Beranda » Shopee » Pasti Ampuh! 5+ Tips dan Cara Membalas Ulasan Pembeli di Shopee

Pasti Ampuh! 5+ Tips dan Cara Membalas Ulasan Pembeli di Shopee

Ingin toko kamu makin ramai? Yuk, simak artikel cara membalas ulasan pembeli di Shopee sampai habis agar bisa balas ulasan pembeli dengan baik dan benar!

Kunci untuk menjaga reputasi toko online di Shopee agar semakin ramai salah satunya adalah dengan membalas ulasan pembeli dengan efektif dan juga baik.

Ulasan yang dibalas dengan baik dan sopan memberikan dampak dalam meningkatkan kepuasan pembeli karena merasa dihargai, sehingga mendorong mereka untuk memberikan ulasan yang positif.

Hal tersebut dapat meningkatkan performa toko online yang kamu miliki. Maka dari itu, ulasan dapat menarik lebih banyak pembeli.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Hapus Riwayat Pesanan di Shopee, Yuk Coba!

Apa itu Ulasan Pembeli Shopee?

cara membalas ulasan pembeli di shopee
Sumber: google.com

Ulasan pembeli di Shopee merupakan komentar yang disertai penilaian dari pembeli terhadap produk atau bahkan layanan toko yang mereka beli di Shopee.

Ulasan yang diberikan bisa bersifat positif maupun negatif yang bisa dilihat oleh publik sebagai informasi yang berharga untuk calon pembeli dalam membuat keputusan pembelian.

Namun, penjual bisa membalas ulasan tersebut berupa menawarkan solusi, permintaan maaf, memberikan penjelasan, atau memberikan apresiasi terimakasih. 

Dengan begitu membantu meningkatkan reputasi sekaligus kepercayaan pelanggan terhadap toko kamu di Shopee yang membuat tokomu semakin ramai.

Baca Juga: Ini Cara Jualan Produk Digital di Shopee, Yuk Mulai Jualan!

Cara Membalas Ulasan Pembeli di Shopee

cara membalas ulasan pembeli di shopee
Sumber: google.com

Ketika pembeli memberikan ulasan sebaiknya kamu segera untuk membalasnya kembali dengan cepat.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara membalas ulasan pembeli di Shopee dan tidak perlu lagi khawatir ataupun kebingungan.

Cara Membalas Ulasan Pembeli di Shopee – Aplikasi Shopee

  • Pertama kamu perlu akses aplikasi Shopee 
  • Pada menu tab Saya kemudian kamu klik Toko Saya yang terdapat di bagian kiri atas di halaman tersebut
  • Lalu kamu klik menu Lihat Riwayat Penjualan
  • Setelah itu di halaman Penjualan Saya kamu bisa pilih kolom Selesai
  • Selanjutnya kamu klik menu Lihat Penilaian Toko
  • Arahkan ke halaman berikutnya dengan meng-klik Balas
  • Masukkan balasan yang sudah kamu buat terkait dengan ulasan pembeli tersebut
  • Klik Kirimkan dan respon tersebut sudah dikirim

Cara Membalas Ulasan Pembeli di Shopee – Seller Centre

  • Langkah pertama kamu perlu login ke halaman Shopee Seller Centre
  • Kemudian kamu pilih menu Toko dan pilih ke bagian Penilaian Toko
  • Pada halaman tersebut, kamu klik Perlu Dibalas
  • Selanjutnya kamu pilih produk yang ingin dibalas dengan meng-klik Balas
  • Setelah kamu klik akan muncul kolom Masukkan Tanggapan dan masukkan ulasan yang ingin dibalas
  • Klik Kirimkan jika sudah selesai menanggapi ulasan tersebut dan yakin untuk dikirimkan.

Baca Juga: Mudah Banget! 8+ Cara Menghubungi CS Shopee 24/7!

Tips Membalas Ulasan Pembeli di Shopee yang Baik 

cara membalas ulasan pembeli di shopee
Sumber: google.com

Ulasan menjadi langkah penting untuk membuat hubungan kuat dengan pelanggan. Ketika membalas ulasan, kamu perlu mengetahui beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam menanggapinya secara efektif sebagai berikut.

1. Balas dengan Cepat dan Profesional

Pembeli merasa dihargai apabila direspons dengan cepat.

Maka dari itu, sebisa mungkin membalas ulasan pembeli dalam kurun waktu 24 jam setelah ulasan tersebut telah dibuat agar pembeli mendapatkan feedback dari kamu atas masalah yang dihadapi.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Tanpa Kirim Barang? Ini Dia Caranya!

2. Sopan dan Ramah

Dengan bersikap sopan dan ramah pembeli merasa dihargai dan mereka akan menghargai balik kamu juga. Jadi, sebaiknya jangan menggunakan kata yang berpotensi menyinggung pembeli dengan kata-kata kasar.

3. Balas Secara Spesifik

Dalam membaca ulasan kamu harus cermat dan teliti. Balas ulasan pembeli dengan spesifik sesuai dengan permasalahan yang mereka hadapi baik itu ulasan positif maupun negatif.

Dengan kamu memberi penjelasan secara spesifik, pembeli akan paham dengan jelas apa yang kamu jelaskan.

Baca Juga: 9+ Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang, Mudah dan Menguntungkan!

4. Balas yang Relevan

Jangan sampai kamu salah membalas apalagi melenceng dari topik. Perhatikan apakah pembeli tersebut memberikan kamu ulasan positif atau negatif.

Jika mereka memberikan ulasan positif, maka kamu balas dengan relevan yaitu memberikan ucapan terimakasih.

Sedangkan sebaliknya, kalau mereka memberikan ulasan negatif kamu bisa membalasnya dengan permohonan maaf, ajukan pertanyaan, dan lain-lain.

5. Jangan Takut untuk Meminta Maaf

Apabila pembeli mengalami permasalahan terkait dengan salah dalam pengiriman atau pesanan kamu bisa mengembalikan kepercayaan mereka dengan meminta maaf.

Permintaan maaf tersebut diikuti dengan penjelasan mengenai tindakan yang kamu ambil dalam mengatasi masalah mereka.

Baca Juga: Cara Daftar Shopee Seller Center 2024, Mudah Kelola Toko Online!

Nah, itu tadi cara membalas ulasan pembeli di Shopee. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan ulasan yang diberikan maupun yang kamu tanggapi agar membangun kepercayaan yang kuat.

Semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang kebingungan mencari cara membalas ulasan di Shopee.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial dan nantikan selalu artikel seputar bisnis yang informatif dan menarik hanya di Everpro!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

Ingin toko online di marketplace kamu makin ramai? Tak perlu khawatir lagi karena ada Everpro Marketplace Enabler!

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Ayo daftar sekarang dan ramaikan toko online kamu bersama Everpro Marketplace Enabler!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya
Safira Rasendriya
SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya