everpro

Ketahui! 12 Penyebab Kenapa Iklan Google Ads Tidak Muncul

Iklan Google Ads yang tidak terlihat bisa menjadi masalah besar bagi bisnis kamu. Maka dari itu, simak artikel ini sampai habis untuk mencari tahu kenapa iklan google ads tidak muncul!

Saat kamu baru mengenal Google Ads sebagai pemula, mungkin kamu akan merasa kebingungan ketika iklan yang telah kamu buat tidak ada.

Kamu mungkin sering bertanya, “Kenapa iklan berbayar di Google saya tidak muncul?” belajar secara mandiri memang bisa menjadi solusi yang murah dan praktis.

Meskipun demikian, hal ini dapat menjadi rumit jika kamu kurang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup.

Dengan membaca artikel Everpro kali ini, kamu akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk memahami serta meningkatkan kemampuan belajar Google Ads.

Penyebab Kenapa Iklan Google Ads Tidak Muncul

kenapa iklan google ads tidak muncul
Sumber: google.com

Memahami inti dari penyebab ketidakmunculan iklan Google Ads, kamu perlu menyadari bahwa beberapa faktor mungkin menjadi pemicu dari kondisi ini.

Dengan mengerti penyebab ini, kita bisa mengatasi masalah dan meningkatkan efektivitas kampanye iklan online. Mari telaah beberapa penyebab mengapa iklan tidak tampil.

1. Syarat untuk Memenuhi Kata Kunci Belum Terpenuhi

Misalnya, kata kunci tersebut memiliki jumlah pencarian yang sangat kecil, sehingga Google untuk sementara waktu tidak menampilkan iklan kamu.

Untuk mengetahui kapan contoh iklan produk akan muncul kembali, perhatikan apakah jumlah pencarian pada kata kunci tersebut kembali normal atau wajar.

Bagaimana caranya? Kamu dapat mengatasi hal tersebut dengan langkah sederhana, yaitu menggunakan Keyword Planner dan mengganti kata kunci dengan yang serupa namun memiliki jumlah pencarian yang lebih banyak.

2. Terjadi Kesalahan dalam Setting Kata Kunci Negatif (Negative Keyword)

Berikutnya, kesalahan dalam menegatifkan kata kunci menjadi penyebab ketidakmunculan iklan Google Ads.

Seharusnya, daripada menegatifkan kata-kata “asli,” sebaliknya, kamu malah menegatifkan kata “palsu,” yang sebenarnya merupakan kata kunci aktif kamu.

Penggunaan kata negatif yang salah dapat menyebabkan Google tidak menampilkan iklan.

3. Teks Iklan Kurang Optimal

Menulis teks iklan yang menarik dan menggugah bukanlah tugas yang mudah, terutama karena ruang untuk menyampaikan pesan sangat terbatas.

Seni menulis teks iklan di Google Ads memerlukan jam terbang yang tinggi untuk mencapai quality score Google Ads.

Kemampuan untuk merangkai kalimat iklan yang menarik dan menggugah bukan hanya meningkatkan daya tarik klik, tetapi juga menentukan apakah iklan kamu akan muncul atau tidak.

Iklan yang menarik dan menggugah adalah iklan yang sesuai dengan minat pencarian calon pembeli, bukan hanya sekadar gaya bahasa berkias-kias.

Jika iklan kamu tidak muncul, kemungkinan besar iklan tersebut tidak relevan dengan informasi yang dicari oleh calon konsumen. Oleh karena itu, perlu adanya optimasi Google Ads kembali pada iklan kamu.

4. Iklan Telah Dinonaktifkan

Faktor kurang cermat merupakan kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebab ketidakmunculan contoh iklan Google Ads. Dalam situasi ini, orang mungkin lupa bahwa iklan telah dijeda, dihentikan, atau bahkan dihapus.

Google tidak akan menampilkan iklan kamu jika hal ini terjadi. Untuk memastikan, periksa status iklan kamu.

Apakah kamu sudah menonaktifkan, menjeda, atau menghapus sesuatu? Persoalannya hanya itu, namun penting untuk diperhatikan.

5. Gagal Melakukan Pembayaran

Pembayaran yang tidak berhasil menjadi penyebab lain mengapa iklan Google Ads tidak muncul. Biasanya, kegagalan ini terjadi pada pengiklan yang mengatur sistem pembayaran otomatis menggunakan kartu kredit.

Google akan secara otomatis memotong sejumlah uang dari dana iklan kamu pada awal bulan depan.

Namun, jika pada saat pemotongan otomatis kartu kredit kamu tidak memiliki saldo Google Ads yang cukup, iklan kamu tidak akan ditampilkan.

Solusinya, lakukan pembayaran atas tunggakan tersebut atau lakukan top-up pada kartu kredit kamu sebelum pemotongan otomatis berikutnya.

6. Click Through Rate (CTR) yang Terlalu Rendah

Penyebab lain ketidakmunculan iklan kamu pada mesin pencarian Google mungkin disebabkan oleh CTR yang sangat rendah.

Google memberikan nilai tinggi pada iklan dengan CTR yang baik, yaitu iklan yang dapat mendorong pengguna untuk mengklik tanpa berpikir terlalu lama.

Kamu perlu cara meningkatkan CTR Google Ads dengan memperbaiki indikator CTR ini agar iklan Google Ads kamu muncul.

Lakukan optimasi, seperti menggunakan judul yang relevan dengan niat pencarian, menawarkan yang menarik, dan kamu juga bisa memanfaatkan beberapa ekstensi.

7. Penjadwalan Iklan yang Salah

Penjadwalan iklan yang salah atau terlupa mungkin menjadi penyebab lain ketidakmunculan iklan Google Ads.

Sebagai contoh, jika kamu ingin iklan segera tayang setelah melakukan pengaturan, tetapi kamu salah atau lupa menetapkan jadwal tanggalnya, misalnya, mengatur iklan pada tanggal 2 tetapi terpilih tanggal 5, iklan kamu tentu tidak akan tampil karena kesalahan jadwal.

Solusinya yang bisa kamu lakukan adalah tetap berhati-hati, dan cermati dengan baik jadwal tayang iklan kamu.

8. Ketidakfokusan pada Ad Group

Ketidakfokusan pada pembuatan grup iklan yang relevan seringkali menjadi permasalahan yang muncul.

Dalam sebuah Ad Group yang baik, pengelompokan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan menjadi kunci utama.

Kata kunci tersebut seharusnya berasal dari riset yang mendalam, sehingga ketika kamu membuat teks iklan, hubungan antara kata kunci dan materi iklan tetap terjaga.

Pastikan tidak ada kata kunci yang tidak memiliki kaitan erat satu sama lain dalam satu Ad Group, karena hal ini dapat menyebabkan kebingungan bagi Google Ads akibat kurangnya fokus pada kata kunci.

Solusinya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat grup iklan dengan kata kunci yang spesifik dan saling terkait.

9. CPC yang Melampaui Ambang Atas

Banyak yang mungkin belum mengetahui hal ini. Terkadang, karena kurang pemahaman terhadap strategi bidding, biaya per klik (CPC) seringkali dipasang terlalu tinggi dari lelang Google.

Penyebab lain ketidakmunculan iklan Google Ads mungkin disebabkan oleh penawaran yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dibandingkan dengan harga lelang Google.

Kamu harus mengetahui rentang harga minimal dan maksimal dari Google, lalu menetapkan penawaran yang seimbang. Hindari penawaran terlalu rendah atau terlalu tinggi.

10. Landing Page Tidak Relevan

Kamu dapat memeriksa indikator ini jika iklan kamu tidak muncul. Ketidakrelevanan pada landing page dapat menjadi penyebab ketidakmunculan iklan Google Ads.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan keberlanjutan relevansi dari kata kunci, iklan, hingga konten landing page. Segera perbaiki kualitas pengalaman landing page.

11. Pengaturan Pentargetan Pengunjung

Salah satu manfaat Google Ads adalah menyediakan fitur-fitur pentargetan yang spesifik, seperti lokasi, jenis perangkat, dan demografi pengunjung (meliputi usia, jenis kelamin).

Jika profil kamu tidak termasuk dalam kategori pentargetan iklan kamu, maka kamu tidak akan melihat iklan tersebut.

Contohnya, jika kamu berada di luar lokasi target iklan atau menggunakan ponsel untuk mencari iklan, padahal iklan kamu hanya ditujukan untuk pengguna desktop atau laptop.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pengaturan pentargetan sesuai dengan profil dan tujuan kampanye iklan kamu.

12. Melakukan Terlalu Banyak Percobaan Pencarian

Jika kamu secara berulang kali mencari kata kunci atau bisnis kamu di Google tanpa melakukan klik, mungkin kamu akan berhenti melihat iklannya setelah beberapa saat.

Sistem Google dapat mengenali komputer kamu dan menghentikan penayangan iklan, mengasumsikan bahwa kamu tidak tertarik pada iklan tersebut. Tindakan ini merupakan upaya Google untuk melindungi kinerja iklan kamu.

Untuk menghindari dampak negatif pada penayangan iklan kamu, sebaiknya batasi percobaan pencarian sendiri.

Berapa Lama Peninjauan Iklan Google Ads?

kenapa iklan google ads tidak muncul
Sumber: google.com

Sebagian besar iklan ditinjau dalam waktu satu hari kerja. Namun, ada beberapa peninjauan yang memerlukan waktu lebih lama, terutama jika iklan melibatkan proses peninjauan yang lebih rumit.

Jika iklan kamu masih dalam peninjauan setelah dua hari kerja penuh, kamu dapat menghubungi pihak Google untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Google dapat memprioritaskan peninjauan iklan atau melakukan peninjauan ulang untuk menjaga stabilitas operasi sistem secara keseluruhan, atau membatasi penayangan iklan untuk sementara guna memastikan kepatuhannya terhadap kebijakan.

Nah, itu tadi informasi mengenai beberapa penyebab yang membuat iklan Google Ads yang kamu tampilkan tidak muncul.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang memiliki masalah dan sedang mencari solusi dalam memecahkan masalah tersebut.

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosialmu dan nantikan selalu artikel menarik lainnya hanya di Everpro, ya!

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted

Setelah membaca artikel ini, kamu tidak perlu khawatir jika ada masalah mengenai Google Ads. Serahkan permasalahanmu sekarang kepada Everpro Google Ads Whitelisted!

  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted.
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Minimal top up Rp5.000.000
  • GRATIS semua biaya layanan untuk 2 bulan pertama

Daftar sekarang dan jangkau pelanggan serta raih konversi maksimal iklanmu dengan Evepro Google Ads Whitelisted!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya