Kenapa paket tidak bergerak? Yuk, simak artikel ini dan pelajari selengkapnya alasan dan solusi dari permasalahanmu!
Datangnya paket menjadi hal yang dinantikan setelah berbelanja online. Penerima bisa dengan mudah melacak status pengiriman untuk mengetahui kondisi paket.
Namun, status yang tidak bergerak dalam waktu lama akan berubah menjadi kekhawatiran.
“Sudah sampai mana proses pengiriman?” dan “mengapa status paket tidak bergerak?” adalah beberapa pertanyaan yang mungkin timbul.
Agar tidak berlarut-larut dengan kekhawatiran tersebut, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Mari baca ulasan ini hingga selesai untuk mengetahuinya.
Baca Juga: Cara Kirim Paket COD Tanpa Aplikasi, Mudah & Praktis!
Daftar Isi:
ToggleKenapa Paket Tidak Bergerak?
Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan status pengiriman berhenti atau tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa paket tidak bergerak:
-
Menggunakan Layanan Pengiriman Ekonomis atau Hemat
Layanan ekonomis atau hemat selalu dipilih oleh banyak orang, namun salah satu penyebab paket tidak bergerak karena menggunakan layanan tersebut.
Alasannya adalah karena layanan tersebut menggunakan transportasi darat yang memiliki estimasi waktu lama apalagi dengan jarak tempuh yang jauh.
-
Jarak Pengirim dengan Penerima
Faktor selanjutnya yaitu karena jarak tempuh dari pengirim ke penerima yang memerlukan estimasi waktu yang cukup lama.
Akan tetapi, jika kamu menggunakan layanan Next Day atau Same Day mungkin akan terhenti di beberapa jam saja tidak berhari-hari.
-
Paket Tidak Bergerak Karena Sedang dalam Proses Pengiriman
Penyebab paket tidak bergerak yang pertama bisa karena paket yang masih dalam proses pengiriman.
Setiap layanan pengiriman memiliki estimasi yang berbeda. Jadi status pengiriman yang tidak bergerak bisa terjadi karena menggunakan layanan dengan estimasi yang lebih lama.
Begitupun dengan jarak tempuh pengiriman yang jauh. Jadi perlu memastikan lagi estimasi pengiriman.
Kemungkinan status yang belum berubah karena paket masih dalam perjalanan atau dalam proses tertentu di gudang transit.
-
Status Pengiriman yang Belum Diperbarui
Penyebab lainnya yaitu karena pihak jasa pengiriman yang terlambat memperbarui status. Jadi, paket sudah berada pada tahap pengiriman selanjutnya, namun status masih belum berubah.
-
Adanya Kesalahan Informasi Pengiriman
Alasan lain kenapa paket tidak bergerak yaitu karena terjadi kesalahan saat memasukkan informasi pengiriman.
Misalnya, pihak jasa ekspedisi salah memasukkan kode kota atau gudang, sehingga status yang tampil tidak berubah.
-
Kendala Teknis atau Operasional
Kemungkinan lainnya yang dapat terjadi adalah terjadi kendala teknis maupun operasional.
Kendala teknis berkaitan dengan masalah pada dokumen pengiriman atau sistem JNE sedangkan kendala operasional berkaitan dengan proses pengirimannya, seperti kendaraan bermasalah.
-
Penundaan Pengiriman
Paket tidak bergerak juga bisa disebabkan oleh adanya penundaan pengiriman, sehingga status yang tampil tidak berubah.
Adanya penundaan pengiriman bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kendala operasional, cuaca ekstrim, atau bencana alam.
-
Kurir Belum Mengambil atau Menerima Paket
Alasan kenapa paket tidak bergerak lainnya adalah karena kurir belum mengambil atau menerima paket dari pengirim.
Hal ini tentu menyebabkan status yang tidak berubah. Jika hal ini terjadi, pastikan kembali jadwal penjemputan paket, serta cek kembali bahwa paket telah siap untuk diambil kurir.
-
Kendala pada Paket
Kendala pada paket seperti rusak atau cacat pada perjalanan, bisa menyebabkan status pengiriman yang tidak bergerak.
Pasalnya, kurir perlu mengambil tindakan tertentu untuk bisa melanjutkan proses pengiriman. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan juga bahwa kemasan paket telah aman dan tidak mudah rusak.
-
Masalah Terkait Alamat Pengiriman dan Penerima
Alamat penerima yang tidak lengkap atau bahkan salah dapat menyebabkan kurir sulit menemukan lokasi penerima, sehingga status pengiriman tidak bergerak.
Oleh karena itu, pengirim perlu memastikan bahwa telah mencantumkan alamat yang jelas dan lengkap, tambahkan juga nomor penerima agar kurir bisa mengkonfirmasi alamatnya.
Kemungkinan lainnya adalah kurir yang belum berhasil menyampaikan paket karena sulit menghubungi penerima.
Terlebih jika lokasi penerima sepi atau tidak ada orang, biasanya kurir akan menghubungi untuk mengkonfirmasi harus menyimpan paket dimana.
Untuk menghindari hal ini, berikan nomor resi kepada penerima agar bisa bersiap di waktu ketibaan paket.
Cantumkan juga nomor telepon penerima yang aktif agar kurir bisa menghubungi penerima saat ingin menanyakan terkait alamat.
-
Dokumen Tidak Lengkap
Paket Anda mungkin tertahan di gudang transit atau kota tujuan karena dokumen pengiriman yang tidak lengkap atau tidak akurat.
Anda bisa menghubungi pihak ekspedisi untuk mengecek dokumen pengiriman Anda, dan melengkapi atau memperbaiki data yang kurang atau salah.
-
Kendala Operasional Perusahaan Ekspedisi
Paket Anda mungkin terhambat oleh faktor-faktor di luar kendali pihak ekspedisi, seperti bencana alam, pembatasan perjalanan, kerusakan kendaraan, atau masalah lainnya.
Anda bisa mengikuti informasi terbaru dari pihak ekspedisi melalui website atau media sosial resminya, dan menanyakan perkiraan waktu kedatangan paket Anda.
Alasan-alasan di atas merupakan kemungkinan yang terjadi ketika paket Anda tidak bergerak, stuck atau terlalu lama di tempat sortir.
Baca juga: 8 Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler, Ketahui Disini!
Cara Mengatasi Paket Tidak Bergerak
Apabila status pengiriman tidak bergerak, terdapat beberapa langkah untuk mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi paket tidak bergerak:
-
Cek Estimasi Pengiriman
Jarak tempuh atau jenis layanan pengiriman berpengaruh pada estimasi waktu sampai. Hal ini juga berdampak pada status pengiriman.
Untuk jenis layanan tertentu (contoh: Ekonomi) serta jarak tempuh yang jauh akan memiliki estimasi pengiriman yang lebih lama.
Maka dari itu, proses perubahan status juga menjadi lebih lama. Jadi, pastikan Anda mengetahui estimasi waktu sampai.
Jika masih dalam batas waktu pengiriman, maka kemungkinan paket masih dalam perjalanan dan tidak terjadi masalah apapun.
-
Lacak Status Pengiriman Secara Rutin
Setelah mengetahui estimasi waktu sampai dari paket, lakukan pelacakan secara rutin. Terkadang beberapa proses memerlukan waktu yang lebih lama hingga beberapa hari.
Jadi, cek status pengiriman berkala untuk memantau kondisi paket. Jika telah melebihi estimasi, barulah bisa mulai melaporkannya.
-
Laporkan Kepada Pihak Jasa Pengiriman
Cara mengatasi paket tidak bergerak selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak jasa pengiriman.
Setiap jasa pengiriman memiliki layanan pusat aduan atau customer center masing-masing. Hubungi melalui live chat di website jasa pengiriman jika tersedia.
Cara lainnya adalah dengan menghubungi call center, mengirim email, atau mengirim pesan ke akun resmi media sosial jasa pengiriman.
-
Mengurus Secara Langsung ke Kantor Jasa Pengiriman
Cara mengatasi berikutnya ketidak masih belum mendapatkan respon atau masih belum puas dengan jawaban yang didapat adalah langsung mengurus ke kantor jasa pengiriman terdekat.
Kunjungi agen pengiriman terdekat yang Anda gunakan dan tanyakan kepada petugas terkait status paket yang tidak bergerak.
Dengan begitu, petugas bisa langsung memantau ke server dan memberikan keterangan terkait status pengiriman yang tidak bergerak tersebut.
-
Menghubungi Pengirim atau Penerima
Bagi penerima paket, cara mengatasinya adalah dengan menghubungi ke pengirim terkait pengiriman paket, seperti nomor resi yang benar atau waktu menyerahkan paket ke kurir.
Sementara untuk pengirim, bisa pastikan lagi dengan penerima apakah telah menerima paketnya atau belum. Karena bisa jadi status belum terupdate padahal kurir telah menyerahkan ke penerima.
Baca Juga: 9+ Jasa Pengiriman Barang Antar Pulau Terbaik 2024, Aman dan Murah!
Nah, itulah beberapa penyebab kenapa paket tidak bergerak lengkap dengan cara mengatasinya. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera ikuti langkah-langkah cara mengatasi paket tidak bergerak.
Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk Anda. Simak juga artikel menarik dan informatif lainnya hanya di Everpro! Lacak paket kamu menggunakan fitur cek resi dari Everpro dan cari tahu estimasi biaya ongkir dengan fitur cek ongkir dari Everpro!
Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir untuk mengirimkan paket toko online di marketplacemu dengan layanan terpercaya dan resmi dari Everpro yaitu Everpro Shipping.
Solusi nomor 1 untuk mengirimkan paket COD dan Non-COD dengan kemudahan fitur unggulan rendah RTS dengan dashboard data akurat dan ter-update yang bisa diandalkan.
Layanan ini sudah tersedia 15+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia. Tak hanya itu, kamu juga mendapatkan banyak sekali keuntungan sebagai berikut.
Benefit Everpro Shipping
- Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 35% untuk metode pengiriman reguler.
- Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
- Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
- Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
- Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
- Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
- Mudah klaim bila paket bermasalah
- Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
- Menyediakan fitur courier scoring, buyer scoring, WA checker
Tunggu apalagi? Segera rasakan ragam keuntungan dengan menggunakan layanan Shipping Everpro!