everpro

Ini Dia! 8+ Contoh Omnichannel di Indonesia dari Brand Ternama!

Ingin tahu contoh omnichannel di Indonesia? Kamu berada di artikel yang tepat! Maka dari itu, simak artikel ini sampai habis agar kamu mengetahuinya!

Dalam era digital saat ini, dunia bisnis telah mengalami perkembangan yang pesat.

Pelanggan tidak hanya menginginkan transaksi dan pembelian, tetapi mereka juga menginginkan pengalaman yang tak terlupakan dan terhubung dengan merek atau perusahaan yang mereka pilih.

Untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten, personal, dan terintegrasi, strategi omnichannel memainkan peran yang sangat penting.

Strategi ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai saluran yang mereka pilih.

Dalam artikel ini, kita akan melihat beberapa contoh omnichannel yang telah berhasil diterapkan oleh merek-merek terkemuka.

Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan, kita dapat menjalin hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Pengertian Omnichannel

Dalam pendekatan penjualan multi saluran, yang dikenal sebagai omnichannel, fokus utamanya adalah memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan selama berbelanja online, baik melalui perangkat seluler, laptop, maupun di toko fisik.

Tujuannya adalah menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten dan terhubung di semua saluran, bukan hanya pada saluran individual.

Dalam merancang strategi omnichannel, perusahaan menggunakan berbagai saluran komunikasi dan penjualan yang saling terhubung untuk mempermudah aktivitas belanja pelanggan.

Ini memungkinkan pelanggan dengan mudah mengakses informasi dan melakukan transaksi dari satu saluran ke saluran lainnya.

Dengan menerapkan pendekatan ini, perusahaan dapat meningkatkan layanan dan penjualan bisnis, memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

8 Contoh Omnichannel di Indonesia

Beberapa merek terkemuka di Indonesia telah aktif menerapkan strategi omnichannel. Sekarang, kita akan melihat gambaran singkat tentang bagaimana masing-masing merek menerapkan pendekatan omnichannel ini.

1. Sephora Indonesia

contoh omnichannel di indonesia
Sumber: google.com

Sephora Indonesia adalah contoh sukses implementasi strategi omnichannel di Indonesia. Mereka tidak hanya menjual produk secara online, tetapi juga memiliki toko fisik dan aplikasi mobile.

Dengan pendekatan omnichannel, pelanggan dapat berbelanja melalui berbagai saluran, seperti situs web, aplikasi mobile, atau kunjungan langsung ke toko fisik.

Sephora Indonesia memberikan sampel gratis dan pengiriman gratis untuk pembelian di atas Rp500.000.

Dengan strategi ini, mereka menciptakan pengalaman belanja terhubung dan konsisten bagi pelanggan, meningkatkan kepuasan dan memperluas jangkauan bisnis di pasar kosmetik Indonesia.

Baca Juga: 10 Cara Untuk Meningkatkan Omset Penjualan, Harus Dicoba Nih!

2. IKEA Indonesia

contoh omnichannel di indonesia
Sumber: google.com

IKEA Indonesia merupakan contoh sukses implementasi strategi omnichannel di Indonesia. Mereka memiliki toko fisik dan toko online, serta menggunakan aplikasi mobile untuk memudahkan pelanggan berbelanja.

Dengan teknologi Augmented Reality (AR), pelanggan dapat memvisualisasikan produk tanpa perlu ke toko.

Pendekatan omnichannel memungkinkan pelanggan memilih antara berbelanja online atau mengunjungi toko fisik, menciptakan pengalaman belanja yang terhubung dan konsisten.

Fokus pada strategi omnichannel membantu IKEA Indonesia meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis di pasar furnitur Indonesia.

Baca Juga: Cepat, Mudah dan Gratis! Ini Cara Membuat Banner Toko Online yang Efektif

3. Tokopedia

contoh omnichannel di indonesia
Sumber: google.com

Tokopedia, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, telah berhasil menerapkan strategi omnichannel dengan menyediakan lebih dari 250 juta produk dari 7,2 juta pedagang.

Dalam pendekatan omnichannel, Tokopedia menggunakan berbagai saluran penjualan dan komunikasi, termasuk situs web, aplikasi mobile, dan toko fisik mitra.

Integrasi dengan platform loyalty Tada meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.

Dengan pendekatan ini, Tokopedia menciptakan pengalaman belanja yang terhubung dan konsisten, memastikan pelanggan dapat beralih antara saluran online dan offline dengan mudah.

Pendekatan omnichannel ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperluas jangkauan bisnis Tokopedia di pasar e-commerce Indonesia.

Baca Juga: Mudah Banget! Ini Dia Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia

4. Shopee

omnichannel di shopee
Sumber: google.com

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, berhasil menerapkan strategi omnichannel dengan menyediakan berbagai saluran penjualan dan komunikasi terhubung.

Melalui aplikasi mobile, pelanggan dapat mencari, membeli produk, dan berinteraksi dengan penjual, serta memanfaatkan fitur live chat untuk komunikasi langsung.

Program Shopee Mall menawarkan produk dari merek-merek terkemuka dengan jaminan keaslian dan pengiriman cepat, sedangkan Program Star Seller memberikan penghargaan kepada penjual berkualitas.

Dengan pendekatan omnichannel, Shopee memberikan kemudahan berbelanja melalui berbagai saluran seperti aplikasi mobile, situs web, atau toko fisik mitra Shopee.

Strategi ini menciptakan pengalaman belanja terhubung dan konsisten bagi pelanggan, memungkinkan mereka beralih antara saluran online dan offline sesuai preferensi.

Inisiatif omnichannel tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperluas jangkauan bisnis Shopee di pasar e-commerce Indonesia, menjadikannya contoh sukses implementasi strategi omnichannel.

Baca Juga: Cara Membuat Harga Coret di Shopee, Seller Wajib Tau!

5. Bukalapak

omnichannel bukalapak
Sumber: google.com

Bukalapak, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, berhasil menerapkan strategi omnichannel dengan menghubungkan akun mereka ke berbagai toko online di media sosial.

Ini memudahkan pelanggan berbelanja melalui saluran penjualan yang terhubung, termasuk situs web, aplikasi mobile, dan toko fisik mitra.

Melalui program Mitra Bukalapak, Bukalapak juga mendukung agen individual dan warung tradisional, memberikan nilai tambah melalui teknologi dan fitur platform.

Pendekatan omnichannel menciptakan pengalaman belanja yang terhubung dan konsisten bagi pelanggan, memungkinkan beralih antara saluran online dan offline sesuai preferensi.

Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperluas jangkauan bisnis Bukalapak di pasar e-commerce Indonesia.

6. Bank BNI

omnichannel bank bni
Sumber: google.com

Bank BNI, sebagai contoh sukses implementasi omnichannel di Indonesia, mengintegrasikan berbagai saluran penjualan dan komunikasi, termasuk layanan BNI Mobile Banking.

Aplikasi mobile ini memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer, pembayaran, pembelian, dan investasi dengan mudah melalui perangkat mobile.

Selain layanan online, Bank BNI juga memiliki jaringan kantor cabang di berbagai kota di Indonesia dan kantor cabang luar negeri, memberikan kemudahan bagi nasabah yang membutuhkan layanan langsung dan bantuan dari petugas bank.

Dengan pendekatan omnichannel, Bank BNI menciptakan pengalaman perbankan yang terhubung dan konsisten bagi nasabah.

Kemampuan nasabah untuk beralih antara saluran online dan offline sesuai dengan preferensi mereka meningkatkan kepuasan nasabah dan memperluas jangkauan layanan Bank BNI di Indonesia.

Dengan demikian, Bank BNI adalah contoh sukses implementasi strategi omnichannel.

Baca Juga: Terbukti! 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace yang Ampuh

7. Zara Indonesia

omnichannel zara
Sumber: google.com

Zara Indonesia, sebagai contoh sukses implementasi omnichannel di Indonesia, berhasil mengintegrasikan toko fisik dan toko online mereka untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih terhubung dan konsisten bagi pelanggan.

Dengan pelanggan dapat memilih antara mengunjungi toko fisik Zara atau berbelanja melalui situs web atau aplikasi mobile, fleksibilitas ini meningkatkan kepuasan pelanggan.

Penggunaan teknologi RFID dalam toko fisik Zara juga membantu memastikan ketersediaan produk yang akurat di semua saluran penjualan.

Pendekatan omnichannel ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional Zara, tetapi juga menjadi pengalaman terbaik belanja pelanggan.

Dengan kemampuan pelanggan untuk beralih antara saluran online dan offline sesuai dengan preferensi mereka, Zara Indonesia berhasil memperluas jangkauan bisnis mereka di pasar fashion Indonesia.

Baca Juga: Cara Menulis Deskripsi Toko Online Menjual Beserta Contohnya

8. Starbucks

omnichannel starbucks
Sumber: google.com

Starbucks Indonesia, sebagai contoh sukses implementasi omnichannel di Indonesia, telah mengintegrasikan berbagai saluran penjualan dan komunikasi untuk memberikan pengalaman belanja yang terhubung dan konsisten.

Melalui aplikasi mobile, pelanggan dapat memesan dan membayar minuman, mengumpulkan poin reward, dan mendapatkan penawaran khusus.

Toko fisik Starbucks juga menyajikan pengalaman langsung dengan produk, sementara media sosial dan situs web digunakan sebagai saluran komunikasi, berbagi informasi produk, promosi, dan acara khusus.

Interaksi pelanggan di media sosial, termasuk komentar, pesan langsung, dan fitur pesanan online, semuanya terintegrasi dalam strategi omnichannel.

Starbucks Indonesia menciptakan pengalaman belanja yang terhubung dan konsisten, memastikan pelanggan dapat beralih dengan mudah antara saluran online dan offline sesuai preferensi mereka.

Pendekatan ini tak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperluas jangkauan bisnis Starbucks di Indonesia, menjadikannya contoh sukses implementasi strategi omnichannel.

Baca Juga: Apa Perbedaan E-Commerce dan Marketplace? Ini Jawabannya!

Tips Melakukan Omnichannel

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan omnichannel:

1. Pahami Perilaku Pelanggan

Salah satu kunci kesuksesan dalam menerapkan strategi omnichannel adalah memahami perilaku pelanggan.

Penting untuk menganalisis pengalaman pelanggan saat mereka menjelajahi, membeli, dan terhubung dengan produk kamu.

Dengan pemahaman yang mendalam terhadap perilaku pelanggan, kamu dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan pengalaman belanja mereka.

Memahami perilaku pelanggan menjadi aspek kritis dalam penerapan strategi omnichannel.

Analisis terhadap bagaimana pelanggan menjelajahi, membeli, dan terhubung dengan produk kamu akan membantu kamu mengoptimalkan strategi pemasaran, sehingga memberikan pengalaman belanja yang lebih baik kepada mereka.

2. Kenali Pelanggan

Penting bagi kamu untuk mengenali pelanggan kamu. Kamu dapat melakukan riset pengalaman dengan berinteraksi melalui semua platform yang tersedia.

Selain itu, kamu dapat mengamati perilaku pelanggan saat mereka memesan, mengirimkan kasus dukungan, dan menggunakan berbagai metode pengujian lainnya.

Dengan pemahaman yang mendalam terhadap pelanggan, kamu dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan bagi mereka.

3. Integrasi Semua Saluran

Pastikan semua saluran penjualan dan komunikasi terintegrasi dengan baik, sehingga memungkinkan pelanggan untuk berpindah antara saluran online dan offline dengan lancar.

Sebagai contoh, pelanggan dapat memulai pencarian produk di situs web dan melanjutkannya di aplikasi mobile atau toko fisik.

Selain itu, dengan adanya integrasi saluran, kamu juga lebih mudah dalam mengelola stok barang, penjualan, dan analisis penjualan.

4. Fokus pada Pengalaman Pelanggan

Prioritaskan pengalaman pelanggan dalam setiap saluran dengan memastikan konsistensi pesan dan tampilan merek di semua saluran.

Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan brand recall dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Selain itu, memberikan pengalaman yang baik juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

5. Gunakan Teknologi yang Tepat

Manfaatkan teknologi yang sesuai untuk mendukung strategi omnichannel kamu. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan aplikasi mobile, situs web responsif, dan sistem manajemen inventaris yang terintegrasi.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, kamu dapat memudahkan pelanggan dalam berbelanja dan mempermudah kamu dalam mengelola operasional bisnis kamu.

Itu dia contoh omnichannel di Indonesia yang perlu kamu tau dan bisa dijadikan inspirasi dalam meningkatkan penjualan di bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tahu brand ternama yang berhasil menerapkan omnichannel di dalam bisnisnya.

Jangan lupa share artikel ini di media sosialmu dan nantikan artikel menarik serta informatif lainnya hanya di Everpro, ya!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Nah, kamu ingin meningkatkan penjualan bisnis online di marketplace? Yuk, gunakan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Daftar sekarang juga dan tingkatkan penjualan bisnis online di marketplace dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya