SEO On Page Adalah? Ini Arti dan Cara Optimasinya!

SEO on page – Bagi Anda yang bergelut pada dunia website atau blog, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah SEO on page.

Namun tentu saja bagi orang awam istilah ini sangat asing terdengar, bahkan tak tahu artinya sedikit pun.

Nah, bagi Anda yang tidak tahu simak pengertian SEO on page berikut ini.

SEO On Page adalah?

SEO On Page
Sumber: google.com/bersosial

SEO on page adalah praktik mengoptimalkan halaman web untuk mendapat peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari atau google. Istilah ini juga dikenal dengan sebutan “on-site SEO”

Selain mempublikasikan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, SEO pada halaman mencakup pengoptimalan mengoptimalkan tag judul, konten, tautan internal, URL dan gambar. 

Ini juga termasuk memastikan situs web memiliki tingkat keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang tinggi.

Bagi yang baru mengenal istilah ini, sangat disarankan untuk membaca On-Page Ranking Factors. Istilah ini telah berubah selama bertahun-tahun, jadi penting untuk mengikuti praktik terbaru.

Untuk Apa SEO On Page?

SEO On Page
Sumber: google.com/bersosial

SEO on page sangatlah penting karena membantu mesin pencari memahami situs web Anda dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah relevan dengan kueri pencari. 

Saat mesin pencari menjadi lebih canggih, ada fokus yang lebih besar terhadap relevansi dan semantik di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Mengoptimasi SEO on page harus selalu diprioritaskan. SEO off page tidak akan menghasilkan banyak manfaat jika tidak memperhatikan dasar-dasar SEO on page terlebih dahulu. 

Relevansi adalah bagian besar dari SEO on page untuk mendapat peringkat lebih tinggi di google.

Bagaimana Cara Optimasi SEO On Page 

SEO On Page
Sumber: google.com/bersosial

Setelah mengetahui mengapa SEO on page sangatlah penting, sekarang saatnya untuk mulai mengoptimalkan konten dan website Anda. 

Ada beberapa cara optimasi on page SEO yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Konten yang Berkualitas

Pengguna menggunakan Google Search untuk mencari konten yang berkualitas. Google Search harus memahami konten sebelum menunjukkannya kepada pengguna.

Apakah informasi bisa dipercayai?

Kemudian apakah penulis artikel itu ahli dan memberikan perspektif yang unik?

Apakah konten yang disertakan asli dengan analisis yang orisinil?

Selanjutnya apakah konten itu duplikat atau dibuat secara otomatis?

Apakah kualitas dan gaya penulisan unik, berharga dan menarik?

Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness (EAT) adalah kerangka kerja yang digunakan penilai Google untuk menilai pembuat konten, halaman web, dan situs web secara keseluruhan.

Google selalu mengutamakan konten berkualitas tinggi. Ia ingin memastikan bahwa situs yang menghasilkan konten berkualitas tinggi dihargai dengan peringkat yang lebih baik dan situs yang membuat konten berkualitas rendah mendapatkan visibilitas yang lebih rendah. Artinya E-A-T harus menjadi pertimbangan dalam strategi SEO Anda.

2.  Membuat Judul yang Menarik

Saat user mencari informasi lewat google, yang muncul di hasil pencarian adalah judul dan deskripsi dari konten atau web atau dikenal Search Engine Result Page (SERP.) Maka membuat judul yang menarik dapat membuat orang tertarik untuk membaca konten atau halaman web Anda.

Selain itu judul juga membantu Google untuk memahami konten atau halaman sebuah web.

Sebuah tag  title HTML yang ada di bagian head dari setiap halaman web, memberikan isyarat atau konteks awal tentang materi pokok topik dari masing-masing halaman itu. Sebagian besar CMS (seperti WordPress) secara otomatis menambahkan tag H1 ke judul posting blog Anda.

Ini ditampilkan secara mencolok di halaman hasil mesin pencari (biasanya digunakan sebagai link yang dapat diklik) serta di jendela browser.

Tag judul yang hilang, duplikat, dan ditulis dengan buruk dapat berdampak negatif pada hasil SEO Anda, jadi pastikan Anda mengoptimalkan elemen ini.  Buatlah judul dan deskripsi yang ramah SEO.

3. Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah tag meta yang memberikan deskripsi tentang apa halaman itu, sering kali ditampilkan dalam SERP di bawah judul halaman. Kemudian meta deskripsi menjadi poin pengoptimalan yang penting untuk SEO.

Mengoptimalkan deskripsi meta dengan benar dapat membantu meningkatkan:

Rasio klik-tayang (CTR).

Persepsi kualitas hasil.

Persepsi tentang apa yang ditawarkan situs web Anda.

4. Heading dan Subheading

Tag heading adalah elemen HTML (H1-H6) yang digunakan untuk mengidentifikasi judul dan sub judul dalam konten Anda dari jenis teks lain (Teks paragraf).

Tag heading  tidak terlalu penting untuk peringkat situs Anda seperti dulu, tetapi tag ini masih memiliki fungsi penting untuk pengguna dan SEO Anda.

Mereka secara tidak langsung dapat memengaruhi peringkat Anda dengan:

Membuat konten Anda lebih mudah dan menyenangkan untuk dibaca pengunjung.

Memberikan konteks yang kaya kata kunci tentang konten Anda untuk mesin pencari.

5. Penulisan SEO

Penulisan SEO berarti menulis konten dengan mempertimbangkan mesin pencari dan pengguna.

Ada strategi di balik menulis konten SEO yang solid -dan ini lebih dari sekadar penelitian kata kunci dan mengisi kekosongan.

Hanya memproduksi konten untuk kepentingan itu saja tidak akan berhasil. Ingatlah bahwa Anda menulis konten untuk orang-orang , oleh karena itu, konten tersebut harus berkualitas tinggi, penting, dan relevan.

6.  Optimasi Gambar

Menambahkan gambar adalah cara yang baik untuk membuat laman web Anda lebih menarik. Tetapi tidak semua gambar dibuat sama, beberapa bahkan dapat memperlambat situs web Anda.

Mengoptimalkan gambar dengan benar akan membantu Anda memaksimalkan aset SEO yang berharga.

Optimasi gambar memiliki banyak keuntungan, seperti: Peluang peringkat tambahan (muncul di Penelusuran Gambar Google). Pengalaman pengguna yang lebih baik.

Dan pastikan untuk memasukkan gambar yang mendukung konten Anda dan gunakan judul deskriptif dan teks alt.

7. Audit Konten

Sebagian besar pembuat konten berfokus pada pembuatan konten baru yang mereka lupa untuk mengaudit konten mereka yang sudah ada. Dan ini adalah kesalahan.

Mengaudit konten yang ada sangat penting karena membantu Anda:

Evaluasi apakah konten Anda yang ada mencapai tujuannya dan memperoleh ROL.

Identifikasi apakah informasi dalam konten Anda masih akurat atau sudah basi (atau bahkan ketinggalan zaman).

Tentukan jenis konten yang cocok untuk Anda. Audit konten dapat sangat membantu strategi SEO Anda dan harus dilakukan secara teratur.

Demikianlah pembahasan tentang SEO on page. Semoga bermanfaat!

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Picture of Rizky Syahaqy
Rizky Syahaqy
Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya