Beranda » Lazada » 4 Langkah Cara Membatalkan Pesanan Di Lazada Melalui HP!

4 Langkah Cara Membatalkan Pesanan Di Lazada Melalui HP!

Sudah terlanjur memesan tetapi tiba-tiba ada keinginan untuk membatalkan pesanan, memangnya bisa? Tentu saja bisa dengan cara membatalkan pesanan di lazada melalui HP. 

Ulasan ini akan membahas cara batalkan pesanan di lazada yang bisa menjawab pertanyaan Anda. yuk simak di bawah ini:

Masih Bisakah Membatalkan Pesanan di Lazada?

Mengutip dari halaman website platform Lazada nya langsung, ternyata pesanan yang sudah di pesan bisa loh untuk di proses pembatalan.

Tinggal melihat langsung di aplikasinya lalu lihat proses pembelian dan klik tombol “batal” otomatis pesanan barang akan di batalkan.

Namun ada beberapa hal yang mengakibatkan pesanan tidak bisa lagi di batalkan, hal ini bisa di karenan pesanan sudah dalam kondisi:

  • Produk yang di pesan adalah produk berupa koleksi LazGlobal atau produk digital.
  • Pesanan barang sudah sampai proses di gudang.
  • Barang sudah sampai proses pengiriman ke alamat penerima.

Jadi selama barang yang di pesan ada di pengirim, selama itu pula proses pesanan masih bisa di batalkan.

Baca juga: Usaha Perindustrian Umumnya dilakukan oleh Masyarakat di Daerah Kota Bandung

Adakah Biaya Denda Jika Pesanan di Batalkan?

Selama sudah membayar produk tidak ada denda dalam proses pesanan yang di batalkan.

Namun jika pesanan berupa pre order jika sebelumnya deposit telah di bayar dan tidak melakukan pelunasan maka uang deposit yang sebelumnya akan hangus.

Berapa Lama Pengajuan Membatalkan Pesanan di Lazada?

Biasanya setelah konsumen Lazada mengajukan pembatalan maka prosesnya selama 1×24 jam. 

Jika penjualnya merespon pengajuan, penjual berhak memilih untuk menerima ajuan pembatalan atau menolak ajuan pembatalan.

Biasanya penjual menolak ajuan di karenakan barang sudah siap antar atau sedang dalam perjalanan mengirim barang ke gudang lazada.

Sedangkan jika dalam 1×24 jam penjual tidak merespon sama sekali, maka otomatis ajuan pembatalan pesanan akan di proses dan diterima.

Sehingga saldo calon konsumen kembali lagi dan pembatalan pun berhasil di proses.

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan Lazada COD?

Sama halnya dengan membatalkan pesanan biasa.

Jika ingin membatalkan COD maka yang harus di lakukan adalah membuka aplikasi kembali dan batlakan selagi barang belum sampai ke gudang atau sedang terkirim.

Namun jika barang sudah terlanjur sampai ke rumah, maka lakukan pembatalan atau pengembalian barang pada penjual.

Sehingga anda bisa mendapatkan persetujuan untuk di kembalikan melaui aplikasi lazada.

Bagaimana cara membatalkan pesanan di lazada via HP?

cara membatalkan pesanan di lazada
Sumber: Lazada.com

Berikut akan di jelaskan bagaimana membatalkan pesanan di Lazada:

1. Buka Akun Lazada

Pilih pesanan saya sudah diantar atau belum, lalu pilih batalkan.

Akan tetapi untuk membatalkan produk di akun Lazada, terdapat dua jenis produk yaitu:

  • Pesanan Non-Bundling

Pesanan yang di pilih untuk di batalkan berdasarkan kuantitas.

  • Pesanan Bundling atau yang menggunakan voucher

Pesanan yang akan di batalkan tidak bisa di pilih, karena sekali memilih akan terpilih beberapa item lain yang merupakan satu paket yang sama.

Baca juga: Yuk Intip Strategi Bisnis Satu ini! Bundling: Definisi & Manfaat

2. Masukkan Alasan Pembatalan 

Jika barang sudah berada di posisi persiapan pengiriman, maka pembeli akan di arahkan untuk menghubungi penjual terlebih dahulu agar bisa saling mengkonfirmasi.

3. Pesanan kemudian klik “Konfirmasi”.

Sebagai catatan, ajuan pembatalan bisa berhasil jika sudah mendapatkan konfirmasi pembatalan dari penjual.

Syarat Pengajuan Pembatalan Pesanan di Lazada

Sebelum memutuskan untuk membatalkan pesanan dengan Lazada, ternyata ada beberapa syarat pengajuan pembatalan pesanan.

Jadi tidak bisa begitu saja membatalkan pesanan ke seller. Berikut kebijakan pembatalan Lazada:

  • Pembatalan produk tidak dapat di lakukan jika produk yang Anda beli berasal dari koleksi Lazada Global atau produk digital.
  • Barang di proses oleh gudang pemasok (penjual).
  • Produk sudah masuk proses pengiriman, kecuali barang yang dibeli secara cash on delivery (cash on delivery), hanya bisa dilakukan jika barang rusak.
  • Jika membeli barang menggunakan metode pembayaran kartu kredit atau KlikPay, uang akan di kirim dalam waktu 7 hari. Di sisi lain, jika Anda membayar melalui transfer bank, pengembalian akan di lakukan dalam 2 hingga 5 hari kerja. Pesanan berbayar tidak dapat di aktifkan kembali.

Alasan untuk Melakukan Ajuan Pembatalan Pesanan Lazada

cara membatalkan pesanan di lazada
Sumber: Pexels.com

Berbagai alasan mungkin sudah di siapkan sedemikian rupa, namun tak perlu khawatir Lazada sudah menyiapkan alasannya.

Hal ini untuk membantu pembeli yang ingin membatalkan pesanannya, tanpa pusing lagi memikirkan alasan yang bisa di pahami oleh Lazada dan penjual.

Berikut alasan untuk membatalkan pesanan di Lazada:

  • Mengubah metode pembayaran

Mungkin pembeli memiliki dua ATM sehingga salah memilih jenis rekening pembayaran, misalnya harusnya dibayar melalui Bank BCA namun malah memilih Bank Mandiri.

  • Waktu pengiriman terlalu lama

Memesan pesanan juga harus mempertimbangkan waktu kedatangan, jika barang yang di butuhkan ternyata harus ada besok, pembeli pastinya akan mempertimbangkan mana yang lebih cepat beli online atau offline.

  • Pemesanan ganda

Bisa jadi pembeli sudah memesan barang namun ternyata sebelumnya sudah pesan pula barang yang sama sehingga pembeli ingin membatalkan pesanan agar tidak mubadzir.

  • Mengubah alamat pengiriman

Terkadang setelah di pesan alamat yang mau dikirim masih belum tentu, sehingga pembeli membatalkan pesanan karena ingin mengubah alamat pengiriman.

  • Berubah pikiran

Semua orang bisa berubah pikiran, kapanpun dan dimanapun, sehingga apapun alasannya selain ke 5 hal diatas, inilah alasan tepat yang bisa di pilih. 

Berubah pikiran bisa jadi tadinya ingin membeli namun malah tidak jadi di beli.

  • Memutuskan untuk membeli produk lain

Terkadang melihat produk lain lebih menarik sehingga pembeli memutuskan untuk membatalkan pesanan dan membeli produk lain.

Cara Mengubah Alamat Di Lazada

Melansir dari situs lazada.co.id, kita dapat mengubah alamat di Lazada dengan syarat pesanan belum masuk ke proses pengiriman barang.

Pada kolom pesanan, klik pesanan setelah itu masuk ke bagian diproses penjual.

Lalu pilih opsi batal, untuk mengubah alamat di Lazada pengguna harus membatalkan pesanan terlebih dahulu.

Isilah alasan pembatalan dengan pilihan mengubah alamat pengiriman lalu konfirmasi dengan klik ubah alamat.

Pengguna dapat mengisi kembali opsi alamat tujuan pengiriman sesuai yang pengguna inginkan.

Sekian informasi mengenai cara membatalkan pesanan di lazada di artikel ini. Semoga bermanfaat!

Jika anda ingin informasi yang bermanfaat dan inspirasi lainnya anda bisa buka pada halaman berikut ini.

Sampai jumpa di artikel berikut nya ya!

Picture of Afifah Permata Hasanah
Afifah Permata Hasanah
Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya