitas yang tinggi. 

Penasaran apa itu copywriting? Simak informasinya sampai habis di artikel ini. 

Apa Itu Copywriting? 

copywriting
Sumber : Pexels.com

Copywriting adalah sebuah proses penulisan materi untuk pemasaran dan promosi persuasif. Bisa di bilang seseorang yang bekerja membuat tulisan ajakan promosi. 

Tulisan yang di buat di harapkan dapat menarik orang agar melakukan suatu tindakan, misalkan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan. 

Tulisan promosi ini biasanya di publikasikan melalui media cetak ataupun online. Terkadang mereka juga bisa menyertakan video ataupun iklan lainnya. 

Pada awalnya, pekerjaan ini di gunakan untuk beberapa jenis promosi saja, misalkan sejenis advertorial, sales letter, billboard dan juga media pemasaran lainnya. Intinya tulisan promosi dengan ajakan langsung. 

Namun seiring berjalannya waktu,  kini di pakai untuk penulisan promosi digital di berbagai website ataupun media sosial. 

Dan saat ini konten yang disajikan biasanya berupa ajakan, penjelasan produk, informasi berlangganan, ajakan menghubungi sales penjualan, informasi promo dan lainnya. 

Jenis-Jenis Copywriting 

copywriting
Sumber : Pexels.com

1. Marketing Copywriting

Marketing copywriting adalah konten yang menyampaikan penjualan untuk meyakinkan konsumen mengenai penjelasan fungsi produk. 

2. SEO Copywriting

SEO Copywriting adalah salah satu jenis penulisan  yang hanya terfokus untuk kebutuhan mesin pencarian Google. 

Karena sudah berbasis digital, terkadang konsumen akan mencari suatu produk melalui mesin pencari dan mengetahui informasinya sebelum membeli produk. 

3. Direct Response Copywriting 

Selanjutnya adalah direct response copywriting.adalah konten tulisan yang mengarahkan orang untuk mengklik halaman di sebuah website. 

Bagaimana Langkah Copywriting?

copywriting
Sumber : Pexels.com

Langkah-langkah menulis bidang ini adalah sebagai berikut: 

  1. Riset terlebih dahulu produk anda lalu kompetitor anda. Hal ini akan membantu anda untuk tahu kelemahan produk kompetitor anda sehingga bisa memberikan solusi tepat pada konsumen. 
  2. Tulis manfaat produk anda sebanyak mungkin sehingga anda bisa memilih manfaat apa saja yang bisa anda tulis untuk konten anda.
  3. Komunikasikan pada para konsumen bagaimana produk anda bisa bermanfaat untuk para konsumen dan lebih praktis. 
  4. Sesuaikan tulisan konten anda dengan media konten anda. Karena penulisan jenis ini maka hindari informasi yang berlebihan dan usahakan penulisan singkat, padat dan jelas. 
  5. Hindari juga penggunaan kata-kata yang terlalu over untuk meyakinkan para konsumen. Misalkan “ terpercaya 100% ampuh”. 
  6. Selalu pastikan juga terhindar dari kesalahan-kesalahn kecil misalkan typo, grammatical error dan sebagainya. 

Skill yang Dibutuhkan Seorang Copywriting 

penulis
Sumber : Pexels.com

Berikut adalah skill yang sangat di butuhkan seorang copywriter. 

1. Kreatifitas 

Jelas, skill ini memang sangat di butuhkan dalam menulis copywriting. Karena pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk merangkai kata yang unik dan bisa membuat orang-orang tertarik untuk melakukan suatu tindakan. 

Oleh sebab itu perkayalah diri anda dengan berbagai referensi sehingga anda mempunyai kosa kata yang lebih beragam untuk menyusun suatu kalimat. 

2. Riset 

Tak hanya kreatif. Penulis bidang ini juga harus punya skill riset yang akurat untuk membuat tulisan yang bagus. 

Riset di lakukan untuk memantau kompetitor dan juga mencari topik yang sedang dicari banyak orang. 

Tak jarang juga seorang penulis juga bingung berhadapan dengan topik yang belum pernah ia dengar sebelumnya. 

Maka dengan kemampuan riset yang baik akan mempengaruhi kualitas tulisan anda nanti. 

3. Kepenulisan

Karena copywriting basic pekerjaannya memang menulis, maka anda memang harus bisa menulis dengan baik. 

Bukan hanya menulis namun juga mengetahui struktur bahasa yang baik dan benar dan bagaimana cara memadu kata. 

4. Tepat Waktu 

Selain itu copywriting juga di tuntut harus tepat wakktu. Karena terkadang konten bisa ramai di waktu-waktu tertentu. 

Sehingga anda harus tahu jam-jam ramai para pengunjung mengunjungi konten dan anda bisa up tulisan anda di jam yang tepat agar banyak orang yang melihat. 

Demikianlah artikel mengenai copywriting. Semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif terkait istilah digital marketing lainnya hanya di Everpro

Picture of Alda Setya
Alda Setya
Alda Seya Shabriani adalah seorang SEO Conten writer yang aktif menulis dan membagikan artikel seputar bisnis, logistik, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya
15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Persaingan bisnis saat ini memang tidaklah mudah, namun kabar baiknya, calon pebisnis bisa memilih peluang usaha yang belum banyak pesaing. Sehingga, pebisnis akan memperoleh peluang