WhatsApp marketing adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan bisnis di WhatsApp. Dengan strategi ini, pebisnis bisa membangun interaksi yang baik dan praktis kepada pelanggan.
Namun, sayangnya beberapa pebisnis masih menghadapi kesulitan dan tantangan untuk mencapai tujuan pemasaran di WhatsApp. Misalnya, kesulitan mempertahankan pelanggan yang loyal dan sulit meraih closing saat follow up ke pelanggan.
Karena itu, artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang WhatsApp marketing beserta tips agar strategi-strategi yang diterapkan bisa berhasil. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!
Daftar Isi:
ToggleApa itu WhatsApp Marketing?
WhatApp marketing adalah strategi pemasaran digital yang dilakukan pebisnis untuk mengkomunikasikan produk, layanan, atau merek kepada pelanggan dan calon pelanggan.
Strategi ini sebaiknya menggunakan aplikasi WhatsApp Business dibanding WhatsApp biasa, karena fitur-fitur yang tersedia lebih lengkap dan khusus untuk bisnis.
Pendekatan melalui WhatsApp diyakini bisa membuat pelanggan lebih terhubung dengan bisnis, terutama ketika penjual memberikan informasi dan penawaran menarik dari produk/jasanya.
Tidak hanya mengirim penawaran saja, WhatsApp marketing juga dilakukan untuk melaksanakan transaksi, personalisasi pesan, menyediakan layanan pelanggan 24 jam, memajang katalog produk, dan memanfaatkan fitur-fitur WhatsApp Business lainnya.
Tips Strategi WhatsApp Marketing yang Berhasil
1. Gunakan WhatsApp Business Resmi
Tips yang paling utama untuk menjalankan strategi WhatsApp marketing adalah mendaftarkan akun di WhatsApp Business yang resmi dan legal, serta bukan aplikasi WA biasa.
Menggunakan aplikasi WA bisnis yang resmi tentu akan berdampak baik untuk jangka panjang, salah satunya yaitu terjaminnya akun dan data pelanggan dari ancaman peretasan.
Selain itu, WhatsApp Business yang resmi tentu memiliki fitur yang lebih lengkap dan canggih.
2. Membangun Identitas Bisnis yang Kuat
Membangun identitas bisnis di akun WA bisnis termasuk tahap yang paling awal dalam menjalankan strategi WA marketing.
Identitas bisnis akan membuat akun kamu terlihat lebih profesional dan kredibel, sehingga akan lebih mudah membangun kepercayaan pelanggan.
Untuk membangun identitas bisnis, gunakan fitur profil bisnis di aplikasi WhatsApp Business dan pasanglah logo, deskripsi toko, jam operasional, nama merek, hingga tautan website jika ada.
3. Memanfaatkan WhatsApp Marketing Tools
WhatsApp marketing tools adalah perangkat lunak yang mendukung pebisnis untuk mengelola dan mengoptimalkan kampanye pemasaran di WhatsApp Business.
Sederhananya, kamu mengandalkan platform pihak ketiga yang memberikan dukungan fitur-fitur chat marketing unggulan selain yang tersedia di aplikasi WA bisnis.
Everpro Chat merupakan salah satu platform yang bisa kamu andalkan. Dengan platform ini, kamu bisa kirim pesan massal dan otomatis, meningkatkan interaksi, dan banyak fitur lainnya.
4. Terapkan Strategi Click-to-WhatsApp Ads
Selanjutnya, terapkan juga strategi Click-to-WhatsApp Ads agar semakin banyak pelanggan yang terhubung ke WhatsApp Business kamu dan memulai percakapan.
Click-to-WhatsApp Ads (CTWA) adalah iklan yang mengarahkan pelanggan untuk meng-klik ke WhatsApp sebagai promosi melalui Facebook dan Instagram.
Dengan tips strategi WA marketing ini, iklan yang kamu jalankan di Facebook dan Instagram bisa memberikan hasil yang lebih maksimal, bahkan sampai ke tahap konversi penjualan.
5. Centang Hijau di Akun WA Bisnis
Keberhasilan strategi WhatsApp marketing juga bergantung pada tingkat kepercayaan pelanggan terhadap akun bisnismu. Salah satu tips ampuh untuk ini adalah memiliki centang hijau.
Centang hijau adalah tanda bahwa akun kamu telah terverifikasi Meta, sehingga memberikan jaminan keaslian dan profesionalitas kepada pelanggan.
Adapun cara mengaktifkan centang hijau yaitu, dengan mendaftarkan akun ke layanan Business Sulution Provider (BSP) WhatsApp dan menyerahkan proses pengajuan kepada layanan terkait.
6. Terintegrasi dengan WhatsApp Business API
Ketika menjalankan strategi WA marketing, WA Business API akan memberikan kemudahan dalam pengiriman pesan penawaran secara massal tanpa perlu simpan kontak pelanggan.
Untuk menjalankan tips ini, kamu perlu berlangganan WhatsApp Business API dari platform pihak ketiga yang kredibel dan terintegrasi resmi, seperti Everpro Chat salah satunya.
Adapun untuk harga WhatsApp Business API tergantung pada jenis pesan percakapan yang akan dikirim. Kamu bisa memastikan harganya di situs resmi WhatsApp Business.
7. Hindari Akun yang Eror dan Diblokir
Akun WA bisnis yang error dengan berbagai penyebab ataupun diblokir oleh pihak WhatsApp akan mengganggu keberhasilan strategi WA marketing yang kamu jalankan.
Karena itu, pebisnis perlu memahami ketentuan layanan yang ditetapkan pihak WhatsApp agar tidak terdeteksi adanya pelanggan. Namun, jika nomor akun diblokir oleh pihak WhatsApp, kamu perlu segera mengajukan pengembalian akun.
8. Membuat Pesan Promosi dengan Fitur Broadcast
Salah satu tips penting agar strategi WhatsApp marketing berhasil yaitu bagaimana cara pemilik bisnis mengatur pengiriman pesan kepada pelanggan yang jumlahnya banyak.
Dengan fitur broadcast pesan, kamu tidak perlu mengirim pesan secara manual kepada satu persatu pelanggan. Cara ini memakan waktu dan punya peluang kesalahan yang lebih besar.
9. Mengatur Pesan Otomatis
Membuat pesan otomatis juga sangat penting dalam strategi WA marketing. Biasanya pesan dikirim ke pelanggan baru secara otomatis saat mereka mengirim pesan pertama ke akun bisnis.
Jenis pesan otomatis ini berupa ucapan selamat datang, pertanyaan mengenai apakah ada yang dapat dibantu, atau sekadar informasi bahwa pesan telah diterima dan menunggu balasan.
Tips ini bisa menciptakan pengalaman komunikasi pertama yang berkesan bagi pelanggan. Selain itu, dengan fitur WhatsApp Business satu ini pebisnis juga tidak perlu aktif 24 jam di WhatsApp.
10. Mengatur Pengingat dan Peringatan Otomatis
Tips berikutnya, kirimkan pesan pengingat kepada pelanggan mengenai produk yang mereka masukkan ke keranjang, pengingat masa berlaku promo, diskon, dan penawaran lainnya.
Manfaatkan fitur pengingat agar strategi berhasil dijalankan. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur pesan sesuai jadwal yang ditentukan dari jauh-jauh hari.
11. Kirim Pesan yang Dipersonalisasi
Ingat, WhatsApp Business bukan hanya platform percakapan pelanggan dan pebisnis, melainkan juga platform untuk membangun hubungan positif sehingga meningkatkan loyalitas pelanggan.
Agar pelanggan merasa nyaman, buatlah pesan yang dipersonalisasi sehingga terasa lebih akrab. Misalnya, menyapa pelanggan dengan nama mereka saat mengirim info penawaran.
12. Menyediakan Layanan Pelanggan 24/7
Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah menyediakan layanan pengaduan pelanggan 24 jam. Pelanggan akan lebih senang jika pesan mereka direspon kapanpun oleh pebisnis.
Tidak perlu khawatir, untuk menjalankan tips ini kamu tidak harus aktif 24 jam di WhatsApp Business, karena ada fitur WhatsApp multiple user yang memungkinkan beberapa anggota tim terhubung dalam satu akun bisnis yang sama.
Jadi, layanan pelanggan bisa tetap berjalan 24 jam dengan pembagian jam operasional.
Nah, fitur WhatsApp multiple user dan fitur lain dari tips di atas bisa kamu temukan di Everpro Chat. Everpro Chat adalah platform yang hadir sebagai solusi untuk mengelola pesan ke pelanggan yang lebih praktis dan efektif.
Telah terintegrasi dengan WhatsApp Business API, Everpro Chat memiliki fitur yang lebih lengkap daripada WhatsApp biasa.
Mulai dari broadcast anti-banned, template broadcast siap pakai, fitur jadwal broadcast otomatis, kemudahan proses centang hijau, hingga akses statistik WA dalam satu platform.
Yuk, saatnya maksimalkan strategi WA marketing bisnismu! Daftar gratis ke Everpro Chat sekarang juga!