everpro

Kenali 9+ Penyebab Kenapa Akun Google Ads Ditangguhkan Beserta Cara Memulihkan Akun Google Ads

Bingung dan panik saat akun Google Ads kamu diblokir tanpa alasan yang jelas? Yuk, simak artikel kenapa akun Google Ads ditangguhkan sampai habis!

Mayoritas pebisnis online yang memiliki bisnis ataupun toko online menggunakan platform Google Ads sebagai cara yang efektif dalam mempromosikan produk atau layanan secara online.

Pemilik akun Google Ads terkadang memiliki masalah yang tidak banyak mereka ketahui salah satunya adalah akun Google Ads yang ditangguhkan.

Masalah tersebut membuat campaign secara tiba-tiba terhenti yang bisa menyebabkan kerugian secara finansial dan juga waktu tentunya.

Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis online terutama pemula tentunya kamu perlu memahami hal tersebut supaya kemungkinan kecil untuk terjadi.

Baca Juga: CPA Google Ads: Pengertian, Target, Cara Kerja, Kapan Harus Menggunakannya

Pengertian Akun Google Ads Ditangguhkan

kenapa akun google ads ditangguhkan
Sumber: Freepik

Akun Google Ads ditangguhkan adalah situasi kondisi dimana akun kamu telah dinonaktifkan oleh Google karena melanggar kebijakan serta persyaratan dan ketentuan Google Ads.

Tak hanya akun saja yang ditangguhkan, namun akun yang menggunakan email dan metode pembayaran yang sama dan ditautkan ke akun pengelola yang sama juga akan ditangguhkan.

Penangguhan bersifat permanen terkecuali jika kamu mengajukan banding dan berhasil atau diterima oleh pihak Google untuk mengaktifkan kembali akun tersebut.

Maka dari itu, penting sekali untuk kamu perlu pahami agar menghindari akun untuk kamu mempromosikan bisnis online tidak ditangguhkan.

Perbedaan Penangguhan Sementara dan Permanen

Terdapat jenis-jenis Google Ads suspend yang bisa dilakukan oleh Google Ads di beberapa akun yang tidak dibuat secara sama dan berikut penjelasannya.

  • Penangguhan Sementara (Temporary)

Disebut sebagai penangguhan lunak karena masih bersifat teguran ringan dan bisa kamu selesaikan dengan memverifikasi ulang daftar akun Google baru kamu.

Semakin jarang penangguhan ini berlaku karena Google sedang mengambil tindakan terhadap aktivitas penipuan serta spam.

Jangan menunda dan ikuti langkah-langkah yang diberikan jika terindikasi mengalami penangguhan lunak atau temporary.

  • Penangguhan Permanen (Permanent)

Penyebab mengapa akun Google Ads kamu ditangguhkan karena adanya penangguhan permanen yang bisa membuat akun campaign bisnis kamu terhapus dari hasil pencarian sama sekali.

Untuk mendapatkannya kembali kamu membutuhkan proses yang panjang dan memakan waktu. 

Namun, banyak kasus yang terkena masalah ini masih mendapatkan Profil Bisnis Google atau Google My Business kembali jika tindakan yang kamu ambil tepat.

Kenapa Akun Google Ads Ditangguhkan?

kenapa akun google ads ditangguhkan
Sumber: Freepik

Akun iklan bisa ditangguhkan sementara dan untuk mencegah hal tersebut terjadi kamu wajib mengetahui alasan dibalik kenapa akun Google Ads ditangguhkan sebagai berikut.

  • Pelanggaran Kebijakan Google

Alasan pertama adalah karena melanggar kebijakan dari Google yaitu tiga poin utama supaya terhindar dari kendala tersebut.

  1. Hindari konten yang dilarang
  2. Cerminan yang kuat serta akurat tentang bisnis kamu
  3. Mematuhi kebijakan serta persyaratan yang diberikan oleh Google di setiap bagian Profil Bisnis Google

Memberikan informasi palsu yang dapat menyesatkan orang terhadap bisnis kamu dengan penggunaan review atau ulasan palsu untuk meningkatkan ranking kamu.

Kamu perlu memahami kebijakan yang diberikan oleh Google dengan cermat. Google sudah memberikan instruksi yang jelas terkait format dan juga kemungkinan yang membuat akun kamu ditangguhkan.

  • Penyalahgunaan Layanan Google

Salah satu yang menjadi alasan adalah penyalahgunaan layanan Google seperti menggunakan Google Maps untuk menjual produk atau mengadakan acara.

Maka, perlu kamu untuk menggunakan layanan Google dengan bertanggung jawab dan etis untuk menghindari kegiatan yang menyesatkan pengguna dan dianggap spam.

  • Aktivitas Penipuan

Termasuk ke dalam pelanggaran yang cukup serius yang akan berpotensi besar untuk diberikan penangguhan permanen. 

Beberapa aktivitas tersebut seperti menjual produk atau layanan palsu, mengikuti aktivitas ilegal, atau bahkan melakukan praktik pemasaran yang sesat.

  • Informasi Bisnis yang Tidak Konsisten dan Akurat

Sumber informasi yang dapat dipercaya oleh orang lain terhadap bisnismu adalah penilaian yang diberikan pengguna di Google.

Profil bisnis kamu jika diisi dengan berbagai informasi yang tidak akurat akan menyebabkan ditangguhkan karena menyebabkan pelanggan bingung dan reputasi bisnismu menjadi tidak baik.

  • Melakukan Spam dan Manipulatif

Spam yang dilakukan guna untuk meningkatkan kehadiran online bisa menyebabkan akun Google Ads kamu ditangguhkan.

Taktik manipulatif yang dilakukan seperti membuat ulasan palsu serta meningkatkan ranking SEO secara sesat menjadi contoh yang kamu perlu hindari.

Fokus untuk memberikan pelayanan dengan baik kepada pelanggan yang bisa mendatangkan ulasan yang bagus dan secara natural atau organik.

  • Tidak Mematuhi Hukum dan Peraturan

Selain harus mematuhi kebijakan Google kamu juga harus mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku di negara kamu.

Seperti contoh kamu mengikuti semua peraturan dan hukum yang sesuai di sekitarmu dan juga sudah mendapatkan izin serta lisensi untuk menjalankan bisnis.

  • Mencantumkan Bisnis yang Sama dalam Beberapa Daftar

Tentunya pelanggan akan merasa bingung jika kamu mencantumkan bisnis yang sama dalam beberapa daftar, sehingga hal ini menyebabkan pelanggaran terhadap panduan Google.

Menjadi pengecualian jika bisnis kamu memiliki beberapa lokasi cabang atau memiliki layanan dengan cakupan geografis yang sangat luas.

  • Mencantumkan Kotak Pos atau Kantor Virtual ke Alamat Bisnis

Kantor virtual atau kotak pos tidak bisa diterima oleh Google sebagai alamat bisnis yang banyak dilakukan oleh bisnis online, sehingga akun kamu bisa di suspend oleh Google.

Jadi, untuk menghindari hal berikut kamu perlu memberikan alamat yang akurat untuk dijadikan sumber online bagi pengguna atau calon pelangganmu.

  • Masalah Pembayaran

Akun yang memiliki saldo yang belum dibayarkan akan mengalami suspend temporer terhadap akun Google Adsnya.

Penyalahgunaan kode promo Google Ads, meminta batal bayar, dan aktivitas pembayaran yang mencurigakan juga termasuk penyebab yang bisa kamu hindari.

Baca Juga: Ketahui! 12 Penyebab Iklan Google Ads Tidak Muncul

Cara Memulihkan Akun Google Ads Ditangguhkan

kenapa akun google ads ditangguhkan
Sumber: Freepik

Beberapa kondisi akun Google bisa ditangguhkan dan berikut ini adalah penjelasan mengenai solusi untuk memulihkan di berbagai situasi dan kondisi.

1. Masalah Pembayaran

  • Kamu ke halaman Billing & Payment untuk membayarkan saldo yang belum dibayarkan
  • Lalu kamu bisa mengirimkan banding  https://support.google.com/google-ads/contact/pf_suspended yang sudah disediakan dengan memberikan penjelasan kalau kamu sudah menyelesaikan pembayaran.

2. Adanya Unauthorized Access

Kendala selanjutnya akun terkena suspend dikarenakan terdeteksi karena adanya tindakan user tidak memiliki otoritas sah yang mencoba menggunakan.

Solusinya adalah kamu melaporkan masalah tersebut di  https://support.google.com/google-ads/contact/compromised_account supaya dapat ditangani dengan cepat oleh Google.

3. Melanggar Kebijakan Google Ads

  • Pertama, kamu perbaiki terlebih dahulu iklan maupun extensions yang ditolak atau kamu bisa menghapusnya
  • Setelah itu, kamu bisa mengajukan banding ke https://support.google.com/google-ads/contact/pf_suspended dan berikan penjelasan bahwa kamu sudah melakukan perbaikan dari pelanggaran.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Optimasi Google Ads Biar Makin Cuan

Demikianlah penjelasan alasan kenapa akun Google Ads ditangguhkan dan semoga dengan informasi yang diberikan artikel ini kamu semakin paham dan memiliki keputusan yang bijak dalam bertindak.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Untuk menghindari hal tersebut terjadi di akun bisnis online kamu bisa menggunakan layanan Everpro yaitu Everpro Google Ads Account Whitelisted yang sudah terpercaya dan resmi.

Selain itu, banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan layanan Everpro Google Ads Account Whitelisted sebagai berikut.

Benefit Everpro Google Ads Account Whitelisted

  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted.
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Minimal top up Rp5.000.000
  • GRATIS semua biaya layanan untuk 2 bulan pertama

Yuk, daftar sekarang untuk bisnis online kamu dan hindari masalah akun yang ditangguhkan dengan menggunakan Everpro Google Ads Whitelisted!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya