everpro

Sulit Cari Nama Toko? Ikuti Tips dan Cara Cek Nama Olshop

nama toko

Perencanaan bisnis online sudah selesai, tapi Anda malah kesulitan mencari nama toko? Ya, ternyata memilih nama online shop yang bagus dan kekinian memang susah-susah gampang. Apalagi kalau sudah menemukan nama unik, namun ternyata sudah digunakan oleh seller lain. Jadi harus mikir lagi dari awal ya. Kira-kira bagaimana caranya dalam memilih nama online shop?

Nama olshop adalah hal pertama yang akan pengguna lihat sebagai daya tarik tersendiri. Sering terjadi nih, seller salah memilih nama yang berujung pada kurang yakinnya pembeli pada seller.

Jadi sebenarnya, seberapa penting pemilihan nama olshop pada bisnis Anda? Jawabannya amat penting. Untuk meminimalisir hal di atas terjadi, mari simak artikel berikut sebagai inspirasi.

Tips Menemukan Inspirasi Nama Toko

nama toko
Sumber: google.com

Bisnis online menjadi salah satu pilihan dalam menjalankan sebuah usaha di era digital. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa jenis bisnis ini terbilang gampang-gampang susah.

Tentunya membutuhkan fokus dan usaha yang tak sedikit dalam menjalankan bisnis online. Demikian pula, saat ini persaingan online shop di marketplace semakin sulit.

Mungkin terlihat mudah dan instan, akan tetapi ada beberapa langkah yang perlu Anda coba dalam menemukan sebuah inspirasi. Kehilangan ide, tak hanya terjadi pada para penulis.

Namun seller, brand owner, dan pelaku UMKM pun pasti merasakan hal yang sama. Supaya Anda bisa mengatasinya, simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencari inspirasi.

1. Ketahui Jenis Bisnis Anda

Tips pertama yaitu mengetahui jenis bisnis produk Anda termasuk makanan, pakaian, atau barang elektronik. Tentunya dengan mengetahui produk, akan memudahkan Anda untuk menentukan langkah-langkah selanjut dalam memilih nama toko bisnis online. Pastikan pemilihan bisnis sesuai dengan jenis produk, agar tidak menimbulkan salah arti.

2. Ciri Khas Target Pasar

Dari riset pasar, Anda dapat lebih memahami produk dan juga calon pelanggan. Hal tersebut dapat Anda awali dengan mencari produk serupa oleh kompetitor. Mulai dari karakteristik produk, harga di pasaran, hingga cara kompetitor melayani pembeli. Apabila Anda sudah mengetahui ciri khas dari target pasar, maka bisa menggunakan nama sesuai target audience

Everpro

3. Tentukan Platform Jualan

Platform jualan online sudah banyak, tinggal Anda sendiri yang memilihnya. Apakah mau berjualan di media sosial, bikin website toko, marketplace, maupun di e-commerce. Semisal menggunakan Instagram dapat menggunakan nama aesthetic yang memang sudah kita ketahui bahwa platform tersebut memiliki ciri khas pengguna dengan mengutamakan nilai estetika.

4. Melirik Media Sosial

Sama halnya seperti penjelasan sebelumnya, cobalah untuk melihat media sosial. Dari sana Anda bisa mencari sebuah ide, mengenai tulisan, gambar, dan lain sebagainya. Bahkan dari postingan warga Twitter atau Instagram bisa menjadi inspirasi nama online shop. Pada tips ini, perhatikan media sosial orang-orang yang banyak memberikan inspirasi sesuai bisnis Anda.

5. Menonton Film dan Iklan

Tips ampuh selanjutnya yaitu menonton film maupun iklan sebagai cara mendapat inspirasi nama toko. Percaya atau tidak, cobalah menonton film dengan alur cerita menarik yang sama seperti bisnis Anda. Sebagai contoh, bisnis Anda tentang pakaian maka cobalah menonton film tentang fashion. Lalu apabila bisnis makanan, Anda bisa melihat beberapa iklan makanan.

6. Istirahat Sejenak 10 Menit

Setelah mencoba beberapa tips di atas, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Jangan pernah memaksakan diri untuk terus produktif, sebab tidak ada salahnya beristirahat sejenak sambil menyegarkan pikiran. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan seperti menggambar maupun menulis abstrak untuk menyalurkan ide yang ada di sekitar.

7. Berdiskusi Dengan Teman

Tipe kepribadian seseorang memang berbeda, ada orang lebih menyukai kesendirian dalam mencari inspirasi nama toko dan ada orang lebih senang berdiskusi untuk mencari ide. Ketahui tipe kepribadian Anda, jika terasa sulit mencari ide dalam kesendirian. Maka lakukan diskusi dengan teman dekat, keluarga, maupun pasangan guna mendapatkan sudut pandang berbeda.

Baca juga: Kesulitan Mengelola Toko? Gunakan Jasa Kelola Ecommerce

Tips Menentukan Nama Toko online

nama toko
Sumber: google.com

Apakah Anda masih belum menemukan nama online shop menarik? Sedangkan nama olshop menjadi identitas tersendiri bagi suatu bisnis. Hal utama yang perlu Anda ingat yaitu sesuaikan nama dengan industri bisnis yang sedang Anda jalani. Belum lagi, jika sudah Ada pihak lain yang menggunakan nama merek tanpa izin, Anda bisa melakukan gugatan perdata.

Berdasarkan UU No. 26 tahun 2006 mengenai merek dan indikasi Geografis, Anda dapat melakukan gugatan perdata, pengaduan pidana, dan alternatif sengketa. Seram juga ya! Maka dari itu jangan lupa untuk melakukan cek nama merek dagang. Dari pada terlalu lama menentukan nama online shop. Yuk, simak tips menentukan nama yang tepat.

Singkat dan Sederhana

Buatlah nama online singkat dan sederhana agar satu kali dilihat saja sudah bisa orang lain ingat. Dalam penentuan, pastikan untuk menulis semua kata kunci yang berhubungan dengan niche bisnis Anda. Selanjutnya cari nama cukup punya 1 sampai 4 suku kata saja seperti contoh Shopee, Tokopedia, BukaLapak, Lazada, BliBli, Tiket, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Berbeda dan Otentik

Pertama yaitu pikirkan nama yang berkaitan dengan jenis produk Anda, lalu visualisasikan nama tersebut dengan suatu benda atau hal yang masih ada relevansinya. Contoh: Tanamera Coffee singkatan dari Tanah Merah (Tanamera) untuk gambaran dari tanah subur di Indonesia. Dapat menciptakan beragam jenis kopi berkualitas bagi setiap orang, meskipun bukan pecinta kopi. 

Deskriptif dan Mudah Dieja

Tak kalah penting perlu Anda perhatikan yaitu nama harus sesuai dengan deskripsi produk untuk bisa menjelaskan layanan. Kunci rahasianya yakni kumpulkan semua kata kunci yang saling berhubungan dengan bisnis. Kemudian pilih salah satu nama yang bagus dan paling sesuai. Tak lupa perhatikan kemudahan bagi pelanggan saat mencari nama toko Anda di mesin pencarian.

Cara Cek Nama Toko Online

nama toko
Sumber: google.com

Tips mencari inspirasi nama bisnis harus Anda siapkan dengan beberapa pilihan, mengapa? Karena setelah Anda menemukan nama bisnis yang menarik. Hal selanjutnya yaitu melakukan cara cek nama toko online agar tidak mendapat gugatan dari pebisnis lainnya. Jangan anggap sepele hal ini ya, persoalan merek dagang terdapat di dalam Undang-Undang Indonesia.

Berdasarkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, merek merupakan tanda berupa tampilan secara gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, dan susunan warna dalam bentuk 2 sampai 3 dimensi. Suatu merek berfungsi untuk membedakan barang atau jasa dalam kegiatan perdagangan. Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat Anda ikuti secara mudah.

nama toko
Sumber: everpro.id
  • Buka browser dan masuk ke laman resmi https://pdki-indonesia.dgip.go.id/ 
  • Pada halaman berada website, silahkan pilih menu Merek
  • Masukkan Nama Merek atau nama toko online yang ingin Anda cek
  • Selanjutnya, klik tombol Cek dan tunggu hingga hasil pencarian muncul

Baca juga: Inilah Top 10 Marketplace Indonesia Terfavorit untuk Belanja

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?