Apa Itu POD? Penjelasan dalam Istilah Pengiriman yang Perlu Anda Ketahui!

Pernah mendengar istilah POD dalam pengiriman barang? Apa itu POD? Simak penjelasan lebih lanjut mengenai istilah ini.

Dalam proses pengiriman barang terdapat berbagai hal yang perlu diperhatikan oleh setiap jasa ekspedisi.

Salah satunya adalah bukti pengiriman atau surat jalan. Ada istilah tertentu untuk menyebutkan bukti pengiriman tersebut, yaitu POD. Namun, arti istilah ini berbeda dengan resi.

Jadi, apa itu POD sebenarnya? Apakah fungsi dan perbedaannya dari resi?

Untuk mengetahui itu semua, baca ulasan artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu POD?

pod
Sumber: pexels.com

Melansir dari laman Global Negotiator, POD adalah singkatan dari Proof of Delivery artinya yaitu suatu dokumen yang pengangkut atau pengemudi perlukan untuk pembayaran yang tepat. 

Dokumen ini mencakup waktu pengiriman, alamat, lengkap pengiriman, serta nama dan tanda tangan penerima kiriman atau paket tersebut. 

Dokumen atau surat ini tentu penting dalam proses pengiriman barang. Karena dengan adanya dokumen ini, barang kiriman dapat terdata dengan lebih baik serta resmi atau sah dan dapat diakui proses pengirimannya.

Selain itu, dengan adanya dokumen ini pihak jasa ekspedisi dapat melakukan pengiriman barang dengan baik dan lebih terjamin.

Baca juga: Order Artinya Dalam Aktivitas Jual Beli Online, Cek Disini!

POD Date Artinya dalam Pengiriman Barang

pod
Sumber: pexels.com

Dalam pengiriman barang, kepanjangan POD, yaitu Proof of Delivery artinya suatu dokumen yang mengkonfirmasi bahwa paket atau barang telah diterima oleh penerima sesuai tujuan.

Biasanya, dalam dokumen ini terdapat tanda tangan atau pengesahan dari penerima sebagai konfirmasi bahwa barang tersebut sudah benar-benar ia terima.

Selain tanda tangan, terdapat juga informasi lainnya yaitu tanggal dan waktu pengiriman, jenis barang, serta kondisi penerimaan barang. 

Dalam hal ini, arti POD date adalah tanggal penerimaan barang. Lebih jelas, tanggal tersebut adalah tanggal di mana penerima menandatangani atau mengonfirmasi bahwa telah menerima barang.

“Gamau berat di ongkos saat melakukan pengiriman? Tenang, pakai Everpro Shipping aja! Manfaatkan cashback terbaik dan COD FEE termurah tanpa minimal order, lho!”

Dapatkan promonya sekarang juga, dengan klik banner di bawah ini ya!


Tanggal dalam Proof of Delivery juga berguna sebagai referensi saat melakukan klaim atau menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi pada proses pengiriman barang.

Fungsi POD Adalah

pod
Sumber: pexels.com

Dengan mengerti POD artinya dokumentasi proses pengiriman, maka dapat mengetahui secara langsung kegunaan utama dari dokumen ini yaitu sebagai bukti pengiriman.

Lebih lanjut, berikut adalah kegunaan proof of delivery:

  • Sebagai dokumen tertulis yang berisi informasi secara rinci mengenai barang kiriman, meliputi nama, jumlah, dan harga barang.
  • Menjadi dokumen yang pihak jasa pengiriman gunakan untuk mempermudah birokrasi di wilayah tertentu, seperti saat pengecekan petugas, polisi, dan sebagainya.
  • Sebagai dokumen yang sah dari vendor serta pengirim bahwa telah melakukan pengangkutan barang ke dalam kendaraan serta selesai dikirim ke penerima.
  • Menjadi dokumen yang sah sebagai bukti jika pengirim hendak mengajukan klaim asuransi.

Apakah POD Artinya sama dengan Resi Pengiriman?

proof of delivery
Sumber: pexels.com

Jika menerjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, proof of delivery artinya adalah bukti pengiriman. Sedangkan bukti pengiriman sendiri banyak orang kenal sebagai resi.

Meski keduanya sama-sama penting dalam proses pengiriman barang, namun POD dan resi adalah hal yang berbeda.

Resi adalah dokumen yang pihak jasa ekspedisi terbitkan untuk mengkonfirmasi bahwa paket atau barang telah perusahaan pengiriman terima dan akan lanjut mengirimkan barang tersebut ke alamat yang tertera.

Sedangkan proof of delivery adalah dokumen sebagai bukti atau konfirmasi bahwa penerima telah menerima barang atau paket tersebut. 

Jadi, POD artinya bukti resmi bahwa barang telah sampai ke penerima, sedangkan resi adalah bukti bahwa pihak jasa ekspedisi telah menerima barang dan akan segera melakukan proses pengiriman.

Baca juga: Part Artinya dalam Berbagai Konteks dan Contoh Penggunaannya

Contoh Proof of Delivery

proof of delivery
Sumber: pexels.com

Adapun contoh dari proof of delivery atau POD adalah:

  1. Tanda tangan penerima di resi atau form milik jasa pengiriman.
  2. Foto atau scan tanda tangan penerima yang di unggah ke sistem pengiriman.
  3. Bukti penerimaan barang secara otomatis yang terdapat pada mesin penerima paket
  4. Foto paket yang diterima langsung oleh penerima pada alamat tujuan

Apa Itu POD Detail dan Kurir?

Dalam status pengiriman, istilah ini sering muncul, khususnya untuk jasa pengiriman JNE. Lalu apa itu POD kurir dan detail?

Kepanjangan POD detail dalam JNE adalah Process on Delivery Detail. Istilah ini menjelaskan informasi rinci secara tertulis terkait pengiriman barang yang sedang atau akan kurir kirimkan.

Sedangkan proof of delivery kurir menandakan bukti proses pengiriman oleh kurir.

Perbedaan E-POD dan POD Adalah?

Menurut fungsinya, kedua hal ini adalah sama yaitu sebagai dokumen bukti pengiriman barang kepada penerima.

Namun, terdapat perbedaan dalam hal penggunaan teknologi dalam E-POD. Jika biasanya proof of delivery adalah dokumen dalam lembaran kerta, berbeda dengan E-POD.

Karena seperti namanya, E-POD adalah Electronic Proof of Delivery artinya dokumen bukti pengiriman dalam bentuk digital.

Adapun tujuan dari penggunaan E-POD adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan akses surat jalan secara elektronik daripada manual.

Demikian penjelasan mengenai POD yang merupakan singkatan dari proof of delivery. Dokumen ini adalah bukti yang penting dalam proses pengiriman.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya