everpro

Omnichannel Retailing Adalah: Pengertian, Keuntungan, Cara, Tantangan

Omnichannel Retailing adalah?  Sudah kenal dengan istilah ini? Jika belum, simak artikel ini sampai habis untuk meningkatkan penjualan bisnis retailmu!

Industri retail mengalami perubahan signifikan akibat dampak dari gangguan teknologi, tuntutan pelanggan, dan perubahan perilaku berbelanja. Perusahaan yang tidak bisa beradaptasi menghadapi kesulitan untuk bertahan.

Omnichannel retailing, konsep terbaru dalam dunia perbelanjaan, tumbuh pesat di industri retail Indonesia sebagai respons terhadap dinamika tersebut.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai omnichannel retailing di Indonesia.

Mari kita bersama-sama menjelajahi revolusi pengalaman berbelanja konsumen Indonesia melalui omnichannel untuk bisnis ritel di masa mendatang.

Apa yang Dimaksud dengan Omnichannel Retailing?

omnichannel retailing adalah
Sumber: Freepik

Omnichannel Retailing adalah perusahaan ritel berinteraksi dengan pelanggan melalui beberapa media dan channel penjualan sekaligus dalam strategi omnichannel retail.

Dalam omnichannel retail, perusahaan memiliki akses terhadap informasi pelanggan selama interaksi, bahkan ketika pelanggan berpindah antar channel komunikasi.

Pelanggan dapat mencari produk melalui desktop, membandingkan harga melalui perangkat seluler, dan kemudian mengunjungi toko fisik untuk menyelesaikan pembelian.

Proses komunikasi dengan pelanggan berjalan dengan mulus, tanpa perlu mengulangi langkah-langkah pembelian pada setiap channel yang berbeda.

Secara keseluruhan, retail omnichannel mengintegrasikan semua channel penjualan seperti toko fisik, situs web, dan media sosial untuk menciptakan pengalaman terbaik.

Baca Juga: E-Commerce Specialist: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Jenjang Karir

Mengapa Retail Omnichannel Penting?

omnichannel retailing adalah
Sumber: Freepik

Perubahan perilaku konsumen dan pergeseran tren belanja yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir membuat strategi omnichannel retail sangat penting dalam industri ritel modern.

Pelanggan saat ini mengharapkan pengalaman belanja yang mulus dan terkoordinasi di semua saluran penjualan, tanpa terbatas pada satu saluran tertentu.

Mereka sering sekali beralih antara toko fisik, situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan lainnya saat membeli produk, tergantung pada kenyamanan dan preferensi mereka.

Dalam omnichannel retail, pelanggan dapat mengalami pengalaman belanja yang terintegrasi dan cepat melalui berbagai saluran penjualan, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas merek.

Baca Juga: Apa Perbedaan E-Commerce dan Marketplace? Ini Jawabannya!

Keuntungan Menggunakan Omnichannel Retailing

omnichannel retailing adalah
Sumber: Freepik

Keuntungan menggunakan omnichannel retailing adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Dengan menerapkan omnichannel retailing, perusahaan memungkinkan pelanggan untuk mengalami pengalaman belanja yang terintegrasi dan serba cepat melalui berbagai saluran penjualan.

Pelanggan memiliki kebebasan untuk memilih saluran yang paling nyaman bagi mereka, seperti situs web, aplikasi seluler, atau toko fisik.

Pengalaman belanja yang terintegrasi ini memberikan kepuasan kepada pelanggan dan membangun loyalitas terhadap merek.

2. Personalisasi Pengalaman

Dengan menggunakan omnichannel retailing, perusahaan dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran penjualan dan menggunakan informasi ini untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih personal dan relevan.

Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu perusahaan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

3. Memperluas Jangkauan Pelanggan

Dengan menerapkan omnichannel retailing, perusahaan dapat mencapai pelanggan melalui berbagai saluran penjualan, seperti toko fisik, situs web, aplikasi seluler, dan media sosial.

Dalam hal ini, perusahaan dapat memperluas jangkauan pelanggan dan ini menjadi cara meningkatkan omset  penjualan.

4. Efisiensi Operasional

Dengan menerapkan omnichannel retailing, perusahaan dapat mengelola inventaris dan pesanan secara terintegrasi di semua saluran penjualan yang membantu meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko kelebihan atau kekurangan stok barang.

5. Meningkatkan Produktivitas dan Laba

Dengan menerapkan omnichannel retailing, perusahaan dapat mencapai pelanggan melalui berbagai saluran penjualan dan memberikan pengalaman belanja yang terintegrasi.

Selain itu, ini akan berdampak positif terhadap produktivitas, penjualan, dan laba perusahaan.

Cara Melakukan Pengalaman Berbelanja dengan Omnichannel

Untuk menerapkan pengalaman berbelanja dengan omnichannel, ada beberapa langkah yang dapat diikuti.

1. Memahami Perilaku Konsumen

Untuk meningkatkan pemahaman tentang karakteristik konsumen dalam memilih dan membeli produk serta berinteraksi dengan merek, perusahaan dapat melakukan riset pengalaman dan berinteraksi melalui semua platform yang tersedia.

Langkah ini akan membantu perusahaan memahami kebutuhan dan preferensi konsumen dengan lebih baik.

2. Mengintegrasi Saluran Penjualan Berbasis Cloud

Selanjutnya, perusahaan harus mengintegrasikan saluran penjualan mereka dengan menggunakan platform berbasis cloud.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengatasi tantangan dalam mengintegrasikan teknologi baru dan memungkinkan personalisasi saat menjual produk kepada pelanggan.

Integrasi saluran penjualan ini akan membantu meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko kelebihan atau kekurangan stok.

3. Mulai dengan Menggunakan Channel Paling Fundamental

Dalam transformasi digital, komunikasi yang bebas hambatan antara perusahaan dan pelanggan penting. Pelanggan dapat menghubungi bisnis kapan saja, dan perusahaan dapat melayani mereka dengan efisien.

Untuk menyediakan saluran komunikasi yang beragam, perusahaan sebaiknya mengadopsi panggilan masuk dan keluar, SMS, email, dan pesan web.

Memastikan pengalaman pelanggan yang baik melalui saluran-saluran fundamental ini merupakan pencapaian besar.

4. Mempersiapkan Agent

Mulailah implementasi omnichannel retail experience dengan mempersiapkan agent yang terampil dan terlatih dalam customer engagement.

Agent yang terbiasa dengan fungsi customer engagement dan telah menjalani pelatihan akan memastikan pengalaman pelanggan yang baik melalui solusi omnichannel retail.

5. Integrasikan Alat Analisis

Agar analisis lebih efisien, penting untuk mengintegrasikan voice analytic dan text analytic dalam satu sistem.

Ini membantu menghindari data tidak dapat diakses, memungkinkan pelacakan interaksi di berbagai media, dan mencegah terbentuknya data tidak terstruktur yang dapat menghambat analisis.

Tantangan Menggunakan Omnichannel Retailing

Tantangan dalam menggunakan Omnichannel Retailing adalah sebagai berikut:

1. Integrasi Sistem yang Kompleks

Menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui integrasi semua elemen penjualan, seperti toko fisik, toko online, customer service, dan media sosial, tidaklah mudah.

Tantangan terbesarnya adalah memastikan bahwa semua elemen ini terhubung dengan baik, sehingga data pelanggan tersimpan secara akurat dan pelayanan yang diberikan di semua saluran penjualan konsisten dan berkualitas.

2. Kesulitan dalam Melacak Interaksi Pelanggan

Dengan menganalisis berbagai channel engagement secara terpisah, perusahaan akan kesulitan untuk melacak semua interaksi yang terjadi di berbagai media.

Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya data silo dan mengganggu analisis data secara menyeluruh.

3. Kompleksitas dalam Mengimplementasikan

Untuk mengimplementasikan omnichannel retailing, diperlukan integrasi yang baik antara saluran penjualan yang berbeda.

Hal ini dapat menjadi tantangan karena memerlukan koordinasi yang baik antara toko fisik, toko online, customer service, dan media sosial.

4. Kesulitan dalam Menyediakan Pengalaman Terintegrasi

Omnichannel retailing memberikan pengalaman belanja yang terintegrasi bagi pelanggan dengan menghubungkan saluran penjualan yang berbeda menjadi satu kesatuan.

Namun, sinkronisasi yang baik antara saluran penjualan yang berbeda dapat menjadi tantangan dalam menyediakan pengalaman ini.

5. Kesulitan dalam Menyederhanakan Interaksi dengan Pelanggan

Omnichannel retailing memudahkan pelanggan untuk mengakses informasi produk dan berbelanja melalui berbagai saluran penjualan dengan menyederhanakan interaksi mereka.

Namun, koordinasi yang baik antara saluran-saluran tersebut dapat menjadi tantangan dalam mencapai hal ini.

Itu dia beberapa hal seputar omnichannel retailing. Ternyata, retail omnichannel memiliki sederet manfaat yang meningkatkan penjualan, ya?

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu dalam meningkatkan penjualan usaha retailmu dan bisa diterapkan juga.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi menarik seputar bisnis hanya di Everpro, ya!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Tahukah kamu kalau Everpro Marketplace Enabler bisa juga lho meningkatkan penjualan bisnis online di marketplace seperti artikel di atas? Bisa banget!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Nah, udah tahu keuntungan yang didapat, kan? Tidak usah ragu lagi, daftar sekarang juga untuk meningkatkan penjualan bisnis online kamu dengan menggunakan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya