Data pelanggan makin banyak tapi malah makin berantakan? Mau follow up eh malah bingung dan lebih parahnya, kamu nggak sadar ada pelanggan lama yang hilang tanpa jejak padahal mereka bisa jadi repeat order. Sudah fix, kamu harus tahu manfaat CRM untuk bisnis.
Sebagai pelaku UMKM, seller marketplace, atau bagian dari tim CS (Customer Service), ini merupakan realita yang sering terjadi. Masalahnya bukan di banyaknya jumlah pelanggan kamu, tapi cara mengelola datanya. Simak, pembahasan lengkap manfaat CRM untuk bisnis.
Apa Manfaat CRM untuk Bisnis?
Peran penting CRM (Customer Relationship Management) merupakan senjata rahasia buat bantu kamu mengola manfaat CRM untuk bisnis. Di sinilah CRM hadir bukan sebagai teknologi mewah, namun sebagai penyelamat buat bisnis yang lagi bertumbuh.
1. Mengatur Data Pelanggan Rapi dan Otomatis
Mengatur data pelanggan nggak perlu lagi buka banyak tab, cari nama pelanggan satu-satu dari ratusan chat, atau takut malah salah kirim. Dengan mengetahui manfaat CRM untuk bisnis, semua data (nama, nomor WhatsApp, riwayat pembelian).
Tersimpan rapi dalam satu tempat. Otomatis dan gampang dicari, kan? Aplikasi CRM by Everpro, rasanya kayak punya asisten pribadi yang hafal semua pelangganmu.
2. Kemudahan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan
Bikin pelanggan merasa dihargai seperti: ada pelanggan setia yang tiap bulan selalu beli? Kirimin ucapan terima kasih atau beri promo spesial. Pelanggan ulang tahun? CRM bantu kirim ucapan otomatis, begitulah cara meningkatkan layanan pelanggan.
Bahkan bukan sekadar untuk follow up paket atau check-in setelah mereka belanja, semua bisa dijadwalkan secara otomatis dan terorganisir. Kamu bisa tetap fokus beresin packing dan hubungan pelanggan lama maupun baru tetap terjaga dengan baik.
3. Menaikkan Potensi Repeat Order
Manfaat CRM untuk bisnis selanjutnya yaitu, misal Mbak Anita pernah beli skincare dari tokomu. Nah, CRM bisa melihat riwayat belanja dia dan menawarkan produk pelengkap. Intinya sih, kalau kamu mau upselling nggak perlu maksa gitu.
Karena kamu tahu persis apa yang pelanggan butuhkan, hal ini bukan jualan asal tembak ya! Tapi jualan yang personal dan cerdas. Gimana kalau lagi banjir orderan terus ada repeat order? Tenang, kehadiran Everpro CRM bantu meningkatkan bisnismu.
4. Follow Up Tidak Saling Tabrak
Pernah ngalamin nggak, satu pelanggan malah dihubungi oleh dua CS (Customer Service) yang berbeda? Duh.. nggak enak banget kan, bisa bikin ilfeel pelanggan dan kamu jadi kelihatan nggak profesional karena kejadian follow up tabrakan.
Nah, CRM menyimpan semua riwayat interaksi jadi setiap tim di bisnis kamu bisa saling tahu siapa yang lagi handle siapa. Sehingga kerja tim lebih rapi dan efisien dan manfaat CRM untuk bisnis pasti bisa meningkatkan operasional toko online kamu.
5. Memiliki Laporan Performa yang Jelas
Mungkin kamu suka tebak-tebakan: “Hm.. kayaknya produk ini paling laris, deh” atau tiba-tiba kepikiran: “Pelanggan yang setia siapa aja ya?”. Dari pada mikir lama yang belum pasti, lebih baik menggunakan CRM yang selalu punya laporan performa.
Semua data yang terkumpul, bisa kamu lihat dalam bentuk laporan jelas yang rapi. Lalu, kamu juga tahu produk mana aja yang paling laku, dan siapa pelanggan paling loyal. Bahkan manfaat CRM untuk bisnis perlihatkan performa setiap kampanye.
Cara Maksimalkan Data Pelanggan Bersama Everpro CRM
Everpro CRM membantu kamu dalam menyimpan, mengelola, dan memanfaatkan data pelanggan dengan lebih rapi, jelas, dan cerdas. Bukan cuma untuk dicatat aja, tapi bisa kamu pakai untuk retargeting, upselling, dan pelayanan personalisasi lainnya.
Manfaat CRM untuk bisnis seperti mengelola hubungan dengan sistem yang lebih terstruktur, supaya kamu bisa fokus penjualan tanpa ribet urusin data, dan paling penting yaitu bikin pelanggan balik lagi dan lagi alias repeat order, karena kualitas dan layanan yang baik.
1. Retargeting
Retargeting membantu kamu menarik kembali pelanggan yang hampir hilang. Di situasi biasa, mungkin kamu lupa pernah ada pelanggan yang beli mukena di tokomu tepat dua bulan lalu. Dengan Everpro CRM kamu bisa kirim otomatis promo spesial biar order lagi.
Contohnya: “Hai Kak Bunga, udah lama nih nggak mampir ke toko kami. Khusus buat kakak, ada diskon 10% di minggu ini, semoga Kak Bunga suka yaa!”. Tanpa repot kamu cari satu-satu, sistem Everpro CRM bantu kamu membawa kembali pelanggan.
2. Upselling
Upselling yaitu menambah nilai dari pelanggan yang sudah ada. Contohnya: ada pelanggan setia yang baru banget beli sepatu running. Nah, kenapa nggak sekalian aja kamu tawarin juga kaos kaki anti-slip atau tas sepatu lari?
Bersama Everpro CRM, kamu bisa melihat potensi menguntungkan ini dan langsung kirim penawaran produk pelengkap lainnya yang relevan. Jadi bukan cuma jualan lebih banyak tetapi menawarkan sesuatu yang benar-benar pelanggan butuhkan.
3. Pelayanan Personalia
Pelayanan personalia adalah manfaat crm untuk bisnis berupa sapaan yang lebih personal untuk menarik emosional pelanggan. Kayak dapat pesan yang nyebut nama kamu, beda ya terasa lebih hangat dan lebih personal saat bacanya.
Contoh sederhana seperti ini: “Happy Birthday, Kak Nana! Semoga sehat dan bahagia selalu. Ada kado kecil dari kami: voucher belanja spesial buat kak Nana”. Hal-hal kecil begini bisa bikin pelanggan senang lalu balik lagi belanja di tokomu.
Bersama Everpro CRM, kamu bisa membangun hubungan yang lebih dalam dan hangat dengan setiap pelanggan. Manfaat CRM untuk bisnis bukan hanya transaksi, oke! Yuk, mulai merapikan data pelanggan dan memaksimalkan repeat order sekarang dengan Everpro CRM.