5+ Rekomendasi Sertifikasi Digital Marketing, Gratis!

sertifikasi digital marketing

Apa anda sedang mencari tempat sertifikasi digital marketing? Temukan rekomendasi terbaik dengan membaca tuntas artikel ini.

Tentu anda sudah sering mendengar istilah digital marketing. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini membuat digital marketing menjadi salah satu peranan penting dalam bisnis untuk memasarkan produk atau jasa secara efektif dan efisien.

Tidak heran tenaga ahli digital marketer menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Namun sayangnya saat ini belum banyak tersedia tenaga ahli tersebut, berdasarkan hasil pencatatan KEMKOMINFO menyatakan bahwa Indonesia kekurangan 400 ribu – 500 ribu talenta digital per tahun.

Hal ini menjadikan profesi digital marketing memiliki peluang yang besar. Untuk anda yang tertarik di bidang ini pastikan untuk mulai belajar dan melakukan sertifikasi digital marketing.

Anda tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas mengenai rekomendasi sertifikasi digital marketing. Namun sebelumnya, mari bahas mengenai pentingnya belajar digital marketing untuk menguatkan alasan anda mengikuti sertifikasinya.

Alasan Belajar Digital Marketing

sertifikasi digital marketing
Sumber: pexels.com

Di zaman modern ini digital marketing menjadi tren baru dikalangan pemilik usaha. Bukan tanpa alasan, menerapkan digital marketing ini dapat membantu usaha anda untuk bisa bertahan bahkan semakin berkembang di era yang serba cepat ini.

Tujuan dari digital marketing sendiri yaitu untuk menjangkau target audiens lebih luas lagi dengan cara yang efektif dan efisien. Maka perlu tenaga ahli untuk membuat berbagai strategi pemasaran untuk meningkatkan performa penjualan.

Karena pentingnya peranan digital marketing ini anda perlu mempelajarinya. Berikut penjelasan mengenai alasan penting lainnya untuk belajar digital marketing:

1. Banyak Perusahaan Membutuhkan Digital Marketer

Dari kesadaran bahwa teknologi berkembang semakin pesat dan serba digital, maka perusahaan juga harus bisa mengikuti dengan aktif untuk bisa bertahan. Sehingga perusahaan membutuhkan digital marketing agar bisnis yang dijalankan dapat dipromosikan secara optimal dan relevan mengikuti perkembangan zaman.

Everpro

2. Tingginya Kesenjangan Kemampuan di Dunia Digital

Karena peranan penting digital marketing dalam bisnis membuat posisi digital marketer semakin dicari. Namun tingginya permintaan itu tidak sebanding dengan supply talenta digital marketer yang ada. 

Oleh karena itu, dengan mempelajari digital marketing anda akan memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan karena kemampuan ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

3. Ilmu yang Bisa Diterapkan untuk Usaha Sendiri

Selain tingginya peluang berkarir di perusahaan, dengan mempelajari digital marketing anda juga dapat menerapkannya untuk usaha sendiri. Hal ini karena ilmu yang anda dapatkan cukup komprehensif untuk bisa menguasai media berbasis internet untuk mempromosikan produk anda.

4. Ilmunya Dapat Diaplikasikan ke Market Global

Internet dapat menjangkau dan menghubungkan orang dari berbagai belahan dunia. Karena ilmu yang akan anda terapkan di media berbasis internet, tentu hal ini bisa menjadi peluang untuk memperluas pasar.

Baca Juga: Rekomendasi Terbaik Kursus Digital Marketing untuk Anda!

Rekomendasi Sertifikasi Digital Marketing Gratis

sertifikasi digital marketing
Sumber: pexels.com

Setelah mendapatkan alasan jelas mengenai pentingnya belajar digital marketing, anda bisa mulai mempelajarinya dengan mengikuti kursus. Lebih baik dengan mengikuti pelatihan bersertifikat.

Anda tidak perlu bingung dimana harus memulai belajarnya. Berikut rekomendasi sertifikasi digital marketing tanpa perlu bayar:

1. Google Digital Garage

sertifikasi digital marketing
Sumber: google.com

Digital Garage merupakan program nirlaba dari Google untuk mempelajari digital skill. Terdapat tiga kelompok bidang yang dapat anda pelajari, yaitu data dan teknologi, digital marketing, dan pengembangan karir.

Materi mengenai digital marketing melalui program ini adalah seputar menjalankan bisnis ke lingkungan online, memanfaatkan mesin pencari untuk mengembangkan bisnis, mengenal social media dan website untuk meningkatkan engagement dan traffic serta meningkatkan penjualan, dan masih banyak lagi.

Melalui pelatihan Fundamental of Digital Marketing dari Google Digital Garage anda akan mendapatkan 26 modul yang dapat diakses online lengkap dengan uji kompetensi. 

Setelah anda menyelesaikan seluruh materi digital marketing yang ada, anda akan mendapatkan sertifikat secara gratis.

2. Sertifikasi Google Ads

sertifikasi digital marketing
Sumber: google.com

Google Ads Search Certification juga merupakan program dari Google. Dengan mengikuti program ini anda dapat menjangkau audiens sesuai dengan produk dan layanan yang ditawarkan melalui iklan online.

Anda dapat menguasai dasar layanan pengiklanan dalam berbagai pilihan seperti Search, Video, Shopping, Display, dan App.

Untuk mendapatkan sertifikasinya, anda perlu mempelajari semua modul di kelas dan lulus dari exam dengan passing grade 80%. Jika tidak lulus, anda dapat mengulanginya kembali dengan waktu tunggu selama 7 hari.

3. Sertifikasi Social Media Marketing oleh eMarketing Institute

sertifikasi digital marketing
Sumber: google.com

Bentuk pembelajaran dari program ini yaitu dengan menggunakan ebook berisi 165 halaman mengenai rincian semua aspek utama social media marketing. 

Beberapa topiknya mencakup dasar-dasar social media marketing, perbedaan platform media sosial, cara mengidentifikasi dan menentukan target audiens, strategi media sosial, dan masih banyak lagi.

Setelah anda selesai membaca ebook nya anda dapat mengikuti tes. Jika anda lulus, anda akan mendapatkan sertifikat yang bisa anda tambahkan ke CV anda.

4. WordStream Growth Academy

sertifikasi digital marketing
Sumber: google.com

WordStream merupakan online advertising management software untuk mengelola kampanye di Google Ads, Iklan Bing, dan Facebook Ads dari satu dashboard. Anda juga bisa mengikuti pelatihan digital marketing dengan materi yang mencakup online advertising

Materi dalam program ini yaitu Facebook Ads dan Google Ads untuk ecommerce, Youtube Ads, Google Shopping, Remarketing, hingga mengenai Conversion ads optimization 

Durasi total dari kursus ini yaitu 3,5 jam dengan format pre-recorded video. Setelah anda menyelesaikan modul dan lulus dari exam anda akan mendapatkan sertifikasinya.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Pelatihan Digital Marketing Terbaik

5. Sertifikasi HubSpot 

sertifikasi digital marketing
Sumber: google.com

HubSpot Academy merupakan salah satu pioneer tools marketing. Kini anda juga dapat mengikuti pelatihan digital marketing dengan memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Beberapa kelasnya antara lain: Digital Marketing secara umum, SEO, Email marketing, Digital Advertising, dan masih banyak lagi. Dari program ini anda akan mendapatkan pemahaman dasar untuk membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis.

Anda juga bisa mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan modul dan lulus exam. Format belajarnya yaitu dari video yang sudah di record dengan durasi 6-8 jam.

6. RevoU Mini Course

sertifikasi digital marketing
Sumber: google.com

Program ini berlangsung selama 1 sampai 2 minggu dengan durasi total yaitu 10 hingga 20 jam. Program ini merupakan versi ringkas dari keseluruhan kelas Full-Stack Digital Marketing RevoU. 

Anda akan mempelajari mengenai Pengenalan Digital Marketing, dan langsung mencoba simulasi seperti email marketing dengan Mailchimp, FB Ads Library, membuat copywriting PPC, dan sebagainya.

Setelah menyelesaikan kelas dan lulus tesnya anda akan mendapatkan sertifikat.

7. LinkedIn Learning

sertifikasi digital marketing
Sumber: google.com

LinkedIn merupakan media sosial yang popular untuk kalangan pekerja. Situs ini juga memiliki platform belajar yaitu LinkedIn Learning. 

Anda dapat mengikuti kelas Become a Digital Marketing Specialist untuk mempelajari pemahaman dasar, google analytics, SEO, Google Ads, dan lainnya. Durasi belajarnya yaitu 23,5 jam (total).

Untuk pengguna baru akan mendapatkan free trial satu bulan dan sertifikasi tanpa perlu bayar jika menyelesaikan pada periode ini.

Itulah beberapa rekomendasi terbaik sertifikasi digital marketing gratis yang dapat anda ikuti. Dengan mengikuti sertifikasi ini anda dapat meningkatkan skill tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Karena sejatinya belajar bisa dimana saja, yang terpenting adalah niat dan kemauan kita untuk melakukannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sampai jumpa di artikel informatif lainnya ya di Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?