Pahami Perbedaan Omnichannel dan Multichannel dalam Bisnis

Jangan Biarkan Bisnis Anda Tertinggal! Pahami Perbedaan Omnichannel dan Multichannel untuk Menghadapi Era Digital yang Semakin Kompetitif!

Para pemilik bisnis saat ini  perlu pemahaman tentang perbedaan strategi menggunakan omnichannel dan multichannel.

Dalam bisnis yang kompleks dan saluran komunikasi yang beragam, pemilik bisnis perlu memahami strategi yang sesuai dengan tujuan mereka.

Dengan memahami perbedaan dan kelebihan masing-masing, sehingga pemilik bisnis dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengoptimalkan pengalaman pelanggan, meningkatkan penjualan, dan memperkuat posisi mereka di pasar yang semakin sengit.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci perbedaan antara omnichannel dan multichannel.

Baca Juga : Ini Dia! 8+ Contoh Omnichannel di Indonesia dari Brand Ternama!

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel
Sumber : Freepik.com

Perbedaan yang paling mendasar antara omnichannel dan multichannel terletak pada integrasi saluran komunikasi.

Dalam strategi omnichannel, semua saluran komunikasi terintegrasi menjadi satu platform terpusat.

Sedangkan dalam strategi multichannel, saluran-saluran komunikasi terintegrasi di saluran masing-masing.

Contoh praktik strategi omnichannel adalah ketika pelanggan dapat memulai pembelian di toko fisik, melanjutkan di aplikasi seluler, dan menyelesaikan transaksi melalui situs web dengan pengalaman yang serupa.

Dalam hal ini, customer journey akan terbentuk dan saling terhubung satu sama lain, sehingga data dapat dipersonalisasikan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal.

Sedangkan contoh dari praktik multichannel, pelanggan dapat memilih berbagai saluran pemasaran yang berbeda sesuai keinginan.

Misalnya, mereka bisa berbelanja di toko fisik dan memesan produk melalui situs web.

Baca Juga : Omnichannel Adalah? Cari Tahu Jawabannya Di Sini!

Jenis Channel Omnichannel

Berikut adalah beberapa jenis channel saluran pemasaran omnichannel yang sering digunakan. Agar pemilik bisnis dapat menyediakan pengalaman yang terkoordinasi dan konsisten kepada pelanggan di berbagai saluran komunikasi.

1. CRM (Customer Relationship Management)

Aplikasi CRM membantu bisnis dalam mengelola interaksi dengan pelanggan. Dalam konteks omnichannel, CRM dapat membantu mengintegrasikan data pelanggan dari berbagai saluran komunikasi, seperti toko fisik, situs web, dan media sosial.

Karena hal tersebut memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman yang konsisten dan personal kepada pelanggan.

2. E-commerce Platform

Platform e-commerce yang menggunakan strategi omnichannel memungkinkan pelanggan untuk berbelanja melalui berbagai saluran komunikasi, seperti situs web, aplikasi seluler, dan toko fisik. Data pelanggan, riwayat pembelian, dan preferensi dapat terintegrasi  sehingga memberikan pengalaman belanja yang mulus dan terkoordinasi.

3. Mobile Apps

Aplikasi seluler berbasis omnichannel memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis melalui perangkat mobile. Dalam aplikasi ini, pelanggan dapat melakukan pembelian, mengakses informasi produk, mendapatkan penawaran khusus, dan berkomunikasi dengan layanan pelanggan. Data dan preferensi pelanggan dapat tersinkronasi di semua saluran komunikasi.

4.Social Media Management Tools

Tools manajemen media sosial yang mendukung strategi omnichannel memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan saluran komunikasi media sosial dengan saluran lainnya. Hal ini mempermudah pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis melalui platform media sosial dan memungkinkan bisnis untuk menjaga konsistensi pesan dan pengalaman di semua saluran.

Jenis Channel Multichannel

Berikut adalah beberapa jenis channel saluran pemasaran multichannel, ada beberapa yang sama dengan omnichannel tapi berbedaannya adalah tidak dalam satu saluran yang terintegrasi:

1. Point-of-Sale (POS) Systems

Sistem POS multichannel digunakan dalam bisnis ritel untuk mengelola transaksi di toko fisik. Ini mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan penjualan, pembayaran, dan manajemen inventaris.

2. E-commerce Platforms

Platform e-commerce multichannel memungkinkan bisnis untuk menjual produk mereka secara online melalui situs web, aplikasi seluler, dan pasar online. Ini membuka banyak saluran penjualan yang berbeda bagi pelanggan untuk berbelanja dan membeli produk.

Baca Juga : 7 Aplikasi Omnichannel Terbaik Marketplace Indonesia

Apakah Omnichannel lebih baik dari Multichannel ?

Omnichannel dan multichannel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah poin-poin yang menjelaskan perbandingan antara kedua strategi pemasaran tersebut:

Kelebihan Omnichannel

  • Omnichannel memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman yang konsisten kepada pelanggan di berbagai saluran komunikasi. Hal ini meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat citra merek.
  • Dengan omnichannel, pemilik bisnis dapat mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran untuk mempersonalisasi pengalaman pelanggan. Hal ini membuat pelanggan merasa dihargai dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Dengan terintegrasi secara terpusat, omnichannel dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Data dan proses dapat disinkronkan di semua saluran, mengurangi kerumitan dan biaya yang terkait.

Kekurangan Omnichannel

  •  Implementasi strategi omnichannel dapat rumit dan membutuhkan investasi waktu, sumber daya, dan teknologi yang signifikan. Bisnis harus memastikan integrasi saluran komunikasi yang lancar.
  • Dalam omnichannel, ada banyak data yang harus dikelola dan disinkronkan di berbagai saluran. Bisnis harus memiliki sistem yang kuat untuk mengelola dan memanfaatkan data tersebut.

Kelebihan Multichannel

  • Fleksibilitas saluran memberikan pelanggan pilihan saluran komunikasi yang beragam. Mereka dapat memilih saluran yang mereka sukai untuk berinteraksi dengan bisnis.
  •  Dengan menggunakan berbagai saluran pemasaran, multichannel memungkinkan bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan beragam karena menggunakan berbagai macam saluran pemasaran.

Kekurangan Multichannel

  • Dalam multichannel, pengalaman pelanggan dapat bervariasi di setiap saluran komunikasi. .
  • Saluran komunikasi dalam multichannel seringkali tidak terintegrasi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam melacak dan mengelola data pelanggan secara komprehensif.

Secara keseluruhan, tidak ada satu strategi pemasaran yang lebih baik daripada yang lain, karena setiap strategi memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Keputusan antara omnichannel dan multichannel harus berdasarkan pada kebutuhan dan sasaran bisnis, serta kemampuan untuk mengelola dan mengimplementasikan strategi tersebut.

Baca Juga : Omnichannel Retailing Adalah: Pengertian, Keuntungan, Cara, Tantangan

Layanan Everpro MP Enabler

Dengan menggunakan layanan Everpro MP Enabler, Anda dapat meningkatkan pengalaman omnichannel bisnis Anda. Dengan integrasi yang mulus antara platform online dan offline, layanan ini memungkinkan Anda untuk menyediakan pengalaman yang konsisten dan personal bagi pelanggan di seluruh saluran. Nikamati benefit lain yang akan Anda dapatkan :

  • Konsultasi Dengan Ahli
  • Optimasi Tampilan Toko & Produk
  • Aktivasi Strategi Iklan Efektif
  • Pilih Layanan Sesuai Kebutuhan
  • Optimasi Tampilan Toko & Produk

 

DAFTAR SEKARANG

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya