TIKI jadi pilihan banyak orang untuk kirim paket karena pengiriman yang cepat dengan kemudahan melacak paket melalui cek resi TIKI.
Dengan hitungan detik, penerima bisa tahu posisi dan status paket TIKI sudah sampai mana hanya dengan memasukkan no. resi TIKI yang terdiri dari 12 digit angka.
Perbedaan Layanan TIKI
Berikut beberapa layanan TIKI yang dapat dipilih sesuai estimasi dan keunggulannya:
Produk | Estimasi |
SDS (Same Day Service) | 6-8 jam |
ONS (Over Night Service)/Next Day | + 24 jam |
REG (Regular Service) | 4 hari |
ECO (Economy Service) | 6 hari |
TRC (Trucking Service)/Cargo | 4 hari |
TDS (Two Days Service) | 2 hari |
INT (Invernational Service) | 4-6 hari |
Pertanyaan Seputar TIKI
Bagaimana cara cek resi TIKI?
Lacak posisi paket TIKI dengan mudah dan cepat di fitur Cek Resi Everpro. Begini caranya:
- Salin nomor resi TIKI di bukti pengiriman dari pengirim paket atau marketplace.
- Masuk ke laman resi Cek Resi Everpro.
- Masukkan nomor resi TIKI di kolom “Nomor Resi Pengiriman”.
- Pilih kurir “TIKI”.
- Klik “Lacak Paket” maka akan muncul info status dan posisi paket TIKI
Berapa tarif ongkir paket TIKI?
Tarif ongkir TIKI berbeda-beda tergantung layanan TIKI yang dipilih, jenis barang, volume paket, dan jarak antar dari agen TIKI ke alamat tujuan.
Pengirim bisa cek ongkir TIKI secara online sebelum mengirim paket ke agen TIKI terdekat.
Dimana letak nomor resi TIKI?
Nomor resi TIKI terletak di bagian bawah barcode pada nota bukti pengiriman paket. Penerima bisa meminta nota pengiriman kepada pengirim paket atau di aplikasi e-commerce terkait.
Bagaimana contoh cek resi TIKI?
Format nomor resi TIKI biasanya hanya terdiri dari angka saja dengan total 12 digit, seperti contoh berikut: 660000715690, 030129590398, 885000910580.
Bagaimana jika paket TIKI belum diterima atau rusak diperjalanan?
- Hubungi call center TIKI untuk mengajukan asuransi kerusakan..
- Tanyakan kepada orang sekitar jika status paket sudah sampai namun belum diterima.
Untuk mengantisipasi paket yang terkendala karena masalah eksternal, penjual bisa percayakan pengiriman dengan Everpro Shipping.
Selain kurir TIKI, ada 20+ kurir ekspedisi terbaik lainnya dengan tambahan fitur mulai dari pick up paket, fitur tracking, fitur COD, akses lengkap data penjualan, dan kemudahan jualan online lainnya.
Bagaimana jika resi TIKI tidak bisa dilacak?
- Pastikan nomor resi TIKI yang di tracking sudah benar.
- Hubungi call center TIKI untuk memastikan status dan posisi paket.
- Kunjungi agen TIKI terdekat untuk menanyakan langsung keberadaan paket.
- Cek di beberapa layanan, seperti di website resmi TIKI dan website Cek Resi Everpro.
Sebagai layanan independen Everpro tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan, kerusakan, keterlambatan, atau kerugian lainnya yang timbul dari layanan ekspedisi.
Everpro membantu melacak paket melalui fitur cek resi yang cepat dan akurat. Sehingga, kamu bisa pantau status paketmu hingga sampai ke alamat tujuan dengan selamat!
Istilah Tiki Tracking
Istilah | Keterangan |
Packing list | Paket sudah dikemas dan masuk ke daftar pengiriman. |
Transit | Paket yang dikirim sedang transit di gudang TIKI untuk pengecekan. |
Departed to | Paket sudah dikirim dari agen TIKI kota asal pengirim. |
Shipment Data Entry | Paket yang akan dikirim sudah masuk ke database sistem TIKI. |
Arrive at | Paket yang dikirim sudah dijemput kurir dan sampai di kota tujuan. |
Arrived | Paket sudah sampai di kota tujuan penerima. |
With Delivery Courier | Paket sedang dikirim oleh kurir ke lokasi alamat penerima. |
Success | Paket sudah sampai di alamat penerima. |
Received by | Pihak penerima paket dari kurir TIKI. |
Exception | Pergantian kurir karena kesalahan alamat atau kurir tidak dapat melacak alamat penerima. |
Failed | Paket gagal dikirim karena beberapa alasan tertentu. |