everpro

Usaha Ekonomi adalah? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Usaha ekonomi adalah? dan apa saja contohnya? Yuk, simak penjelasan lengkap seputar usaha ekonomi di sini!

Usaha ekonomi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan individu maupun kelompok dengan tujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Langkah pertama untuk memulai usaha umumnya dengan mencari peluang usaha.

Anda dapat mencari peluang usaha dengan memperhatikan lingkungan sekitar, menyesuaikannya dengan latar belakang pendidikan, hobi, atau partner usaha yang bisa Anda ajak kerjasama.

Usaha dapat dibagi dua berdasarkan pemilik dan pengelolanya yaitu perorangan dan oleh kelompok. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap seputar usaha ekonomi dan juga contohnya.

So, tanpa berlama-lama lagi yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini, check it out!

Baca juga: 10 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Pasti Cuan!

Usaha Ekonomi Adalah

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, usaha ekonomi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Usaha ekonomi dapat Anda lakukan dalam berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, perdagangan, industri bahkan jasa.

Jenis Usaha Ekonomi yang ada di Indonesia

Terdapat berbagai jenis usaha ekonomi yang ada di Indonesia, bagi Anda yang ingin memulai usaha Anda bisa simak jenis-jenis usaha ekonomi yang ada di Indonesia berikut ini:

1. Usaha Bidang Perdagangan

Usaha ekonomi yang pertama yaitu pada bidang perdagangan. Usaha pada bidang ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk melakukan transaksi jual beli.

Usaha pada bidang perdagangan yang dikelola individu atau perorangan umumnya skalanya lebih kecil jika dibandingkan dengan usaha yang dikelola kelompok atau beberapa orang.

Contoh usaha pada bidang perdagangan: Perdagangan internasional, warung makan, restoran dan lain-lain.

2. Usaha Bidang Perindustrian

Selanjutnya ada usaha pada bidang perindustrian. Usaha ini merupakan jenis usaha mempunyai sistem mengubah barang mentah menjadi barang jadi.

Contoh dari usaha bidang perindustrian adalah industri obat, kosmetik, dan elektronik.

3. Usaha Bidang Pertambangan 

Kemudian, ada usaha pada bidang pertambangan, usaha yang bergerak dalam pemanfaatan hasil bumi, misalnya seperti emas, batu bara, minyak bumi, nikel dan lainnya.

Contohnya seperti PT Freeport dan Pertamina. Usaha pada bidang ini harus tetap memperhatikan kepentingan dan kemaslahatan masyarakat dan kelestarian alam.

4. Usaha Bidang Agraris

Selanjutnya ada usaha ekonomi pada bidang agraris. Usaha ini merupakan jenis usaha yang bergerak dalam bidang pertanian dan perkebunan.

Umumnya jenis usaha pada bidang ini dapat kita temui di wilayah pedesaan. Contoh usaha pada bidang agraris yaitu pertanian padi, teh, buah dan lain-lain.

5. Usaha Bidang Peternakan

Usaha bidang peternakan merupakan salah satu jenis usaha yang ada di Indonesia. Usaha memelihara hewan ternak ini merupakan salah satu ekonomi usaha yang paling banyak kita temukan di Indonesia.

Usaha peternakan memanfaatkan hasil dari hewan ternak seperti telur, susu, dan daging. Usaha peternakan memiliki tiga jenis yakni peternakan hewan kecil, peternakan hewan besar, peternakan unggas.

6. Usaha Bidang Perikanan

Usaha selanjutnya yakni pada bidang perikanan. Usaha pada bidang ini bertugas untuk membudidayakan komponen biotik dan abiotik perairan.

Adapun usaha pada bidang perikanan ada dua bagian yakni:

  • Usaha Perikanan darat
  • Usaha Perikanan laut

7. Usaha Bidang Kehutanan

Usaha ekonomi selanjutnya yaitu bidang kehutanan, usaha yang bergerak pada pemeliharaan dan pemanfaatan dari sumber daya yang berasal dari hutan. Contoh dari usaha bidang ini yakni seperti usaha furnitur atau mebel.

8. Usaha Bidang Jasa

Jenis usaha yang terakhir yaitu usaha dalam bidang jasa. Usaha ini bergerak pada sektor pelayanan kepada konsumen. Contoh usaha pada bidang jasa yaitu potong rambut, bengkel dan lain sebagainya.

Baca juga: 10 Contoh Usaha Kecil Kecilan di Rumah, Yuk, Cobain!

Jenis Usaha Individu

Usaha individu merupakan usaha yang dikelola oleh individu. Umumnya, jenis usaha ini merupakan usaha yang memiliki modal yang terbatas dan sistem pengelolaan yang sederhana.

Salah satu contoh untuk usaha jenis ini yaitu usaha fotokopi, di mana pemiliki berperan sebagai kasir dan juga orang yang melakukan fotokopi.

Usaha individu ini memiliki sistem yang sederhana sehingga individu dapat mengelola usahanya seorang diri.

Jenis Usaha Kelompok

Jika sebelumnya jenis usaha individu hanya dikelola oleh individu atau seorang diri, sementara itu jenis usaha kelompok merupakan usaha yang dikelola bersama-sama.

Mulai dari modal, pengoperasian, sampai keuntungannya. Oleh karena itu, usaha jenis ini biasanya memerlukan biaya modal yang besar dan skalanya juga besar.

Beberapa contoh usaha kelompok jenis ini yaitu sebagai berikut:

  • Persekutuan Komanditer (CV)
  • Firma
  • Perseroan Terbatas (PT)
  • Koperasi
  • Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Demikianlah akhir dari artikel terkait usaha ekonomi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda.

Share artikel ini ke media sosial Anda dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Ingin usaha yang tapi masih bingung mau jualan produk apa? atau Masih bingung usaha yang bisa meraup banyak keuntungan?

Yuk, coba usaha produk di Everpro Product Sourcing! Banyak loh berbagai kemudahan yang bisa di ambil,

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya