everpro

6+ Rahasia SEO Lazada Terlengkap, Raih Jutaan Penjualan!

Penjualan kamu di Lazada stagnan? Jangan khawatir! Simak artikel ini sampai habis yang akan membongkar rahasia SEO Lazada terlengkap yang bisa bantu kamu!

Menerapkan strategi SEO yang efektif bisa membuat calon pembeli lebih mudah menemukan produk maupun toko kamu khususnya di Lazada.

Banyak sekali keuntungan yang kamu dapatkan jika mengoptimalkannya dengan baik, salah satunya adalah bisa meningkatkan traffic ke toko kamu.

Namun, tidak semudah yang dibayangkan dalam mengoptimalkan SEO marketplace. Kamu tentunya harus memiliki strategi yang tepat untuk bisa bersaing di bisnis online yang sangat kompetitif ini.

Tapi tenang saja, untungnya artikel Everpro ini hadir untuk membahas mengenai SEO Lazada dan kamu bisa menemukan informasi lengkap disini.

Apa itu SEO Lazada?

SEO Lazada merupakan strategi untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat suatu produk di marketplace Lazada. 

Penjual bisa meningkatkan peluang konversi penjualan dengan cara jualan di Lazada yang efektif dengan menggunakan SEO yang dapat berpotensi muncul di halaman pertama di hasil pencarian.

Kamu bisa menerapkan strategi SEO ini dengan mengoptimalkan deskripsi produk, membangun link yang berkualitas, menggunakan keyword yang relevan, dan update konten dengan teratur.

SEO Lazada ini tidak bisa diremehkan, karena memiliki ranking yang bagus di mesin pencari bisa menarik perhatian calon pelangganmu. 

Sebab, kebiasaan hampir semua orang melakukan pencarian langsung untuk mencari produk yang dicari, sehingga semua penjualan berasal dari sana sehingga produk tersebut bisa muncul di halaman teratas dari hasil pencarian.

Pentingnya SEO Lazada

Optimasi SEO Lazada yang baik dan benar, dapat memaksimalkan potensi dari bisnis online kamu di Lazada. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa alasan mengapa SEO Lazada penting.

  • SEO Lazada – Meningkatkan Traffic

Bayangkan saja jika produk atau toko kamu masuk di peringkat teratas hasil pencarian Lazada, pastinya banyak orang yang akan melihat produk kamu.

Kekuatan SEO inilah yang bisa meningkatkan peluang untuk mendapatkan penjualan dengan traffic yang meningkat.

  • SEO Lazada – Meningkatkan Brand Awareness

Ketika produk kamu muncul di peringkat teratas hasil pencarian Lazada akan berpotensi untuk membuat orang familiar akan produkmu.

Dengan begitu, kamu dapat juga meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk kamu.

  • SEO Lazada – Meningkatkan Konversi Penjualan

Ketika kamu memiliki peringkat teratas di mesin pencarian marketplace Lazada dan juga memiliki desain toko yang menarik akan memudahkan calon pelanggan untuk melakukan pembelian.

Mereka sudah tertarik dengan produk maupun tokomu, itu dapat meningkatkan konversi penjualan kamu juga.

  • Meningkatkan Return on Investment

Salah satu strategi yang hemat budget adalah SEO Lazada. Kamu bisa mengeluarkan biaya yang rendah untuk mendapatkan banyak keuntungan seperti meningkatkan traffic, brand awareness, dan konversi penjualan.

Oleh karena itu, SEO Lazada sangat penting untuk kamu gunakan karena tanpa perlu biaya yang banyak.

Baca Juga: Daftar Seller Lazada untuk Cuan Berlipat Ganda di Tahun 2024, Cek Disini!

Faktor yang Berkontribusi pada Algoritma Peringkat Pencarian Lazada

Algoritma Lazada akan mempertimbangkan beberapa faktor yang berkontribusi di dalamnya. 

Maka dari itu, kamu bisa simak tabel di bawah ini untuk kamu ketahui apa saja faktornya dengan skala penilaian 1 sampai 10 (1: paling tidak penting, 10: paling penting).

Nomor

Faktor Peringkat Pencarian  Skala Penilaian 

1

Judul Produk 9

2

Deskripsi Singkat Produk / Highlight 8

3

Kategori 3

4

Nama Merk 2

5

Ulasan Produk 4
6 Apakah Toko Resmi

4

7 Pengiriman Ekspres / Pemenuhan oleh Lazada

5

8 Penjualan Minggu Terakhir

7

9 Penjualan 30 Hari Terakhir

7

10 Peringkat Penjual

5

11 Konversi Tingkat

6

Cara Meningkatkan Peringkat di Hasil Pencarian Lazada

Mendapatkan peringkat teratas di Lazada bukan hal yang mustahil jika menggunakan cara yang benar dan tepat. Untuk itu, berikut beberapa cara strategis yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan peringkat di Lazada.

  • Identifikasi Kata Kunci

Fokus untuk upayakan kata kunci yang relevan pada peringkat di Lazada. Kamu bisa mencari keyword yang sedang banyak dicari oleh calon pelanggan.

Tools riset yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah Google Keyword Planner yang dapat membantumu dalam menemukannya.

  • Optimalkan Daftar Produk

Dalam mengoptimalkan daftar produk terlaris di Lazada kamu perlu beberapa langkah dan atribut yang perlu diperhatikan seperti dibawah ini.

1. Judul Produk

Untuk mengoptimalkan judul produk, kamu perlu menggunakan karakter sebanyak mungkin dengan cara memasukkan istilah pencarian sebanyak-banyaknya.

Contoh Judul Produk yang Benar

seo lazada
Sumber: lazada.co.id

Jika dilihat pada contoh ini sudah memiliki judul produk yang benar dengan memasukkan banyak sekali istilah, sehingga produk tersebut bisa masuk ke halaman teratas di hasil pencarian Lazada.

Contoh Judul Produk yang Salah

seo lazada
Sumber: lazada.co.id

Pada judul produk berikut ini bisa dilihat kurangnya istilah yang dimasukkan, sehingga membuat produk tersebut muncul di halaman paling akhir Lazada.

Judul produk juga tidak menarik karena susunan kata pada kalimat tidak membuat calon pembeli yakin untuk membelinya.

2. Poin atau Highlight Produk 

Informasi penting mengenai fitur utama yang ingin kamu tonjolkan dalam deskripsi disebut dengan poin atau highlight produk.

Ini akan membantu calon pembeli dalam memahami keunggulan dan value yang dimiliki dari suatu produk secara singkat dan jelas. 

Contoh Poin atau Highlight Produk yang Benar

seo lazada
Sumber: lazada.co.id

Poin yang dipaparkan pada contoh ini sangatlah informatif dan lengkap dimana sebagai calon pembeli akan dengan mudah dalam membacanya.

Highlight ini bisa kamu ikuti dalam mengoptimalkan deskripsi produk agar keunggulan dari produk dapat terlihat dan membuat calon pembeli tertarik untuk membeli.

Contoh Poin atau Highlight Produk yang Salah

seo lazada
Sumber: lazada.co.id

Contoh poin ini sangatlah tidak efisien karena diawali dengan menaruh foto warning di dalam deskripsi. Calon pembeli bisa terdistraksi, sehingga tidak memperhatikan keunggulan dari produk yang ditawarkan.

  • Ulasan Produk

Di dalam tabel diatas mengenai faktor algoritma, ulasan produk memiliki nilai skala 4 dimana dikata penting juga tidak namun tetap masih penting karena menjadi faktor dalam pengambilan keputusan dari calon pembeli.

  • Lacak Peringkat Pencarian Produk 

Melacak peringkat dalam pencarian produk kamu di Lazada ternyata bisa dengan manual kamu lakukan di Lazada dengan mudah.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahuinya dan berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa kamu pelajari.

  • Kamu bisa mengakses beranda Lazada setiap minggunya dengan waktu yang konsisten atau sama
  • Lalu kamu ketik istilah yang di judul produk atau deskripsi di kolom pencarian
  • Kemudian akan muncul halamannya dan kamu bisa menemukan produkmu dan lihat peringkatnya
  • Setelah itu kamu bisa membuat database yang berisikan tanggal, istilah, dan peringkatnya agar menjadi bahan analisamu

Baca Juga: Ini Dia! 15+ Cara Upload Produk di Lazada Agar Cepat Terjual

Nah, itu dia pembahasan mengenai SEO Lazada yang bisa kamu simak dan pelajari dengan baik sebelum maupun sesudah kamu memulai bisnis online.

Semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang ingin mengoptimalkan produk yang ada di marketplace Lazada supaya meningkatkan penjualan.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu informasi seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan dikemas dengan menarik hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Kamu pemula atau pebisnis yang ingin meraih jutaan penjualan online di marketplace? Mulai gunakan layanan Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Yuk, daftar sekarang dan raih jutaan penjualan toko onlinemu dengan Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya