everpro

7 Produk dan Layanan Tiki

Bingung mau menggunakan TIKI SDS, ONS, atau lainnya? Berikut penjelasan layanan TIKI untuk temukan pilihan terbaik anda.

Pesatnya perkembangan internet berpengaruh pada pola kegiatan masyarakat. Karena saat ini masyarakat dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan secara online.

Salah satunya adalah dengan maraknya belanja melalui marketplace. Maka hal ini juga berimbas pada penggunaan jasa pengiriman yang terus meningkat.

TIKI merupakan jasa ekspedisi yang telah lama berdiri dan masih bertahan sampai sekarang berkat kualitas layanan dan pengirimannya. Bahkan, anda juga bisa lebih mudah mengirim barang dengan mengakses aplikasi dan memesan untuk menjemput kiriman anda.

Terdapat berbagai layanan TIKI yang tersedia, mau tahu apa saja? Simak artikel ini sampai tuntas ya.

Kirim Paket dengan Layanan TIKI

layanan tiki
Sumber: google.com

TIKI adalah perusahaan logistik yang menyediakan layanan pengiriman barang dan telah berdiri sejak tahun 1970. Sampai saat ini, luas cakupannya meliputi seluruh Indonesia yang tersebar di 65 kota besar.

Perusahaan ini juga telah beberapa kali meraih penghargaan atas kualitas pelayanannya, salah satunya adalah penghargaan Top Brand Category: Courier Service “in recognition of outstanding achievement in building the top brand” pada Oktober 2018.

Dengan mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi ini anda dapat memilih berbagai layanan yang tersedia. Anda bisa mengirimkannya dengan datang langsung ke agen terdekat atau menggunakan layanan penjemputan barang yang tersedia di aplikasinya.

Adapun beberapa keunggulan jasa kirim ini antara lain:

  • Sudah berpengalaman dalam bidang jasa ekspedisi.
  • Terdapat berbagai jenis layanan yang bisa anda pilih.
  • Area cakupan luas meliputi seluruh wilayah Indonesia.
  • Memiliki tarif ongkir yang terjangkau.
  • Mudah dalam melacak paket.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Lokasi TIKI Terdekat

Berbagai Layanan TIKI

layanan tiki
Sumber: tiki.id

Perusahaan ini terus berusaha memberikan yang terbaik dalam jasa pengiriman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan optimal. Salah satunya adalah melalui kualitas pelayanannya.

Anda dapat menyesuaikan kebutuhan pengiriman dengan berbagai layanan yang tersedia. Berikut penjelasan dari setiap layanannya: 

Layanan ini merupakan singkatan dari Over Night Service, yaitu menjamin paket yang anda kirim hari ini, akan tiba esok hari di lokasi tujuan. ONS merupakan salah satu layanan premium karena menawarkan kecepatan pengiriman, yaitu hanya satu hari kerja.

Meskipun memiliki tarif ongkir yang lebih mahal dari layanan lainnya, namun hal ini sepadan dengan kecepatan pengirimannya. Tentu merupakan layanan yang dapat anda andalkan untuk mengirim dokumen penting atau barang lain yang harus cepat sampai.

Melalui layanan TDS atau Two Days Service, seperti namanya paket akan tiba ke tujuan dalam dua hari. Layanan ini memang sedikit lebih mahal dari Reguler, namun paket akan sampai lebih cepat. 

Layanan REG atau Reguler merupakan jenis pengiriman standar, artinya tarif ongkir tidak mahal juga tidak murah. Begitupun dengan kecepatan pengirimannya yang tidak cepat maupun lambat.

Jenis layanan ini dapat anda andalkan jika tidak terlalu memperhatikan kecepatan waktu pengiriman, karena tarifnya yang relatif murah dan selalu tersedia, adapun estimasi pengirimannya yaitu 2 hingga 4 hari kerja, tergantung jarak tempuh ke lokasi tujuan.

ECO yang merupakan singkatan dari Economy adalah layanan yang mengedepankan tarif lebih terjangkau dari layanan lainnya. Tentu bisa menjadi pilihan anda jika menginginkan kirim barang dengan tarif yang murah.

Estimasi pengirimannya memang lebih lama daripada jenis REG, yaitu hingga 7 hari kerja. Jenis layanan ini cocok untuk anda yang ingin berhemat.

Apabila anda ingin mengirimkan barang dengan berat minimal 10 kg, anda dapat menggunakan layanan TRC atau Trucking Service. Jadi tidak hanya mengirim paket dengan ukuran kecil, tapi anda juga bisa kirim barang berat melalui layanan dengan moda transportasi truk ini.

Tak hanya pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, anda juga dapat kirim barang ke luar negeri dengan terjangkau. Caranya adalah dengan menggunakan layanan INT atau International Service.

Melalui layanan ini, anda dapat mengirim barang ke berbagai negara seperti Jepang, Cina, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, USA, Jerman, Australian, dan lainnya.

Baca juga: Langkah Mudah Cara Cek Ongkir TIKI dengan Harga Kompetitif

Contoh Perbandingan Layanan TIKI

layanan tiki
Sumber: tiki.id

Agar lebih memahami perbandingan dari berbagai layanan yang tersedia, anda perlu melihatnya dengan melakukan cek ongkir. Karena akan tampil layanan apa saja yang tersedia beserta tarif dan estimasi pengirimannya.

Berikut ini salah satu simulasi melihat layanan yang tersedia untuk pengiriman barang dengan berat 1 kg, dari Jakarta ke Bandung.

layanan tiki
Sumber: tiki.id

Berdasarkan informasi pada gambar diatas terdapat berbagai layanan yang tersedia untuk mengirim barang dari Jakarta ke Bandung. 

Dari layanan paling murah yaitu ECO dengan tarif hanya Rp 10 ribu hingga layanan tercepat dengan estimasi sampai pada hari yang sama dengan menggunakan SDS.

Anda bisa menyesuaikan pilihan layanan tersebut sesuai kebutuhan pengiriman.

Ada layanan pengiriman barang yang bekerja sama dengan berbagai ekspedisi lainnya di Indonesia yaitu Everpro Shipping. Percayakan kebutuhan pengiriman barang Anda pada Everpro sekarang juga!

Benefit Everpro Shipping

  • Murahnya Kirim Paket dengan Cashback hingga 30% untuk metode pengiriman reguler.
  • Bebas tentukan kurir ekspedisi favorit dari 20+ pilihan ekspedisi ke seluruh Indonesia.
  • Sekali transaksi, bisa kirim ke banyak lokasi
  • Pencairan dana COD hanya 1×24 jam setiap hari
  • Data penjualan dan pengiriman di tersaji di satu dashboard lengkap
  • Jemput paket di mana saja tanpa minimal jumlah atau berat
  • Mudah klaim bila paket bermasalah
  • Fitur Ticketing antara user, tim Everpro dan tim 3PL
  • RTS Scoring fitur berbasis AI yang membantu dalam meninjau lokasi order & memperkecil kemungkinan RTS

Tunggu apalagi? Segera rasakan ragam keuntungan dengan menggunakan layanan Everpro Shipping!

Demikian penjelasan mengenai berbagai jenis layanan TIKI hingga contoh perbandingannya.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. 

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih

Cara Kirim Paket JNE

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik cara kirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih mengerti