everpro

7 Cara Ampuh Optimasi Google Ads Biar Makin Cuan

Beriklan di Google Ads kini menjadi pilihan dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa. Tapi masih banyak pebisnis yang belum mendapatkan hasil karena mereka belum mengoptimasi iklan pada Google Ads mereka. Karena dengan optimasi, pebisnis bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Beriklan di Google Ads membutuhkan beberapa konfigurasi dan optimalisasi yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal. Terdapat perbedaan tujuan dalam beriklan oleh masing-masing pebisnis. Ada yang ingin meningkatkan brand awareness dan ada juga yang ingin memperluas bisnis mereka.

Mengelola iklan Pay Per Click pada bisnis skala kecil membuat mereka harus bijak dalam anggaran beriklan. Nah, oleh karena itu optimasi Google Ads menjadi penting untuk dilakukan agar tujuan dari iklan tersebut dapat tercapai serta mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, bagaimana cara optimasi pada Google Ads? Artikel ini akan memberikan cara bagaimana optimasi Google Ads agar iklan yang kamu buat dapat efektif dan memberikan hasil yang menguntungkan. Simak informasi selengkapnya sampai habis ya!

Baca juga: 5 Manfaat Google Ads Untuk Bisnis Online Kamu, Bisa Ningkatin Penjualan, lho!

Cara Optimasi Google Ads

adwords
Sumber: unsplash.com

Penggunaan iklan online menjadi salah satu opsi promosi yang banyak dilakukan oleh pebisnis saat ini. Salah satu platform iklan online yang paling banyak digunakan yaitu Google Ads. Dengan menggunakan Google Ads pebisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness.

Penggunaan Google Ads untuk promosi sangat cocok di era digital seperti sekarang. Tapi permasalahannya yakni masih banyak pebisnis yang belum tepat dalam mengoptimasi iklan mereka pada Google Ads. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk optimasi Google Ads:

1. Menargetkan Keyword yang Tepat

google adwords
Sumber: unsplash.com

Pertama kali yang harus kamu lakukan untuk mengoptimasi Google Ads yaitu dengan cara menargetkan keyword yang tepat. Kamu dapat memilih keyword yang spesifik dan panjang atau yang disebut dengan Long Tail Keyword.

Selain itu Long Tail Keyword juga minim persaingan sehingga bisnis kamu berpeluang untuk mendapatkan peringkat yang tinggi pada Google Ads. Pemilihan keyword sangat penting dalam optimasi Google Ads, jadi berhati-hatilah dalam memilih keyword yang tepat.

2. Penyesuaian Iklan dengan Landing Page

optimasi google ads
Sumber: unsplash.com

Selanjutnya kamu dapat mengoptimasi dengan melakukan penyesuaian iklan dengan landing page. Landing page merupakan sebuah halama khusus yang menjadi tujuan pengguna setelah mengklik iklan.

Landing page umumnya berisi beberapa konten seperti informasi produk, spesifikasi, promo, service dan lainnya. Nah, landing page ini berguna untuk tujuan pengguna yang mengklik iklan kamu.

Oleh karena itu, buatlah landing page yang sesuai dengan iklan yang kamu buat serta memuat konten yang berisi informasi produk, penawaran, spesifikasi dan lainnya untuk membantu pelanggan mengerti produk kamu.

Selain itu landing page juga bertujuan memudahkan calon pelanggan dalam menentukan pilihan. Pastikan landing page yang kamu buat mudah dimengerti dan berisi konten yang menarik.

Baca juga: Kesulitan? Bagaimana Susunan Iklan di Google Ads, Inilah Jawabannya!

3. Memastikan Iklan Mobile Friendly

optimasi google ads
Sumber: unsplash.com

Berikutnya kamu bisa membuat iklan yang mobile friendly untuk pengguna smartphone. Hal ini karena pengguna internet tidak semua menggunakan desktop PC atau laptop. Bahkan saat ini jumlah pengguna internet melalui smartphone terbilang sangat besar.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkannya dengan cara membuat iklan yang mobile friendly. Iklan mobile friendly adalah iklan yang tampilannya menyesuaikan dengan tampilan smartphone. Karena terdapat perbedaan tampilan iklan pada desktop dan smartphone.

Jika tidak membuat iklan yang mobile friendly, tampilan iklan saat dibuka melalui smartphone akan terpotong dan bisa menutupi layar. Hal ini sangat mengganggu bagi pengguna smartphone. Pastikan kamu sudah menyesuaikan hal tersebut untuk pengguna smartphone.

4. Menggunakan Ekstensi Iklan

google
Sumber: pexels.com

Penggunaan ekstensi iklan dapat menjadi salah satu cara untuk mengoptimasi iklan pada Google Ads. Terdapat beberapa jenis ekstensi iklan yang umum dijumpai seperti ekstensi panggilan, perluasan lokasi, ekstensi link website, ekstensi harga, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan cara ini link website kamu dapat menarik perhatian dan menarik minat pengguna melalui iklan yang kamu buat. Sebagai contoh kamu menayangkan iklan jasa admin marketplace lalu kamu memasang link jasa admin media sosial yang bisa mendorong lebih banyak klik bagi link utama.

5. Penargetan Audiens 

optimasi google ads
Sumber: unsplash.com

Cara optimasi Google Ads berikutnya yaitu dengan cara penargetan audiens untuk iklan yang kamu buat. Penargetan audiens yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan iklan di Google Ads. Jika penargetan tidak sesuai, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang terbaik.

Dengan Google Ads kamu bisa kustomisasi dari target audiens iklan yang kamu buat. Hal ini bertujuan untuk menargetkan audiens tertentu dan spesifik.

Melalui kustomisasi ini kamu dapat membuat daftar demografi tertentu sesuai dengan yang kamu ingin targetkan. Kamu dapat menargetkan beberapa kategori seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi dan lain sebagainya.

Dengan penargetan ini membuat iklan yang kamu buat akan ditampilkan kepada audiens yang ingin kamu jangkau. Kemudian jika bisnis kamu adalah bisnis lokal pastikan kamu memilih negara dan bahasa Indonesia.

6.  Mengatur Anggaran Iklan dengan Bijak

google ads
Sumber: pexels.com

Selanjutnya kamu dapat mengatur anggaran untuk iklan kamu di Google Ads dengan bijak. Dengan mengatur anggaran iklan kamu dapat menentukan berapa banyak biaya yang kamu keluarkan untuk sebuah campaign tersebut.

7. Melakukan A/B Testing

optimasi google ads
Sumber: pexels.com

Terakhir kamu dapat melakukan A/B testing untuk mengetahui iklan yang mana yang lebih efektif. Melakukan A/B testing sangat ampuh untuk mengoptimasi Google Ads. A/B testing bisa kamu kerjakan dengan cara bertahap.

Nah, itulah beberapa cara dan langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengoptimasi Google Ads. Dengan menerapkan cara dan langkah di atas memungkinkan kamu untuk meraih hasil yang kami inginkan dan yang lebih baik dari sebelumnya.

Demikianlah pembahasan terkait cara optimasi Google Ads yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi kamu dalam melakukan campaign di Google Ads. Nantikan artikel bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Baca juga: Cari Tahu Lebih Banyak tentang Remarketing Google Ads, Pasti Untung!

Serahin periklanan untuk bisnis kamu sama Everpro aja! Dengan Everpro Google Ads Whitelisted bikin iklan kamu jadi makin efektif biar bisa ningkatin penjualan!

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted

  • Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
  • Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
  • Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
  • Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu

Selain lengkap dan aman, layanan Google Ads Whitelisted Account Everpro juga terjangkau!

Dengan top-up saldo minimal Rp5.000.000 kamu bisa mulai beriklan dan dapat GRATIS SEMUA BIAYA selama 2 bulan pertama!

Ayo segera daftar Everpro Google Ads Whitelisted!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya