Iklanin produk di Shopee bisa mencapai tujuan bisnis kamu agar banyak dilirik dan dibeli pembeli. Kenali dulu jenis dan contoh iklan Shopee disini berdasarkan tujuan bisnis.
Selain memahami cara menjalankan iklan Shopee, mengetahui jenis iklan Shopee juga merupakan hal yang sangat penting bagi para pebisnis sekaligus pengiklan.
Pasalnya, setiap jenis iklan Shopee tidak hanya berbeda dari segi tampilan saja, namun juga dari tujuan promosi, seperti untuk muncul di pencarian utama, memperoleh banyak klik, dan lainnya.
Karena itu, artikel ini akan mengulas berbagai contoh iklan Shopee berdasarkan jenis-jenisnya. Sehingga, kamu bisa menentukan tujuan iklan yang lebih spesifik dan meraih konversi maksimal.
Pemilihan Jenis Iklan Shopee Berdasarkan Tujuan Bisnis
1. Meningkatkan Penjualan dengan Mengundang Produk Banyak Dilihat
Tujuan iklan yang paling umum yaitu meningkatkan penjualan produk di Shopee. Agar penjualan di Shopee meningkat, maka berarti penjual perlu meningkatkan visibilitas di platform Shopee.
Jika tujuan kamu ingin meningkatkan penjualan, maka jenis iklan yang bisa digunakan yaitu:
Iklan Produk: Menampilkan produk toko kamu di halaman pencarian atau halaman rekomendasi.
Iklan Produk Otomatis: Produk toko kamu dengan potensi penjualan tertinggi akan otomatis diiklankan ke pembeli yang relevan.
Ketika produk kamu muncul di halaman pencarian pembeli yang relevan, tentu juga akan mengundang produk banyak dilihat dan diklik oleh calon pembeli.
2. Meningkatkan Jumlah Kunjungan Toko/Brand Awareness
Apabila tujuan iklan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan meraih jumlah kunjungan toko sebanyak-banyaknya, maka jenis iklan yang bisa cocok yaitu Iklan Toko.
Dengan jenis iklan ini, profil toko, voucher toko, dan produk yang paling relevan dengan toko kamu akan ditampilan di bagian atas Halaman Hasil Pencarian calon pembeli.
Jenis iklan ini juga memungkinkan kamu menyesuaikan logo dan tagline pada iklan.
Contohnya, kamu menjual produk perawatan wajah. Kamu bisa menggunakan kata kunci “moisturizer” sebagai kata pencarian. Ketika pembeli mencari kata “moisturizer”, maka iklan toko kamu akan muncul dan mereka bisa langsung mengunjungi toko dengan klik iklan tersebut.
3. Menarik Perhatian Pembeli dengan Exposure Tertinggi
Jika ingin meningkatkan exposure, maka jenis iklan yang paling cocok untuk tujuan ini yaitu Iklan Banner yang bisa menarik perhatian pembeli hingga jumlah kunjungan toko.
Tampilan iklan banner yaitu pada bagian banner di beranda utama. Karena itu, kamu perlu membuat banner yang memikat, seperti visual yang menarik dan penawaran yang menggiurkan.
Dengan begitu, calon pembeli yang melihat banner toko kamu di halaman utama akan tertarik dan mengarahkan mereka ke beranda toko.
4. Meningkatkan Kunjungan atau Shopee Live
Apabila kamu sering melakukan Shopee Live dan ingin menjangkau lebih banyak kunjungan penonton hingga meningkatkan penjualan, kamu bisa gunakan jenis Iklan Live.
Iklan Live bisa bantu kamu memaksimalkan visibilitas dan meraih penjualan dengan menampilkan iklan kamu di berbagai posisi strategis pada halaman Shopee Live.
Posisi strategis ini bisa di halaman utama, halaman temukan, hingga halaman untuk Anda di aplikasi Shopee.
Baca selengkapnya
Contoh Iklan Shopee
1. Contoh Iklan Pencarian Produk Baju Muslim
Gambar di atas adalah contoh Iklan Pencarian Produk baju muslim. Dari iklan di atas, terlihat bahwa iklan tersebut memanfaatkan tren bulan ramadan dan lebaran tahun 2024.
Adapun contoh kata kunci yang ditargetkan pada iklan di atas yaitu “Baju Gamis Terbaru 2024 buat Lebaran”. Karena itulah produk yang relevan muncul di hasil pencarian pada layar.
Contoh di atas juga menunjukkan bahwa menggunakan kata kunci yang relevan sangat ampuh untuk meningkatkan visibilitas iklan pencarian produk agar tampil di halaman pertama.
Selain itu, agar iklan lebih potensial untuk diklik calon pembeli, maka gunakanlah harga coret Shopee pada produk dengan rating dan penjualan yang tinggu.
Kemudian, gunakan deskripsi produk iklan yang menarik, persuasif, singkat, dan jelas dengan gambar atau video yang menarik serta berkualitas.
2. Contoh Iklan Produk Serupa Rekomendasi
Gambar di atas adalah contoh dari jenis Iklan Produk Serupa yang akan muncul di beberapa bagian pada aplikasi Shopee, salah satunya di bagian “Rekomendasi” pada halaman utama.
Selain itu, Iklan Produk Serupa juga akan muncul di halaman terkait pembelian dan pesanan pembeli. Apabila ingin hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan Iklan produk Serupa bersamaan dengan Iklan Pencarian Produk.
Caranya yaitu, dengan menargetkan kata kunci dan kebiasaan pengguna yang saling berkaitan lewat riwayat pencarian.
3. Contoh Iklan Pencarian Toko Parfum
Gambar ketiga adalah contoh dari iklan pencarian toko dengan produk parfum. Caranya sama dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk dan juga punya tren atau rekomendasi yang muncul di kolom pencarian Shopee.
Berikut toko parfum dari brand Mykonos Official Shop yang muncul dengan kata kunci “Parfum Wanita”. Lalu, untuk meningkatkan klik dan juga penjualan sama saja seperti yang sebelumnya.
Namun untuk iklan pencarian toko bisa menambahkan klaim voucher diskon atau gratis ongkir hingga cashback seperti yang muncul pada iklan parfum diatas.
4. Contoh Iklan Display Ads Skincare
Gambar terakhir adalah contoh dari iklan halaman strategis (Display Ads), iklan ini hanya bisa untuk toko resmi yang sudah terverifikasi dan termasuk kategori Shopee Mall.
Jenis iklan ini cocok ketika kamu sedang merencanakan kampanye iklan khusus serta bisa untuk meningkatkan kesadaran merek dan konversi.
Contohnya seperti iklan brand Cerave yang membuat iklan untuk toko resmi di Shopee. Jadi pelanggan bisa membeli produk skincare yang original dari toko resmi melalui aplikasi Shopee.
Untuk meningkatkan klik dan juga penjualan, maka bisa dengan menambahkan bonus dan juga diskon. Selain itu, gunakan gambar yang jelas dan juga copywriting yang menarik dan persuasif.
Nah, Sobat Everpro itulah beberapa jenis iklan Shopee yang dapat kamu pilih sesuai dengan tujuannya. Selain pilih jenis iklannya, jangan lupa untuk perhatikan konten pada iklan.
Jika ingin hasilnya lebih maksimal, kamu bisa percayakan optimasi iklan bersama layanan Everpro Marketplace Enabler.
Tidak hanya mudah dioperasikan, kamu akan nikmati keunggulan lainnya seperti manajemen produk, manajemen pesanan, layanan pelanggan, hingga akses ke analisis data dan pelaporan.
Yuk, daftar sekarang juga untuk nikmati Everpro MP Enalber!
Sebagai salah satu usaha yang menjanjikan di masa depan, ada cara tertentu untuk menjual produk digital yang cukup berbeda dengan produk fisik. Produk digital tidak punya bentuk fisik, melainkan diakses digital oleh pengguna dengan jenis produk yang tak terbatas, bisa bidang teknologi, pendidikan, hiburan, dan lainnya. Di kehidupan masyarakat modern
Kamu punya bisnis jualan baju di WhatsApp tapi masih bingung gimana cara promosi yang tepat? Simak artikel ini untuk mengetahui kata-kata promosi baju di WA biar makin laris manis! WhatsApp adalah salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Salah satu contohnya yaitu dengan berjualan baju. WA dapat berfungsi
Ingin meningkatkan komunikasi dengan pelanggan secara efektif? Temukan solusinya dengan 5 aplikasi kirim pesan WA otomatis terbaik! WhatsApp menjadi pilihan banyak pengusaha untuk berkomunikasi dengan pelanggan karena kemudahan penggunaannya dan basis penggunaanya yang luas. Hampir semua masyarakat menggunakan aplikasi ini, sehingga menjadikannya platform yang ideal untuk menjangkau pelanggan. Sebagai pemilik